Feb 142014
 
Kapal Selam Kilo Rusia

Kapal Selam Kilo Rusia

Jakarta. Komisi I DPR menyetujui tawaran penjualan kapal selam kelas kilo dari pemerintah Rusia. Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan keinginan Indonesia untuk melirik tawaran kapal selam dari Rusia, bertujuan untuk meningkatkan keamanan Indonesia terutama di wilayah laut. “Saya juga sudah bicara dengan kedutaan Rusia, bahwa Komisi I tertarik dengan tawaran kapal selam mereka untuk kelas kilo. Itu kapal selam kelas kilo. Dalam waktu dekat akan kita kirim beberapa anggota untuk meninjau,” kata Mahfudz Siddiq kepada Gresnews.com di gedung parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Mahfudz menambahkan kapal selam jenis kelas kilo itu rencananya akan diminta untuk ditambahkan rudal jenis sea to air. Atau rudal yang dapat ditembakkan dari laut langsung ke udara. Sehingga dengan demikian kapal selam itu dapat meningkatkan tugas pengawasannya dalam mengamankan perairan nasional.

Kapal ini aslinya didesain memiliki kemampuan bertempur melawan kapal permukaan dan sesama kapal selam di perairan yang relatif dangkal. Rencananya DPR RI akan meninjau tiga kapal selam yang ditawarkan oleh pemerintah Rusia.

Kapal selam itu rencananya akan di tempatkan di beberapa titik sistem keamanan laut di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Rencana pembelian kapal selam Kilo sudah digagas sejak lama. Mengingat maraknya kejahatan yang terjadi di wilayah laut belakangan ini membuat DPR RI, mempercepat pembelian alutsista bagi TNI Angkatan Laut.

Rudal Klub S yang ditembabakn dari Kapal Selam Rusia

Rudal Klub S yang ditembabakn dari Kapal Selam Rusia

Selain kapal selam, pada bulan Juni mendatang armada laut TNI akan diperkuat dengan datangnya tiga kapal perang baru yang dibeli dari Inggris. Kapal itu rencananya juga akan digunakan untuk operasi-operasi laut TNI AL.

Sebagaimana diketahui, Indonesia baru-baru ini banyak menerima imigran gelap yang masuk melalui jalur laut. Peristiwa terbaru adalah masuknya imigran asal Timur Tengah pada 6 Februari 2014 lalu di Pantai Pangandaran Jawa Barat. Mereka masuk dengan menggunakan kapal kapsul warna oranye, yang difasilitasi oleh Australia. Terdamparnya para imigran gelap itu lantaran, pemerintah Australia menolak untuk menerima mereka.

Menyikapi hal ini, Mahfudz Siddiq mengatakan masuknya para imigran itu ke Indonesia dilatar belakangi karena tidak tegasnya sikap pemerintah Indonesia. “Berlanjutnya tindakan-tindakan Australia ini khususnya kaitan dengan imigran ini, itu karena Australia melihat sikap pemerintah Indonesia ini lembek dan tidak tegas. Sehingga mereka terus merangsek ke Indonesia dengan berbagai cara,” imbuhnya.

Mahfudz mengatakan seharusnya pemerintah mampu bersikap tegas terhadap pemerintah Australia. Dikatakan Mahfudz, Indonesia bukanlah negara yang tergabung dalam state party di mana Indonesia dapat memberi suaka pada imigran gelap. Pemerintah Australia seharusnya membicarakan masalah imigran gelap ini bila ingin menyelesaikan masalah.

Pembicaraan bukan hanya dengan negara-negara asal imigran, namun juga negara-negara yang menjadi transit termasuk Indonesia. “Kalau Australia ingin menyelesaikan soal imigran dan tidak ingin bermasalah dengan Indonesia ya declare saja bahwa Australia menjadi negara tertutup bagi para pencari suaka dan imigran. Jadi clear!” pungkas Ketua Komisi I DPR RI.

