Oct 092017
 

Kapal selam Kilo Angkatan Laut China dengan hull number 372 pernah nyaris “tenggelam ke laut dalam”. Terjadi pada tahun 2014, kapal selam 372 tiba-tiba mengalami insiden kehilangan ketinggian dan terjatuh ke laut dalam. Disebut jatuh ke laut dalam bisa diartikan seperti mobil berkecepatan tinggi yang tiba-tiba jatuh ke tebing jurang yang dalam.

Awalnya kapal selam yang sedang berlayar, tiba-tiba kehilangan daya apung dengan sangat cepat. “Kami tidak dapat mengendalikan kedalaman kapal selam meskipun tangki pemberat sudah dikosongkan, kapal selam turun puluhan meter dalam waktu kurang dari tiga menit,” kata Wang, komandan kapal selam 372.

Kru kapal selam dengan cepat membuka semua katup udara darurat dalam waktu 10 detik untuk mengisi tangki. Mereka berhasil menutup lebih dari 100 katup dan peralatan lainnya dalam waktu kurang dari satu menit, dan dalam dua menit semua kabin sudah disegel.

“Bukan hal yang aneh jika sebuah kapal selam untuk sementara kehilangan kendali atas kedalamannya karena perubahan kepadatan air laut dan arus di bawah permukaan, namun kita dapat memperbaiki dengan menyeimbangkan kembali atau mempercepat (daya apungnya),” kata Wang.

“Tapi kala itu, kapal selam berlayar di perairan dalam dan tenggelam dengan sangat cepat, jadi jika kita tidak bergerak cepat, kapal selam dan seluruh krunya akan ditarik ke jurang – dalam waktu sangat singkat”.

Salah satu pipa kapal di kabin mesin utama juga rusak akibat tekanan air yang meningkat, mengakibatkan masuknya air laut dan hilangnya tenaga dari mesin utama.

Insiden yang sangat berbahaya, dengan kepadatan air yang tiba-tiba rendah dan kekuatan apung kapal selam yang juga rendah maka kapal selam bisa terjatuh tajam ke laut yang dikenal sebagai “jatuh dalam” dan andai tidak bisa dikendalikan, maka tekanan air yang besar akan menghancurkan lambung kapal selam.

Banyak yang kemudian sepakat, selamatnya kapal selam 372 adalah keajaiban dalam sejarah angkatan laut.

“Pelatihan yang sulit, semangat pengorbanan dan kepercayaan yang tak tergoyahkan dalam kerja tim adalah senjata yang digunakan awak kapal selam 372 untuk menyelamatkan diri mereka sendiri,” kata Komandan Wang.

Di dunia bawah laut, banyak bencana kapal selam yang tak dapat dijelaskan dan mungkin akibat mengalami bencana “jatuh dalam”. Misalnya, kapal selam nuklir USS Thresser AS pada bulan April 1963 yang tenggelam saat uji selam dan menewaskan 129 awaknya. Pakar kapal selam AS berdasarkan data yang relevan, meyakini USS Thresser tenggelam akibat terjun ke “tebing bawah laut”.

Pada tahun 1968, kapal selam INS Dakar Israel yang berlayar dari Inggris Raya menghilang secara misterius di Mediterania. Sampai tahun 1999, petugas pencarian dan penyelamatan menemukan reruntuhannya 3000 meter di bawah dasar laut. Saat itu ada berbagai spekulasi penyebab hilangnya kapal selam Israel yang beredar, seperti akibat serangan angkatan laut Mesir, masalah kualitas kapal selam, hancur dan sebagainya. Namun beberapa ilmuwan berspekulasi, INS Dakar secara tidak sengaja masuk ke lapisan air laut yang sangat rendah dan terjatuh ke laut dalam.

Chinadaily/Toutiao

  39 Responses to “Kapal Selam Kilo China Pernah Nyaris Tenggelam ke Jurang Laut Dalam”

  1. Itu namanya iso nyilem ora iso mbalek. Kebalikannya punya tetangga jaguh. 🙂

  2. Ini namanya membahayakan awak kapal, dasar kaleng kerupuk….

    Xixixixixixi

  3. Tergantung pemakainya, kapal selam Indonesia 401 & 402 sampai aki2 gitu, baik baik saja tuh dan tidak pernah mengalami hal spt itu, ……. !!!

  4. lha kenapa akhir2 ini byk artikel dari chinadaily/toutiau yah……xixixi

    btw setahu gw area 200km dari pantai cina itu lautnya ga dalam2 amat…ga ada jurangnya……emang kejadiaannya dimana brow ??

  5. Kapal selam China nyilem sambil nyimeng….hingga hilang konsen sebentar…

  6. China sdh ada kemajuan keterbukaan, kalau amrik sih tetap kolot bin nyolot nutupin insiden kapal karamnya

  7. kalau di udara mungkin lubang udara yg berakibat turbolensi…

  8. Itulah ..kenapa kita beli Kapal Rigel 933 …. khusus bagian timur banyak area dengan kepadatan air laut yang berbeda…Pentingnya pemetaan perairan dangkal maupun dalam..

  9. Bs jd pembelajaran bg Kasel TNI AL.

  10. Rival? ga tuh, rival abadi sy hanya si ruskye,..yg lain kawan semua…

  11. Ngomong-ngomong bung @pragota udah absen belum hari ini ?

    Soale ada yg belum pulang dari kemarin lusa….

  12. Wilayah bagian Indonesia Timur daerah yg serem bagi yang tidak paham lokasi, kalau kasel kita dulu saat th 2000 mondar mandir di wilayah barat dan tengah aja, seringnya main di jalur Makassar, kalau sekarang sih sulit ditebak

 Leave a Reply