Apr 232017
 

Kapal CMA CGM Otello (Pelindo II @indonesiaport)

Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Elvyn G Masassya menyambut kedatangan Kapal CMA CGM Otello berkapasitas 8.238 TEUs yang bersandar di dermaga Jakarta International Container Terminal, Minggu, 23/4/2017.

IPC menyambut kedatangan kapal besar milik perusahaan pelayaran asal Prancis, Compagnie Maritime d’Affretement-Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) untuk pertama kalinya pada 9 April lalu. Kerja sama ini melayani pelayanan baru bernama Java South East Asia Express Services atau “JAX Services, yang akan melayani rute Tanjung Priok, Jakarta ke West Coast, Los Angeles dan Oakland, Amerika Serikat, dengan sistem sandar minggu secara rutin (weekly call).

Total bongkar muat selama tiga pekan yang terus meningkat dengan angka rata-rata 2.100 TEUs menunjukkan tanggapan positif dari para pengguna jasa kepelabuhanan yang merasakan efisiensi biaya logistik pengiriman barang dari Tanjung Priok ke West Coast.

Kapal CMA CGM Otello (fruchtportal.de @fruchtportal)

“Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah dalam usaha-usaha yang kami lakukan untuk meningkatkan koneksi logistik dan maritim di Indonesia,” ujar Elvyn.

Elvyn berharap hadirnya kapal peti kemas terbesar pertama di Indonesia itu dapat memicu hadirnya kapal besar lain untuk singgah di Tanjung Priok, sehingga sejalan dengan misi pemerintah, pelabuhan yang berlokasi di utara Jakarta itu dapat berkompetisi dan menjadi salah satu pelabuhan transshipment di kawasan Asia Tenggara IPC berkomitmen terus memperbarui dan meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhan dengan mengubah pelayanan menjadi berbasis IT dan menyempurnakan infrastruktur serta suprastruktur kepelabuhan. Tujuannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, sehingga mampu bersaing dengan pelabuhan internasional lainnya.

Komitmen yang sama disampaikan oleh Senior Vice President CMA CGM Asia, Jean-Yves Duval, yang akan terus mendukung cita-cita Indonesia untuk mengembangkan jaringan maritim secara menyeluruh.

“Pada masa depan kami ingin memulai lembaran komitmen baru bersama IPC dan pemangku kepentingan lain dalam industri maritim Indonesia,” tutur Duval.

Antara

Bagikan Artikel:

  37 Responses to “Kapal Prancis Layani, Jakarta-West Coast-Los Angeles-Oakland”

  1. god job

  2. Ih… Kapal ini gede banget… 334,07 meter… kalo jd LHD ato kapal induk cocok….

  3. betul bung ubed….
    sudah dimulai.
    rudalnya kapan maulai riset
    jangan beli besi karatan aja,basi……
    yg suka mengolok2 bung ubed awas kualat…..hi..
    yg suka bilang beli besi karatan juga bisa kualat….hii….
    waspadalah….ha…..ha….
    he….he…..
    ho…….ho…..
    hu……hu……..

  4. Usaha keras Pak Presiden dan jajarannya untuk memangkas waktu bongkar muat, memberangus pungli di JICT, menaikkan standar pelabuhan sudah mulai nampak hasilnya. Yg perlu ketar ketir sebetulnya ya singapor*, karna ga perlu lagi transit disono, otomatis fee ga lari kesono.

    Oiya, kabar pak mantan yg suka ribut sendiri dan punya jurus “kepret” gimana kabar??

  5. Saya setuju sama bung ubed -x ..

  6. Mantap semoga semakin maju sesuai program poros maritim dunia!

  7. Ohh,, baru mulai yah.. kirain udah dari 2 tahun yg lalu..xixixixixixixi

  8. la..yg komen sedikit..

    • Ya ini mau komen…ane pilu bang, lihat kapal. segede ini gak bisa bersandar dipelabuhan sekupang batam.

      Entah dulu oknum siapa yang jadi antek singapura shg mengijinkan pemasangan jaringan kabel optik bawah laut, tepat melewati mulut akses masuk ke sekupang….makane kapal2 bertonase berat gak bisa. masuk krena akan melanggar kabel2 tsb

      • bung jimi supono@ nah ituloh pandainya mereka, awal2 tanam kabel biar kita tdk cepat membesarkan pelabuhan kita sendiri, cepatlah pandai bangsa kita biar tdk di tipu terus2an, klu oknum itu faham2 sj lah. tdk usah di sebutin nanti bikin ribut disini, maklum bangsa kita masuk negara berkembang,jd sebagiannya tdk jauh dr perilakunya ,istilanya di suruh di depan tdk tahu tapi di suruh di belakang nggondeli. kakakaka…

  9. Media yang nyinyir itu jelas punya siapa, sampai kpanpun dia kan tetap nyinyir, agar bangsa ini gak maju maju, kampretttttt

  10. komentar di awal2 banyak yg alay. alamak

  11. *%

  12. 2.5 th ada hasilnya yg 10 th ada hasilnya jg tp tak tampak

  13. Setelah dikeruk sangat dalam akhirnya bisa juga ini kapal masuk priok dengan catatan matikan mesin dan dipandu. Tunggu pelabuhan New Priok yang di kalibaru ya, ente bisa sandar tanpa harus mesinnya mati.

 Leave a Reply