Nov 192013
 
Kapal Selam Chang Bogo pesanan Indonesia dipasang sistem navigasi dari Sagem

Kapal Selam Chang Bogo pesanan Indonesia dipasang sistem navigasi dari Sagem

Safran Group perusahaan merger dari Sagem dan Snecma group, berhasil memenangkan kontrak dari Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd (DSME) Korea Selatan, sebagai kontraktor utama untuk sistem navigasi yang akan dipasang pada tiga kapal selam 1.400 ton yang dipesan oleh angkatan Laut Indonesia .

Kapal selam yang dipesan Indonesia pada tahun 2012 ini, merupakan kapal selam baru kelas ocean-going, hasil rancangan Korea Selatan yang dijual pertama kali ke pasar internasional.

Korea Selatan memilih sistem navigasi Sagem (Safran Group) karena dinilai menawarkan keandalan yang tinggi dan presisi, bagi sistem navigasi kapal selam dalam melaksanakan misi, baik untuk operasi di lautan, maupun di sepanjang garis pantai. Modul navigasi yang sediakan Sagem berupa sistem navigasi inersial laser gyro Sigma 40XP serta sistem navigasi lainnya, yang berkontribusi terhadap fungsi siluman kapal selam (stealth), sekaligus untuk keselamatan selama penyelaman.

Modul Sigma 40XP disebut-sebut sebagai sistem navigasi inersial yang paling compact di kelasnya. Integrated inertial navigation system ini dirancang sebagai modular sistem terbuka, sehingga dianggap sebagai solusi yang ideal bagi berbagai kapal selam modern bertenaga nuklir maupun konvensional, juga untuk modernisasi kapal yang eksisting.

The Sigma 40XP ring-laser-gyro inertial navigation system calculates and transmits position and attitude information (heading, pitch and roll). With its 1 Nm/24 hr-accuracy in free inertial navigation (without GPS recalculating), Sigma 40XP provides very high performance, long-term navigation and contributes to the submarine’s excellent submerged endurance.

The Sigma 40XP ring-laser-gyro inertial navigation system calculates and transmits position and attitude information (heading, pitch and roll). With its 1 Nm/24 hr-accuracy in free inertial navigation (without GPS recalculating), Sigma 40XP provides very high performance, long-term navigation and contributes to the submarine’s excellent submerged endurance.

DSME memilih Sagem karena perusahaan itu telah terbukti memiliki kemampuan sebagai sistem integrator, ditambah keahlian dalam fusi data dan transmisi untuk sistem tempur kapal. Sagem (safran Group) juga memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola berbagai program pertahanan .

Kontrak ini sekaligus menandai meningkatnya hubungan industri antara Korea Selatan dan Sagem dalam sistem navigasi serta pencapaian keunggulan teknologi laser pada sistem navigasi kapal selam.

Lembaga Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA) telah memilih Sagem untuk memodernisasi sistem navigasi pada Kapal Selam KSS – 1 Chang Bogo, dan beberapa kapal selam modern Korea Selatan yang sudah beroperasi penuh.

Melalui kontrak ini, Sagem berhasil mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin dalam urusan sistem navigasi untuk Armada kapal selam modern. Lebih dari 60 kapal selam di seluruh dunia, di 14 kelas yang berbeda, kini dilengkapi dengan sistem navigasi Sagem, termasuk kapal selam nuklir (SNLE – NG, Barracuda, SNA Améthyste), (AIP) jenis propulsi udara independen maupun kapal selam jenis diesel – listrik (keluarga Scorpene). Lebih dari 400 kapal permukaan juga dilengkapi dengan sistem navigasi inersial dari Sagem.

changbogo-14

Korvet Sigma Indonesia juga menggunakan sistem navigasi dari Sagem. Dengan demikian Kapal selam Chang Bogo diperkirakan tidak akan menemui masalah untuk urusan data link/ koneksi ke Korvet dan Frigate Sigma Indonesia.