Mahfudz menambahkan pemerintah Indonesia juga harus tegas terkait dengan masalah imigran gelap. Menurutnya, bila tidak dapat diselesaikan secara bilateral, Pemerintah sebaiknya membawa kasus ini ke forum PBB. Indonesia memang menjadi negara strategis yang mudah dimasuki oleh para imigran gelap lantaran wilayahnya yang merupakan kepulauan dan sangat luas, sehingga menjadi potensi baru untuk dimasuki para imigran gelap. (M Sahid/ M A Riyadi/Gresnews.com).

  39 Responses to “Kapal Selam Kilo, Kebutuhan Mendesak Indonesia”

  1. KILO DAN AMUR PASANGAN SERASI.
    MANTAPPP…..2 KILO SILAHKAN MASUKKKKK

    • Dari 10…yang dipilih cuma 2…? atau ini cuma tahap awal saja? Terus terang…harapan saya….ke 10 Submarines itu diambil Semua…. walaupun bertahap…

      • @bung nabil
        sepertinya memang bertahap biar tdk terlalu mencolok mata melotot aushit n singaporn….
        atau paling tdk kombinasi kilo class dan amur….semoga

      • pada akhir 2013, dikatakan dana MEF 1 yang terpakai baru 40%. 2014 adalah tahun terakhir MEF 1 dan dana masih tersisa 60%

        dana MEF 1 adalah 150t IDR dan kontrak untuk menghabiskan anggaran katanya sudah dilakukan ketika kurs masih 9600-an IDR per 1 USD atau sekitar $15.6bn USD. artinya, dana MEF1 masih tersisa $9,3 milyar USD.

        Jika hanya diserap untuk 2 unit Killo -baru ataupun refurbished- masih ada dana sekitar $8,5bn USD yang tersisa. dialokasikan kemana saja? ini tahun terakhir lho 😉

        • Kilo-nya itu cuma reward-nya ..
          sisa $8,5 bn kebangetan kalo buat JF-17 😀

          Gue tebak2an z nih mengenai essensi HIBAH ini :
          1.Skema Hibah Murni :
          Bermaksud memberikan peralatan Inventory dgn nilai Null dlm bea penyusutan.
          kondisi apa adanya.
          2.Skema Hibah Bonus :
          Bermaksud memberikan Hadiah/Bonus/Reward atas Transaksi Volum relatif besar dgn sejumlah Inventory yg memiliki Nilai neraca minimum atau bahkan null dg kondisi apa adanya.
          catatan :
          Dari semua bentuk hibah, umumnya dilakukan Refurbish/Upgrade kelayakan terlebih dahulu dgn konsekuensi sejumlah biaya yg ditimbulkannya.

          # koreksi ya..

        • burem bung kalo masalah KS mah, serba ga jelas. bisa jadi yang resmi diumumkan cuman dua untuk konsumsi lembaga macam IHS Jane’s. tapi mengingat rencana Kogabwilhan alutsista apapun harusnya ditambah dalam jumlah signifikan

          jika ada 4 kogabwilhan saja, misal untuk 1 kogabwilhan 3 operasional 3 perawatan maka perlu 6×4 untit KS atau 24 kapal selam. minimal :mrgreen:

          karena dana terbatas maka untuk kuantitas akan diisi KS hibah atau beli refurbished. yang pasti akan signifikan dari sisi penambahan kuantitas

          • 3 saja bung yang 1 menyusul hehehe

          • se7 bung now@
            Klw menurut saya ,di akhir MEF2 nanti idealnya kita harus sdh punya 24 unit Ks, gk usah tggu thun 2024 atau akhir MEF3, mengingat ancaman dr tetangga kita di utara, selatan ,barat dan malah akhir2 ini tetngga kita di timur pun brani berulah.
            12 kilo( 10 refurbrished 2 new)
            5 amur class (new)
            3 changbogo(new)
            2 U-214 (new)
            2 buatan PT.PAL
            Dengan asumsi Cakra dan nanggala sdh masuk kandang ditahun 2020…..

          • bung @AI, saya rasa hibah akan diambil semua diluar berapapun jumlah rilis resmi. Kogabwilhan akan dijalankan tahun ini, kita butuh penambahan signifikan dalam hal kuantitas di semua matra, asap

    • klo dilihat markas bat 10 marinir di pulau sekotok sangat ideal jalur laut ada dan dalam “kilo”bisa lewat kolong jembatan disamping pertahanan alam daerah sekitar markas yg sedang dikebut pengerjaanya…..

