Sep 082019
 

Kupang, Jakartagreater.com – Setelah menempuh perjalanan 3 hari dari Pangkalan Koarmada II Surabaya, Satuan Tugas Latihan Bersama Cassowary Exercise 2019 tiba di Dermaga Mako Lantamal VII Kupang, pada Minggu, 8-9-2019 waktu setempat.

Dua kapal perang yakni KRI Layang- 635 yang dikomandani Mayor Laut (P) Lustia Budi S.E. M.Tr. Hanla sekaligus menjabat Dansatgas , dan KRI Tongkol-813 dengan komandan Mayor Laut (P) Avif Hidayaturohman S.T. disambut oleh Asops Danlantamal VII Kupang Kolonel Laut (P) Heru Wahyono yang didampingi Dansatrol Kolonel Laut (P) Anang Nurjatmiko sesaat setelah kapal mereka sandar.

Kedatangan mereka sebagai delegasi TNI AL dalam Cassowex 2019 lebih awal 2 hari dari waktu yang direncanakan jelang Upacara Pembukaan yakni 10 September 2019 oleh Komandan Lantamal VII Kupang.

Hal ini menurut Dansatgas untuk mempersiapkan lebih matang lagi segala hal yang dibutuhkan terkait pelaksanaan latihan nanti bersama Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy-RAN), dan juga pelaksanaan bekal ulang bahan bakar dan air tawar untuk kebutuhan para awak KRI Layang-635 dan KRI Tongkol-813.

Lustia Budi juga menambahkan jika selama perjalanan lintas laut dari Surabaya menuju Kupang , mereka melaksanakan berbagai serial latihan. Dan satu di antara serial tersebut yang mendapat perhatian yakni peran latihan pemeriksaan dan penggeledahan kapal atau Visit Board Search And Seizure (VBSS).

Menurut rencana esok hari, Senin 9-9-2019 kapal perang Australia HMAS Maryborough akan tiba di Kupang untuk bergabung bersama kapal perang RI. Cassoex 2019 adalah latihan bersama rutin antara TNI AL dengan RAN.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan kerja sama militer dan mengasah kemampuan serta meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemahiran teknis dan taktis prajurit dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut. (Dinas Penerangan Koarmada II).