Safran Sagem yang berkantor pusat di Paris Perancis diakui memiliki sistem navigasi kapal perang yang berkualitas. Sagem memiliki nama papan atas untuk urusan: Navigasi, optronic, avionic serta elektronic dan software penting lainnya. Selain kapal selam Chang Bogo, sistem navigasi Sagem juga digunakan kapal selam Scorpene buatan Perancis.

  66 Responses to “Kapal Selam Chang Bogo Gunakan Sistem Navigasi Sagem”

  1. Mantap ! Bisa terintegrasi antara kasel cbg,korvet dan frigat sigma indonesia.bung diego mau tanya nih..mana lebih hebat CBG sama scorpen malaysia? Secara navigasi sama2 SAGEM.mhn pencerahannya di musim hujan begini.hatur nuhun

    • Arkeolog menemukan u-boat nazi di laut jawa walau sudah puluhan tahun tapi material ksnya masih bagus….

    • Klo menurut ane sekarang yg terpenting Indonesia dapet TOT Full + bertambahnya kualitas SDM kita dr pembelian KS ni…. Klo dah dpt TOT + SDM yg mumpuni, InsyaAllah kita bisa bikin + Up Grade kualitas KS nya…

    • We different vision in purchasing submarine than Indonesia … for us .. quality is more important than quantity …. So, Scorpene can fulfill our requirement above …

      • Sorry typo error …. our above comment should be read as follows ….”We have different vision ….”

        • Hebat deh Malaysia… Visinya jaaauuuuhh kedepan.. truuuussss mpe kapan Malaysia bergantung ma negara lain…
          Indonesia sedang belajar mandiri jadi memang beda visi dgn Malaysia…

          • Memang beda visi gan. Visi Indonesia adalah kemandirian alutsista, sedang visi Malaysia adalah menjaga penampilan

      • obviously that’s not the case. Malaysian Scorpene do not come with full spec such as AIP. Fitted but not with 🙂

        your particular Scorpene subs are spec-down version with modest capability, and only two in number. you have neither quality nor quantity in the fleet worth to bragging about.

  2. Teknologi tepat dengan harga hemat 🙂 pasti ada yang jadi mencak mencak karena buang2 duit 😀

  3. klo KS CBG ini bisa sesuai pesanan TNI AL memiliki Combat Management System (CMS) dan bisa menembakan rudal harpon, atau C-Star buatan Korea Selatan, dan 14 torpedo, serta system senyap yg lebih baik,, mungkin msh bisa duel dengan KS scorpene,
    cos dengan jumlah yg KS kita banyak walaupun ukuran kecil, tp system navigasi nya sama, senjata lumayan canggih., tinggal manuver di laut aja, siapa yang jago, dia yg menang..

  4. Mbah sangat bangga dengan Changbogo,

  5. For indonesian navy doctrine CBG has suitable for Indonesian sea coverage ( this time ), thus TOT, I believe we can enhance this subs masterpiece

  6. Ku dpt info dari keponakan yg pelaut TNI AL surabaya kalo kasel made in PT PAL kita lbh canggih dari kasel tetangga krn perpaduan TOT korea,rusia dan jerman.body korea,sistem jerman dan rusia.bisa dipasangi belasan torpedo,ukuran besar,pake AIP bahkan stealth

  7. Gyro adalah sistem navigasi inersia yang dipakai untuk menentukan sumbu bumi khayal yang akan dipakai sebagai referensi titik koordinat posisinya (XYZ). Gyro menggunakan prinsip dasar seperti permainan anak-anak gasingan. Seperti kita tahu saat gasingan berputar kencang akan “tegak lurus” bumi. Ditaruh dilantai miring 45 derajat pun gasingan akan tetap “tegak lurus” bumi. Dengan speed tertentu yg cukup tinggi, gasingan, Gyro (giroskop) akan selalu “tegak lurus” bumi, tidak akan peduli bagaimanapun kemiringan tempat berpijak.
    Prinsip ini kemudian dipakai didalam kapal, kapal selam, pesawat, misil, roket peluncur satelit dsb sebagai acuan membuat sistem koordinat untuk keperluan navigasi, garis cakrawala buatan, dsb. Tanpa adanya titik referensi ini pilot, nakhoda tidak tahu posisi/sikapnya (atas, bawah, miring, dsb). Gyro laser menggunakan laser dalam membaca posisi gyro untuk menetapkan sumbu koordinat secara akurat.

