Jun 152019
 

Moskow, Jakartagreater.com – Pembuatan kapal selam Rudal Balistik strategis bertenaga nuklir Proyek 955A (Borei-A) Knyaz Vladimir (Pangeran Vladimir) akan memasuki tahap kedua uji coba laut pada akhir Juni 2019, ujar sebuah sumber di industri pertahanan dalam negeri mengatakan kepada TASS pada hari Jumat 14-6-2019.

“Setelah pengukuran medan elektromagnetik di dermaga Sevmash Shipyard selesai, kapal selam Knyaz Vladimir akan dibawa ke laut pada akhir Juni 2019 untuk tahap kedua uji coba kapal yang akan berlangsung beberapa bulan,” kata sumber itu.

Kapal selam bertenaga nuklir Knyaz Vladimir melakukan uji coba tahap pertama pada akhir November 2018 dan kembali ke Sevmash pada awal Januari 2019, kata sumber itu.

“Percobaan mengungkapkan beberapa masalah teknis, namun tidak akan mempengaruhi pengiriman kapal selam ke Angkatan Laut pada akhir 2019,” kata sumber itu, menambahkan bahwa kapal selam yang membawa Rudal ini, akan masuk dalam pelayanan Armada Utara Rusia.

Knyaz Vladimir adalah kapal selam Project 955A yang ditingkatkan. Kapal selam itu mulai dibangun di Galangan Kapal Sevmash di Barat Laut Rusia pada Juli 2012 dan melaut pada November 2017. Kapal selam itu membawa 16 Rudal Balistik antarbenua Bulava R-30 sebagai persenjataan utamanya.

Sekarang, Galangan Kapal Sevmash telah membangun dan mengirimkan 3 kapal selam Proyek 955 Borei kelas strategis ke Angkatan Laut.

Kapal selam utama Project 955 Yuri Dolgoruky telah bergabung dengan Armada Utara sementara 2 kapal selam produksi serial Alexander Nevsky dan Vladimir Monomakh beroperasi di Armada Pasifik Rusia.

Proyek 955 dan kapal selam Proyek 955A yang lebih baik telah dikembangkan oleh Biro Desain Pusat Rubin untuk Teknik Kelautan. Sevmash Shipyard terus membangun 4 kapal selam Project 955A: Knyaz Oleg, Generalissimus Suvorov, Kaisar Alexander III dan Knyaz Pozharsky.

Bagikan: