Dec 312014
 
 Kapal selam Kilo kelima Vietnam siap diluncurkan (foto: DatViet)


Kapal selam Kilo kelima Vietnam diluncurkan (foto: DatViet)

Kapal kelima dari enam kapal selam Kilo Class yang dibeli Vietnam dari Rusia diluncurkan di Admiralty Shipyards, St. Petersburg, ujar kantor berita Rusia Interfax.

Kapal selam dengan kode HQ-186 Khanh Hoa adalah kapal kelima dari enam kapal selam diesel elektrik Proyek 636,1 yang dipesan oleh Vietnam.

Dua kapal selam pertama, HQ-182 Hanoi dan HQ-183 Ho Chi Minh City, tiba di Vietnam pada awal Januari dan pertengahan Maret.

Yang ketiga, HQ-184 Hai Phong, diangkut ke kapal kargo Belanda Rolldock Star pada 16 Desember dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Cam Ranh Vietnam akhir bulan depan.

Yang keempat, HQ-185 Da Nang, diluncurkan pada tanggal 28 Maret dan sedang menjalani pengujian.

Kapal keenam, sekaligus yang terakhir, HQ-187 Ba Ria-Vung Tau, dibangun sejak 28 Mei dan dijadwalkan untuk dikirim ke Vietnam pada tahun 2016.

Keenam kapal selam ini merupakan peningkatan kualitas atas kapal selam Kilo class terdahulu, dengan fitur enam tabung 533 mm yang dapat meluncurkan rudal anti kapal selam permukaan TEST-71 series dan torpedo kelas berat anti-kapal selam.

Pesanan Vietnam ini dibangun dengan kesepakatan harga US $ 2 miliar yang ditandatangani saat kunjungan Perdana Menteri Nguyen Tan Dung ke Rusia pada tahun 2009.

Sesuai dengan kontrak, Rusia akan menyelesaikan semuanya pada tahun 2016, melatih awak Vietnam, dan menyediakan suku cadang yang diperlukan. (ThanhNienNews).

Bagikan :

  114 Responses to “Kapal Selam Kilo Class Kelima Vietnam Diluncurkan”

  1.  

    hmmm…

  2.  

    Ngecess.. !

  3.  

    klo gitu kru kita yg d kirim slama beberepa kali ke Rusia sudah d kasih mainannya atw belum ya???

  4.  

    kok punya Vietnam terus yg di obral di media kita,…..punya kita mana ya..??

  5.  

    Kilo Vietnam dapat dilihat, diraba dan dirasakan…..Bukan Kilo ghoib.
    Beda ama kita..

    •  

      logika yang cerdas dari bung …………

    •  

      ALLAH SWT JUGA GHOIB………saya percaya adanya ALLAH tanpa harus melihat fotonya……

      •  

        itumah urusan iman dan taqwa mas gak ada ceritanya ghoib, dr kt blm lahir jg mmg dr sononya uda ada gak perlu ragu lg.

      •  

        Itu rukun iman kpd Allah SWT.
        Iman kepada Allah bermakna bahwa kita meyakini tentang penjelasan Allah dan Rasulnya mengenai keberadaan Tuhan. Untuk lebih terperinci lagi, makna iman kepada Allah dapat kita jabarkan dalam empat poin.
        Pertama, meyakini bahwa penciptaan manusia adalah kehendak Allah dan tidak mahkluk lain yang terdapat di semesta alam tanpa pengetahuan Allah swt, kedua ialah meyakini bahwa Allah lah yang menciptakan bumi dan alam semesta dan Allah pulalah yang memberikan reski kepada manusia dan mahkluk lainnya. Ketiga, yaitu meyakini bahwa Allahlah yang patut disembah dan hanya kepadaNyalah segala ibadah ditujukan, misalnya berzikir, sujud, berdoa, dan meminta. Semuanya hanya kepada Allah semata. Keempat yaitu meyakini sifat-sifat Allah yang tercantum dalam alquran (Asmaul Husna).

        Jgn fanatik pada A1list percaya 100% krn bs nimbulkan sirik

  6.  

    punya kita pasti kita punya, heheheh…..salam warjager.

  7.  

