May 082014
 
Kru Vietnam mengamati kapal mereka setelah ditabrak oleh kapal Tiongkok di Laut China Selatan 7/4/2014 (photo: AP)

Kru Vietnam mengamati kapal mereka setelah ditabrak oleh kapal Tiongkok di Laut China Selatan 7/4/2014 (photo: AP)

7/5/2014. Setelah terjadi ketegangan berjam jam lamanya, kapal Angkatan Laut Vietnam akhirnya adu fisik dengan kapal Tiongkok di kawasan yang menjadi sengketa di Laut China Selatan.

Insiden ini terjadi pada saat Vietnam berupaya mencegah Tiongkok untuk membangun anjungan minyak di wilayah laut yang diklaim kedua negara.

Pejabat Vietnam mengatakan kapal-kapal mereka juga menjadi sasaran meriam air dan secara sengaja ditabrak oleh kapal Tiongkok. Namun tidak ada tembakan yang dilepaskan dalam tabrakan pada Selasa 6 Mei Mei tesebut.

Bagaimanapun Wakil Komandan Penjaga Pantai Vietnam, Laksamana Muda Ngo Ngoc Thu, mengatakan beberapa awak kapal cedera.

Tabrakan kapal ini merupakan insiden yang terburuk di laut antara Vietnam dan Tiongkok dalam beberapa tahun belakangan terkaut sengketa wilayah di Laut China Selatan.

Aksi Tiongkok untuk membangun anjungan minyak pekan lalu dilihat berbagai pihak sebagai aksi provokasi dalam kampanyenya untuk menegaskan kepemilikan wilayah laut di kawasan tersebut, yang menjadi sengketa antara Tiongkok, Vietnam, Filipin, dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Sumber-sumber diplomat mengatakan Vietnam mengerahkan 29 kapal angkatan laut dan penjaga pantai setelah mengetahui rencana pembangunan anjungan minyak oleh Cina, di dekat Kepulauan Paracel.

Kapal patroli  Vietnam menyaksikan Kapal Tiongkok Menembakkan meriam air ke kapal Vietnam dan Kapal Chinese Cost Guard (tengah)  melaju di LCS ke wilayah  sengketa (photo: AP)

Kapal patroli Vietnam menyaksikan Kapal Tiongkok Menembakkan meriam air ke kapal Vietnam dan Kapal Chinese Cost Guard (tengah) melaju di LCS ke wilayah sengketa (photo: AP)

Tiongkok Bor Minyak di LCS
Langkah Tiongkok melakukan pengeboran minyak di perairan sengketa membuat Vietnam Meradang. Dalam kisruh Laut China Selatan ini, Amerika Serikat kembali ambil bagian dengan turut mengecam tindakan Tiongkok tersebut.

Diberitakan ABC News, Selasa 6 Mei 2014, dalam pernyataan pemerintah Vietnam, Menteri Luar Negeri Pham Binh Minh menelepon Penasihat Pemerintah Tiongkok Yang Jiechi dan mengatakan pengeboran minyak di wilayah itu ilegal dan melanggar kedaulatan negara meraka. Apalagi, kata Pham, pengeboran senilai US$1 miliar itu dikawal oleh kapal-kapal perang Tiongkok.

“Vietnam tidak bisa menerimanya dan memprotes tindakan Tiongkok. Vietnam menuntut Tiongkok menghentikan pengeboran minyak dan memulangkan kapal-kapal dari wilayah itu,” kata Minh kepada Yang.

Menanggapi pernyataan Vietnam, pemerintah Beijing mengatakan, pengeboran minyak CNOOC 981 berada di wilayah mereka. Tiongkok juga memperingatkan Vietnam untuk tidak mengganggu aktivitas eksplorasi minyak mereka.

Pengeboran dilakukan di dekat Kepulauan Paracel yang dipersengketakan kedua negara. Kepulauan ini dikuasai oleh Tiongkok sejak 40 tahun lalu tapi juga diklaim oleh Vietnam. Saat itu, terjadi pertempuran yang menewaskan 74 tentara Vietnam yang didukung AS. Tahun 1988, pertempuran kembali terjadi memperebutkan Kepulauan Spratly, menewaskan 64 pelaut Vietnam.

Kementerian Luar Negeri Vietnam mengatakan, pengeboran minyak Tiongkok dilakukan di zona ekonomi eksklusif yang diatur oleh Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS) tahun 1982. Berdasarkan peraturan UNCLOS, kapal perang Tiongkok dilarang berada di radius 4,8 kilometer dari wilayah tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Jen Psaki, menyebut tindakan Tiongkok itu sebagai provokasi dan mengancam perdamaian dan stabilitas kawasan. Aktifnya AS dalam sengketa Laut China Selatan setelah Presiden Barack Obama mengubah fokus mereka ke Asia.

