Oct 292013
 
Varshavyanka class diesel-electric submarine (photo: Ria Novosti/ Igor Chuprin)

Varshavyanka class diesel-electric submarine (photo: Ria Novosti/ Vitaly Ankov)

MOSCOW, 28/10/2013. Bulan November 2013, Vietnam akan menerima satu kapal selam Rusia yang dijuluki “Lubang Hitam di Lautan”, ujar sumber industri militer Rusia kepada RIA Novosti. Kapal Selam Kilo Rusia itu dijuluki “a black hole in the ocean” oleh Angkatan Laut AS, karena tidak terdeteksi saat sedang menyelam.

Vietnam memesan 6 kapal selam Varshavyanka class diesel-electric pada tahun 2009 sebagai upaya mengimbangi pengaruh maritim China yang terus berkembang. Kontrak tersebut termasuk pelatihan Kru Kapal Selam Vietnam di Rusia, dengan nilai 2 Miliar USD.

kilo-DNSN8704291

Kapal selam 636M memiliki emisi kebisingan yang sangat rendah dan dapat menembak sasaran dari jarak jauh, tanpa terdeteksi oleh sistem anti-kapal selam musuh. Kemampuan inilah yang menjadi salah satu andalan kapal selam 636M Rusia.

Varshavyanka class diesel-electric submarine (photo: Ria Novosti/ Igor Chuprin)

Varshavyanka class diesel-electric submarine (photo: Ria Novosti/ Igor Chuprin)

Keenam kapal selam pesanan Vietnam itu sedang dibangun di Galangan kapal Admiralty St Petersburg, Rusia. Kapal terakhir akan dikirim ke Vietnm pada tahun 2016.

Kapal selam Rusia ini memiliki berat 3100 ton, kecepatan 20 knot dan bisa menyelam di kedalaman 300 meter dengan membawa 52 awak kapal. Kapal selam Vietnam yang baru ini dilengkapi fitur tabung torpedo 533-mm, ranjau, serta rudal jelajah 3M54  atau  SS-N-27-Sizzler (NATO).  Kapal selam ini didisain untuk misi  anti-kapal permukaan dan anti-kapal selam di laut yang relatif dangkal.(RIA Novosti).

  56 Responses to “Kapal Selam “Black Hole” Vietnam diterima November 2013”

  1. Indonesia kpn beli????? Vietnam aja yg ekonominya di bawah kita mampu beli 6 biji sekaligus?? Apa kita emang udah punya duluan???
    Bener2 samar nih.kilo lagi kilo lagi
    ,,

    • wajar bila vietnam memborong 6 kilo class.. krn vietnam dalam keadaan sengketa laut china selatan, jadi harus bs mengimbangi ancaman militer china

    • ekonomi Vietnam bahkan di bawah Pilipina gan, hanya saja system pemerintahan, sejarah, situasi dan kondisi Vietnam agak beda dengan negara2 Asean lainnya
      walau Indonesia paling “nyantai” dalam anggaran pertahanan yang di bawah 1% GDP tapi pada akhirnya tetap saja akan menjadi yang terkuat di asean, we are simply too big. negara2 seperti Singapura, Thailand apalagi Malaysia tidak akan mampu menyaingi anggaran pertahanan kita nanti tanpa menghancurkan ekonomi negaranya.

  2. Noh liat vietnam semakin mantap aja.
    Masa indonesia kalah sama vietnam sih :/

    • Azhel sevenfold masih ingat indonesia di tawari 10 kapal selam eks russia??? jika indonesia jadi memborong tawaran 10 KS eks russia, saya kira indonesia tidak perlu untuk mempublikasikan. karena akan berdampak pada persaingan di kawasan. kondisi vietnam skrg kl di bandingkan sm negara kita, indonesia masih lebih aman. krn vietnam dalam keadaan sengketa laut china selatan dengan salah satu militer terkuat dan negara maju seAsia saat ini [ china]

      • saya cari di database ria novosti dari tahun 2004 kok gak ada ya berita yang menjelaskan tentang tawaran 10 KS secondhand tersebut?

        ada yang bisa memberikan klarifikasi ke saya, darimana asalnya berita tawaran 10 KS secondhand rusia itu?

        atau siapa pencetus omongan tawaran tersebut?

