Jul 132019
 

Kapal perang pesisir Sundang (Keris class) pesanan Angkatan Laut Malaysia resmi diluncurkan (foto : Navaltoday)

Kapal littoral mission ship (LMS) Keris class yang kedua pesanan Angkatan Laut Malaysia (RMN) diluncurkan di Wuhan, Cina oleh China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC) pada 12 Juli.

Dinamakan Sundang (dengan nomor 112) adalah kapal LMS kedua dari empat kapal Keris class yang dipesan berdasarkan kontrak senilai RM1,17 miliar (sekitar US$ 265 juta) pada Maret 2017.

Rencana awal sebenarnya menetapkan bahwa dua unit pertama akan dikirim dari Tiongkok, sedangkan dua sisanya akan dibangun di Malaysia oleh Boustead Naval Shipyard.

Namun hal ini berubah awal tahun ini, ketika pemerintah Malaysia menegosiasikan pengurangan harga kapal dengan imbalan keempat kapal pesisir tersebut dibangun seluruhnya di Tiongkok.

LMS Keris, kapal pertama diluncurkan pada bulan April dan diperkirakan akan dikirim pada bulan Desember, tahun ini. Sedangkan LMS Sundang masih akan menjalani perlengkapan lebih lanjut dan uji coba sebelum dikirim pada April 2020, rilis Angkatan Laut Malaysia.

Keempat unit kapal dijadwalkan akan dikirimkan pada tahun 2021.

Kapal sepanjang 68,8 meter ini adalah bagian dari rencana transformasi Angkatan Laut Malaysia yang bermaksud menurunkan jumlah class kapal yang dioperasikan oleh angkatan laut dari 15 menjadi 5. Banyak class kapal perang saat ini sekarang sudah usang dan menghadirkan tantangan pemeliharaan yang mahal.

LMS akan berbobot sekitar 700 ton dan akan mampu mengakomodasi kontainer modul misi di bagian belakang. Kapal akan mendukung misi perang anti ranjau, hidrografi dan misi Intelligence, Surveillance and Reconnaissance (ISR).
Navaltoday

Bagikan:
 Posted by on Juli 13, 2019