  8. responses nya yang semangat dong..,beda deh kalo sama yang itu..

  9. Pas ku tanya,apakah indonesia punya kasel kilo class? Keponakan ku cuma jawab;maaf pakde itu rahasia tempur TNI.katanya TNI sdg menuju blue water navy (setingkat AS,rusia,cina,india).ku tanya lg,kpn tercapai? Insya Alloh zaman sy pakde.keponakanku skrg pangkatnya lumayan.mungkin sekitar 5-10 tahun lg TNI AL jadi blue water navy.kekuatan TNI AL skrg sdh melebihi kawasan punya daya getar,gahar dan cetar

    • terima kasih atas tambahan info”nya Mas Surya…kami semua juga udh tau, untuk alutsista yang satu itu ( Kilo ), tidak akan semudah membalikkan telapak tangan buat ngorek”keterangannya..walau Mas Surya mempunyai keponakan dengan pangkat perwira, sang keponakan gag akan pernah memberitahukannya… karena semua org yg mengetahui barang tersebut sudah di sumpah untuk tidak mengatakan apapun dan apabila rahasia itu bocor, jabatan dan raga adalah taruhannya.. dari awal saya menemukan forum diskusi ini, saya selalu mengharapkan agar yang satu itu tidak di publikasi ke masarakat. biarlah polemik ini menjadi bumbu penyedap keperkasaan TNI khususnya Hiu Kencana di Warjag ini dan forum yg lainnya…# maaf kl komentar saya dianggap lancang..

    • bukannya saat ini sebenarmya kita sudah siap blue water navy? walopun pengumuman di kawasan sekitar kita tetep green water navy.
      bahkan kawasan sekitar mengakui kalo TNI salah satu the most powerful amphibious force.
      karena itu Aus menyetujui Darwin jd pangkalan USMC, sebab negeri satu itu selalu ga rela kalo TNI kuat.

      • @ Mas Bro, menurut pandangan saya, tidak ada satu negara pun menginginkan atau melihat militer tetangganya kuat.. apa lagi Indonesia di kelilingin oleh negara persemakmuran Inggris. indonesia akan menjadi macan asia itu bukan isapan jempol. ini terbukti di era Bung Karno, TNI mempunyai alutsista pemukul yang di takuti oleh negara sekitar dan bahkan Amerika.. kesalahan kita adalah, selepas lengsernya Bung Karno, tidak ada satu pemimpin pun yang tampil mengikuti jejaknya. di era Pak Harto, kita lebih berkiblat ke Amerika dan sekutunya, sehingga selogan Non Blok hanya berlaku di KTT Asia Africa saja. padahal secara kasat mata saat itu kita berada di bawah bayang” Amerika. setelah di Embargo, baru deh mata kita terbuka, ternyata apa yang selama ini kita lihat tak sekuat mata batin. saat ini kita mulai mencoba bangkit lagi dari keterpurukan dan kelemahan militer. Kerja sama Indonesia dengan Rusia, Polandia, Ukraina, Brazil dll ( diluar sekutu Amerika ), membuat negara di sekitar Indonesia kembali harus membuka album lama, apa yang membuat waktu itu Belanda di Paksa menerima usulan Amerika untuk melepaskan niatnya menjajah Papua. ternyata alutsista TNI waktu itu tidak ada tandingannya ( untuk kawasan asia ) dan sekarang berlahan tapi pasti, TNI mulai bangkit. tidak perlu sesumbar menjadi macan asia, dapat mempertahankan NKRI dan menjaga martabat bangsa itu sudah lebih dari cukup membuat negara lain berpikir ulang 1000x buat macam” dengan Indonesia. # maaf kl salah komentar..