        • om hummble bee..
          Kalo itu mah akal”an petinggi nkrI aja om,,
          kilo setrong yg di indonesia itu gk bisa di ungkapkan dgn kata”..
          Banyak yg bicara ttg indonesia sudah memesan kilo,adapula yg bicara kaskus..
          Biarkan PM malaysia,menhan jepang,dan dubes rusia (ivanov) yg sudah menjawabnya..

        • Ane sebenernya penganut no pic = hoax, tapi akhir2 ini goyah dikarenakan terlalu banyak clue yg bertebaran. Yang bikin sedih, selama jadi mancing mania, tak seorangpun berani ngasih tau ane yg sebenernya. Rupanya teori “KARUNG” benar adanya…

          Tak dapat dipungkiri Teori Lontong RI adalah Teori konspirasi terbesar abad ini. Agen Lontongleaks dan agen disinformasi berlomba mencabik2 seisi hati anak formil, mengangkat-membanting, mengelus-menampar, membuai-menyiram air. Korban telah banyak berjatuhan.. WASPADALAH…

          Clue:
          1. 2+8=10 (dari seorang perwira initial sd).
          2. 10 ( clue dari intljn jepang).
          3. 2 ( menurut timbaland menteri negara jaguh).
          4. 10 ( berita hibah yg kontroversi hati).

          Indikasi: Untuk menambah demam lontong.
          Efek samping: Dapat menyebabkan jantungan, stress, dan gila.
          Peringatan: Penggunaan dosis tinggi dapat menyebabkan kontroversi hati, untuk wanita hamil dapat menyebabkan keguguran.

          • @WH :
            Konspirasi abad ini, bantingan kanan-kiri, info-disinfo ….bgitu mau klimaks ada yg posting ….

            “If i tell you,I must kill you”

            Knp kl ngomong KASEL RI kok heboh ya ?Jd inget komen org luar ….

            “I’d rather to see Iran with nuke then Indonesia with their submarine fleet”

            Galau berat, kudeta hati tak terhingga … Apapun info’a yg penting jaga kesehatan 😀

          • salah tag …bukan ke WH tp @wie aribowo

        • nah…. gak ada kan sumber dari kantor berita resmi rusia sendiri?

          tambahan, di point ini saya gak bertanya soal apa yang dikatakan oleh jepang, aussy, timbaland jaguh, ataupun ivanov, tapi saya menitikberatkan kepada berita TAWARAN 10 KS SECONDHAND.

          apa bener beritanya? kalo ada yang dapet link-nya tolong dipublish disini ya… (kalo bisa dari website luar negeri – wabilkhusus rusia)

          • Karena ada perjanjian khusus RI – Rusia terkait kerahasiaan alutsista, bisa saja RI minta agar segala release ttg KS ini dikeluarkan oleh RI saja.

            Info yang dikeluarkanpun hanya yang secuil itu: 10.

            Tipe apa saja, jumlah masing2 tipe,dan apakah akan diambil semua, sepertinya bakal seret…

          • @Maybe

            yang ini maksud anda?
            “Russia has offered to sell Indonesia 10 diesel-electric submarines (SSKs), government statements in Indonesia have revealed.”

            itu kan pernyataan dari pemerintah kita, bukan dari pemerintah Russia.

          • Heheheee …iya 😀

  3. keluarga hiu kencana senyum2 simpul, kmaren2 ga pake seremonial…

  4. Terus terang jadi pertanyaaan : sama2 di Asia Kenapa Vietnam feel free bisa trasparan akuisisi kilo ini sementara Indonesia gak ? bahkan kaya entut gak kelihatan barang nya bau nya ke mana mana ? tetangga jug kena bau nya jd mumet apa lagi warga warjag jd ikut mumet

    Anybody can explain about this .. para suhu ??

    • Pemerintah kt ngga mau bkn panik negara tetangga bro. Kl vietnam kan mereka nyata2 sedang mengalami sengketa dgn cina. Kl kt jg transparan, negara tetangga akan panik. Tetangga kt kan ngga senang kl kt beli kulkas mereka jg ngga beli. Akhirnya terjadi perlombaan senjata yang bisa menggoyahkan stabilitas kawasan. Cmiiw…

    • Vietnam gag di kelilingin oleh negara “KEPO” dan kawasan tsb menganut azas “loe ya elo..gw ya gw”… beda dengan Indonesia, depan belakang di kelilingi negara “KEPO”… dikit” ngintip…dikit” ngintip…kog ngintip cuma dikit… hehehehe… just kidding.. #maaf kl salah komentar..

