Feb 022015
 

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Pagi itu kru Angkatan Laut memiliki kesibukan yang tidak biasanya, namun mereka gembira. Kapal selam kilo buatan Rusia yang diantar kapal Rolldock Star, akhirnya tiba di pangkalan laut.

Kapal ini adalah kapal selam kilo ketiga HQ-184 Haiphong, yang dipesan Vietnam ke Rusia. Semua pesanan Vietnam telah dirampungkan oleh Rusia. Kini Vietnam bisa lebih percaya diri dalam beroperasi di Laut China Selatan. Kapal selam memang menjadi senjata strategis, karena benda benda yang ada di bawah laut memang susah untuk dicari dengan cepat. (tuoitre.vn).

Bagikan :

  72 Responses to “Kapal Selam Kilo Bergabung dengan Angkatan Laut”

  1.  

    1

    •  

      Kalau Indonesia mau dapat kapal selam canggih, sambil berharap TOT maka kerjasama dengan SAAB harus ditingktkan. Kockum shipbuilder bagian dari SAAB, yang dulu nya adalah subsidiari dari HDW Jerman, merupakan pembuat kapal selam canggih di dunia. Bahkan Gotland Class pernah di sewa oleh Amerika untuk joint training di lautan pasifik dekat San Diego sana pada tahun 2004. Apa yang terjadi ? USS Ronald Reagan salah satu kapal Induk Amerika tak berkutik dan bahkan foto nya di ambil dari jarak dekat. Pertahanan mereka tembus oleh Gotland Class, kapal selam nuklir juga tidak bisa nyari, hingga akhir nya di sewa 1 tahun untuk latihan.
      http://www.abovetopsecret.com/forum/thread204113/pg1
      Teknologi utama mereka ada pada Sterling Engine AIP yang mampu menyelam lebih lama. Bahkan Soryu Class Jepang juga pake teknologi itu, China juga, Singapore juga punya versi yang lebih lama (Archer Class) dari Gotland, dan Collin class punya Australia.
      Yang teraru A26 Class, yang menggatikan Gotland masih menunggu surat cinta dari pembelinya. Australia ditawrin, malah lari ke Soryu. Jika kita ambil Gripen NG, sekalian satu paket beli A26 atau Gotland Class. Dijamin kekuatan maritim kita ditakutin di kawasan.

  2.  

    2

  3.  

    3

  4.  

    dari judulnya kirain angkatan laut sini. Gak taunya vietnam …. hehehe ngarep.com

  5.  

    3

  6.  

    vietnam emang layak pe de, kita walau cuma (katanya) 2 harus pe de juga donk..

  7.  

    Vietnam harus bisa blokade pulau Spratly (Kalau bisa)

  8.  

    Nah yg bikin kontroversi…
    dari judul di atas adminya tidak tegas… apa sengaja…
    angkatan laut mana neh…
    rusia vietnam atau jgan2… indonesia.
    Ahhh menghayal di pagi hari…

  9.  

    Aaaaa tak kira…….. selamat buat vietnam

  10.  

    Menunggu kapal selam buatan PT PAL

  11.  

    Berbagi berita dan berbagi sumber daya πŸ™‚

  12.  

    Jiaaah … Ta kiraain ??? …
    Selamat buat Vietnam atas 6 Kilo Kasel nya … Mohon pencerahannya kemampuan Kilo Vietnam …
    1. Apakah mempunyai kemampuan memburu Kasel lainnya?
    2. Apakah mempunyai kemampuan serang darat, dan Udara ?
    Ditunggu masukannya dari Warjagers yang lain …
    Ngopi dulu ahh …

  13.  

    Kirain punya Indonesia…. πŸ™
    Kapan ya berita begini diturunkan milik TNI AL? πŸ™

  14.  

    Bknya hoax tp sy percaya indinesia punya lebih dari 2 kapal selam..knp sebabnya…karena tni al tenang2 sj dgn asumsi tni al hnya pnya 2 kpl selam untuk menjaga perairan indonesia yg sngat luas…ini adalah strstegi agar para negara SONOTAN ga pada PROTES….

  15.  

    yah tak kirain. . .

    Salut sama vietnam menampakan kilo nya. . .karna mereka hidup di dunia nyata. . .beda sama kita yang hidup di dunia ghoib. . .

    SALAM NKRI

  16.  

