Apr 172017
 

Menurut gambar yang dirilis oleh Channel, Angkatan Laut Vietnam telah memberi perhatian pada kapal selam Project 667E Amur 1650. Menurut media Rusia, sangat mungkin dalam waktu mendatang, Vietnam akan membeli lebih banyak lagi kapal selam untuk membangun armada kedua dengan kapal selam Amur 1650.

Sebelumnya Vietnam dan Rusia juga berkomitmen ntuk meningkatkan kerjasama teknis militer antara kedua negara, dan Moskow siap untuk menjual lebih banyak lagi kapal selam dan kapal perang kepada Vietnam.

Menurut analisa Profesor Carl Thayer, seorang pakar militer asal Australia, dari keenam kapal selam Kilo Vietnam, nantinya dua kapal selam Kilo dalam status beroperasi di laut, dua dijadikan cadangan dan dua lainnya menjalani perawatan rutin.

Jadi, agar benar-benar dapat mengatasi lawan yang kuat, Angkatan Laut harus dilengkapi dengan brigade kapal selam yang lebih modern. Jadi, jenis kapal selam baru apa yang sesuai untuk melengkapi brigade ini ketika Rusia siap untuk menjual lebih banyak lagi kapal selam kepada Vietnam?

Menurut ahli, kandidat pertama yang tidak diragukan lagi akan menjadi kapal selam generasi terbaru Vietnam adalah kapal selam Lada class versi ekspor dari Amur 1650. Lada dipersenjatai dengan sistem kontrol dan otomatisasi. Selain canggih, kapal selam baru ini sangat tenang dan stealth, dengan tingkat kebisingan yang lebih rendah dari kapal selam Kilo.

Secara khusus, Lada adalah kapal selam konvensional pertama Rusia yang dilengkapi dengan sistem AIP (air independent propulsion), memberikan Lada kemampuan berselam lebih lama daripada Kilo.

Selain kapal selam Amur, Profesor Carl Thayer menyatakan bahwa Vietnam juga tertarik pada kapal selam Scorpene yang diproduksi oleh kelompok DCNS Perancis.

Kapal selam Scorpene dilengkapi dengan sonar parallel passive phase-scan, sistem navigasi DR3000 yang dikembangkan oleh Thales dan sistem sonar menggunakan teknologi S-Cube multi-dimensional array scanning TSM2233M dan TSM2253 yang termasuk paling canggih saat ini. Scorpene dilengkapi persenjataan yang terdiri dari enam tabung torpedo 533 mm, untuk peluncur torpedo Black Shark dan rudal anti kapal SM-39 Exocet.

Secara khusus, sistem Scopene AIP juga sangat handal, mampu menyelam dan beroperasi lebih lama daripada kapal selam non-AIP. Menurut produsen, Scorpene mampu beroperasi terus menerus selama 71 hari di laut, jauh lebih lama dari kapal selam Kilo 636 yang hanya 50 hari.

Kapal selam diesel elektrik generasi keempat ini juga dapat membantu Vietnam memperkaya pilihan pasokan senjata selain Rusia. Selain itu, Vietnam dapat meminta dukungan dan bantuan pelatihan dari India, yang akan memiliki enam kapal selam Scorpene yang dibangun secara lisensi.

Menurut pakar ini, ada kemungkinan setelah tahun 2020, Angkatan Laut Vietnam akan dilengkapi dengan brigade kapal selam Scorpene canggih, bersama-sama dengan Brigade-189 yang ada untuk menegakkan kedaulatan dan menjaga pulau-pulau terluarnya.

Sputnik Vietnam

Bagikan Artikel:

  43 Responses to “Kapal Selam Amur dan Scorpene, Pilihan yang Tepat Bagi Vietnam”

  1. Para sales tak berputus asa menawarkan produknya. Termasuk ke Indonesia.

  2. Test

  3. Indonesia Kapan Nih Vietnam 5-10 Thn Ke depan Punya Sekutar 10-12 Kasel… Sedangkan Indonesia Baru Punya 4…

  4. Dua2nya sama2 bagus.

  5. Scorpen Harganya 400-659 Jt USD tergantung Varian… Sedangkan Amur-1650 Harganya 450 Jt USD… Dari Segi Senjatan Amur Lebih Hebat… Dan Juga Dari Kesenyapan Amur-1650 Lebih Unggul…