  2. Mudah2an berjalan lancar amin.

  3. Teringat TOT submarine, tadi saya iseng ngobrol sama tamu di hotel, yang kebetulan berasal dari Rusia, tapi lama bertugas di Polandia. Dia bercerita panjang lebar tentang ihwal kapal selam Rusia dan Jerman. Ada yang menarik dari pengakuan seorang terpelajar Rusia tentang sejarah panjang perkapalan di negaranya. Dia mengungkapkan sebuah pakta yang mungkin terdengar ganjil di telinga kita. Nun jauh di Eropa sana, ada sebuah negara yang menjadi acuan bagi seluruh negara Eropa tentang teknologi rancang bangun kapal. Bukan Rusia, bukan Jerman, bukan Perancis, bukan Inggris dan bukan juga Belanda, tapi negara itu ialah Polandia, tempat dia bertugas untuk lebih dari 25 tahun untuk menjadi perantara kerjasama teknologi dengan Rusia. Kami dan negara-negara Eropa lainnya mungkin hanya lebih baik dalam bidang persenjataannya saja, sedangkan untuk kapalnya sendiri, Polandia masih number one, dengan begitu polos ia ungkapkan hal ini. Bahkan pernah suatu waktu dahulu, sebuah kapal selam Rusia, tenggelam hingga ke dasar laut, dan tidak bisa muncul kembali ke permukaan. Berbagai pertolongan telah mereka coba, bahkan kapal selam tercanggih milik US navy pun turut dilibatkan. Namun gagal, tak satupun kapal selam di muka bumi ini bisa menyelam di kedalaman palung yang lebih dari seribu meter. Akhirnya para ahli Rusia mengontak rekan mereka di Polandia, dan diantarkannyalah sebuah kapal selam milik angkatan laut Polandia. Luar biasa, kapal itu mampu menembus tekanan air laut yang semakin kuat hingga mampu menyentuh kapal selam Rusia yang tergeletak tak berdaya bak bangkai paus. Sayang, meskipun pertolongan telah mampu menyentuh objeknya, tapi semua crew kapal selam Rusia itu, semuanya sudah tidak bisa diselamatkan.
    Penyesalan besar menggelayuti seluruh lapisan masyarakat Rusia yang pada waktu itu baru saja menikmati kebebasan berkat program Glasnot and Perestroika yang diusung mantan presiden Uni Soviet terakhir, Mikhael Gorbachev. Mereka berusaha menutupi kehebatan sesungguhnya dari teknologi perkapalan yang mereka miliki, tapi akhirnya harus rela mengorbankan para kesatria terbaiknya ditelan keganasan palung.
    Berawal dari pengalaman itu, Rusia terus berusaha mengejar ketertinggalannya dari Polandia, hingga akhirnya mampu merelease Kilo Klass yang kita kenal sekarang.
    Bicara Polandia, saya teringat pada masa pemerintahan Megawati, ketika itu beliau banyak melakukan kunjungan ke negara2 Eropa Timur dan eks Uni Soviet, salah satunya adalah Polandia. Saya memang masih ingat tentang kerjasama perkapalan, tapi detail teknisnya saya lupa. Saya juga tidak tahu apakah naskah kerjasama itu berhasil direalisasikan atau tidak, wallahu’alam. Pada waktu yang sama, saya harus meninggalkan Indonesia.
    Kesimpulannya, jika Rusia aja yang sudah kita anggap maju masih menghormati Polandia sebagai guru mereka, kenapa kita tidak mencobanya juga? Siapa tahu nasib baik menyebelahi kita. Hehehe…! Namanya juga usaha…

    • Polandia juga tujuan kerjasama pertahanan pemerintahan sekarang bung @yayan, jika tidak salah SBY atau menhan pernah ke sana menjajagi kerjasama

    • Mungkin juga benar, tetapi kalau Polandia diganti dengan Swedia lebih pas. Negara di dunia yg punya tradisi kuat dan lama operasi kapal selam adalah Amrik, Jerman, Inggris dan Jepang. Rusia saja baru setelah PD 2 membangun tradisinya. Saya maksudkan kapal selam bukan kapal laut, karena semua negara yg punya pantai kebanyakan industri perkapalannya maju.