  10. Utk saudara2ku forindo,ku sdh lama amati seksama banyak formil.analisa bung diego,bung tora,bung CKGL sgt akurat krn ku langsung cek lapangan via family dan kerabat yg tentara di 3 matra.kita hrs yakin dan bangga punya TNI yg hebat,tangguh dan berani.ini fakta bukan khayalan

  11. maaf gan…keluar konteks sedikit…kita bangga dengan segala penambahan alutsista ini. tapi dilain sisi kita harusnya khawatir ketika bahan bakar untuk menjalankan alutsista tsb tidak ada. berdasarkan info dari skk migas cadangan minyak kita didepo-depo minyak sebesar 7 juta barel atau setara dengan konsumsi 5 hari. bayangkan kalau dalam keadaan perang kita hanya sanggup berperang selama 5 hari. sementara usa,cina punya kandungan minyak siap pakai untuk setahun lebih..itulah mengapa mereka selalu impor minyak walau produksi dalam negeri melimpah.karena mereka sengaja menimbun stok bbm mereka.karena kita tidak tau situasi global nanti.

    • Itulah yang saya pikirkan bro…………
      Seharusnya yang jadi perhatian bukan hanya ALUTSISTA nya doang, tapi spek yang lainnya juga, misal BBM, Personil, Suku cadang dan lain – lain. Seharusnya TNI memiliki stok BBM sendiri dan mempunyai simpanan BBM yang mampu bertahan hingga minimal 1 tahun.

  12. koment kawan surya dan project warrior tentang tni diam2 sdh punya kapal selam kilo dll,menurut saya omong kosong semua..ga ada proyek militer negri yg bersifat rahasia..gimana mau rahasia,org2 di gedung dewan sdh teriak2 sok idealis..”pengadaan alutsista tni dll hrs transparan,krn ini uang rakyat jd rakyat harus tau uangnya buat apa,klo buat bli alutsista hrs jelas harganya,fungsinya dan spek nya cocok atau tdk utk kondisi geografis indonesia,dan rakyat hrs tahu itu..kami di dewan bersama banggar akan pelajari dan akan mengunjungi pabriknya(pdhl skalian jln2 bw anak bininya)”
    Jd mmg ga mungkin kita punya ks kilo,secara intelijen kita jg krupuk kaleng..jd mo rahasia jg ga bs,yg ada aja kita disadap!
    Syukuri yg ada di depan mata,krn itulah kekuatan..drpd kita cm berkhayal yg jauh dr pandangan,karena itulah kelemahan!

    • Mas bro…orang dpr ri klo masalah senyap senyapan…jagonya…makanya disadap ma aushit….eh stroke tuh denger obrolannya….dasar pangkalan asu di darwin…hasil sadap dr gedung orang2 mulia..

    • Kawan@frans..institusi militer berbeda dg legislatif.militer penuh dg rahasia spy kekuatan tdk diketahui oleh mata2 musuh.keluarga besar saya sejak zaman kemerdekaan sampai skrg banyak yg militer dan sy pnya bnyak kawan di DPR.sy terikat sumpah utk tdk mengatakan yg sebenarnya demi NKRI.sy cinta indonesia lahir batin hidup dan mati.MERDEKA !!!

    • Cucuku Frans, Justru karena kita berhasil disadap itu, makanya pemerintah tetangga yang jaguh itu kebakaran jenggot, dan meminta parlemen untuk tambah KS gitu lho bro….apa yang kau yakinkan dengan statement yang kau tulis, justru membuktikan sebaliknya….