    Kepal selam ini sudah dimari…. hi.. hiii, cuma masih di ghoibkan… alias tidak kelihatan.., dasar pengigau…, bagun.. bangun sudah siang!

  8.  

    Nunggu kabar peluncuran pertama changbogo class buat nemenin 2 kasel kita yg udah sevuh…. Changbogo cikal bakal kasel buatan Indonesia

    Tabah Sampai Akhir

  9.  

    cukup mbatin kro ngelus dodo (gasbol gasbol)

  10.  

    Jika perang besar terjadi di LCS apakah TNI sudah siap membendung dampaknya terhadap keutuhan NKRI, apakah TNI sudah siap menyambut perang modern yang penuh dengan peralatan alutsista canggih nan mematikan ?

    Apakah peluru kendali jelajah berdaya ledak tinggi akan tetap dilawan dengan sistem pertahanan rakyat semesta ?

    Apakah pesawat fighter bomber yang jumlahnya ratusan yang menyerang negeri ini akan tetap dilawan dengan sistem pertahanan rakyat semesta ?

    Apakah ratusan kapal-kapal perang modern berpeluru kendali yang mengepung tiap pulau di negeri ini akan tetap dilawan dengan sistem pertahanan rakyat semesta ?

    dan pertanyaan paling mendasar, apakah pemerintah sudah menyiapkan rakyat terlatih untuk menjalankan sistem pertahanan rakyat semesta ?

    Terserah permerintah mau bilang tidak ada ancaman perang besar kedepan, tapi sebaiknya TNI mempersiapkan diri sebaik-baiknya mumpung masih damai, mumpung semua masih dalam kondisi baik-baik saja, bagi militer ingatlah dua hal saja :

    1. Jika ingin damai bersiaplah untuk perang, tak ada yang berani mengganggu jika kita siap perang
    2. yang dinamakan kawan sesungguhnya adalah musuh yang belum menyatakan perang, dan musuh dari musuhmu adalah kawanmu

    •  

      semoga kalo perang – masih konevesinal (tank-kapal-selam-pepus) – jgn sampai seperti yang dibayangkan US vs RUS (Perang balistik -10 jam buyar) CH Vs asean moga aja jgn sampe temba2an Balistik Nuke nya

    •  

      Seharusnya Bukan LCS yg kita khawatirkan…. tapi Irian Jaya.

      di LCS banyak negara asean yg terlibat,
      penguatan AS di philipine, penguatan Armada Jepang, penguatan Vietnam.
      mereka akan saling mengunci satu sama lain.

      tapi bagaimana dengan di Irian Jaya..????
      NKRI sendirian.

      •  

        lha justeru itu, Indonesia itu non-blok, sendirian, tak ada sekutu, secara militer lawan potensial banyak termasuk yang di selatan itu yang sekarang masih “mengaku” sebagai teman

      •  

        kalau Irian Jaya dpt di ambil negara lain itu udah lama bung,walau pun sendiri dan terkorban dikit2 TNI tak kan mundur,bah kan ada dongeng yg mengisah kan bahwa armada ketujuh AS pun sempat terkejut ayam dgn kekuatan di depan mereka….. he he ngerti maksud gue kan..??

      •  

        Yup setuju dengan bung Donnie, saya malah lebih memilih Irian Jaya. Sebenarnya gampang membuat masyarakat sana menjadi nasionalis lagi. Pengalaman waktu beberapa kali berkunjung disana, gimana masyarakat sana sangat membenci orang pusat (kata mereka yg datang dari pulau Jawa), karena saya membawa kamera jadi mereka tidak membenci saya. Padahal saya juga datang dari Jakarta yg masuk dalam pulau Jawa juga. Akhirnya saya menjadi tempat curhat mereka, sebenarnya yg dibutuhkan mereka adalah pemerataan. Kita lihat gimana beberapa desa di Kalimantan masyarakatnya pindah ke negara sebelah, karena disitu ada masalah, dan terutama masalah perhatian pemerintah (baik pusat maupun daerah). Kenapa orang bisa berbuat dosa, karena hasrat duniawi itu lebih menggoda.

    •  

      IZIN LIKE………….

    •  

      like………

  11.  

