Agu 192018
 

Alborz kapal perang Angkatan Laut Iran © Mahdi Marizad via Fars News Agency

JakartaGreater.com – Komandan Angkatan Laut Republik Iran Laksda Hossein Khanzadi mengumumkan bahwa untuk pertama kalinya, kapal perusak (destroyer) Angkatan Laut Iran telah dilengkapi dengan Sistem Senjata Jarak Dekat (CIWS) yang diindividualisasi, sebagai pertahanan terhadap rudal anti-kapal, seperti dilansir dari laman Tasnim News.

Berbicara kepada Kantor Berita Tasnim, Khanzadi menunjuk bahwa proses manufaktur CIWS versi Iran itu disebut “Kamand” dan ia pun mengatakan setiap kapal perang perlu memiliki sistem pertahanan berlapis.

Sistem senjata jarak dekat (CIWS) Kamand yang diproduksi Iran dapat menghancurkan sasaran dari jarak 2 kilometer dengan menembakkan antara 4.000 dan 7.000 amunisi per menit, katanya.

Close In Weapons System (CIWS) Phalanx Mk. 15. © US Navy via Wikimedia Commons

Komandan itu lebih lanjut menekankan bahwa hanya ada beberapa negara di dunia yang memiliki pengetahuan untuk membuat sistem pertahanan seperti itu dan Kementerian Pertahanan Iran telah berhasil mendapatkan kemampuan seperti itu.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa untuk saat ini, sistem CIWS Kamand akan dipasang pada kapal perang yang melakukan misi di perairan dalam dan jauh. Pada tahun 2015 lalu, Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari merencanakan untuk memproduksi varian lokal dari CIWS Phalanx.

CIWS Kamand terdiri dari senjata gatling dipandu radar yang dipasang pada landasan berputar, sistem senjata ini telah digunakan oleh banyak Angkatan Laut di seluruh dunia, terutama oleh Angkatan Laut AS di setiap kelas kapal perang permukaan.

Bagikan:

  One Response to “Kapal Perusak Iran Kini Terpasang CIWS Kamand”

  1.  

    emangnya iran sdh punya destroyer?

 Leave a Reply