Jul 132019
 

Kapal perang pesisir Sundang (Keris class) pesanan Angkatan Laut Malaysia resmi diluncurkan (foto : Navaltoday)

Kapal littoral mission ship (LMS) Keris class yang kedua pesanan Angkatan Laut Malaysia (RMN) diluncurkan di Wuhan, Cina oleh China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC) pada 12 Juli.

Dinamakan Sundang (dengan nomor 112) adalah kapal LMS kedua dari empat kapal Keris class yang dipesan berdasarkan kontrak senilai RM1,17 miliar (sekitar US$ 265 juta) pada Maret 2017.

Rencana awal sebenarnya menetapkan bahwa dua unit pertama akan dikirim dari Tiongkok, sedangkan dua sisanya akan dibangun di Malaysia oleh Boustead Naval Shipyard.

Namun hal ini berubah awal tahun ini, ketika pemerintah Malaysia menegosiasikan pengurangan harga kapal dengan imbalan keempat kapal pesisir tersebut dibangun seluruhnya di Tiongkok.

LMS Keris, kapal pertama diluncurkan pada bulan April dan diperkirakan akan dikirim pada bulan Desember, tahun ini. Sedangkan LMS Sundang masih akan menjalani perlengkapan lebih lanjut dan uji coba sebelum dikirim pada April 2020, rilis Angkatan Laut Malaysia.

Keempat unit kapal dijadwalkan akan dikirimkan pada tahun 2021.

Kapal sepanjang 68,8 meter ini adalah bagian dari rencana transformasi Angkatan Laut Malaysia yang bermaksud menurunkan jumlah class kapal yang dioperasikan oleh angkatan laut dari 15 menjadi 5. Banyak class kapal perang saat ini sekarang sudah usang dan menghadirkan tantangan pemeliharaan yang mahal.

LMS akan berbobot sekitar 700 ton dan akan mampu mengakomodasi kontainer modul misi di bagian belakang. Kapal akan mendukung misi perang anti ranjau, hidrografi dan misi Intelligence, Surveillance and Reconnaissance (ISR).
Navaltoday

 Posted by on Juli 13, 2019

  13 Responses to “Kapal Perang Pesisir Sundang (Keris class) Malaysia Diluncurkan”

  1.  

    Sundang bolong hihihi…..hihihi….hihi…

  2.  

    mungkin ini kapal bisa buat efek diterjent dikawasan,walau abah kurang yakin sih.

    •  

      baru engeh gue…xixuxixi…ni kapal bisa buat orang lain main sabun…wkwkwkwk…paling ibu dirumah ngomel kehabisan sabun colet…waxaxaxaxa….

      •  

        jadi tidak hanya cerbung saja punya efeck diterjen…tapi kapal pun bisa buat efeck tersebut…mungkin karna penulis jarang update cerbung…sebab itu kapal juga bisa dihayalkan….xixixixi…
        hoy….up date lagi tu banyak pasien dah nunggu…waxaxaxaxa….

  3.  

    Gado gado

  4.  

    …mantap Malaysia pesan kapal patrolinya dari Cina, paling tidak full armament tuh, saingan berat KCR 60 m TNI AL yang sekarang sebagian sudah beroperasi dan sebagian masih dibuat, kalau ketemu di laut bisa saling tukar pinjam rudal c-705 tidak harus ke pangkalan…

  5.  

    wkwkwkwk adah-adah aja bang @kabeerje …….

  6.  

    Loh balon kuningnya mana? Ciri khas si malon

  7.  

    tenggelemin aja kalo ketemu nih kapal!!!

  8.  

    Koq istilahnya ‘Keris’ Class ?……jangan2 keris akan diaku penemuan Malaysia juga ????

  9.  

    “Keris class” jangan ngaku keris punya mereka dah !!!, blom tau kalo kita (TNI) beraksi !