Mar 202016
 

Kapal selam Chang Bogo class pertama pesanan TNI AL kemungkinan akan dikirimkan pada bulan Maret 2017 dan yang kedua pada bulan Oktober 2017, sementara kapal selam ketiga yang akan dibangun di Indonesia diperkirakan akan rampung pada bulan Desember 2018.

Ada hal unik pada kapal selam ketiga yang akan dibangun di Indonesia. Dari brosur di laman DSME, terlihat kapal selam ketiga yang bernomor lambung 405 yang kemungkinan akan diberi nama KRI Nagarangsang ini memiliki panjang yang berbeda dari dua kapal selam yang di bangun Korea Selatan.

Panjang yang berbeda ini kemungkinan untuk pemasangan modul Air Independent Propulsion (AIP). Sekedar diketahui kapal selam sejenis, yakni kapal selam Poseidon miliki ANgkatan Laut Yunani (Type 209/1200) memasang modul AIP Polymer Electrolyte Membrane (PEM) system 120 kW buatan Siemens yang panjangnya 6 meter.

changbogo-142 copy

Kapal selam ketiga akan di bangun sendiri oleh tenaga ahli dari Indonesia di galangan PT PAL di Surabaya, tapi dengan penambahan modul AIP kemungkinan pembangunan kapal selam ketiga masih harus mengikutsertakan tenaga ahli dari Korea Selatan.

Dan dengan pemasangan sistem AIP ini jelas akan mendongkrak ketahanan daya selam KRI Nagarangsang hingga 3 minggu tanpa snorkeling ataupun tanpa harus sering muncul kepermukaan yang bisa membocorkan keberadaan kapal selam dari deteksi musuh.

Jika Indonesia berhasil membangun kapal selam Chang Bogo dan mencangkokkan sistem AIP kedalamnya. Ini akan menjadi prestasi yang luar biasa dan akan mendongkrak kemampuan kekuatan bawah laut Indonesia, terutama kekuatan satuan Hiu Kencana TNI AL.

Putra-putra terbaik Indonesia pembangun kapal selam Chang Bogo harus bisa membuktikan, bahwa Chang Bogo bukanlah kapal selam ‘anjing kampung’ yang inferior, tapi sebuah kapal selam ‘Cheetah’ yang kekuatannya tidak bisa diprediksi lawan.

  59 Responses to “Kapal Selam Chang Bogo Ketiga – KRI 405 Nagarangsang Dengan Sistem AIP”

  1. PERTAMAX 😀

  2. PETASANN

  3. Mantabs….

  4. Mantabs bung!!

  5. mantap ayo cepet d bangun nggah sabar nunggunya

  6. Harapan masa depan,menjadi negara yg unggul dalam alutsista tempatan

  7. Kalau terealisasi luar biasa

  8. Mantap…. ditunggu 2 tahun lagi…

  9. Pertamax

  10. MANTABS….kilonya cemplungin kelaut aja!!!

  11. mudah2an ada di jalur yang benar……

  12. pertama buat ..lansung beda panjang ..klo yg 1 2 3

  13. Iklannya komeng: “KILO semakin jauh ketinggalan”

  14. Mantap

  15. Bikin sampe 100 biji

  16. semoga galangan kapalnya segera selesai

  17. Mantaaapppppss ,Tetangga semakin kelimpungan.!!!!

  18. amiin 😀
    baguslah kalo beneran pake AIP fuel cell 😉
    IMHO kalo ane liat brosur diatas skala ukurannya sama sih 1 , 2 , dgn 3 cuma 3 agak lbh (diper)besar aja , ukuran sail-nya sama 😮 tapi semoga benerlah kalo dipasang AIP

  19. KRI Nagarangsang…… Pittbull yg seram, kayak punya ane…. kalo gigit scorpene, bisa langsung tetanus !!… xixi..

  20. ciri indonesia kalau dah bisa bikin bakalan ngebut produksi dan modifikasinya nggak kalah sama negara lain , wait and see

  21. Bull dog bawah air….mantap !

  22. seronok sangat…baterai lithium dipadu AIP akan buat changbogo haibat sangat…tahniah indonesia sudah berjaye bine submarine buatan tempatan

    • Saya senang dengan komen anda bung

    • Kalau capek nulis kata Indonesia , awak disarankan nulis singkat saja yaitu RI ,
      dan jika koment teman teman anda sehat seperti Ente , dipastikan
      Teman teman ane disini pun juga hormat sangat , Pastilah Nyebut lengkap : Malaysia

      sebutan nyinyir dipastikan hilang…….
      dan Kita sama sama Koment sehat serta Berjaye …

      Mari koment sehat di hari Senin , sampe berikut berikutnya

    • Tahniah juga buat malaysia yang sudah memulai bina Gowind. Semoga submarine bisa bina juga…

    • kesian..terdesak sampai kena menyamar jd org malaysia.
      guna nama johor tak bermaksud dia org malaysia.
      kalau aku guna nama putra natuna tak bermaksud aku org indonesia

  23. kapal selam changbogo,bukan kapal selam anjing kampung,bukan pula anjing herder…tetapi kapal selam jenis pit bull,artinya lihat lawan,menggong-gong…gak di gubris dan gak mau berhenti…ya udah di robek-robek lah daging lawannya….