      TNI telah bilang butuh 12 ks, itu logis dan wajar sebagai jumlah minimum. Tetapi skenario yg baru menelorkan 2 daerah operasi yg berjauhan, di Utara dan Tenggara/ Selatan, jadi jumlah minimum mungkin jadi 18, dengan 1/3 operasi, 1/3 dalam perawatan, dan 1/3 dalam pelatihan.

      Dengan jumlah kapal yg besar kita sudah perlu juga kapal submarine rescue. Singapor punya, malahan kita sdh punya agreement utk keadaan darurat dapat memakainya, tetapi dengan situasi sekarang kita harus punya sendiri, nanti bisa malu dong.

      • Terima kasih bung Nowyoudont dan bung Antonov atas infonya. Gak sia-sia saya ikutan nongkrong disini, karena begitu banyak informasi yang tidak saya peroleh sebelumnya, justru bisa saya dapatkan sekarang. Saya pecinta dunia maritim, makanan pun cenderung lebih memilih seafood. Sebelum memutuskan untuk kembali bekerja di darat, awalnya saya bekerja di atas kapal, mengelilingi dunia, lima benua. Mungkin pengalaman visual saya lebih beragam dari anda, tapi dalam informasi, saya sangat jauh tertinggal. Terima kasih atas segala pengayaannya. Dunia ini akan terasa luas jika kita belum menjelajahinya, tetapi sesudah itu segalanya seperti menjadi mengkerut. Sedangkan kehadiran informasi, terasa bagaikan udara dalam sebuah balon yang mampu mengembangkannya, dan menjadikannya bukan saja kembali terasa luas, tapi juga kaya. Salam untuk semua,bung..! Selamat berakhir pekan..!

  4. Kalau ks kilo kebutuhan mendesak kenapa dr th 2007 nge release nya, skrg baru di katakan mendesak blas gk konsisten DPR terlalu lama waktu terbuang kalao sekedar untuk lihat2 mana yg bagus, dana habis di jalan2 saja tanpa dapet kilo,,

    Judulnya seharusnya di ganti “kapal selam kilo penggetar nusantara” lha itu si mbahurekso kilo udah slonong boy dr tahun kemaren keliling indonesia baru sekarang bilangnya akan beli…sbagai bukti.menhan malaysia,jepang,dubes rusia,bhkan soonotan sendiri sudah mengakuinya,kalau indonesia ada punya kilo 2,sodar kembar cakra dan nanggala, ausi sempat ngetes supaya keluar tapi gak ada respon dr simbahurekso selatan.

    • Saya pernah bertemu dengan seorang pejabat berpengaruh di TNI al… Setelah dipaksa, akhirnya bapak ini mau cerita soal misteri kapal selam 412… Mungkin saya tidak akan menceritakan semua, ini boleh percaya atau tidak.. Saat pembelian kapal selam whiskey dari rusia, negara kita dapet bonus untuk proyek kapal selam baru… Ini bukan untuk diberikan tapi untuk dipinjam termasuk pelatihan. Saat era pak harto, kapal selam ini akhirnya muncul, papa beruang merencanakan memberikan pelatihan, namun terkendala arah militer kita yg condong ke blok barat. Setelah soeharto tumbang, akhirnya kita diberikan pelatihan dan dipinjam ks-nya untuk menjaga kedaulatan kita, itu saat era presiden (?).. Untuk jumlah ad satu unit, mudah2an info ini bener… Bapak ini seorang pamen di institusi AL

  5. Saya berharap kapal selam yg akan dibeli, diantaranya ada yg telah menggunakan teknologi AIP.
    Atau memang kita sudah memiliki yaaa..?
    Tapi ada satu pertanyaan yg ingin saya lemparkan di forum ini, mengenai foto nomor 1.
    Diantara 2 personil yg terlihat, yg manakah yg bung satrio dan yg mana yg bung diego.? .. 🙂