    Salam Ghoib aja deh.
    πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

  17.  

    ada rasa penasaran bercampur bangga ketika membaca judulnya, ternyata eeeh kecele …………. kenapa tidak ada yang mendengar harapan rakyat negeri ini untuk merasa bangga akan TNI-AL dgn memiliki KS kilo, Amur, U-214 ???

  18.  

    Ikut seneng. Sblm pla sampai Indonesia udh di kurangi jumlahnya ama vietnam shg yg sampai sini tinggal seperempat..

  19.  

    hhhee sugan teh boga TNI AL Indonesia… Mudah2an TNI AL Indonesia juga segera dapat kiriman kapal selam serupa atau yg lebh canggih lgi amiiinnn…

  20.  

    kayaknya berita d artikel jkgr trakhir bru pengiriman yg k3, k 4 dlam proses, knpa ud jd kelar k 6, bung diego pencerahanya dunk,!!

  21.  

    maaf bung Diego, saya mau tanya : mengapa Anda menampilkan kapal fregat Bremen class ?? Milik AL jerman itu….

  22.  

    punya kilo submarine … oke mau
    punya U212A spek Jerman … lebih mau lg tuhhh
    bikin chang bo go … ya kita syukurin dulu dunk

  23.  

    Seperti yg pernah disebutkan Bung Pocong Syerem..KASEL adalah alutsista strategis…dimasa perang bkl memiliki nilai gentar, gahar, dan mematikan…namun dimasa damai, memiliki nilai tawar dan posisi yg strategis dalam kebijakan politik…Indonesia sebagai negara kelautan yg sangat luas TIDAK MUNGKIN hny memiliki dua KASEL yg cm patroli, atau “fashion show” melantik pejabat”…mondar-mondir begitu terbukanya..Indonesia tdk mengharapkan adanya perlombaan senjata & berupaya menjaga hubungan dgn negara tetangga…Pernah dengar ga TNI AL protes, ngeluh, soal pengadaan KASEL ??SAYA PERCAYA TNI AL Punya KASEL lebih dari dua saat ini, dan dengan TOT Changbogo akan bertambah beranak-pinaklah KASEL kita dimasa depan…Changbogo di perairan barat yg notabene laut dangkal, Kilo di selatan dan timur untuk perairan dalam

  24.  

    Indonesia sebentar lagi datang tuh.ks kapak 212 wrs….kita ngak usah ngayal ks dari rusia…para jendral kita suka yg enteng2 saja..

  25.  

    Woowww…Mantap Vietnam..!
    Perlahan tapi pasti…Vietnam menjelma menjadi “Macan Asia” yg sesungguhnya.

  26.  

    Selamat buat Al vetnam…ksnya cuma ada 6 kilo..lebih banyak dari indonesia yg punya 2 ks…

  27.  

    di Palembang sudah banyak KASEL ….!!!!!

  28.  

    Eh ternyata punya si Nguyen.
    Mana tuh ks buaya terban kita, rancangan ITS?

  29.  

    yg menarik dari gambar itu adalah kapal pengangkut kapal selamnya. itu ditengah laut di isi air kog gak tenggelam ya πŸ™‚

  30.  

    Kapal selamnya jg tabah sampai akhiir..

  31.  

    Pertanyaannya apakah untuk “ngeronda” kapal selam yg slonong boy harus jg dg kapal selam? Bukankah ada kapal permukaan dg peran ASW?

  32.  

    harapan hampa…. uang rakyat dipakai buat partai aja … biar bisa terus berkuasa dan korupsi sepuasnya buat apa beli kilo class segala.. nanti kalau perang kan ada USA itu pemikiran pemerintah kita… TAMAT

  33.  

    Diterima saja… KS TNI AL itu cuma ada 2 dan itupun sudah sangat tua peyot… ibarat kakek2 dikasi tongkat biar bisa jalan lagi.(titik)

    Selamat buat Vietnam… Militer itu memang nomor satu…mereka kapok hampir d jajah amerika.. tapi tidak dengan indonesia yg sudah d jajah beratus2 tahun oleh Jepang dan Belanda tapi tidak kapok2…dan kini harus di jajah Amerika… Selamatttt

  34.  

    wahhhh sahabat utara dapet lontong baru nih

  35.  

    Betul bro, Indonesia yg nggak pernah memperlihatkan Kilo katanya punya 20, berarti Vietnam punya 80, begitu logika sebagian warjager. Malaysia mungkin punya 20an Scorpene…. Maksud sy, klo Indonesia bisa punya rahasia kenapa negara lain tidak? Mohon direnungkan…

  36.  

