Agu 142014
 
Kapal selam Kilo 636 "Ho Chi Minh", Vietnam

Kapal selam Kilo 636 “Ho Chi Minh”, Vietnam

Kapal selam diesel-listrik ketiga, Kilo Project 636, yang dibangun di St Petersburg Admiralty Shipyards Rusia, untuk Angkatan Laut Vietnam akan diserahkan pada akhir 2014 di Pangkalan Angkatan Laut Vietnam di Cam Ranh Bay, ujar Interfax-Militer News Agency, mengutip seorang sumber dari industri galangan kapal Rusia.

“Saat ini, seri ekspor kapal selam ketiga sudah dirilis ke laut, untuk praktik pelatihan anak buah kapal. Latihan ini, tahap kedua dari bagian latihan laut. Pelatihan pertama telah sukses diselesaikan pada 1 hingga 20 Juli 2014 di wilayah pulau Hogland. Selama tahap pertama pelatihan, kapal selam disimpan terendam selama 57 jam”, ujar pihak produsen kapal.

Menurut dia, kapal akan kembali ke pabrik 20 Agustus dan setelah 10 hari kemudian akan dilepas lagi ke laut. “Pada bulan November, kapal selam akan ditransfer ke pelanggan,” ujarnya.

Adapun kapal selam keempat baru-baru ini masuk ke pabrik untuk ujicoba laut. Sementara kapal selam kelima dan keenam masih dalam rencana pembangunan. “Peluncuran kapal seri keenam dijadwalkan September tahun depan,”- ujar produsen kapal.

Seri pertama dan kedua dari kapal selam Vietnam HQ-182 “Hanoi” dan HQ-183 “Ho Chi Minh” telah menjadi bagian dari Brigade Pasukan kapal selam 189, Angkatan Laut Brigade, pada April 2013. Pengiriman ke Kamran dilakukan oleh LASH Belanda. Kontrak Vietnam untuk pasokan enam kapal selam Kilo 636 ditandatangani pada tahun 2009 saat kunjungan Perdana Menteri Nguyen Tan Dung ke Moskow. Selain pembangunan kapal selam kontrak juga meliputi pelatihan awak Vietnam, serta penyediaan peralatan yang diperlukan dan peralatan teknis.

Bagikan:

  271 Responses to “Kapal Selam Kilo Ketiga, Siap Kirim”

  1.  

    Test..

  2.  

    2

  3.  

    Siji tenan..tibakke,..

  4.  

    Mantap, semoga ada titipan kita jg..

    salam NKRI

  5.  

    Bedanya kalau Vietnam 3 KS Kilo penampakannya jelas..kalau Kilo kita 2 penampakannya goib..:)

  6.  

    nderek nyimak rumiyin…

  7.  

    Wuaaah makin gahar ni vietnam…

  8.  

    yang lebih gahar lagi ada ngga bung PS?

  9.  

    sembilan…

  10.  

    Vietnam sangatlah cerdas dan peka terhadap situasi dan perkembangan yang terjadi di laut china selatan, sudah tidak menentu suasana di laut china selatan. Ancaman armada laut PLAN sangatlah masif dan nyata.
    Vietnam memang sangat cerdas dan tidak bertele tele, langsung 6 Kilo mereka datangkan, belum lagi rudal S 300 , benar benar negeri yang jeli dan cerdas.

    Vietnam dalam kondisi apapun dan sekuat apapun dalam beberapa dekade mendatang tetap tidak akan bisa mengalahkan PLA, mungkin vietnam hanya sedikit bisa melukai saja, agar china tidak sampai maju ke daratan mereka jikalau sudah pecah perang mandala laut china selatan.

    Kekuatan china yang Maha Dahsyat itu tidak akan bisa dibendung oleh kekuatan apapun juga. Yakin mbah berani bertaruh tidak ada yang sanggup dan bernyali untuk menengahi konflik laut china selatan.

    Siapa yang berani menengahi konflik laut china selatan ? Siapa ? Hah ? Siapa ? kayak sudah kuat saja mau menjadi penengah di laut china selatan.

    Ngomong sih gampang……., sudah punya kapal induk berapa mau jadi penengah di Laut china selatan ?