  24. Tambah bangga menjadi Indonesia.Semoga lancar sesuai rencana.

  25. Waw…….????????????????

  26. Kita tunggu aja….kalau beneran ya saya sebagai warga negara yang baik yaa..seneng beneran..

  27. Waduh .. mimpinya kebangetan benar …. Hahahahaha

    Gambar yang dibawah itu adalah Schedule Chart project KS Changbogo untuk Indonesia ….. di chart itu digambarkan bahwa pembuatan KS ke 3 KRI 405 itu bakalan lebih lama daripada 2 KS sebelumnya (KS 403 dan KS 404) … ..

    Kesimpulannya semua KS CBG yang kita beli semua akan sama dan sejenis ….

    Untuk JKGR … Berhati-hatilah dalam menulis atas mengutip artikel … kredibilitas anda yang sudah kurang baik akan bertambah hancur dengan adanya artikel-artikel “Ngibul dan Bloon” macam ini …

    • Luar biasa analisa anda bung@ps.. Apapun cerita anda ane tetep bangga CBG..
      Gagal nyimak…

    • @PS

      Hiya bung, kayaknya susah menikmati proses pembelajaran yang setahap demi setahap…maunya yang serba instant, lsg pinter gak pake belajar.

      Ini kali pertama pt pal mendapat kesempatan membangun kapal selam…dg anggaran yang terbatas tni al lebih mengutamakan kuantitas kapal selam dg persenjataan yang lengkap dibanding melengkapi dg sistem AIP yang mahal.

      Yang sering dilupakan, seandainya suatu saat tni al melengkapi kaselnya dg AIP (diasumsikan dibeli dari jerman)…masih harus menyediakan instalasi pengisian ulang/refill hidrogen cair. Tanpa perencanaan yang baik dan teliti dikhawatirkan “kasus leopard” akan terulang lagi. Sudah terlanjur pasang aip yang mahal tapi belum bisa digunakan gr2 belum siap infrastrukturnya.

  28. Mantab.. kebayang Bgaimna nnti Indonesia dgn Kpl selam,pesawat tempur,Rudal dan Destroyer dgn binaan Tempatan dan akan mmbingungkan Asing tntg kekuatan Indonesia.. BRAVO RI…

  29. mantaap..jika bener terjadi berarti changbogo mutant..memang kemampuan modifikasi sangat penting..semoga usernya tambah bersemangat Dan percaya Diri..persenjataannya juga diupgrade?…rencana sampai 6 pembuatannya ya?..nanti sekelas kilo ada 6 juga..pas 12…itu yg baru dimaintenence sekalian diupgrade gak yah..soalnya sama2 masuk bengkel..(huusst! yg tahu yg pakai!!…hihihi)

    • KILO nya nggak jadi dipake bung…sdh terbukti kasel KILO yang dipangkalkan di brunei (yang nomernya polos-polos itu….rupamu sing polos) gagal mendeteksi dan menangkap kebiadaban kapal coast guard cina

  30. intinya karena ini kapal selam yang sifatnya sangat rahasia kalo sudah bisa buat sendiri, mau di modifikasi kaya apa juga lebih bebas. Bahkan bisa bikin banyak tanpa diketahui negara lain. Resminya bikin 5 unit enggak tahunya bikin 8 unit, kalo bisa 10 unit. Jadi untuk nomor lambung 406 ada 2 unit, dan seterusnya.

  31. Semoga ini bisa menjadi tonggak kebangkitan industri
    kapal selam Indonesia… Jaya selalu NKRI…!!!

  32. Negara maritim mulai bangkit kembali

  33. Kompor gas

  34. Semoga changbogo bukan
    chang bego.. bakjleb..

  35. Ada ajaaaa caranya orang bikin berita “hoax”….jelas-jelas time-table penyerahan kasel ke AL & keterangan gambar 4 bagian/section lambung kasel ke-3 yang akan dirakit di PT.PAL, tiba-tiba beritanya jadi pemasangan AIP….hadeuh?!!!

  36. Gak sekalian aja TOT yg tipe 214 atau 218. Tanggung lah. Sama turki.

  37. BERARTI GAK SAMA AIP YANG SAYA MAKSUD DGN AIP YG MAU DICETAK KORSEL DGN PT. DI, HAHAHAAHAAAA

 Leave a Reply