Okt 072016
 

kapal-selam-changbogo-indonesia

Natuna – TNI sedang membangun markas pertahanan terintegrasi bagi matra udara, laut dan darat di Natuna, Kepulauan Riau, yang bertujuan untuk memperkuat pertahanan di Pulau Natuna yang berbatasan dengan Laut China Selatan (LCS).

Rencananya di Natuna akan dibangun delapan markas pertahanan terintegrasi. Salah satunya adalah bunker kapal selam.

Pembangunan bunker kapal selam Indonesia ini telah dianggarkan lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016.

“Total pekerja 180 personil dibagi dua tempat, di Selat Lampa dibangun dermaga yang terdiri dermaga di atas air sekaligus bunker kapal selam,” ujar Komandan Satgas Swakelola Pulau Natuna, Kolonel (Mar) Teguh Widodo di Desa Setengar, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/10).

Namun, Kolonel Teguh enggan memerinci lokasi bunker kapal selam Indonesia itu. Ia juga belum bisa memastikan kapan pembangunan bunker kapal selam itu rampung.

Kolonel Teguh menambahkan, TNI tidak hanya membangun bunker kapal selam Indonesia di Natuna. Sebab, ada pula Komplek Komposit Marinir Pertahanan Pangkalan (Maharlan) yang dibangun tahun ini.

?”Di sini akan dijadikan markas prajurit infanteri sekaligus gudang persenjataan personel matra laut,” ujar Kolonel (Mar) Teguh Widodo.

Sumber : jpnn.com

Bagikan:

  47 Responses to “Kapal Selam Indonesia Bersiap Sergap Musuh di Natuna”

  1.  

    udah ada pa

  2.  

    Semoga pembangunannya lancar tanpa hambatan yg berarti…

  3.  

    Kelas kilonya menyusul kan Pak?

  4.  

    katanya bunker rahasia kok masih kakean cocot………….

  5.  

    1

  6.  

    Gak ada rahasia yang awet. Bunker kapal selam lama- lama ketahuan juga posisi dan kapasitasnya. Lebih baik pasang pertahanan udara berlapis di atas bunker. Sekali kena bom tuh bunker bakalan jadi peti mati kapal selam

  7.  

    Manual.. Manual… Teriah salah satu crewnya..
    Mang otomatisnya knapa???…

    •  

      Alutsista dengan opsi mekanik-manual itu tetep penting, bung. Kita gak bisa mengandalkan perangkat digital terus- menerus. Banyak masalahnya, mulai dari malfungsi hingga jamming. Singkatnya “dual system itu sangat-sangat recommended”
      Umpamanya, komputer gue mogok karena kena virus, nulis tetep jalan terus pakai mesin ketik.
      “Tak ada rotan akarpun jadi”
      Masalahnya bagaimana kalau akarpun tiada? Maka:
      “Kalau ada sedikit rotan harus sedia akar juga”

    •  

      Yang manual-manual itu lah yg ga bisa di hack pak, hehe

  8.  

    buat ks yg polos polos taro di natuna biar ga ketahuan

  9.  

    Mantap nih pulau Natuna..sedia payung sebelum hujan..

  10.  

    Kol (Mario) Teguh…..rupanya setelah gagal dg sukses jadi motivator beliau dpt order borongan toh…super sekali.

  11.  

    Hanya satu yg dibutuhkan Natuna yakni Rudal setan rusia S400 dan S500…
    Negara manapun pasti berpikir 1000x melawan rudal setan itu…
    Natuna sudah gawat emergency war!!! Segera pasang rudal setan Minimal S400 atw rudal setan sungguhan rusia Sarmat 28s rudal nuklir berjarak 16 ribu km….pasti mundur semuanya. Amerikapun lari terbirit2….hi..hi..

    •  

      @yanto

      Ketahuan kang yanto dulu pelajaran berhitungny jeblok : “Hanya satu yang dibutuhkan natuna….”, lha kok jawabnya “s-400 dan s-500″….itumah dua kang, bukan satu ?!!!

  12.  

    tapi musuh punya lebih 30 kapal selam…….nguengggg

  13.  

    pertamax

  14.  

    1

  15.  

    Masalahnya nenek moyangku seorang pelaut.. Bukan seorang penyelam..

  16.  

    Semoga Oerlykon bs diandalkan di natuna, kalau nggak ya habis semua aset yg numpuk disana sekali jalan doank rombongan stealth bomber usa , asu , asi

  17.  

    hhhhhh..kapal malon akan terkencing kencing tu

  18.  

    Kecil bgt kasel kita, changbogo kita sgitu jg ga ya??.

  19.  

    ingat kep natuna mudah diserang dari arah utara dan timur untuk itu perlu payung udara berlapis.

  20.  

    Slama belum ada psu seperti tuguska,pantsir ato s-400 yg di taro di natuna.maka jangan berharap anti area denial disana.terlalu riskan alutsista kita ditumpuk disana.sedia hujan sebelum payung.

  21.  

    KS buat spy..juga penting..so jangan pikir yg ukuran besar besar aja yg penting.

  22.  

    Cang bogo…

  23.  

    Siipp….

  24.  

    Suatu saat TNI bisa bikin kapal selam mini kapasitas 20 personel lgkp dgn VLS dan terpedo..
    Semacam KS kilo class mini…

  25.  

    test

  26.  

    @pocong merem yg dari timur itu sam.tapi bukan sam dari darat/laut ke udara.

  27.  

    Kapal selam ukuran besar memang diperlukan sebagai efek detterent. Namun kapal selam ukuran medium juga tak kalah penting. Apalagi sebagian besar kondisi geografis perairan di indonesia merupakan laut dangkal. Jadi sangat dibutuhkan kapal selam ukuran kecil dan ukuran medium untuk kelincahan manuver.

  28.  

    Asik kasel baru

  29.  

    Top

  30.  

    Lagi-lagi kri nanggala yg masuk video,knp kri cakra jarabg/tdk pernah dtampilkn?

  31.  

    semakin cepat semakin baik
    bantu doa ndan..

  32.  

    Kapal selam cuma dua, ngapain bikin bungker segala? Emang punya kalsel berapa sih? Kan udah Bikin pangkalan di Palu juga??

  33.  

    “Untuk melakukan penindakan juga tidak perlu sampai berada di anjungan kapal negara lain atau ke tengah laut, karena alutsista yang dimiliki TNI AL selama ini sudah bisa menjangkau bahkan hingga jarak 400 kilometer,” tuturnya.

    Namun, Laksma Hutabarat tidak bisa membongkar semua alat kelengkapan alutsista dan jumlah personil yang menjalankan operasi di wilayah itu karena bersifat rahasia dan merupakan strategi pertahanan yang dimiliki Indonesia.

    “Sejauh ini tidak perlu ada yang dirisaukan oleh publik terkait pengamanan di Natuna. Saya menjamin tak akan ada ancaman serius yang bisa merebut Natuna dari Indonesia,” Laksma Hutabarat”

  34.  

    Admin/Bung diego….berubah nih tampilannya..menyambut tahun baru Islam ya?? he..he..he..menurut ane sih bagusan dan familier tampilan lawas…tp bolehlah untuk penyegaran mata warjager JKGR…

  35.  

    Pake uc susah komen hasilnya gak nampak.

 Leave a Reply