    • dari berbagai sumber bacaan dalam dan luar negeri saya sendiri termasuk yang merasa kemungkinan keberadaan Kilo itu adalah benar, terakhir Diego juga mengatakan sudah dapat konfirmasi. Hanya saja memang tanpa ada konfirmasi resmi dari pemerintah/TNI hal ini akan tetap menjadi perkiraan saja. perkiraan saya, jika benar, mungkin ini bagian dari strategi militer

      militer China mempraktekkan gaya tertutup sebagai bagian dari upaya menimbulkan efek gentar, wajar dilakukan oleh negara yang merasa mempunyai ancaman nyata keamanan negara namun belum terlau percaya diri dengan kemampuannya. agak beda dgn US yang menggunakan strategi overwhelming power, tidak hanya dalam berperang namun juga dalam politik militer. Nilai daya gentar Parade militer yang dilakukan China sekali dalam setahun mampu dilakukan US dalam kegiatan militernya sepanjang tahun walau tanpa melakukan parade.

      • boleh menambahkan sedikit Mas Bro.. andaikan Sukhoi 27/30 bisa di sembunyikan dan bisa nyelem..saya sangat yakin dan seyakin yakinnya akan menjadi topik pembahasan sama seperti membahas Kilo..

    • Terima kasih atas tanggapan Mas Bro Frans, saya pribadi menghargai pendapat anda jika komentar saya merupakan pepesan kosong. berkali-kali sudah saya sampaikan, untuk polemik KILO ini, biarlah menjadi bumbu penyedap untuk saling berbagi dan menganalisa suatu berita yang di saji oleh Bung Diego. Anda mau percaya, silahkan dan gag percaya pun silahkan. yang pasti, apa yg saya ketahui dan bagikan buat semuanya, aman bagi negara. Warjag ini bukan sebagai ajang pembuktian komentar/tanggapan.. tp ajang saling berbagi pengetahuan. kl mau bukti nyata, silahkan anda membawa perlengkapan menyelam anda ke sekitar laut arafuru sambil ber’doa semoga apa yang anda sangsikan bisa diilihat sendiri. jika anda tidak melihatnya, anggaplah itu bukan rezekin anda.. # maaf kl komentar saya gag benar..

  13. setuju mas frans.. kalo sudah bicara lontong, temen2 jkgr berubah jadi pada sotoy.. ga ada bijaksananya.. ga berpijak pada realita.. semua pada ingin dihargai menjadi seseorang yang lebih memahami dan lebih mengetahui dari orang lain.. kasihan.. ckckckck..

    terima kenyataan, kasel kita itu cuma dua.. satu scorpene, satu lagi collins..

    just my opinion.. mohon maaf kalo ada yang tersungging.. he..
    peace bro.. 😀

    • Meminjam ucapan Timbalan Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Abdul Rahim Bakri (30/07/2013) :

      “Walaupun Singapura tidak mempunyai sempadan perairan yang besar, negara itu mempunyai enam buah kapal selam dan beberapa aset tempur udara yang canggih.

      “Baru-baru ini, Vietnam juga bercadang membeli enam buah kapal selam dan Indonesia telah memiliki dua buah kapal selam yang dibekalkan Rusia,” katanya ketika menggulung perbahasan titah ucapan Yang di-Pertuan Agong di Dewan Negara hari ini.

      Link

    • @ kumkum, bukan sotoy bro tp memberi analisa berdasarkan data-data yang didapat dari media (ada link-nya), walaupun ada juga yang memberikan analisa yg “menurutku” tapi itupun dalam batas yang wajar dan dewasa. cerita tentang jumlah dan jenis kapal selam kita memang selalu menarik untuk disimak, hal itu karena riwayat dari pertama (sejak merdeka) kita memiliki kapal selam memang tidak pernah terungkap dengan pasti sampai saat ini, tapi disitulah menariknya misteri kapal selam kita…di formil manapun tidak pernah ada yang sepakat mengenai jumlah dan jenis KS kita, tidak lupa juga analis militer negara lain yg sangat penasaran untuk hal yg sama. Kl ada pencerahan monggo…

      • bung @kumkum saya cuma mau sampaikan konfirmasinya bung @diego yaitu “ehem” hehe
        tunggu sabar mungkin akan ada konfirmasi resminya mungkin “jenis-jenisnya” (kalo jumlah mungkin gak realmya) ,karna bisa jadi hil yang mustahal jika pangkalan dengan kondisi geografis sesempurna itu (kedalamn teluk, kdlaman air, lebar teluk, posisinya) di palu hanya di isi 401 ,402 ma CBG 3 biji sampe 2017 akhir.