    • tidak ada negara yang merasa terancam dengan pembelian Kilo Vietnam gan, semua tau itu ditujukan untuk menahan China di LCS.
      Sementara kita mempunyai Singapura dan Australia begundal2 USA di utara dan selatan yang suka sensi dan paranoid

    • Sabar Mas, banyak faktor shg kekuatan KS dari Russia nggak perlu buru-buru diumbar. Saat ini Australia sedang di tahap awal desain “Future Submarine” nya (pengganti Collins class). Kalau detail desainnya sudah tetap (frozen), bolehlah kita pamer. Pangkalan Utama Kapal Selam yang di Palu juga belum selesai. Kita juga belum mampu memastikan availability KS ini secara mandiri; andaikan rusak kita belum punya kemampuan dan bengkel perawatan KS.

      Btw, betul kata nowyoudont, begundal di selatan kita sangat berbahaya dan tidak bisa diandalkan mulutnya. Bagus TNI AL menetapkan Pangkalan Utama KS di Teluk Palu, yang cukup jauh jaraknya dari garis batas selatan negara kita.

    • Jangan lupa, Indonesia punya penduduk 250 juta. Bandingkan dengan Australia yang hanya 23 juta, Malaysia 27 juta, Thailand 68 juta, Vietnam 86 juta apalagi Singapura 5 jutaan. Indonesia punya beragam sumberdaya alam mulai logam, energi, hingga uranium. Belum lagi posisi yang amat sangat strategis Indonesia yang di pertemuan dua benua dan dua samudera dan negara kepulauan yang tentu sulit dikuasai sepenuhnya jika terjadi perang. Sejarah menunjukkan kerajaan majapahit dan Sriwijaya pernah menguasai Asia Tenggara. Indonesia juga punya riwayat berani berperang melawan kolonial dengan strategi gerilyanya. Indonesia juga punya alam tropis yang khas, yang membuat tentara bule kehabisan nafas, dan ngeri melihat jungle survival pasukan kita. Indonesia juga dikenal punya SDM yang kepintarannya luar biasa jika dikelola dengan baik. Dan terakhir Indonesia punya riwayat pernah berkonflik dengan Barat di Kalimantan Utara, dengan Belanda Irian Barat. Artinya Mereka melihat Indonesia ini bangsa yang tidak boleh menjadi kuat, dan bagi mereka cukuplah kita damai tapi tetap lemah sehingga mereka bisa kuasai melalui kolonialisme ekonomi sebagai dasarnya.

      • jumlah 250 juta jiwa tak akan ada artinya jika pada saat perang pada takut semua. gag usah banyak”…10 juta aja yang berani maju perang, itu udh lebih dari cukup membuat musuh berpikir ribuan kali buat invasi Indonesia…dan akan lebih bagus lagi jika di dukung dengan peralatan militer yang memadai dan tak terpantau oleh asing…

      • jadi pengen tau nih
        seberapa besar persentase rakyat indonesia yang punya rasa patriotisme tinggi untuk bela negara saat dibutuhkan?

        apakah 100% seperti korut, atau hanya 5-10% saja
        perlu di ingat, dari 250 juta itu ada juga sekian juta orang separatis, antipati sama bangsa sendiri, individualistis, dll.

        o iya, negara yang katanya penduduknya cuma 10% dari indonesia itu juga punya alutsista yang lebih mentereng lhoo dari indonesia. apakah kita masih menyepelekan kekuatan tersebut? 😀

        • Bung humble bee dan project warrior. Periksa penduduk china, amerika, jepang, brasil, india, rusia. Mereka ditakuti karena hebat termasuk karena kemampuan penduduknya. Kita potensi ke arah sana. Ini yang mereka lihat, Indonesia ke depan. Silahkan tanya masyarakat tetangga. Kalau sekarang belum itu benar. Maka komentar anda yang hanya melihat saat ini justru bagian dari sekian persen yang membuat Indnesia lemah. Kita semua orang melek kemajuan. Tidak pada tempatnya melihat kekurangan lantas pesimis. Ini bukan mimpi. Amerika seperti sekarang melalui perang saudara. Semangat berubah lebih baik adalah modalnya. Para ahli luar neger

