Jul 092016
 

Kapal selam Barbel class, kapal selam serang diesel elektrik terakhir yang dimiliki Angkatan Laut Amerika Serikat. Menggunakan berbagai teknik perbaikan yang radikal dari kapal selam generasi sebelumnya, kapal selam Barbel adalah kapal selam pertama yang dibangun dengan bentuk ambung -teardrop- yang pertama diuji pada kapal selam Albacore (SS-569). Barbel class juga kapal selam pertama yang menggunakan ruang kontrol terpusat dan terintegrasi di dalam lambung.

Dalam sebuah simulasi pada latihan Angkatan Laut terbesar RIMPAC 1978, Barbel pernah ‘menenggelamkan’ kapal induk USS Enterprise. Barbel class juga memiliki desain yang dianggap sangat efektif dan sebanding dengan kapal selam Kilo class Soviet, yang bahkan terus ditugaskan lebih dari 20 tahun kemudian dan sampai saat ini masih memperkuat banyak Angkatan Laut di seluruh dunia.

Didukung dengan tiga mesin diesel Fairbanks-Morse 10 silinder bertennaga 3050 hp satu poros, kapal selam bisa mencapai kecepatan 15 knot di permukaan dan 21 knot saat menyelam. Daya jelajah kapal selam mencapai 19.000 mil dengan 112.000 galon bahan bakar. Dikombinasi dengan dua motor listrik berkekuatan 9.600 hp yang memiliki daya tahan setengah jam pada kecepatan penuh atau daya tahan 102 jam pada kecepatan ekonomis 3 knot.

Pada tanggal 1 Mei 1989, saat beroperasi di Kyushu Jepang, tiga awak kapal selam terjatuh ke laut akibat ombak besar, satu pelaut berhasil diselamatkan, dan dua lainnya akhirnya tenggelam. Karena kerusakan dan kebocoran yang berat, Barbel class akhirnya di nonaktifkan pada tahun 1990. Sejak itu seluruh armada bawah laut AS menggunakan kapal selam bertenaga nuklir.

Bagikan Artikel :

  18 Responses to “Kapal Selam Barbel Class, Pernah Menjadi Lawan Tangguh Kilo Class”

  1. Milih kilo dah kalo diesel elektrik. Paling top

  2. Loh loooh loooohh
    Ada ya kasel kelas barbel?? Barbel bukannya mainan si hulk dr iran di artikel yg lalu..

  3. yang terbaik masih keluaran u series…karna jerman adalah bapak moyanknya kapal selam….

  4. Rusia sama usa belom pernah nyobain kapal selam buatan indonesia..harga murah meriah,paket lengkap mau yg berisi atau ngga

  5. Ente ngomong apaan sih bung?? Masih gagal move on?? Jelas2 pembelian changbogo utk kemandirian bangsa ini.. ente salah satu orng yg otaknya kecil, ga bisa mikir panjang.. dari spek changbogo jelas lebih modern dibanding mbahnya 209, banyak sistem yg udah di upgrade dgn teknologi terkini yg membuat bobot dan ukurannya jd bertambah di banding 209 versi aslinya..

    Warga dimari jg udah pada ngarti dan otaknya ga sesempit ente kalo itu pembelian SBY dan rakyat mendukung kemandirian dr hasil pembelian changbogo.. kasihan junjungan ente yg belom kerja apa2 main asal klaim kerja orng lain,, pake nyalah2in lg yg kagak ada dasarnya dan ga pake otak..

  6. xixixixi…..

  7. barbel:barang bekas loakan?akankah masuk arsenal kita karena memenuhi 3 syarat:
    1.butuh kapal selam
    2.bekas
    3.hibah

  8. AA ICal si otak udang ….xixixi….emang loe siape menyalahkan bpk Sby

  9. nih barbel brp kilo ya??

  10. Kutunggu kedatanganmu kilo class dan lada class.artikel yg bagus trimakasih infonya

  11. cocok dipakai Agung Hercules….ini kapal senjatanya bentuknya juga barbel…ribut ribut barbel melayang xixixi…peace

 Leave a Reply