  14. surya@saya memaparkan berdasarkan apa yg saya ketahui dan cb menganalisa sendiri dgn logika yg ada..jd menurut saya ga ada/blm ada kita punya kapal selam kilo yg sgt dirahasiakan itu,yg ada adlh rencana hibah 10 ks kilo,itupun blm jelas nasibnya..yg pasti changbogo+paket tot siap menyelam di laut kita,dan nasionalisme kawan surya layak mendapatkan dua jempol

  15. Dalam hal analisa lontong ini sangat luar biasa
    saya sangat yakin terjadi nya pro dan kontra antara para pakar di WARJAG ini dalam komentar hanya sebuah alibi
    maaf @BUNG FRANS saya pribadi berpendapat anda juga banyak mengetahui hal rahasia termasuk KS tapi komentar anda sejalan dengan judul RAHASIA, STRATEGIS
    terkesan sekali anda salah 1 antara orang yg merahasiakan itu
    mungkin karna memang belum ada konfirmasi dari pihak terkait he he he……….
    kapan di konfirmasinya

    saya sendiri punya saudara sepupu yang bertugas sebagai perwira di angkatan laut mendengan gembar gembor tentang pro dan kontra ihwal punya dan tidaknya kita KS jenis [kilo] saya langsung menemuinya alhasil saya bertemu dan langsung membuka pembicaraan mengenai matra darat dan udara sebisa mungkin saya berusaha membuat sebuah perbedaan yang mengucil kan matra laut dengan sebuah ketertinggalan untuk modernisasi
    perlahan kita mulai membahas matra laut dan sampai pada akhirnya dia berkata/blang ke saya sesungguhnya LAUT INDONESIA saat ini terlihat tenang dan kita juga sudah memiliki KASEL [????] sebanyak dua buah dan aktif bahkan siap tempur
    begitu lah kata SEKIAN

  16. sistem navigasi kapal permukaan nggak kritis bro, yang penting kritis sekali sensornya (radar, sonar, mad kalo bisa hehehe ..), plus cms..,plus ecm nya plus weaponnya plus orangnya

  17. Ada yg bilang kalo Pangkalan KS Rahasia kita ada di Maluku,,pangkalan tsb dibangun waktu konfrontasi sama Belanda waktu memperebutkan Papua barat . . .
    mungkin jeroan Wishkey ada di situ . 😀
    silakan ditambahin komennya .

  18. selengkapnya liat disini :

  19. Contoh yg nyata ks kita jaman bung karno,kata nya kita punya 12 ks tp kenapa hanya 1 yg nampak,itu pun hanya djadikan musium…kmana yg laen.atau pemerintah menengelamamkan ks kita begitu saja?……..kita negara maritim kenapa harus santai kalo cman 2ks kenapa kita berani keras trhadap australia kemapa malaysia gg kedengeran lg maen dilaut indonesia…..cma pemerintah n tuhan yg tau

  20. kalo masalah lontong pada semangat banget ya,sama semangatnya dengan ostrali yg nguping2 buat ngedeteksi itu kilo dah datang belum, kenapa kok BUMN pada disuruh urunan buat bikin pangkalan ** dst dll .hehehehe mojok aja ah sambil ngupi di cafe siapa tahu ada kabar@ lontong dipalu

  21. Mbah sangat Bangga dengan Changbogo, ini baru kesukaan mbah. Mbah ucapkan selamat pada masyarakat Warjag karena kapal selam silent akan segera hadir. Cukup tiga saja kapal selam tidak usah banyak banyak, lagian mau jagain apa juga punya banyak kapal selam. Lebih baik jumlah polisi dibanyakin karena banyak kejahatan, jambret rampok dsb. Salam warjag, salam perdamaian.