    Vietnam & negara2 dikawasan klo belanja alutsista aja diumbar di media.. N pasti nya akan jd efek penggentar n jd pesan kpd negara laen klo jgn macem2 ..
    lha klo di kita? .. Apa dgn di “stempel” jd brg ghoib biar para tetangga gk usil lg ma NKRI??
    & Ni kn dh penghujung thn… Mg aja alutsista yg “katanya” akn dtng akhir thn ini bener2 akan dtng. N gk jd ghoib slama2 nya…heheehhheee

  12.  

    Ini bung – bisa diteliti (kataya dulu ada hibah ke indo 10 biji) dan vietnam juga mau – pada akhirnya dibagi aja – dengan kata lain Ks selain dikirim ke vietnam itu sisanya ada di Kita (amin)

  13.  

    Kapal Selam Kilo Class Indonesia manaaaaaaaa ????????????????????????????????????

  14.  

    Tetap bangga jadi orang indonesia…walaupun kapal selam kelas kilo indonesia ga nampak dimata….tapi tetap nampak di hati ini…..

  15.  

    hemmm.cm bs ngelus dodo mlihat tetangga sbelah yg hanya punya kawasan sekecil itu sdh punya 6 kapal selam kilo class..dan itupun dipublikasikan,,???wow pasti keren dan membuat bangga jd warga negara vietnam,sedangkan dikita???negara yg katanya BESAR???punya SDA melimpah,gemah ripah loh jinawi???masuk urutan 14 militer dunia???tp alutsista sekelas kapal selam seakan2 kita sempoyongan,sprti hidup diantara dua alam..antara ada dan tiada???hoak dan kenyataan bahwa kt tlah punya kilo class???mnjdi pertanyaan disetiap warganegara kita???membuat ciut nyali warganegarakita??dan menipiskan rasa nasionalis kita sbgai warga negara indonesia???akankah rakyat hanya akan.dijadikan umpan digaris depan????melawan alutsita canggih dan mematikan???sungguh miris para pejabat negri ini,tdkbs membuat warga negaranya tenang dan merasa aman???miris..miris…miris….

  16.  

    Saya ga bangga dengan alitsista yang di publikasikan saat ini .tapi saya bangga dengan strategi yang di terapkan TNI saat ini.

  17.  

    Tabah & Sabar menunggu kemunculan kapal selam KILO indonesia……semoga.

  18.  

    Saya iri, iri, iri banget ama tuh vietnam. Saya iri krn kita masih 38-40 % MEF tapi kok kelihatannya ‘seret’ dlm pengadaan alutsista. Tapi ya harus sabar, jadi inget pesan bung PS (tabah sampai akhir) karena tujuan kita ke arah kemandirian beralutsista………., (tapi alat kita kan banyak yg jadul, abis diembargo, jmlnya sedikit, liat tuh tetangga pada beli dan baru2…….iya klo MEF dah 70-80 % gue baru mau bikin2 sendiri, he he ini versi ngeyelnya keluar). Tapi…, tapi,….. wis wis. Mohon dimaafkan salah kata saya , moga sehat2 semua

  19.  

    yg bilang indo terima hibah kasel kilo class dr rusia pst mabok kecubung, gak ada kasel yg goib klo ada yg bilang goib2 sy memastikan bohong besar. klo perencanaan dulu emang ada tp klo realisasinya yg betul vietnam yg bnr2 tandatangan kontrak dg rusia. tp sy tetap bangga dg indonesia krn mampu mendapat tot ks dr korea yg akan menjadi cikal bakal ks nasional. ayo bangun bangsaku! jangan mimpi terus….. berlarilah yg kencang tuk mengejar ketertinggalanmu.

  20.  

    Tabah Sampai Akhir

    •  

      Tabah sampai akhir bung sesuai moto.

      Biar vietnam beli 30 kilo pun ga akan berpengaruh…

      Sy lebih bangga kasel kasel yang di buat sendiri oleh anak2 bangsa Indonesia..

      Setidaknya kita mempunyai ilmu dan bisa di kembangkan

  21.  

    kilo kita ada noch …di palu hehehe

  22.  