  6. Itu 659 Jt USD di Ralat Jadi 650 Jt USD … Itu Salah Nulis Bukan Mark Up Harga…

  7. Ikutan berimajinasi bebas sj deehh..

  8. artikel…menyindir…pengadaan Kasel…xixixii..pakar luar negri aja mengakui..cuman dikita kalahnya..Ama pelit TOT…hahah

  9. Indonesia kapan 2030 ha

  10. lagi lagi vietnam..
    Indonesia..au ah gelap…

  11. U214 dan scorpene 1000 buat indonesia

  12. Dan kita masih dalam tahap kajian teknis yang entah akan sampai tahap kontrak

  13. Sistim AIP Rusia msh belum “matang’ sampe skrg msh d kembangkan. Sampe skrg jg baru 1 lada class yg d oprasikan pihak AL Rusia, dan malah meneruskan ato merefurbish kilo Paltus ke Improved kilo. Hal ini d karenakan blm matangnya teknologi yg d kandung kapal ini. Hal ini wajar saja mengingat kendala keuangan rusia saat ini sehingga menghambat prog2 penelitian system baru. Dalam persenjataan harus d akui bhwa kasel ini mantep. Hanya dgn bergeser & berkembangnya pertempuran era sekarang dari sebagai daya pukul & serang utama menggeser fungsi kasel sbg platform ISR yg sgt efektif, tentunya harus d dukung dgn teknologi canggih, daya selam & kesenyapan yg baik. Modul AIP tentunya sgt mendukung hal tsb selain koneksi antar mandala yg baik (datalink). Sy rasa hal ini yg membuat sebagian besar AL masih ragu dgn potensi dari lada class ini.

    • Rusia Pesen Lada Class 3 Unit Bung Tapi Yg jadi Baru 1 Unit…

    • Awal mula gagalnya program lada class,, efek dari embargo NATO trhadap Rusia yg berimbas trhadap kerjasama sistem AIP dgn italy bung.. ibarat udah jatoh ketiban tangga,, india satu2nya yg bisa diharapkan sebagai donatur pengembangan lada class dikala rusia krisis malah berpaling ke scorpone.. yg udah jauh lebih pengalaman dlm ngembangin sistem AIP..

      Alhasil itu lada/amur dipending ampe 2020,, karena harus ngembangin sistem AIP sendiri.. kalo emang mau akusisi nih kasel,, nunggu AL Rusia pesen dulu nih barang..xixixixixixi

      • Rusia dah Pesen 3 Unit Lada Class Bung Welleeehh

        • Iyaa bung,, tp ga memuaskan aka reject..
          Maaf yah bung jimmy..xixixixixixi

          “Russia is set to start construction of its new Kalina-class diesel-electric submarine after the last two Lada-class vessels are completed. The Project 677 Lada-class—which Moscow is terminating after three units are completed—has proven to be a “disappointment”.

  14. Chang Bogo kita datang bulan April kan min? Wah gag sabar nih pengen lihat wujudnya gag sabar juga pengen lihat Kapal Selam yang dibangun PT PAL https://jakartagreater.com/kapal-selam-terbaru-tni-al-tiba-april-2017/

  15. Untuk KS Diesel/AIP, teknologinya lebih meyakinkan prod Jerman, macam U214 & U218. Dan ada kesinambungan dg KS U209 & CBG yg kita miliki, shg mungkin memudahkan dalam maintenance nya.

  16. Format kasel..2 ronda..2 cadangan..2 services…Kalo latian pake yg mana?itu untuk negara seluas Vietnam…
    Kalo Indonesia?hehehe..dikalikan saja ya…krn sampe saat ini..Indonesia masi menganut peperangan laut spt rusia…perkuatan Di kapal selam drpd kapal permukaan yang gede gede sesuai kontur negaranya…IMHO..Kalo berbicara teknologi kasel…jelas masi unggul prancis atau jerman…hehehe

  17. Beli kasel macem beli kacang kulit, tinggal ambil bayar..xixixi lutunya!,?.omong2 knp vietnam ga memproduksi nuklir yah, kali aja china lsg balikin lcs kpd masing2 negara yg berhak memiliki jika vietnam berniat mempersentai armada tempurnya dgn rudal nuklir bahkan icbm nuklir..

  18. Test

 Leave a Reply