  22. Sudah diumumkan ke seluruh Indonesia barusan tadi pagi jam 08.00 di Selamat Pagi Ind.TV *NE (presenter Arif) oleh mantan dubes untuk Rusia HAMID AWALUDIN, bahwa
    pembelian 2 KS KILO tahun 2007 batal karena lebih canggih 2X lipat dari KS COLLINS & membuat takut Australia sehingga di alihkan ke CHANGBOGO dengan alasan TOT.
    ==== MASIHKAH KURANG JELASSSS…..??? =======

    • It would be better to stop your wet dream now ….hehehehe

    • Yang jelas anda perlu pelajari juga definisi ‘disinformation’,

      Disinformation is intentionally false or inaccurate information that is spread deliberately. It is an act of deception …etc

    • “pembelian 2 KS KILO tahun 2007 batal karena lebih canggih 2X lipat dari KS COLLINS & membuat takut Australia sehingga di alihkan ke CHANGBOGO dengan alasan TOT”… informasi yang membuat saya terkejut ( 2x lipat lebih canggih dr KS Collins tp gag dibeli dgn alasan kasian sama australi krn ketakutan)..hmmmm..gpp deh.. syukur alhamdulillah… dengan adanya keterangan ini, maka sudah tidak ada lg yg harus di perdebatkan… biarlah yang tau tetap diam dan yang gag tau gag usah byk tanya lg…heheheh.. “Jalesveva Jaya Mahe”..

    • penjelasan pak Hamid Awaludin mantan Dubes RI di Russia cukup jelas gan, hanya saja demikian pula halnya dengan penjelasan Dubes Russia di Indonesia, baik yang sekarang masih bertugas maupun yang sebelumnya. Dan diluar itu ada juga ucapan jelas dari Menhan Malaysia dan pihak terkait dengan produksi Kilo di Russia.

      sementara pak Hamid adalah orang pemerintah, Dubes Russia dan Menhan Malaysia adalah pihak luar yang ucapannya tidak bisa diatur pemerintah RI (misal) agar sesuai dengan strategi politik pertahanan

      memang selama belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah maka hal ini tetap hanya akan merupakan perkiraan melalui analisa dengan kemungkinan2 yang terbuka lebar. meminjam filosofis ulama salaf dalam perbedaan pendapat non akidah : pendapat saya benar tapi mungkin saja salah, pendapat anda salah tapi mungkin saja benar 🙂

  23. Sorry bro Diego, saya hanya punya feeling sepertinya Hamid Awaludin = silent reader di JKGR, karena gaya bahasa penyampaiannya tadi persis JKGR. semoga hikmahnya adalah cepat datangnya hibah 10 kilo. salam.

  24. Bagaimana ngomongnya ya Mega. Sorry no comment….rahasia negara

  25. KS KILO

    K = Kulang
    S = Sopan

    K = Khan
    I = Ini
    L = Lahasia
    O = Oweh??

    hehehe candaan dikit… 🙂

  26. Kelemahan Kita di Banding China salah Satu nya di Bidang Kewirausahaan. Ekonomi Indonesia diKuasai Satu Etnis doang, Padahal Kita Negeri Multi Etnis. Salah Satu nya Salah Soeharto, yang Meng-Anak-Emaskan Pengusaha Satu Etnis untuk menguasai Perekonomian Negara Kita. Sedangkan Yang Lain di Curigain Takut2 Kalo Sampe Kuat Pengusaha Yang Lain itu yang bukan Etnis dari Utara itu, nantinya bisa bikin Revolusi dan Menggulingkan Soeharto. Terutama di Persulit dari Segi Permodalan. Akhir nya Perekonomian Kita di Kuasain Satu Etnis. itulah Salah Satu nya Yang Membuat Garuda agak Sulit Terbang Tinggi Karena di Lilit Naga.

  27. Betul gan,dulu ane sering berburu info ks indo,jg agak marah dngn rapatnya info,tp setelah tau apa blue print tni justru sy sekarang mendukung “tutup rapat2”

 Leave a Reply