    Iri sama vietnam, sabar sambil mengelus dada

  23.  

    maaf pd agan2 yg terhormat,,,,, klo anda2 memang rakyak indonesia yg memiliki jiwa nasionalisme tinggi, jgnlah meremehkan kekuatan TNI kita, meski alutsista TNI minim, TNI punya rakyat berjuta-juta yg sangat tau dgn kondisi alam kita ini, jd meski musuh kita pnya rudal balistik dan nuklir,,, seharusnya anda-anda tidak takut,.,.

  24.  

    Hadeh…..mash ributin yg gk perlu2. Biar ada KS pa kagak, Indonesia dah ditakuti negara tetangga. Yg penting kedepannya kita adakan KS sesuai anggaran dan wilayah minimum RI. Kita juga gk terlalu tahu juga keberadaan dan jumlah KSI yg sebenarnya. Ntah 2 ato lebih, ato bahkan kurang dari 2 biarlah pemangku kebijakan yg punya kewnangan pengadaan tersebut.

  25.  

    Ga punya ks kilo rapopo sing penting negara aman damai, gitu aja ko repot. Sing penting hari ini kita mangan

  26.  

    Beda bung klo vietnam beli alutsista secanggih apapun akan dianggap wajar karena buat ngelawan china dan rakyatnya pasti ngedukung,tetangga kawasan juga adem ayem ,tapi klo kita belanja yg kayak vietnam dan di umbar di media ,bisa meriang tuh kawasan dan akan banyak lsm yg sok idealis protes ,daripada beli alutsista lebih baik buat pembangunan lah atau apalah..dan ingat ada kekuatan yg tdk ingin tni jadi kuat

  27.  

    Lihat artikel diatas…
    dg 2 milyar dollar Vietnam dpt 6 kilo
    musti dicatet neh … ama KPK
    ntar kalo kita mo beli harganya segitu tu tuh … jatuhnya sekitar 315 jt dollar per ekor
    kudu transparan biar rakyat puass kaya di Vietnam

  28.  

    Beda KS Vietnam dng kita..2016 Vietnam genap BELI 6 KS Kilo..di tahun 2016 Indonesia mulai BUAT KS Sendiri berbasis KS 209..

  29.  

    ingat list a1 bung nara, tetaplah tenang..

    •  

      list A1 Ghoib ———–> list A1 Ngimpi/List A1 “mau nya siih”/…. Tapi menurut saya itu List A1 Bu*lsh*t..! Logikanya sekarang
      1. Indonesia ingin tegas terhadap tetangga perihal pencurian kekayaan negara dan
      2. ingin jadi Big Brother nya ASEAN

      Untuk apa ngumpet-ngumpetin ALUTSISTA strategis spt itu… Justru harusnya di tunjukan agar ” lancar ” berdiplomasi…

      •  

        List A1 tdk bikin penasaran, yg bikin penasaran kenapa institusi2 yg berkaitan dgn pengadaan atau pemakaian alutsista tdk pernah klarifikasi List itu benar..atau benar sebagian..atau tidak benar semua..atau tidak benar sebagian.???

        •  

          Masalahnya institusi yg berkepentingan sejak dulu sudah menulis ini di websitenya

          Pemberitahuan
          Diberitahukan kepada seluruh masyarakat harap berhati-hati dalam menyikapi pemberitaan pemberitaan dan isu-isu yang berhubungan dengan Kementrian Pertahanan RI, informasi lebih lengkap harap hubungi Kementrian Pertahanan Jl.Medan Merdeka Barat No. 13-14 Jakarta Pusat

          Bisa dilihat di info penting http://kemhan.go.id/kemhan/

          Jadi untuk apa klarifikasi, mereka mengklaim sudah transparan dengan memberikan pemberitaan melalui media2 kita kok. Silahkan hubungi kalau gak percaya.

    •  

      buktinya mn.