        • Bung humble bee dan project warrior. Periksa penduduk china, amerika, jepang, brasil, india, rusia. Mereka ditakuti karena hebat termasuk karena kemampuan penduduknya. Kita potensi ke arah sana. Ini yang mereka lihat, Indonesia ke depan. Silahkan tanya masyarakat tetangga. Kalau sekarang belum itu benar. Maka komentar anda yang hanya melihat saat ini justru bagian dari sekian persen yang membuat Indnesia lemah. Kita semua orang melek kemajuan. Tidak pada tempatnya melihat kekurangan lantas pesimis. Ini bukan mimpi. Amerika seperti sekarang melalui perang saudara. Semangat berubah untuk menjadi lebih baik adalah modalnya. Bahwa ada negara berpenduduk sedikit hebat, itu betul. Tapi silahkan periksa, negara yang paling diperhitungkan akhirnya adalah yang berpenduduk banyak dan hebat. Indonesia sudah mulai diperhitungkan. Periksa proyeksi ekonomi tahun 2030, 2050. GDP kita di tahun itu berapa. Anda berdua jangan menjadi korban olok2 bangsa lain. And berdua harus optimis, semangat.

          • kali ini saya sependapat dg bung serangga….
            Dari 250 juta penduduk indonesia..lebih dari 60% mereka masih memiliki jiwa nasionalisme tinggi..
            20% koroptur lari ke luarnegri
            5% pejabat dan keluarga.
            15% org kaya..
            Dan 60% orang miskin dan para tKI,,
            kenapa saya bilang para tki ..( dl th 2005 ktika trjadi pergeseran ambalat, dari suku”.. Timur,bugis,jawa,dayak dan etc siap konfrontasi dg malay,bahkan waktu itu saya lihat sendiri sudah siap mengumpulkan kekuatan , baik pekerja ladang / kilang,, tinggal perang atau tidaknya..

            Tapi saya yaqin jiwa nasionalisme warga NKRi PATUT DI ACUNGI JEMMPOL..
            Bukan cuma di dunia maya saja jiwa nasionalismenya..tp bisa di buktikan suwaktu” bila terjadi konfrontasi lagi…

            Maaf sebelumnya,,
            bukan saya gk waras atau ngawur,tp ini emang kenyataan..berdasar pengalaaman

          • bro Serangga, bro Patech dan bro Nowyoudont : saya tidak akan menampik rasa jiwa nasionalisme rakyat Indonesia, namun dari sekian banyak kejadian menyedihkan ( tawuran pelajar, tawuran antar suku, dll ) tidak menjadi tolak ukur bahwa jika terjadi perang, mereka juga akan sama ganasnya. gag usah kita berfikiran akan berperang dengan negara jiran, tapi berpikirlah jika negara yang akan meng-invasi itu adalah negara dengan sejuta alutsista.. sebagai contoh, jika ada suatu perampokan dengan menggunakan senpi, bisa di tebak bahwa yang melihat dan menonton lebih banyak dr pada yg menangkapnya.. gmn jika yg dilihat adalah perampokan negara dengan menggunakan rudal ? saya pernah dengar bahwa jika Indonesia itu berperang dengan menggunakan senjata, paling lama cuma 1 minggu, selebihnya bingung mw nembak pake apa.. lalu jika kita kembali menggunakan bambu runcing, apakah masih mau ikut berperang dan bergabung dgn TNI ?

            saya sadar komentar ini akan ada pro dan kontranya, but it’s ok,,inilah Indonesia negara demokratis. komentar saya di atas cuma ingin menanyakan, apakah masih ada dr 250 juta WNI ( diluar TNI ) yang siap membela NKRI setiap saat jika terjadi perang sesungguhnya ?

