Apr 202017
 

USS California, kapal selam kelas Virginia. © US Navy

Untuk pertama kalinya, Angkatan Laut Amerika Serikat telah menugaskan kapal selam yang dirancang khusus untuk mengakomodasi para personel wanita yang turut ambil bagian dalam “Silent Service“, seperti dilansir dari Sputnik News.

Pada tahun 2010, Angkatan Laut AS telah mencabut larangan bagi para tentara wanita untuk menjadi awak kapal selam, diperkirakan sekitar 130 perwira wanita telah terdaftar sebagai calon untuk bertugas di bawah ombak. Tetapi para perwira tersebut mengeluhkan tantangan menjadi wanita di kapal selam, di antaranya adalah Letnan Marquette Leveque.

“Privasi adalah penting, di manapun Anda berada. Kami tinggal di kapal selam ini, dan juga bekerja”, katanya pada Stripes.

Misalnya, pada umumnya kapal selam hanya memiliki satu kamar kecil yang digunakan oleh  personel pria maupun wanita. Wanita yang pendek mungkin harus berjuang untuk mencapai katup (valve) atau melihat layar yang ditempatkan kira-kira setinggi badan pria.

Kapal selam kura-kura dibuat tahun 1775 oleh David Bushnell

Flashback pada kapal kura-kura, sebuah kapal selam terbuat dari kayu berbentuk acorn [biji pohon ek – red] tercatat sebagai penggunaan kapal selam tempur pertama saat Revolusi Amerika, kapal selam tersebut dirancang dengan digunakan oleh operator pria.

Hingga sekarang, kontraktor pertahanan Electric Boat, sebagai galangan utama kapal selam Angkatan Laut AS selama lebih dari satu abad. Mereka memodifikasi kapal selam serang kelas Columbia dan kelas Virginia khusus untuk personel wanita, mulai dari ruang tidur dan kamar mandi terpisah hingga perubahan yang lebih halus, seperti menurunkan posisi katup yang sebelumnya di atas atau memasang tangga untuk mencapai titik yang sulit dijangkau.

“Kami memiliki selembar kertas bersih, jadi dari bawah ke atas, kami akan mengoptimalkan untuk pria dan wanita”, kata Brian Wilson, direktur prakarsa tersebut. Dia tidak mengetahui perkiraan biaya untuk modifikasi tersebut.

Kapal pertama yang akan dimodifikasi tersebut adalah kapal selam masa depan yaitu USS New Jersey (kapal selam kelas Virginia) yang akan selesai pada tahun 2021.

Letnan Lily Hinz, petugas urusan publik untuk Submarine Group 10 di Florida, mengatakan kepada Florida Times-Union bahwa tujuan akhir Angkatan Laut AS adalah agar setiap kapal selam membawa satu awak wanita diantara empat awak pria. Pelatihan akan bersifat netral gender dan setiap kapal selam harus memiliki keandalan yang sama tanpa memandang jenis kelamin.

Pada tahun 1985, Norwegia menjadi negara pertama yang mengizinkan wanita untuk masuk dalam jajaran personel kapal selam. Swedia, Australia, Kanada dan Inggris mengikutinya. Banyak negara, termasuk Pakistan, Jepang, Prancis dan Turki, terus melarang wanita untuk menjadi petugas di Silent Service. Pada tahun 2015, Rusia mengumumkan bahwa mereka mengizinkan wanita untuk melayani di kapal selam setelah tahun 2018.

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  38 Responses to “Kapal Selam Khusus “Wanita” Angkatan Laut AS”

  1. Pertamax

  2. Warnanya pasti pink dan gak ada toilet berdiri…!!!

  3. Pasti di kaca cerminnya banyak tempelan gambar lope(hati) sama tulisan curhatan kangen.

  4. Bung numpang tanya nih siapa yg tau tempat pembuangan GAS emisi kapal selam? secara kapal selam di dalam laut apa mungkin ada knalpotnya ya xixixixixi…….

    • Kalo kapalselam khusus wanita nggak akan buang gas. Soalnya cewek biasanya jaim. Kecuali kalo di tempat sepi.

    • Kalau uss virginia class itu pakai PWR tenaga nuklir jadi tidak ada emisi(asap) kalau pendingin reaktornya itu pkek air laut lewatnya di coning tower bagian belkang cmiiw

  5. wanita disini berbeda dengan wanita disana
    sebagaimana feminisme kita dengan feminisme mereka yg radikal dan tidak rasional sehingga menyebabkan keseimbangan peran gender semakin dalam

    semoga wanita2 kita tetap terus menjaga perannya sebagai ibu meski juga berprofesi dan berkarir

  6. kura-kura ninja

  7. Kapal selam paling ribet sedunia..

    Mau nyilem bedakan duluuu..
    Mau luncurin rudal lipstikan duluuu..
    Mau timbul ke permukaan nyisir rambut duluu..

  8. Bisa2 kapal selam jd tempat mesum, maklum klu sudah urusan bawah bs berabe urusannya!he3. Bakal jd jomblo tua tuh perempuan selagi dinas gak bs py anak sebagaimana lazimnya wanita normal.

  9. Dikasih cowok satu bakal jadi cowok terganteng sendiri tuh … Xixixi

  10. masing2 personil cewe bawa Vibrator xixixiiii.. maklum klamaan nyelem berbulan2 panjang

  11. Kalau urusan wanita dan kapal selam…..jadi pada ber-imaginasi macem2…haha

  12. Wanita memang sudah saatnya berkonstribusi untuk negara nya..!!!

  13. waaahhhh yang pria jomblo bisa maen kesana dong… ehehe

  14. pasti torpedo kapal selemnya kecil.. beda banget ama kapal selem cowok torpedonya buesaarr..

  15. komen nya siwer semua menandakan banyaknya torpedo2 yg belum di uji tembak suka trigger happy sendiri

    beginilah yg menyebabkan makhluk2 seperti dek cindy mulai punah disini

  16. Wakakaka…ngawur semua komen x ???

  17. Mulas nih baca artikel seruu…dan jangan lupa simpan copynya untuk arsip.

  18. ketika sudah berada di posisi menembak torpedo, pasti mereka akan dilema sebab mereka main perasaaan..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)