Okt 292013
 
Varshavyanka class diesel-electric submarine (photo: Ria Novosti/ Igor Chuprin)

Varshavyanka class diesel-electric submarine (photo: Ria Novosti/ Vitaly Ankov)

MOSCOW, 28/10/2013. Bulan November 2013, Vietnam akan menerima satu kapal selam Rusia yang dijuluki “Lubang Hitam di Lautan”, ujar sumber industri militer Rusia kepada RIA Novosti. Kapal Selam Kilo Rusia itu dijuluki “a black hole in the ocean” oleh Angkatan Laut AS, karena tidak terdeteksi saat sedang menyelam.

Vietnam memesan 6 kapal selam Varshavyanka class diesel-electric pada tahun 2009 sebagai upaya mengimbangi pengaruh maritim China yang terus berkembang. Kontrak tersebut termasuk pelatihan Kru Kapal Selam Vietnam di Rusia, dengan nilai 2 Miliar USD.

kilo-DNSN8704291

Kapal selam 636M memiliki emisi kebisingan yang sangat rendah dan dapat menembak sasaran dari jarak jauh, tanpa terdeteksi oleh sistem anti-kapal selam musuh. Kemampuan inilah yang menjadi salah satu andalan kapal selam 636M Rusia.

Varshavyanka class diesel-electric submarine (photo: Ria Novosti/ Igor Chuprin)

Varshavyanka class diesel-electric submarine (photo: Ria Novosti/ Igor Chuprin)

Keenam kapal selam pesanan Vietnam itu sedang dibangun di Galangan kapal Admiralty St Petersburg, Rusia. Kapal terakhir akan dikirim ke Vietnm pada tahun 2016.

Kapal selam Rusia ini memiliki berat 3100 ton, kecepatan 20 knot dan bisa menyelam di kedalaman 300 meter dengan membawa 52 awak kapal. Kapal selam Vietnam yang baru ini dilengkapi fitur tabung torpedo 533-mm, ranjau, serta rudal jelajah 3M54  atau  SS-N-27-Sizzler (NATO).  Kapal selam ini didisain untuk misi  anti-kapal permukaan dan anti-kapal selam di laut yang relatif dangkal.(RIA Novosti).

 Posted by on Oktober 29, 2013