Dec 082015
 
Total nanti akan ada 12 kapal selam dengan segala tipe dan kelebihannya,” urai Laksamana Ade.
Kapal Selam Changbogo

Kapal Selam Changbogo

Surabaya – “Representasi kekuatan untuk menjaga kedaulatan maritim adalah kapal perang. Kekuatan di laut kita sangat ditentukan oleh kekuatan kapal perang kita. Namun saat upacara Hari Armada tahun ini, banyak kapal perang sedang dalam tugas,” kata KASAL Laksamana Ade Supandi, di Surabaya, Jawa Timur, 7/12/2015.

Karena kebutuhan tugas itulah, kekuatan kapal perang tidak semua ditampilkan saat upacara. Bahkan upacara militer yang lengkap dengan defile kekuatan pasukan itu relatif sederhana. Hal ini diakui KASAL.

“Tahun ini puncak upacara Hari Armada tampak seferhana. Tidak mungkin kita menarik kapal perang yag sedang latihan hanya untuk kepentingan upacara. Biarlah seremonial upacaranya yang ngalah,” kata Laksamana Ade, saat memperingati HUT Armada ke-70 di Dermaga Ujung Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur, 7 Desember 2015.

Proyeksi kekuatan kapal adalah dengan kompsisi sepetiga latihan, sepertiga siaga, dan sepertiga perbaikan. Laksamana Ade meminta tak menganggap kesederhanaan ini bagian dari ketidakseriusan Koarmatim. Sebab, dia lebih mementingkan latihan dan operasi di laut dem kedaulatan negara.

Sejumlah kapal perang sebagai kekuatan utama kedaulatan perairan memang tampak di dermaga, termasuk KRI Dewa Ruci. Namun kapal ini akan diremajakan dengan membuat kapal baru. KASAL menuturkan bahwa telah dipesan kapal baru langsung dari Spanyol.

Kapal itu adalah pengganti Dewa Ruci. Kapal turuan itu awal 2017 sudah jadi. Arsitek Dewa Ruci adalah Spanyol.

KASAL Laksamana TNI Ade Supandi di PT PAL.

KASAL Laksamana TNI Ade Supandi di PT PAL.

Sementara itu, perbedaan pada upacara kali ini juga terlihat dari perwakilan Lantamal dari berbagai daerah. Komandan Lantamal di daerah Timur Indonesia bisa menggelar upacara Hari Armada di wilayahnya. Tak dipusatkan di Dermaga Ujung Surabaya.

Saat ini tengah ditingkatkan kekuatan armada. Tetap yang utama adalah kapal perang. Namun diperlukan kekuatan armada terpadu. Sistem struktur TNI AL harus kuat untuk menjaga kedaulatan maritim. Mulai alutsista dan kekuatan kendaraan militer.

“Akan ada kapal baru masuk ke kita. Kapal-kapal dalam kapasitas besar yang kita datangkan dari Belanda. Meski dari Belanda, tapi pengerjaannya kita join dengan mereka,” tambah KASAL.

Saat ini TNI AL mendukung penuh produksi komponen kapal dalam negeri. Apalagi anak bangsa ini mampu. Seperti membuat generator, pompa, dan lainnya. TNI AL juga tengah menyelesaikan pembuatan Kapal Selam produk dalam negeri bersama PT PAL yang join dengan Korea Selatan.

“Kapal selam sudah kita buat tiga unit. Maret di-launching di laut. Total nanti akan ada 12 kapal selam dengan segala tipe dan kelebihannya,” urai Laksamana Ade.

Selain unjuk kekuatan di bidang armada, Koarmatim Surabaya juga pamer kekuatan di bidang komunikasi militer. Saat bertugas menjaga kedaulatan laut tak bisa mengandalkan GSM atau HT. Perlu kominikasi satelit jarak jauh lengkap dengan teknologi terkini.

“Kami telah menerabas kebuntuan tekelomuminkasi. BTS tak sampai. Radio juga sulit. Kami adopsi komunikasi satelit hingga batas mana pun di laut,” kata Laksamana Ade usai mencoba teleconfrence satelit bersama anggota TNI AL di Selat Sunda hingga Papua.

Surabaya.tribunnews.com

  69 Responses to “Kapal Selam Baru Indonesia Launching Maret 2016”

  1. Ngga sabar menunggu!

  2. 12….. kira2 dari spesies apa aja ya Ndan ?

  3. ditempatkan dinatuna buat supplay makanan beruk

  4. mudah2an sama ma moto nya 81…tdk terlhat,tdk trdngr,,,dan tidak….satu lg ane lupa…

  5. Semangat! Gak sabar menunggu~

  6. DUA…BELAS….

    • yap! 12 unit! tahun dpn launching bung,

      • “Kapal selam sudah kita buat tiga unit” : Changbogo class
        “Maret di-launching di laut” : Satu biji sedang dikerjakan di korsel memang rencana jadi thn 2016 sisanya tahun 2017.
        “Total nanti akan ada 12 kapal selam dengan segala tipe dan kelebihannya,”: Ini baru rencana, berarti krn kita sdh punya 5 (nakula dan changbogo) berarti msh kurang 7 lagi.