          • Setidaknya kita punya modal (istilah kerennya DNA yang masih mengalir dalam darah manusia Indonesia masa kini); pada pertempuran Surabaya 1945 rakyat bersenjata seadanya tidak gentar bertarung dengan musuh bersenjata berat yang berstatus pemenang PD II, Jepang aja udah bertekuk lutut…

            Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya…

          • nah itu dia mas bro Danu…saya berharap “modal” itu benar” ada dan nyata..jadi jika UU Komponen cadangan negara di sah-kan, baru kita mengetahui seberapa besar rasa jiwa Patriotik dan nasionalisme wni…

        • untuk perbandingan;

          PATRIOTISME. Katakanlah Patriotisme masyarakat ke dua negara ini sama-sama di kisaran 10%. Itu artinya 3jt Vs 25jt jiwa.

          ANGGARAN. Kekuatan anggaran berbanding lurus dengan kekuatan ekonomi negara. Misal terjadi perang, masing2 menganggarkan 10% untuk biaya pertahanan. Itu artinya US$3 bn Vs $9bn. estimasi anggaran normal pada tahun 2020 Indonesia di tempat pertama di Asean sementara Malaysia di peringkat ke 4 dibawah Singapura dan Thailand.

          MILITANISME. Kita mengorbankan ratusan ribu nyawa pejuang merebut kemerdekaan, sementara Malaysia mendapat kemerdekaan yang diserahkan dengan nampan diiringi tarian2. dan hingga sekarang masih berada di persemakmuran Inggris alias club negara2 mantan jajahan dan koloni

          NASIONALISME. sementara Gambia demi nasionalisme dan harga diri bangsa baru saja keluar dari persemakmuran, Malaysia masih bangga dalam persemakmuran walau Melayu jelas bukan bangsa bule. Indonesia juga negara kesatuan sementara Malaysia federasi yang terdiri dari negara2 bagian. jangan samakan Malaysia dengan USA, lebih tepat dikiaskan jika pada uni Eropa atau Uni Afrika 😀

          KEMAMPUAN. Perwakilan TNI jselalu uara umum bertahun2 di ajang kejuaraan menembak internasional (AASAM) sementara Malaysia selalu jauh di bawah. Pasukan khusus TNI juga mendapat posisi terhormat (perigkat2) di ajang pertandingan antar special force internasional dan disebut 3 terbaik dunia oleh pihak media.

          Indonesia jauh lebih unggul dibanding jiran, dan sedang dalam jalur cepat untuk semakin memperlebar jarak dengan si jaguh ini 🙂

      • serangga: bangga ane bacanya

  5. indo nganut posisi “diam itu emas’ keknya, sbg negara besar dikawasan sngt riskan klo tiba2 kekuatan militernya melonjak drastis sec tiba2.

  6. vietnam pesan 2009, datang pertama 2013.
    Kalau menurut “tetangga2” kita skr sudah punya..berarti sebelum 2009 kita sudah pesan. Masalahnya yg punya kita itu 877 or 636…

  7. Jika angkatan laut Indonesia kuat dan semakin kuat maka perbatasan laut Indonesia akan berada di mana saja

  8. Tunggu latgab terbesar th 2014. Pasti ada yg nongol

  9. kilo seterong..su35..s300..bosan-bosan

  10. nmpang tnya agan2 skalian..ada yg pnya info berita terbaru tentang proyek PKR & kapal cepat rudal PT.PAL???? mohon pecerahan ny skalian..trmaksh

  11. ooooh vietnam dah beli ya,gak ngaruh..kita sambil ngopi aja baca ni berita

  12. Numpang nanya ke bung WH, Melectech, Diego dan suhu-suhu disini, Sebenarnya seberapa besar sih kekuatan hantu dasar laut kita, sampe saat ini masih dirahasiakan dari dunia perlontongan?, lah wong vietnam aja yang beli 6 killo selon aja tuh publikasinya…hehehe, klo Saya mikirin KS indonesia jadi susah tidur…..paramex satu striip juga belum ilang puyeng nya wkwkwk

    • saya cuma bisa menyampaikan bahwa saat ini para tetangga disekitar rumah mulai segan untuk sekedar injek perkarangan rumah wlw cuma sejengkal…heheheh..