“Kejadian ini menunjukkan pentingnya pada negara pengklaim mengklarifikasi klaim mereka berdasarkan hukum internasional dan mencapai kesepakatan soal aktivitas apa yang diperbolehkan di perairan sengketa,” kata Psaki.

Kendati didukung AS, posisi Vietnam serba salah dalam menghadapi Tiongkok. Pasalnya, Tiongkok adalah salah satu mitra ekonomi terbesar Vietnam. Jangan sampai hubungan ekonomi rusak karena hal ini. Dalam militer, Vietnam juga tertinggal sangat jauh. Namun langkah tegas perlu dilakukan Vietnam yang sebelumnya disebut lembek dalam menghadapi Tiongkok. (viva.co.id).

Bagikan :

  69 Responses to “Kapal Vietnam dan Tiongkok Bentrok di LCS”

  1.  

    pertamax. . .

  2.  

    Pertamax kah.?

  3.  

    emang mental baja ..

  4.  

    Semoga TNI semakin kuat sehingga dpt melawan provokasi panda

  5.  

    sama kejadian kapal perang kita tabrak kapal perang malon di ambalat. . .gak bakalan perang. . .palingan gertak ja. . .

  6.  

    bahaya…. LCS memanas… Siap2.. indonesia ga bisa naif bahwa kita akan selamanya netral dalam konflik LCS.. Borong alutsista sebanyak2 nya… sebelum perang terbuka LCS pecah…

    •  

      ada baiknya TNI mencermati terus kjdian ini ya bung, kan 9 grs memotong zee kita di natuna, apa TNI AL jg dah dilengkapi meriam air ya ? ga prnah denger punya itu, satu lg anti jammernya, biar crta kmaren ga terulang lg. Met pg bung UCAV..

  7.  

    nah sudah mulai nih acara siram2an sebentar lagi kalau ada yang merasa kuat pasti deh mulai main bakar2an.

  8.  

    Delapanax

  9.  

    Berita hangat yang benar2 hangat, Penasaran dengan reaksi negara2 ASEAN lainnya.

  10.  

    Langsung nanya perkembangan pakalan militer di natuna progreassnya bagaimana para sesepuh warjag
    terus coat guard kita punya kapal meriam air gak kalau punya kok jarang di pakai untuk ini terlebih seperti madamin kapal feri yang kebakar seperti di pelabuahan penyeberangan di banten kok pas kejadian ada yang kebakar jarang yang terlihat mohon pencerahan dari para sesepuh salam trim

  11.  

    awal pd 3-kah….russia vs nato/china vs vietnam,filiphin,malon..??

  12.  

    untung gak maen lagi ke Natuna, bisa bonyok tuh Tiongkok 😀

  13.  

    ini kejadiannya baru siram-siraman..jangan sampai nanti siram2an meriam

  14.  

    Lcu jg yah pke semprotan aer mirip anak kecil pke pestolan air ____tpi bgmn pun ini adalah awal dri api dlm sekam dan kita kudu wajib nhe benahi alutsista kita. Sprt di natuna kan itu gerbang kita di muka lcs. . Salam kenal buat mas-mas jkgr

    •  

      Ini bukan maenan bung 🙂 , ada sejarahnya di eropa dulu. Intinya adalah ancaman dengan menyerang menggunakan materi/bahan. Selama materi yang dikirim belum melukai pihak lain, berarti masih ada peluang negosiasi. Kalo sudah melukai berarti tahapnya naik kelas menjadi peningkatan eskalasi ancaman, hingga menunjukkan sikap permusuhan….coba googling di water canon war deh…

  15.  

    Tiongkok itu sangat membutuhkan sumber-sumber energi untuk pembangunan ekonominya yg sangat pesat dan kita mesti sangat memperhatikan kemampuan kita untuk melindungi natuna jgn sampai rencana pembangunan pangkanlan di natuna hanya cuma rencana dan tidak sungguh sungguh.

  16.  

    Salute buat negri Pak Lek Ho Chi Minh yg berani melawan negara-negara manapun, sekalipun negara besar dan maju seperti China dll, yg coba-coba mengusik kedaulatan negaranya. Tak seperti Indonesia yg semula berencana beli kapal selam baru buatan rusia batal, lantaran pemimpinnya dapat surat cinta dari Tony Berat. Dasar para pejabat kita mental kerupuk gopek’an!