  11.  

    wah bung ps ol nih. hehehe
    dulu yang di omongin sama bung satrio beneran ya bung tentang nama2 ks sampe 12. hehehe
    dan itu kayaknya dulu kalo yang sekarang minta 1 ajah nama yang baru, boleh ngga bung ps

  12.  

    ada hubungan engga sama nick name di sini bung ps. ceria mode on (S aqua drone)

  13.  

    minum obat Bung, kalo masuk angin :mrgreen:

  14.  

    1 lagi korban neh….

  15.  

    mungkin benar KS kita lebih dari 2. waktu SD ortuku ngobrol sering temannya dikirim ke rusia selama 3 bln untuk ambil kapal.

  16.  

    misteri nih punggawa laut Nusantara:S,,,
    berapa sbnernya Indonesia punya lontong siluman?…
    moga bisa memenuhi kebutuhan laut Indonesia yg begitu luas…
    demi kedaulatan Bangsa Indonesia…
    salam JKR…:)

  17.  

    Sereeeeeeeeeeeeemm…..makin lama Vietcong makin Gahar saja alutsistanya….jangan2 dari 6 KS Kilo itu Indonesia ada 3 didalamnya, nitip nama Vietnam aja biar lebih alus maennya….hehehe

    •  

      ndak ada KS kita yang nitip datang atau disimpan di Vietnam Bung, kalo di Muara iya ada :mrgreen:

      •  

        apa yang masuk penitipan di markas vietkong itu buat pelampung – pelampung aja ya bung PS.? Gepard misalnya…clue dari bung Nara kemarin Vietkong jadi parameter mainan apa yg sdh/akan dibeli Garuda…begitukah bung.?

        •  

          Maksud Bung Nar adalah apa yang dibeli Vietnam, kita juga punya Bung hehehe…. :mrgreen:

          •  

            wah kalo ini juga bocor gede bung PS…si Vietkong beli (sdh datang) Gepard class, malah membuatnya di dalam negeri (Proyek Molniya)…ini berarti apa Garuda…? Lha terus punya Garuda ada dimana Gepard-nya bung PS.?

          •  

            makin aman deh bekerja nih

          •  

            bung ps mau tanya nih,apa pengaruhnya embargo pbb terhadap rusia,apakah pembelian alutsista yg akan diambil lgi seperti su 35 dan ks semur bakal ditangguhkan atau ttp diteruskan,sesuai dari artikel bung yayan kyknya paman sam mulai mencurigai deal rahasia garuda dg uncle bear bung ps,apakah ada lngkah mereka yg menghalangi kita mengakuisisi alutsista uncle bear bung

          •  

            PBB ndak embargo Bung, yang mengembargo Uni Eropa, tapi bisa dilihat Uni Eropa tersebut ketergantungannya juga sangat tinggi kepada Rusia terutama pasokan gas nya. makanya mari kita lihat siapa yang kuat untuk bertahan hehehe… masalah alutsista secara intelejen negara-negara disekitar kita sebetulnya tau kok bung hanya tidak mendetail alias masih meraba-raba, seperti hal nya kita tau kekuatan militer mereka hanya juga tidak semendetail. untuk pengadaan alutsista mudah-mudahan ditangan pemerintahan baru ini terus berjalan sesuai dengan ketatapan yang telah dibuat Pemerintahan sebelumnya, walau ada sebetulnya skenario dari pihak-pihak tersebut yang memang ingin melemahkan kita dan saat ini skenario tersebut sedang berjalan dan hal ini sebelumnya telah diprediksi dari jauh hari kok Bung dan telah kita siapkan pula kontra skenarionya hehehe…. so wait dan kita lihat seperti apa pemerintahan baru kedepan, yang jelas perkuat persatuan dan kesatuan :mrgreen:

          •  

            @ Pak PS : jadi udah fix nih pemerintahan selanjutnya si entu??? semoga aja bisa mengikuti jejak Pak SBY di masa awal menjabat sbg Presiden dulu (positif thinking)…

  18.  

    …request ke Bung PS…..akankah di bulan ini Bung PS posting artikel terbaru….biar tambah mancep landep nasionalisme warga warjager….maturnuwun Bung PS.

