JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 172018
 

Kapal selam bertenaga nuklir, HMS Astute Angkatan Laut Inggris. © LA J. Massey via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sebuah kapal selam Angkatan Laut Kerajaan Inggris (Royal Navy) diburu oleh kapal selam siluman Angkatan Laut Rusia yang dijuluki sebagai “Black Hole” dan bermain “petak umpet” dilaut Mediterania timur sesaat sebelum Inggris ikut ambil bagian dalam serangan udara melawan rezim Assad di Suriah, seperti dilansir dari situs The Sunday Times.

Kapal selam “hunter-killer” Kilo-Class Rusia dijuluki sebagai “Black Hole” alias “Lubang Hitam” atas kemampuan siluman mereka, mengejar kapal selam Astute-Class Inggris selama beberapa hari, didukung oleh dua frigat dan sebuah pesawat anti-kapal selam, menurut sumber militer.

Menlu Inggris Boris Johnson pada hari ini mengatakan bahwa Inggris harus mengambil tindakan pencegahan terhadap serangan cyber Rusia, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan sebuah konsekuensi setelah Inggris, AS dan Perancis membuat serangan udara pada situs-situs yang diduga sebagi tempat menyimpan senjata kimia oleh Suriah.

Kapal selam Kilo-Class Rusia melacak kapal selam Astute-Class Inggris yang membawa rudal Tomahawk dengan jangkauan hingga 1.000 mil dan berada dalam jarak tembak ke Suriah, tulis The Sunday Times.

Kapal selam diesel listrik, Kilo-Class, INS Sindhughosh Angkatan Laut India. © USAF via Wikimedia Commons

Menurut Sputnik, permainan petak umpet tersebut berlangsung selama beberapa hari. Angkatan Laut AS (US Navy) turun tangan dan mengirimkan pesawat anti-kapal selam Boeing P-8 Poseidon menuju daerah itu untuk melacak keberadaan dari kapal selam Kilo-Class Rusia dan melindungi sekutunya, Inggris.

Kapal selam Kilo-Class Rusia, yang membawa persenjataan torpedo, rudal jelajah serta rudal anti-kapal, telah dianggap oleh para ahli militer Inggris sebagai sebuah “ancaman besar”. Sebagai perbandingan, kapal selam Astute-Class Inggris memiliki daya tembak terbatas dan membawa sekitar 20 rudal jelajah Tomahawk.

Kapal selam bertenaga nuklir Astute-Class Inggris ini menghabiskan sekitar £ 1,2 miliar per unitnya dan telah ditugaskan sejak tahun 2010, sementara kapal selam Kilo-Class Rusia adalah jenis kapal selam yang didukung oleh generator diesel dan dapat mampu mencapai kecepatan maksimum 20 knot.

Menurut The Sunday Times, meskipun kapal selam Rusia dan Inggris telah berulang kali saling menguntit di Laut Mediterania, insiden terakhirnya adalah bentrokan bawah laut pertama sebagai puncak ketegangan antara Moskow dan London.

Bagikan:

  22 Responses to “Kapal Selam Inggris dan Rusia Main Petak Umpet”

  1.  

    Dikuntit terus sampe terkencing kencing si Astuti…. xicixicixi

  2.  

    petak umpet adalah bahasa dan permainan anak anak….seperti kelereng dan permainan lainya…mungkin sedang buming prilaku dan bahasa tersebut…seperti perang siria yang terkesan oleh sebagian pengamat kita seperti perang perangan…karna saling ejek atau kata kataan langsung naik pitam…lalu berkelahi….tanpa pikir panjang apalagi memperhitungkan dampak dari rasio untung rugi….lalu dimana akal sehat dan kewarasan para pemimpin dunia,,,atau mungkin jaman uis edan sing rak melu edan rak kebagian….xaxayaxaxa……

  3.  

    Pesawat anti-kapal selam Boeing P-8 Poseidon the Multimission Maritime Aircraft

    https://www.youtube.com/watch?v=rpZZ7NkuVUc&t=18s

  4.  

    Judulnya artikelnya keren “Kapal Selam Inggris dan Rusia Main Petak Umpet”….yang satu mencari, yang satunya ngumpet….

  5.  

    Mbak Astuti yg bohay diuber kang kilo sampe siembak binta bantuan atas kegenitan si Kilo yg gak bs dihindari!he3.

  6.  

    kok aneh nuklir klas di buru sama konvensional klass,rupanya ini mirip kucing berburu anjing yaaa..tolong jelaskan istimewanya astute class ya bung agato sampai2 kapal selam kecil kepincut ngejar2 terus hahahha salam damai bung agato

  7.  

    hom pim pa alaihum gambreng . siapa yg jadi kucing nya

  8.  

    Sudah besar masih aja main petak umpet

  9.  

    baru kali ini kelas nuklir di kejar2 kelas konvensional,baru kali ini anjing di buru kucing

    •  

      Kurang gede kalo anjing d kejar kucing… itu kayak harimau lari ngumpet krn d kejar kucing… Jan g pantes blas Astute d kejar Kilo… gmn kalo sampe d kejar Borei ato Yasin itu… bisa g keluar2 dr aer itu kayaknya…

  10.  

    Yang penting tuh kapan borongnya nih Kilo??

  11.  

    Sama kilo aja takut si Astuti.. sebenarnya NATO dan Amerika pengecut bisanya keroyokan..dihadang sama kasel Russia aja takut..tapi harus diakui Alutsista Russia memang moncer, NATO saja mengakui.. Arhanud Suriah yang jadul aja bisa halau Rudal pintar Amerika yang harganya sangat mahal.. Indonesia seharusnya jangan meragukan kehebatan Alutsista dari Rusia ketimbang Alutsista barat.. banyak kin pembelian Alutsista dari Rusia, jangan takut kena embargo dari Amerika..salam NKRI..

  12.  

    Di belakangnya ada U 209 sambil nyolek , bilang……Ci Luk Bo…..

  13.  

    “petak umpet”, LOL

 Leave a Reply