Kapal Selam Alugoro Dapatkan Sorotan Internasional

JakartaGreater – Keberhasilan PT PAL Indonesia meluncurkan kapal selam KRI Alugoro 405 mendapatkan perhatian internasional.

Bahkan lembaga internasional CSIS mengulas keberhasilan ini dengan menilai, peluncuran kapal selam Alugoro, 17-3-2021, menandai pertama kalinya dalam sejarah, sebuah kapal selam berhasil dibangun di Asia Tenggara.

KRI Alugoro- 405 merupakan kapal selam ketiga Nagapasa Class yang dibangun oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) Korea Selatan,  yang bekerja sama dengan PT PAL Indonesia, untuk transfer teknologi.

Dua dari kapal selam serang diesel-listrik (SSK) ini dibangun di Korea Selatan.

Namun kapal selam ketiga dibangun di galangan kapal  PT PAL di Surabaya, Jawa Timur dengan komponen Alugoro yang dibuat di galangan kapal Okpo, Korea Selatan, sebelum dipindahkan ke Surabaya untuk perakitan.

Kesepakatan kerja sama ini diteken tahun 2011 dengan nilai kontrak $ 1,1 miliar.

Kapal Selam Alugoro (@ PT PAL Indonesia)

Dalam hal desain, kapal selam kelas Nagapasa didasarkan pada kapal selam kelas Chang Bogo Korea Selatan, tetapi memiliki peningkatan pada susunan sonar, radar, dan sistem navigasinya.

Kapal selam baru ini memberikan angkatan laut Indonesia peningkatan yang signifikan atas 2 kapal selam serang kelas Cakra, yang telah beroperasi sejak awal 1980-an.

Modernisasi militer Angkatan laut Indonesia terjadi pada saat Indonesia menghadapi tantangan atas hak maritimnya, di laut Cina Selatan.

TNI pun telah membentuk markas pasukan di Kepulauan Natuna untuk melindungi kepentingan maritim Indonesia di dekat Laut Cina Selatan dengan lebih baik.

Keberhasilan PT PAL merakit kapal selam, menjadi modal penting bagi peningkatan kemampuan kapal selam lainnya, jika negara maritim Indonsia ingin menambah armada bawah lautnya.

KRI Alugoro 405

Kapal Selam ke-3 KRI Alugoro-405, diserahterimakan dari PT. PAL kepada Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto, pada 17-3-2021 di Galangan PT PAL Indonesia, Surabaya, Jawa Timur.

Kapal Selam KRI Alugoro merupakan kerja sama antara Korea Selatan dan Indonesia pada 26 Desember 2014 dan peletakan lunas pada tanggal 30 Mei 2016.

Pengiriman section dari Korea Selatan ke Indonesia pada tanggal 19 Maret hingga 25 Mei 2017.

Pemberian nama ALUGORO dilakukan 11 April 2019, dan penyerahan kepada Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 17 Maret 2021.

2 pemikiran pada “Kapal Selam Alugoro Dapatkan Sorotan Internasional”

Tinggalkan komentar