    •  

      nanti kalau sudah resmi masuk jajaran kita, Insya Allah saya buatin artikelnya hehehe… :mrgreen:

      •  

        bung @ps , ks dan alutsista yag lain(yg sudah/akan datang) kan hasil dari pem SBY, apakah sebelum SBY lengser keprabon akan dibuka ke publik?untuk menunjukkan bahwa MEF(dan juga preemptive strike) bukan omong kosong belaka?? salam n slmt bertugas bung PS.

        •  

          hal itu tergantung dari kebijakan Panglima Bung hehehe… :mrgreen:

          •  

            “Tidak bisa (KPK periksa TNI). Ada sesuatu yang tidak bisa dibuka, seperti belanja senjata karena memiliki standar rahasia,” kata Jenderal Moeldoko di Mabes TNI, Senin 11 Agustus 2014.
            KPK aja nggak bs buka, apalagi publik, tapi ane percaya aja dgn big boss yg satu ini.

          •  

            nanti kalau bung ps dah jadi panglima baru yg goib2 sebagian diperlihatkan

        •  

          kalo nurut saya sih…. yang ghoib ghoib bakalan kagak diungkap ke publik lah bung, melihat sejarah kita banyak barang ghoibnya yang terungkap setelah 30 tahun hehehehehe…… karena memang doktrin militer kita sudah seperti itu adanya. Nikmati saja sajian hidangannya di JKGR, lebih mantap, ngeri ngeri sedap dan selalu ditunggu kelanjutannya serta bikin ketagihan hehehehehehe…..

          •  

            lebih baik jangan dibuka dulu, tunggu 2024 aja sesuai mef habis hehehe

          •  

            hehehehehehe…. kalaupun dibuka, paling banter entar kalo dah mo di grounded ato dah mo ada penggantian lage hehehehe….. itu juga paling cepet sekitar 20 tahun bung 🙂

  19.  

    Semoga dalam renstra ke 2 nanti indonesia dapat menambah alutsista TNI AL DAN AU yang dahsyat.
    2 destroyer, 3 kapal selam amur class + kapal selam buatan PT. pal, 3 kapal PKR, 10 KCR, upgrade kapal perang indonesia yang masih layak dgunakan dalm jangka waktu 10 tahun ke depan, memanfaatkan pulau” kecil indinesia sebagai tempat penempatan rudal made in indonesia.
    Pesawat tempur Su 35 BM (2 skuadron), F16 block 60 ( 1 skuadron ), penambahan pesawat tempur latih (2 skuadron), rudal jarak jauh menengah dan dekat.

    •  

      Rugi bung kalo elang botak nambah lagi. Sekali kita perang sama musang pasti bobo di hanggar mending jiten series yang oplosan (mig campur mirage) tapi mesin saturn plus spectra aktip kanselasion. Udah murah, logistiknya juga ngga ribet ribet amat. Sambil nunggu ifx terbang. IMHO

  20.  

    Salam kenal bung @PS.. salam hangat & minal aidzin wal faidzin . Sy hakkul yakin klo qt pny lbh dr 2 KS, .
    Mau nanya ni bung, sbnerny jumlh KS goib qt tu ada brpa ce bung… N knpa kq tdr dpublis?… Pdhl vietnam ja dipublis n gk ada yg sewot.. mkasih bung, maaf hny orang awam.

  21.  

    Makasih Bung artikelnya. Pengin nih kyk tetangga, beli-beli dan brandnew, tetapi second ndak masalah kan SDM kita ahli oprek(?). Met Idul Fitri mohon maaf lahir batin. Moga sehat2 semua. Salam NKRI

  22.  

    Salam hangat kembali Bung Pietrux, jumlah KS kita cukup kok Bung untuk melindungi NKRI dan akan terus ditambah jumlahnya, Pengadaan Alutsista TNI itu sesuai dengan doktrin dan kebijakan kita memang ada yang tertutup dan dibuka untuk publik/masyarakat. ada banyak alasan untuk alutsista strategis kita tertutup pengadaannya bgai masyarakat :mrgreen:

  23.  

    ibu lava 🙂 amiin

  24.  

    entah mengapa,,,setiap bung@PS muncul hatiku langsung berbunga bunga hehehe

  25.  

    rong puloh

  26.  

    bung@Bonex,,,xixixixi kehadiran seleb bawah laut selalu bikin tenang gelombang laut JKGR

  27.  