    • walah ada aja bung ruskie

      Ngomong Kasel kalau gak ada hoaxnya ntu gak seru 😀
      Analisa Perkiraan ane KS Killo yang akan dioperasikan oleh kita yaitu versi non export, yaitu type 877 versi 4B
      unitnya yaitu
      1.Russia B-394 (ex Komsomolsk Tadjikistana) shipyard Komsomo?sk na Amure project 877 Commissioned 30 December 1988 status unknown (in reserve from 2007 or active)
      2.Russia B-459 (ex Vledikavkaz ) shipyard Nizhniy Novgorod project 877 Commissioned 30 September 1990 status unknown (in reserve from 2008 or active)

      Hal ini berarti, bahwa sebentar lagi Kilo Klas (Paltus klass) SSK akan menjelajahi Laut Nusantara, (walaupun banyak yang bilang sudah lama berenangnya ) menjaga integritasi Negara Kita.
      Kita memperoleh kapal yang bukan versi export, yaitu type 877 versi 4B, sebab kemampuam versi export (type 636 atau 877E) justru berada dibawah versi 877K.
      Kalau dua dipublis berarti ada yang lebih mengerikan untuk disimpan hehehehehe

      just IMHO

  6. Namanya juga alutsista apalagi kapal sel pasti ad sifatnya yg rahasia g mungkin dipublikasikan semua kan buat mengendalikan kawasan..itu kapal selam yg dipunlikasikan cuma dua lontong dan yg laen dan tg cangih masih di rahasiaakan jumlah dan tipenya..by putra sang fajar

  7. ya ampuuun…, hoaxnya bung elang sebelah nular juga kesini :mrgreen:

  8. S missile tawaran rusia gmana kabarnya.trimakasih infonya

  9. Selalu menjadi harapan kita semua jika usaha kita berhasil. memang ini butuh perjuangan dan kerja keras, termasuk belajar tentang apa saja yang memperkaya pengetahuan kita.

    http://goo.gl/yY8AP7

  10. Sejak Indonesia dan Rusia menandatangani perjanjian Kemitraan Strategis di tahun 2003, hubungan kerjasama antara kedua negara semakin erat, tidak terkecuali di bidang pertahanan.

    Moscow ? Menindaklanjuti kunjungan kerja KASAL RI ke Rusia tahun 2013 dalam upaya penjajakan peningkatan kerjasama pertahanan yang lebih erat antara Indonesia dan Rusia, delegasi TNI AL yang diketuai Assisten Perencanaan (Asrena) Kasal Laksda TNI, Ade Supandi telah mengadakan kunjungan kerja ke Rusia, 9-15 Februari 2014.

    Menurut keterangan Sekretaris I Pensosbud KBRI Moskow, Lailal K Yuniarti, dalam kunjungan tersebut Laksda Ade Supandi dan delegasi antara lain Mengunjungi Armada Utara Rusia di Polyarniy, Murmanks, Federasi Rusia pada (10-12/2/2014) diterima langsung oleh Rear Admiral Oleg Golubev.

    Dalam kunjungan tersebut, delegasi meninjau kapal selam Kilo Class yang diharapkan akan dapat memperkuat Alutsista TNI AL.

    ”Delegasi TNI AL berkesempatan melihat berbagai kapal selam, baik yang sudah maupun yang belum dimodernisasi. Pihak Rusia menyampaikan harapan agar kapal selam yang di tawarkan kepada pihak Indonesia dapat menjadi bagian dari kekuatan Alutsista TNI khususnya, TNI AL ”, ujar Yuniarti.

    Selama di Rusia, Asrena KASAL Laksda Ade Supandi dan delegasi juga telah melakukan pertemuan dengan Dubes RI Moskow, Djauhari Oratmangun, guna membicarakan kerjasama Indonesia – Rusia di bidang militer di masa yang akan datang.

    Mengapa Rusia Jadi Mitra?

    Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia perlu memiliki Angkatan Laut yang kuat. Dalam hal ini, sebagai negara dengan tingkat penguasaan teknologi yang tinggi, Rusia adalah mitra yang ideal. Selain itu, Rusia tidak menetapkan prakondisi politik apapun untuk penjualan senjata.

    Hubungan kerjasama militer kedua negara tidak terbatas pada jual-beli persenjataan. Kedua negara juga melakukan latihan bersama mengatasi pembajakan laut.