  17.  

    Semoga dengan kejadian ini, Dephan segera mempercepat MEF 2! Vietnam ama China sudah mulai saling memanas – manasi, pake acara siram2an air. Sebentar lagi mereka pasti siram2an peluru ama rudal!. Bung @ Jalo, Nowy, Satrio, progres pembangunan pangkalan militer di natuna?

  18.  

    Warning naga raksasa dah mulai lapar… tni harus waspada..

  19.  

    sekuat apapun china pastilah alat perang mereka mayoritas peminum bbm. jika china tidak bisa mendapatkannya baik secara langsung maupun lewat proxynya, lambat laun pasti mengalami kendala dalam pergerakan armadanya. kecuali kalau tenaga nuklir. jadi selama bisa bertahan dan china kesulitan dapat bbm pastilah bisa dikalahkan.

  20.  

    Katanya nenek moyang orang Tiongkok sudah mahfum bhw sulit berurusan dg orang Vietnam. Karena itu sepanjang sejarahnya sebesar apapun kekaisaran China masa lalu tidak pernah memasukan Vietnam menjadi wilayahnya cmiw. Bagi orang Cina, Vietnam adalah ras berbeda. Amrik aja kapok berurusan dg orang Vietnam…

    •  

      Kalo dari kisah tiga negara, Vietnam adalah keturunan dari bangsa Wei/Yueh. salah satu musuh kuat perdana menteri Chao-chao 🙂 .
      Jadi vietnam dan suku Han itu dulunya adalah bangsa-bangsa yang mendiami daratan Tiongkok selain suku bangsa lainnya. Karena terdesak, maka suku Wei ini tersingkir ke selatan, mereka masih sekerabat dengan suku-suku yang mendiami Kanglam (dari roman terkenal Embun Hujan Kanglam). Tapi ada satu yang diingat, bahwa gadis-gadis kanglam itu terkenal cantik manis (bagi suku Han), terbukti kalo liat di web-web vietphui anak-anak kampung aja udah cantik-cantik
      wkwkwk maapin ane yak, kok jadi OOT neh…

    •  

      Saat konferensi yalta tahun 1945 saat para pemimpin sekutu berkumpul untuk merancang masa depan dunia,mereka menawarkan indochina (laos,kamboja dan yg plg dominan vietnam) pd chiang kai shek.”apakah anda menghendaki indochina?” Kata roosevelt pd chiang.chiang menjawab tidak.kata chiang “mereka bukanlah bangsa china dan mereka tdk akan terasimilasi kedalam bangsa china….” pengalaman china yg pernah menjajah vietnam hingga abad ke 9 sdh cukup memberi pelajaran seperti apa bangsa vietnam yg jg terkenal warrior spirit nya…

      Jadi AS lah yg masuk untuk menggusur dominasi perancis yg memang memble dlm perang modern…sebelumnya AS sdh di peringati inggris dan perancis yg sdh kenyang masalah kolonialisme untuk tdk masuk terlalu jauh dlm masalah vietnam.tp AS yg pongah menyepelekan nasihat dua sohibnya itu dan akibatnya hingga kini vietnam adl.bangsa yg paling menakutkan AS…sebuah bangsa petani yg inferior di mata dunia tp sanggup menendang semua kolonialis yg coba memendam semangat perlawanannya…

      Dan sekarang cina komunis yg tdk peduli kucing hitam atau putih sing penting untung itu sdh lupa pada ajaran ajaran bijak pendahulunya…bangsa china terkenal sbg bangsa yg sabar dan ulet,lebih mementingkan proses drpd hasil namun kini mereka sdh berubah menjadi AS…ingin hasil instan.mereka kira dgn alutsista segunung cukup buat menakut nakuti bangsa “kecil” itu…