    Namanya jg kapal selam? yg berarti habitatnya itu kebanyakan dibawah air. apalagi jk sdh dilengkapi AIP dgn perbekalan makanan dan BBM yg cukup, mrk awak hiu kencana sanggup trs brd dikedalaman berminggu2. kalaupun lg memakai engine utk mencharge sel2 batere KS, gak perlu sampai ngambang dipermukaan. di kedalaman priskoppun bisa menghidupkan diesel. udara utk pembakaran diesel melalui pipa disebelah priskop dan antena komunikasi serta antena radar deteksi atas permukaan serta sensor sonar yg ditanam di hull depan dan belakang utk deteksi bawah air. Kalau menurut saya sih Indonesia punya KS lain selain cakra dan nenggala. dan KS itu pasti sdh mempunyai AIP yg gak bakalan bisa tau kapan itu KS akan nongol utk mengisi perbekalan. dan kalaupun utk mengisi perbekalan makanan utk awak kru maka pastinya ditempat yg tertutup dari pandangan atas langit alias di didalam pangkalan yg ditutupi dgn atap jd gak bakalan kelihatan melalui satelit. sdg kalau misal kehabisan BBM bisa disuply melalui sprt KRI Arun!. kapal tanker bantu minyak yg suply memakai selang. tp pastinya gak mgkn mrk kehabisan BBM krn patrolinya sdh disesuaikan dgn jarak jangkau BBM nya. Jadi kesimpulannya utk KS saya percaya KS kita ada yg ghoib selain 2 U209 cakra dan nengggala. utk brp unit saya gak bisa mengira2 dan me nebak2. cm saya yakin pasti lbh canggih dari yg 2 ekor cakra dan nenggala yg srg di publish sprt dilengkapi oleh Air Independen propulsion alias AIP. kan berita terdahulu, salah satu komondan KS pernah keceplosan kalau mrk srg berada dikedalaman hingga berminggu2 tanpa nimbul sedikitpun kecuali berada di kedalaman priskop. dan wartawan di biak yg menghitung kalau jumlah awak KS yg lg mengisi perbekalan makanan berjumlah lbh dari 56 orang? kalau kapasitas U209 kan mampu membawa kru sebanyak itu? dari clue2 dan berita2 serta adanya keceplosan salah satu komandan KS serta melihat begitu santai serta percaya dirinya panglima AL yg menyatakan kita cm punya 2 KS dgn wilayah teritorial yg dijaga sangat luas, maka bisa diambil kesimpulan pasti ada apa2 nya nih AL, alias pasti ada monster bawah air kita yg serem makanya AL low profil saja mengatakan rahasia kekuatan kita dgn membuka ke publik kita cm 2 KS saja? hehehe.. apa iya percaya dgn celotehan kasal? disinformasi sprt ini, terlalu mudah diraba, bahkan sekelas inteligen amatiran pun gak yakin TNI hanya punya 2 KS saja.

    Salam..

    •  

      bung pedro barreta, hati-hati jakarta greater ini dipantau intelejen asing…..

      •  

        mereka ingin tau juga ttg ks kita……..

        •  

          Ok, bung bapermas, saya jg tau dan komentar saya masih dalam batas koridor yg msh bersifat ringan. πŸ˜‰ makanya saya gak sebutkan jenis dan populasinya bung. wong saya jg gak tau jumlah dan jenisnya.. cm kelebihan AIPnya yg saya jelaskan biar disampaikannya ke majikannya kalau lautan RI itu banyak silumannya. πŸ˜› hehehe.. biar saja yg kepengen tau semakin mati penasaran, me reka2 brp byk dan ber type yg mana monster bawah air kita. masalahnya yg tau pasti hny brp glintir org di ring1 sj, termasuk menhan dan bbrp penyandang shuriken 1, 2, 3 sj. Selain itu semuanya tdk ada yg tau bung..? gelap.. aplg saya ? wong saya cm kasta plg rendah bung.. gak ada pengaruhya saya kpd negara πŸ˜†

          Salam bung..

  37.  

    Baik Duta besar Rusia, PM Malaysia, tdk pernah mengatakan kita punya Kilo… Bisa tujukkan link-nya? please… Orang bisa salah menafsirkan sesuatu, bisa karena kurang ilmu maupun krn kurang obyektif. Hanya ada di Jakarta Greater yg salah menafsirkan ssuatu karena keGeeRan…

  38.  

    Kapal selam TNI cuma 2 pun sudah tua dan tetap tunggu Changbogo rampung karena dana kita terbatas

 Leave a Reply