Kapal Selam Improved Kilo-II Ketiga Segera Perkuat Militer Rusia

kapal selam kilo baru rusia

Jakarta Greater – Galangan Kapal Admiralty Rusia telah menyelesaikan uji coba terhadap kapal selam diesel-listrik Improved Kilo-II (Project 636,3) ketiga, yang dibangun untuk militer Rusia di Armada Pasifik, ungkap kantor pers Galangan Kapal, pada hari Jumat, 27-8-2021.

“Galangan Kapal Admiralty telah menyelesaikan uji coba negara dari kapal selam besar diesel-listrik Proyek 636 Magadan. Kapal selam ketiga dari seri ini untuk Armada Pasifik Rusia, telah kembali dari tahap uji coba negara,” kata kantor pers dalam sebuah pernyataan, dikutip TASS.

Selama seminggu, para teknisi dari pembuat kapal memeriksa pengoperasian semua rakitan, mekanisme dan peralatan kapal, termasuk sonar dan sistem navigasi.

Selama uji coba negara, alat utama sistem senjata/ alutsista itu berhasil melakukan penyelaman dalam. Pembuat kapal selam Rusia ini juga menilai dan mengevaluasi kemampuan kontrol kapal selam di berbagai kedalaman operasional. Setelah menyelesaikan program uji coba negara, Magadan akan menjalani pemeriksaan dan penyelesaian di Galangan Kapal, kata pernyataan itu.

kapal selam rusia

Kapal selam Improved Kilo-II, Volkhov. (@Russian Ministry of Defense)

Galangan Kapal Admiralty sedang membangun serangkaian 6 kapal selam besar diesel-listrik Project 636,3 untuk Armada Pasifik Rusia.

Kapal selam utama Project 636,3 Petropavlovsk-Kamchatsky dikirim ke Angkatan Laut Rusia pada Desember 2019.

Adapun Kapal selam kedua Volkhov diluncurkan pada Desember 2019 dan sekarang sedang menjalani uji coba laut oleh pembuat kapal.

Sementara Kapal selam ketiga dari seri ini, Magadan, dibangun mulai 1 November 2019 dan akan dikirim ke Angkatan Laut pada November 2021.

Kapal selam Project 636,3 (NATO: Improved Kilo-II) generasi ketiga jenis diesel-listrik dan termasuk di antara kapal penjelajah bawah air paling tenang (hening) di dunia.

kapal selam Volkhov

Kapal selam Improved Kilo-II, Volkhov. (@Russian Ministry of Defense)

Panjangnya 74 meter dan bobotnya lebih dari 3.900 ton. Karena lambungnya yang kuat, kapal selam Rusia ini memiliki kedalaman operasional 240 meter dan dapat menyelam hingga kedalaman maksimum 300 meter.

Kapal selam Project 636,3 memiliki jangkauan operasional hingga 7.500 mil dan  dipersenjatai dengan Rudal jelajah Kalibr-PL yang diluncurkan dari tabung torpedo dari posisi kapal selam.

*Foto: Kapal selam Kilo Rusia. (Russian Ministry of Defense)

Leave a Reply