  7. 12 dari segala tipe, fix amur / kilo bakal datang kayaknya

  8. 12 buat konsumsi publik…sisanya masih sembunyi..hhe

    salam dari viewers asal kalimantan abang2 skalian…

  9. Masih lama jg ru muncul nich si ncang bogo…?

  10. Nah kaan,, hanya sepertiga kekuatan yg ditampilkan dlm upacara seremonial & tidak dikeluarkan semua,, jadi yg ghoib biarlah ghoib,, klo mw tau aslinya ya harus bisa jd bagian didalamnya… Salam Persatuan,, NKRI Seterooong.. :mrgreen:

  11. Hehehehehehehe… Kenapa jadi byk 12 biji pak KSAL..? Kemaren2 blm ada berita ttd nya pak.. Apa statementnya ga pernah lengkap ya pak… Kapal selam kita hnya dua….Belasnya ngomongnya dalam hati ya pak..xixixixiixixixi… Dgn segala tipe dan kelebihannya… Apa yg pesenan mbah mul ya pak..
    Pesenan mbah mul di pasar inpres thn 2014 dah pada warmingUp…sambil nunggu ijin trayek resmi sementara pake trayek angkot mbah tjakra dan nanggala…
    Akula seorang kapiten 1-2014
    + semur seKilo 636 3-2014
    + jaAmur merang 950/1650 class SSK 2-2014 +
    Uhuyy 214/212 class SSK 3-2014
    Total belanjaan pasar inpres 9 karung..
    Tambah mbah Tjakra dan Nanggala (asli) 2 siluman biar dah aki2 tp msh petakilan didalem laut ga bisa diem..
    Nah yg atu baru mau belajar kenal aer laut…kaChang bogor class SSK 1-2015
    Hehhehehehehehe Totalnya 12 ini toh pak KSAL.. Lha astuti ne piye pak KSAL…? Sssttttt… Astuti lg creambath abis dari pasar…xixixixixixiixixixi…

  12. Yg ini dijamin gak pakai pelampung

  13. yap! 12 unit! tahun dpn launching.

  14. siiiibbbb

  15. Alhamdulillah, semoga bermanfaat demi melindungi negeri dari gangguan pihak asing.

    Gak sabar pengen lihat bentuknya bung.

  16. 12 kasel..apaan saja tuh pak.?? Ayolah pak ga usah pelit kasih taulah..Hahaha..bulan maret 2016 cepat amat pak.!. Kapan pesenya pak.? Perasaan pesanan cangbogo ga sampai 12 pak walaupun ditambah yg lama 2 biji..bapak yg satu ini bercanda masa dlm 3 bln nambahnya jadi 12 ks..Hahaha…

  17. gila ndroo…
    sekali launching 12 biji,,tahun depan pulak,,ckckck,mimpi apa ane semalam…?

  18. 12…. dan itu juga masih 1/3 *klo dari clue-nya…jadi totalnya berapa ya?

  19. Busyet dah..ini di keluarkan datanya karena sebelumnya Mama Minta Kasel kah ? 😀
    Berita ramenya Changbogo beberapa biji lgi dibuat, ini udah bilang 12. Top Dah TNI

  20. yg ghoib mulai bermunculan,,,apakah ini efek dari proyek KFX/IFX yg seret,,??

  21. Dua Belas!!! ah Bapak Kasal ini serius apa bercanda nih Pak?

    • ks…12 itu kan yg baru mau, ks yang lagi bawa golok+parang di semenanjung natuna lcs blum disebut, bagaikan sang patih gajah mada sedang menghadang pasukan kuning……

  22. “Kapal selam sudah kita buat tiga unit. Maret di-launching di laut. Total nanti akan ada 12 kapal selam dengan segala tipe dan kelebihannya,” urai Laksamana Ade.

    Bukan berita baru, dari jaman SBY juga dikasih tahu kok proyeksi MEF adalah 12 kapal selam.
    Begitu juga proyeksi kedatangan CBG -2016,2017 dan 2019.
    So masih panen alutsista SBY terus kapan donk era JKW dimulai???

  23. buat psywar terhadap negara asu….jaga2 freport gak diperpanjang

  24. Udah mulai buka2an neh,,,maret ???mantapplah NKRI strongg

  25. lunching tuh maksudnya launching chang bogo pertama yang akan memasuki masa dins TNI AL untuk selanjutnya akan ditambah denga kasel dari berbagai jenis sampai jumlahnya 12 buah.bukan sekali launching 12 biji pada bulan maret.