      Mereka akan terkejut…

      •  

        Nah !!!!!!!!!! para warjag yang selalu memperhatikan sejarah tak akan mudah terprovokasi dgn politik yang berkembang dewasa ini,,,,,,,,,,,,,,,,,,bangsa han terdepak maka berkuasalah bangsa cing sampai saat ini, ,,,,,,,,,,,,Koloniallah yang membagi bagikan daerah kekuasaannya dgn harapan akan masuk kembali bila suku suku bangsa itu pecah tanpa satu kesatuan seperti apa yang terjadi di daerah timteng ,,,,,,,kolonial bertindak sbagai pahlawan dan menanti upeti yang mereka harapkan,,,,,,, karna kolonial sejak dulu yang dicari apa yang tak ada ditempat mereka ,,,,, lappar,,,,,,, rempah rempah istilah dikala itu berbeda dgn masa kini ,,,,,,JOINT PATNER SHIP……. HA HAA………inilah keuntungan saat tiongkok /china menunjukan taring di asia sehingga mata rantai /borgol tekanan hegemoni barat terputus dikawasan asia terkhususnya NON BLOK,,,,,,,kalau mau jujur untung besar kalau tidak,, hanya sekutu sekutu saja yang menunjukan kesombongan dgn kemajuan alutsista dan teknologi,,,,,,,,,,tanpa melihat teori populasi sdm,,,,, Non Blok ,,,,, Sejarah pd 1 ke pd 2 karna populasi, alam tak mampu [ karna iklim] mengeluarkan kebutuhan manusia SEPANJANG WAKTU apa lagi negara negara kolonial!! ya ada yang 3 bulan saja selebihnya beku atau peralihan;musim ,,, syukur syukur pemdamai dunia dapat memiliki nuklir [ balance] juga untuk menekan negara negara lapar jangan terlalu rakus,,,,,, betul juga kata korut,

  21.  

    Perkuat Natuna arahkan F16 block 52 di sana..tanamkan rudal yakhont di pesisir pantai jgn lupa si Leo ajak naik LPD kita and si Rokok terbang ngesuport..progres agresif harus di tunjukan Pemerintah dan Tni agar daya Pukul kita bertambah..

  22.  

    white shark..

  23.  

    mental prajurit vietnam berbeda..mereka tidak mudah tunduk dengan negara sebesar apapun,itu mereka buktikan dgn memukul mundur pasukan amerika,apalagi “cuma” kelas china yg kekuatan militernya msh blm teruji,peralatan perangnya cm kw 2..ditambah amerika saat ini sdh pasti berada di belakang negara2 yg bersengketa dgn china!
    Well..china akan hancur oleh perbuatan mereka sendiri,krn siapa yg menebar angin,dia yg akan menuai badai!

    •  

      yang jadi masalah, badai tuh gak bisa bedain mana yang menabur angin, mana yang nyangkul, mana yang lagi nongkrong ngisep mbako, apalagi yang cuman lewat di tegalan…semuanya sapu habis 🙂

  24.  

    Maestro LCS kok lama ga keluar ya?
    dah kapok di bully dimari kayaknya..
    Padahal ini berita pas banget lho…..

    mbah….mbah…. bangun mbah… dah mulai tuh sinetronnya….

  25.  

    pakai torpedo ja skalian 😀

  26.  

    Panas,panas situasi agak panas di Lcs disiram air dulu biar agak adem… pasti amerika pusing fokusnya kepecah-pecah…masih mikir sanksi buat rusia, tiongkong beraksi di lcs, korut nyoba2 rudal…buat TNI keep calm and see
    Pak pur lebih baik MEF tahap II dimulai dari tahun ini aja..melihat perkembangan kedepan klo nunggu tahun depan mungkin agak kelamaan salam NKRI

  27.  

    ga akan ada perang

  28.  

    Lucu kayak anak kecil main siram-siraman di kolam renang gitu.. Bayangin tuh rudal, peluru saling tembak menembak terjadi..

  29.  

    Salut bwt vietnam! Berani mengusir imperialis ASU #eh..

  30.  

    Lucu apanya siram siraman pake meriam air? Dipikir disemprot pake meriam air kapal gak bisa tenggelam? Ini mengulangi kasus japan vc china sama sama mengerahkan coast guardnya..

  31.  

    Tidak peduli keterbatasan, jatuh korban, kalah-menang dst… salut bwt vietnam. Kedaulatan adalah harga mati.

  32.  

    maaf melenceng dari topik.udah 1 minggu saya ga tongkrongin warjager.kok bung nowy dkk udah jarang main dimari?

  33.  

    A***a second n A**r baru

  34.  

