Feb 052019
 

JakartaGreater.com – Kapal perang permukaan Rusia rencananya akan dilengkapi dengan stasiun interferensi optik visual baru, yang disebut dengan Filin (burung hantu raksasa), yang mampu membingungkan musuh dengan “halusinasi” visual, seperti dilansir dari laman Lenta.ru pada hari Sabtu.

Stasiun interferensi optik visual Filin yang baru itu “membutakan” pasukan dan perangkat opto-elektronik musuh, seperti peralatan night vision, teropong dan perangkat pengukur laser dengan cahaya menyilaukan serta menciptakan halusinasi visual untuk memberikan keuntungan taktis kepada militer Rusia.

Teknologi ini dikatakan mirip dengan efek “strobo” yang menghasilkan imobilisasi dengan yang ada dalam pancaran cahaya, menurut Lenta.ru. Fluktuasi cahaya frekuensi rendah menyebabkan gangguan sementara pada organ penglihatan karena eksitasi saraf optik.

Pengujian efek pada manusia terhadap stasiun interferensi optik visual baru tersebut berlangsung dalam beberapa tahun terakhir, ini menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Perangkat yang dikembangkan oleh perusahaan Integral ini diuji pada sukarelawan yang seharusnya melakukan penembakan senjata kecil ke sasaran. Selama tes dengan Filin, mereka mengatakan bahwa “target tidak terlihat”.

“Sekitar 20 persen mencatat efek halusinogenik, ini digambarkan sebagai tempat cahaya terapung di depan mata, dan sebanyak 45 persen mengeluh pusing, mual, tanda-tanda disorientasi”, menurut laporan pengujian.

Perangkat tersebut juga mampu menekan pengawasan visual-optik dan elektro-optik dan menargetkan perangkat pemantau musuh dengan cahaya radial berintensitas tinggi, dan “menyilaukan” musuh. Sistem ini memastikan perlindungan kapal dan personil saat mereka melakukan tugas di laut atau di zona pantai.

Bahkan, sistem Filin adalah senjata non-mematikan yang kuat, yang memungkinkan kapal perang untuk melakukan tugas ofensif dan defensif yang serius.

Stasiun-stasiun Filin dipasang di fregat “Admiral Gorshkov” dan “Admiral Kasatonov”, yang saat ini sedang menjalani pengujian pabrik. Sedang dua kapal lagi dari proyek 22350 akan dilengkapi dengan peralatan yang sama, dan mereka sudah dibangun di pabrik Severnaya Verf.