  26. Ssssstttt, ……….. nanti ada yang bilang NGAWUR, tp gak bisa kasih solusinya. !!!

  27. Top

  28. Top deh

  29. Nomero uno

  30. 12 biji…….????

  31. 12 biji…..????

  32. Paling nanti dibanting lagi dengan bla bla bla alasan.. skr sih test the water aja

    Launching kapal selam 12 biji.. ada2 aja bahasanya emangnya buatnya sebentarr

  33. Siap komandan….
    1/3 latihan…1/3 operasi….1/3 service….deal komandan…
    Bigimenong critanya kalo kapal selem indonesia dr dulu cuman 2 biji…trus 1/3 nya latihan 1/3 nya operasi ama 1/3nya masuk bengkel….wkwkwk….

    • Klo konsepnya 1/3 operasi = 2 (cakra nanggala 209 aki aki) , 1/3 siaga = 2, 1/3 service = 2. Jadi tot = 6KS. Nggak beda jauh dgn clue ghoib nya. 2 class 209, 2 kilo, dan 2 dari improved kilo?

  34. Dengan konsep pre-emptive strike dan ada 3 komando wilayah gabungan, sy meragukan junlahnya 12 karena perlu rotasi awak dan perawatan KS

    Jadi bisa saja 12 yang aktif dalam sattu kali operasi untuk satu negara atau 3 komando wolayah gabungan? Bingung deh..

  35. tahun kemarin ponakan saya kelas 6 sd ikut wisata jiarah salah satunya jiarah kepulau mangkok di daerah banten tempatnya di dekat pinggir pantai di pulau mangkok,singkat ceritanya pas pulang jiarah ponakan saya cerita,a tadi dadan waktu habis jiarah di pulau mangkok dadan maen di pinggir pantai pas lagi jalan2 sama wa ali dadan ma wa ali ngeliat kapal selam banyak a ada 10 ada yang di tengah ada yang deket pinggir pantai yang paling gede yang di tengah kapal selam nya sama kaya yang di komputer aa ,yang di komputer saya wallpaper hms astute,ponakan saya ini paling senang sama kapal selam ma pesawat tempur karna sering liat di komputer saya dan di gamenya lalu karna saya masih kurang percaya saya tanya sama uwa saya apa yang di bilang ponakan saya tadi dan uwa saya bilang benar,da uwa ge nempo aya 10 nu nimbul,nu paling gede aya di tengah ngomongnya santai tapi serius mereka keliatan senang tpi ga terkejut kaya saya dan oarng2 di sanapun biasa aja katanya ga begitu terkejut ngeliat jumlah ks segitu saya mendengar omongan ponakan saya dan uwa saya tersebut saya jadi nyesel kenapa ga ikut waktu itu sama mereka,tpi saya tidak menjamin apa yang mereka katakan itu benar sesuai omongan atau tidak karna saya tidak ikut melihat langsung dan saya hanya ingin berbagi cerita…..salaaam

  36. Beedasarkan perjanjian pembelian alutsista dengan rusia, seharusnya pada tahun 2015 ini sudah bisa di publish, tapi ini mundur sampai 2016… mudahan nggak mundur lagi

  37. Clue nya,, emang sih dibawah China dikit tp diatas India,, India jml KS nya brp yaa,, nah mbokde bilangnya mungkin suruh pesen 6x nya dari jml sekarang.. Xixixii… Cuma hoax.. No hoax no Party… :mrgreen:

  38. cina release resmi kaselnyalebih dr 60 buah..berdasarkan clue sesepuh kita bs jumlah kasel indonesia klo dah pwrnah liat kasel pd balapan dibawah air :). cm hoax versi ane 70 thn depan..inget cm Hoax ini jg

  39. coment ane gak muncul 🙂

  40. Mantafffffffffff……….

  41. ajib

  42. Ralat yah bukan type 209 series bukan 12 tapi 18,,,,,, no secret anymore cause ada yg lebih secret lagi

  43. D.lontong kesukaan gue

  44. ayo tni al buat dan beli kasel yg banyak..lautan kita luas dan kaya..harus dijaga 1000 kapal selam pun masih kurang..tambah personel angkatan laut jd 2 juta orang..angkatan darat 5 juta orang..angkatan udara 1 juta irang..cadangan 50 juta orang pasukan..kapal perang hrs ada 2000 unit berbagai type..kcr perbanyak jd 100000000000 unit

  45. 12 yang dipublish
    12 yang patroli
    12 yang lagi spa
    12 yang lagi dibuat.

  46. jaya dilaut …nenek moyangku orang pelaut..

  47. “Kapal selam sudah kita buat tiga unit. Maret di-launching di laut. Total nanti akan ada 12 kapal selam dengan segala tipe dan kelebihannya,” urai Laksamana Ade.

    Kangen ndan PS 🙁

  48. Malon ciki ciki…

 Leave a Reply