Apr 302017
 

ilustrasi : Kapal Roro (Roll-on-Roll-off Ship) (photo : Phillip Capper)

Jakarta – Presiden Joko Widodo bersama Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte akan meresmikan Layanan Kapal Ro-Ro Davao-General Santos-Bitung di Kudos Port, Davao Filipina.

Untuk kepentingan itu, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Davao dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Col Jesus Villamor, Manila, Sabtu (29/4/2017).

Turut menyertai keduanya dalam penerbangan menuju Davao : Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Duta Besar Indonesia untuk Filipina Johny J Lumintang.

Kerja sama konektivitas ini juga mendukung upaya pemerataan di antara negara anggota karena melibatkan unsur pemerintah daerah #ASEAN2017 (Kantor Staf Presiden)

Peresmian layanan pelayaran diharapkan dapat memajukan sub kawasan dari berbagai aspek di antaranya dalam hal konektivitas, perdagangan, hingga “people to people contact” antara Indonesia-Filipina maupun ASEAN.

“Saat ini pelayanan Ro-Ro baru menghubungkan Indonesia dan Filipina. Namun akan dikembangkan sehingga menghubungkan wilayah dari negara ASEAN lain, sehingga mendukung konektivitas ASEAN,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Col Jesus Villamor, Manila.

Dari Filipina Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan melanjutkan lawatan menuju Hongkong dari Bandara Internasional Fransisco Bangoy, Davao Filipina, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Di Hongkong, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan bertemu ribuan warga dan diaspora Indonesia.

Antara

  10 Responses to “Kapal RoRo Davao-Bitung, Bangun Konektivitas ASEAN”

  1. kukuruyukkkk

  2. kuuukkkuurrruuyyyuuukk

  3. hmmmm … komen dulu baru baca

  4. Ayo ramein

  5. maju terus poros maritim !

  6. Hahaah……. Gooood

  7. Itu tangan kanannya jabat siapa Pak Dut?

 Leave a Reply