  30.  

    yg jd pertanyaan adlah jika list A1 itu benar seharusnya sdkit dipublikasikan ke rakyat,,sedkit sja gak apa,??agar rakyat bs jg mrasakan aman dan nyaman serta bangga berNKRI,slama ini hanya HOAK HOAK HOAK,hadewh,,,toh jika terjdi perang besar rakyat juga yg disuruh maju bela negara??dan apakah mrk pra pejabat yg doyan nya ngebohongin rakyat dan hoby nya mencuri uang rakyat akan bersedia maju membela negara saat negara terjdi perang????ataukah mrk akan kabur danmengungsi keluar negri..kesingapur kali???atau kemana gtu???maaf saya pribadi ttpakan berdri dan membela NKRI meski meskipun apapun yg terjdi,hanya saja kecewa berat krn melihat tetangga yg sekecil vietnam mampu membeli 6 kapal selam.baru kilo class,sedangkan kita yg berangan2 dan mimpi dr jaman dahulu hanya diberikan hoax dan dongeng2 memabukan yg smpai skrg NOL BESAR….!!!!dan sbentr lag 32 sukhoi mk2 akan berdatangan mnjdi milik vietnam,???sekali belanja gak nanggung ya???6 kapal selam kilo class dan 32 jet sukhoi 30mk2???wowwww keren….!!!salut buat vietnam.negara kecil yg kekayaanya jauh dr kita mampu dan bisa membelialutsiat canggih..INDONESIA??????hoax????akan???dan akan???kita ini sprti anak kecil yg nangis krn meminta mainan yg bs terbang dan bs diremot dan cukup diberikan mainan dr kertas??

  31.  

    Yang gak percaya..ra pop…yang penting semangat cinta tanah air tidak pupussssss….

  32.  

    Proses TOT dengan Korsel dan dengan beberapa negara Eropa merupakan strategi TNI untuk memperoleh Pengakuan dunia,…. yang jelas Kita sedang buat dengan ahlinya Kapal Selam….. Kita sedang buat pemburu kapal selam… banyak sekali Clue-clue yang sudah di babar di JKGR,… ingat TNI semakin kuat CMIIW….

  33.  

    jgn brsedih sdr2, kalo kata org luxemburg bilang yg penting konciannya

  34.  

    mengAmini tu artinya semoga rencana/ harapan terkabul Bung,,, saya pun hanya mengamini tapi ndak berharap banyak n ndak nanggepi dgn serius… klo sang narasumber ngasihnya d sini ya suruh kesini aja,,, tu baru greget.

  35.  

    Hebat Vietnam; gak banyak bacot langsung pesan dan beli 6 buah Kilo!

  36.  

    Memang list A1 itu banyak yang isinya hoax bung. Bagaimana mungin didalam list yang mengaku A1 tsb ada rudal balistik Iskander, Kirov class, Slava class sedangkan kenyataannya Rusia sendiri masih emoh menjualnya ke negara lain

  37.  

    Maaf saya ada bukti berupa foto ks TNI AL lagi berlayar di permukaan dan Alkhamdulillah jumlahnya lebih dari dua,kata teman saya yg rada rada ahli… itu foto bukan rekayasa,cuma sayangnya saya ga ngerti cara me “ngirim”nya ke warjag.

  38.  

    positifnya apa, yg ada jg cm nambahin khayalan org doang, kl org bisa ngetik pasti bisa ada buktikan.

  39.  

    Tabah tuch sakiiiiit……!

  40.  

    Ckckckk,, kasihan yaa pada pesimistis sama kekuatan bangsa sendiri,, mau nyata atau ghoib saya percaya klo TNI beserta Rakyat Indonesia Setrooong!! Saya juga ga 100% percaya klo belom liat POTO nya,, tp saya percaya klo bangsa INDONESIA itu BESAR dan BISA mewujudkan list A1,, mungkin yg dibikin hoax itu jumlahnya bukan itemnya.. Salam Persatuan, Salam Optimis, Indonesia BISA, TNI Setrooong!!!

  41.  

    msih ribut list A1 ya…goreng terus

  42.  

    Rekan2 sekalian : klo saya punya pendapat sebetulnya ini adalah misi yang sangat handal tengah dimainkan oleh TNI dimana dalam pengadaan senjata strategis. Bukankah cara jitu jika kita menyamarkan dengan cara yang sangat cantik. Dalam benak saya memang 6 unit KS Kilo yang di pesan oleh Vietnam tapi bisa saja 2 atau 3 diantaranya adalah milik kita, mengapa…? (cantik main)..mundur cantik…maju cantik…hehehe… Para dedengkot TNI kita ada salah satu team paling baik di dunia dalam hal samar menyamar….monggo di comment rekan2 terhormat…!!!

 Leave a Reply