    Harusnya cepat2 buat panggung di natuna buat ngamati situasi+ ngopi

    •  

      Paracel itu jauh dari Natuna malah lebih deket ke Taiwan sebetulnya yang juga ikut mengklaim Parecel ini sebagai wilayahnya, yang deket Natuna itu Spratly hehehe… :mrgreen:

  35.  

    vietnam emang menang perang melawan as tap kalo lawan cina selalu kalah karena cina yg selalu membantu vietnam saat perang melawan as

    •  

      Gak ada kawan sejati bung…hanya kepentingan yg abadi…

    •  

      Lebih asik lagi kalau tau pidato istri ceng kai sek di konkres as saat itu ………..jerman; jepang kaget diburma dan,,,,,,,,, koh alutsistanya tiongkok bimbinm salabim canggihnya jadi dunia tak ada teman sejati hanya perut doang,,,, begitu pula as di vetnam tak habis habis sdm nya sadar as akan hal ini maka RI sebagai juru damai di kala itu bapak Adam Malik sebagai mediator dan as mundur secara terhormat divetnam,

  36.  

    setelah siraman ya tinggal ijab qobul 🙂

  37.  

    minyak lg…minyak lagi hehehe…lain kali kalau ada yang mancing lagi di natuna lansung tabrak aja..hehe
    lama ngga tongkrongin JKGR…

  38.  

    Ini baru awal, dr peristiwa di atas indonesia perlu belajar mempersiapkan diri utk berperang. Sblm berperang, indonesia perlu tahu kelebihan dan kekurangan diri sendiri, dan jg negara lain trmsk negara2 tetangga, dr yg dialami vietnam atas tindakan kpl2 patroli dan kpl2 perang cina di atas, dan alutsista cina serta personilnya baik scr kuantitas dan scr kualitas, maka pengadaan alutsista dan dlm merekrut personil sbgmn dlm penetapn mef tahap I s/d III msh krg, shg dng adanya perkembangan konflik LCS dn pengaruhnya ke indonesia, maka pntapn mef di ats perlu ditinjau, brhubung mef thp I brakhir pd tahun ini, maka mef yg bisa ditinjau adl thp 2 dan thp 3,

  39.  

    Mnymbung koment sy di ats. Indonesia jng keburu mnggsbungkan plaksanaan mef thp 3 ke dlm mef thp 2, krn indonesia perlu untuk menambah alutsistanya dan meretrofit atau mengganti sama sekali alutsista yg jadul atau rusak dn tdk dpt diperbaiki, kmdn dng jumlah blsn ribu pulau, lebih dr 5 jt km2 luas wilyh laut, indonesia perlu utk menganggarkan 40-50 milyar dollar dlm pngadaan alutsista, menambsh personil utk memenuhi pembentkn korwilgabhn, mnambh divisi cyber defence smpai pnemptn ke unit2 di kelurahn, kcmtn, kab/kota dan propinsi, smpai pusat, tisp instansi vertikal dn horizontal, pnmbhn biaya penelitian dn pngrmbngan alutsista, misl mempercepat pmbuata. Prototipe heli serang gandiwa, pembelian MBT leopard sbyk 850 unit yg btal di jual jerman kpd UEA, pmblian MBT oplot dan armamata, yg kmdn diambil sampel utk dibuat prototipe MBT citarasa lokal, indonesia prlu bnyk pswt tempur multotole, heavy dan medium serta light class pswt tmpr, pswt pngebom, pswt angkut, heli angkut, heli serbu, heli serang, heli anti kpl slam dn anti kpl permukaan, yg dilnkpi jammer, dn anti jammer, LPD, LST, kpl bantu cair, kpl patroli dan kpl cepat rudal, hovercraft, kpl cepat komando, kpl selam, panser dn tank amphibi, tank medium, SAM dipesisir pantai dan daratan, petbasn serta obyek2 vital, peluncur dan rudal anti tank, kpl destroyer, kpl prang jlajah, kpl penyapu ranjau, ks mini, pswt amphibi, radr, bunker, kilang2 bbm, kpl tugboat, dll, kmdn di MEF thp III spy yg msh krg atau tdk ada di mef II, maka perlu dianggarkan 70 milyar dollar, di mef thp III perlu ada tmbhn 2 korgabwilhan.

  40.  

    Dg ramainya LCS. Serawak Borneo resah karena kegiatan angkatan laut Tiongkok sering latihan di wilayah lautnya, dg situasi demikian para politisi Serawak Bornea berinisiatif ingin melepaskan diri dr Malaysia kalau tdk diperhatikan akan keamanannya dan kalau mau ya bergabung aja dg Indonesia pasti dijaga keamanannya. Salam……………

  41.  

    banyak jln menuju roma kale…belajar kata kiasan dulu bos,jgn lugu begitu jdnya you kaya org b360

  42.  

    kapal patroli indonesia dipasangin meriam air yg disambungin dengan saluran pembuangan septic tank aja.
    kalau kejadian seperti ini gapapa mereka nabrak2in kita, tunggu sampai dekat baru semprotin dah tuh…

    dijamin asal suplai ‘amunisi’ kita banyak, kapal2 cina besok lusa males buat nabrak2in lagi..

 Leave a Reply