  13. Lagi asyik browsing nemu berita tahun 2012 yang agak aneh tentang KS kita, katanya begini “Selain itu, kapal selam ini dilengkapi belasan senjata torpedo yang dapat dikendalikan. “Untuk personel, KRI Cakra ini mengangkut 55 personel,” kata Widia. KRI Cakra ini dilengkapi dengan senjata Torpedo yang dalam satu kali ditembakkan bisa mencapai jarak sasaran 100 mil.”, “Selama ini kita sudah berkeliling ke Indonesia timur dan barat. Sudah semua,” Ungkap Widia Purwandanu. Sekadar informasi, kendati berusia tua. KRI Cakra dan KRI Nanggala-kapal selam tipe serupa milik Armada Timur (Armatim) sempat menjalani perbaikan total di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Korea Selatan.” emang si Cakra sama Nenggala bisa ngangkut 55 penumpang?banyak amat ya. trus kata serupa berarti si Cakra sama Nenggala punya kembaran donk?…..KS hantu mana lagi nih…hahaha
    Ini linknya silahkan di baca sendiri :
    http://www.balikpapanpos.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=81889

  14. Bagaimana cerita bbrp KS 206 yg tahun 1997-1999 tdk jadi dibeli? Rasanya pernah ada artikel dari mantan operator nya yg rasanya menyiratkan kita punya.

  15. Bung Silent, kl ditanya sbrapa besar? jawabannya “cukup” utk bkin tetangga rese yg di timur ma selatan mulai berhitung. Lagipula kalaupun di ungkap ke umum (jumlah dan tipenya) apa untungnya buat kita?hanya akan berakibat ke arm race di negara kawasan,kl hal itu sampai terjadi apa kita mampu mengimbanginya?. alutsista yg lain boleh diungkap tp KS mendapat perkecualian. Kalau vietnam kepentingannya karena mrk sedang berkonflik di LCS,kl saran saya vietnam jg tdk usah mengungkap jmlh KSnya krn kl utk efek deterent ke china jg tidak terlalu berpengaruh karena china punya sktar 50an (baik itu diesel atau nuklir) dgn berbagai tipe. Viet ckup beli dan deploy di spot-spot area konflik,kl ktmu KS lawan ckup di lock aj,kl msh keras kepala ya tinggal luncurin si Club family. Kalau kasusnya kita ckup di lock ks jiran ngibrit trus lapor ma boz yg lngsng panas dingin mo nambah KS lg. monggo kl ada pencerahan.

    • jawabannya “cukup” utk bkin tetangga rese yg di timur ma selatan mulai berhitung.

    • IMO Vietnam justru perlu mempertontonkan mainannya gan, sebagai penggentar untuk menahan PLAN masuk. dan ketika armada pasific USA mulai menumpuk kekuatan PLAN juga kemudian untuk pertama kalinya memamerkan KS nuklir mereka yang bisa tahan napas berbulan bulan untuk kemudian bisa saja muncul di ZEE USA. itu situasi Vietnam dan China, tapi untuk Indonesia memang sebaiknya low profile, kecuali untuk kepentingan2 tertentu, Ambalat misalnya 🙂

  16. Bung Skywalker makasih atas jawabannya, syukurlah kalau kita punya KS cukup dari segi kuantitas dan kualitas buat bikin efek deterjen tetangga tetangga kita yang KEPO.
    Secara logika tahun 1962 kita punya 12 KS, nah sampe sekarang yang tersisa cuma 2 biji, sedangkan yang 1 digantung di monkasel surabaya, bagi Saya aneh, masa sisa KSnya ilang begitu aja, gak ada kabar bangke-nya dimana…,atau mungkin sebenernya lagi ajag-ijig seperti KS yang 2 biji sekarang itu???

  17. @nowyoudont. Mo nanya nih boS, INDIA Kan Militer nya Kuat Punya Nuklir Pula. Tapi Kenapa India Masih menjadi Negara Persemakmuran tuh boS,.? Apakah India tidak Punya Nasionalisme?, Apakah India tidak punya Harga Diri? atau karena India bangga menjadi Negara Persemakmuran? Atau gimana tuh boS.? Padahal di banding Kita (Indonesia) India Lebih Mandiri, Secara Ekonomi India Lebih Mandiri di banding Kita. di India ga ada cerita Etnis non India menguasai Ekonomi India, belum Lagi dari Segi Militer. Tapi Mengapa India Tidak Keluar dari Persemakmuran? Monggo di Jawab boS..!

 Leave a Reply