    Sebagai catatan, sejak Indonesia dan Rusia menandatangani perjanjian Kemitraan Strategis di tahun 2003, hubungan kerjasama antara kedua negara semakin erat, tidak terkecuali di bidang pertahanan. Indonesia dan Uni Soviet pernah memiliki hubungan yang sangat dekat setelah keduanya mulai menjalin hubungan diplomatik di tahun 1950. Pada waktu itu, Indonesia banyak membeli persenjataan dari Uni Soviet. Berkat dukungan militer tersebut, Angkatan Laut Indonesia menjadi yang kedua terkuat di Asia setelah RRT.

    Walau demikian, hubungan erat tersebut tidak berlangsung lama. Akibat perubahan peta politik di Tanah Air, hubungan tersebut sempat membeku dan hanya mulai membaik di awal 2000-an ketika RI dan Federasi Rusia sebagai successor state Uni Soviet kembali memperkuat hubungan dengan Indonesia, demikian Yuniarti melaporkan kepada PelitaOnline.com.
    *******

    Ternyata tim sdh ada yg berangkat, spt yg diinformasikan di t*pix

  11. Belajar dari penghancuran Palestina oleh Israel dan perlawanan hamas, perlu pertimbangan ulang keampuhan kapal selam dalam menghadapi agresi Amerika, Australia ataupun Jepang dimasa yad. Penghancuran Israel dilakukan lewat udara dan rudal darat kedarat dan sangat efektif. Korban dipihak Israel banyak akibat mereka masuk lewat darat dengan meriam.
    Jadi, lebih baik membangun pertahanan lewat peningkatan daya jelajah rudal. Pasang base di Papua untuk melawan Australia di Timur, Bikin di Pontianak untuk menghancurkan antek Amerika di barat, bangun di Morotai untuk melawan agresi Amerika dari Filipina dan Jepang. Kita harus beajar dan punya daya gentar seperti Korea utara. Jangan pernah percara Amerika,Australia, Inggris dan anggota Nato lainnya.
    Bangsa kita harus punya banyak tempat penimbunan rudal berbagai ragam jarak jelajah.Israel saja kehabisan, sehingga harus dibantu oleh Obama. Bangsa ini harus fokus buat sebanyak mungkin rudal untuk melawan agresi Amerika dan konco2nya.bukan kapal selam,bukan pula tank. Negara kita negara kepulauan.Musuh datang menyerang lewat laut dan udara !!!.

  12. wah, bisa pinjam untuk beli alutsista ?

  13. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis? pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Aku Mr Marris, pemberi pinjaman, pinjaman untuk bisnis dan individu dalam tingkat bunga rendah dan terjangkau suku bunga 2%. jika Tertarik? Hubungi kami hari ini di (marrisjames12@gmail.com) dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini

  14. Pion Pion sudah mulai diumbar total ke publik.. tentu krn sang ratu tlh mulai bertugas.

    Strategi menghindari insiden Arm Race.

  15. HAI JOY….. DAKU BUTUH DANA CASH SEKIAN TRILYUN BUAT UPGRADE MIG29 MALINGSIAL, BIAR SETARA SAMA UFO FIGHTER !!…. 😆

  16. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak dengan bunga 3% kembali kepada kami di email (davidmarkloanfirms@gmail.com) untuk lebih jelasnya.

    Terima kasih

  17. Aku sudah diprogram dan blanked kartu ATM saya untuk
    menarik maksimum sebesar $ 50.000 setiap hari untuk maksimal 20
    hari. Saya sangat senang tentang hal ini karena saya punya tambang minggu lalu
    dan saya telah menggunakannya untuk mendapatkan $ 100.000. mark MR wesley adalah memberikan kartu hanya untuk membantu orang miskin dan membutuhkan meskipun itu adalah ilegal tetapi
    adalah sesuatu yang baik dan dia tidak seperti berpura-pura penipuan lainnya
    untuk memiliki kartu ATM kosong. Dan tidak ada satu tertangkap saat
    menggunakan kartu. mendapatkan Anda dari dia. Hanya mengirimkan email
    pada wesleymarkhackers@gmail.com

 Leave a Reply