    Sakitnya tuh disini .

  28.  

    alhamdulillah..akhirnya salamku dijawab jg mbah..ternyata saudara seakidah mbah…

  29.  

    Ijin nyimak

  30.  

    Antara mimpi dan kenyataan,..moga2 terwujud,…KRI alugoro dst…..

  31.  

    yeee… ternyata punya vietnam tho… kirain punya kita…. 😀

  32.  

    emang ada tentara yg ngelist senjatanya…hadeuh…g ada gunanya dinas intelijen kalo gitu…ha7x…jangan nyerang Indonesia loe..krn kami punya senjata sbg berikut list terlampir…

  33.  

    pis bung dian jangan sutris sutris ya 😀

  34.  

    Kapal selam kelima dan keenam msh dalam rencana pembangunan. Seri yg keenam rencananya diluncurkan September tahun depan…bikin kapal selam 2000 ton cuma setahun lebih dikit?…Hebat banget ya…

  35.  

    Kapal Perang kita yg dr Ukraina. . . Gm kbr nya ya. . . ?

  36.  

    Kalo midget kita gmn kabarnya?

    •  

      sedikit info ya Bung, Secara teknis dan manajemen administratif projek, konsep pembangunan midget di dalam negeri sebetulnya telah diuji dari pertengahan tahun 1990an dulu, yaitu oleh dua orang Perwira Tinggi TNI. AL (yang sekaligus juga mantan KSAL), yaitu Bpk. Laksamana M.Arifin dan Bpk. Laksamana Arief Kushariadi. secara teknis konstruksi bangunan kapal, midget kita ini telah memperoleh dukungan perhitungan analisa numeric, production drawing dll dari LHI (Laboratorium Hidrodinamika Indonesia) BPPH/BPPT, maupun dari NASDEC (National Ship Design Centre) Departemen Perindustrian, dan juga komponen komponen “technical heavy” dari Angkatan Laut ( DISLITBANGAL, STTAL, DISHIDROSAL dll). ditengah jalan sempat terkendala karena anggaran dana dari pemerintah saat itu untuk riset memang sangat kecil, tapi seiringnya masa pemerintahan berganti sejak tahun 2007 Midget kita terus dikebut riset dan pembuatannya kok Bung :mrgreen:

  37.  

    terima kasih bung PS atas pencerahannya,Met Idul Fitri mohon maaf lahir batin. Salam buat anda dan keluarga

  38.  

    Hahaha… Minum obat dulu bung dia 😀

  39.  

    senangnya, jkgr kembali seperti dulu…
    kemaren2 capek banget bacanya…bahas politik & agama mulu… 🙁

  40.  

    Duduk manis sambil menyimak pencerahan dan rembesan dari Bung@PS, Bung@Ngurah Rai dan sesepuh lainnya, INDONESIA menuju NEGARA MARITIM yg hebat dan disegani mulai terlihat didepan mata. makin mendekati HUT TNI 5 Oktober di Ujung, semoga tidak hanya rembesan tapi bocoran2 atau malah grojogan2.

  41.  

    @ps, bulan depan bikin tuh ulasan tentang Su-34 yg katanya tua-tua penunggu jkgr ini dateng… Capcuz ya.

  42.  

    apa ngga terlalu beresiko alutsista strategis dan rahasia dibabar dimari sementara publik secara umum mengetahui apa yg diberitakan oleh puspen TNI, tapi di JKGR semua list kategori TOP secret dibocorkan secara halus maupun bocor2an..?? mohon pencerahannya Bung PS, PW, Diego, Satrio dan para warjager yg lain..

    •  

      Ndak semua dibocorkan disini kok Bung, lagipula hanya berupa clue saja itu pun masih banyak yang tidak percaya hehehe…. lagipula kalo Bung bisa menganalisa pihak Puspen TNI sendiri juga pernah memberikan clue-clue tersebut di media massa nasional macam Cakra yang menembakkan Yakhont, KS Kilo jerman, KS 209 tapi yang diterangkan malah KS 206 dan masih banyak lagi hehehe…. intinya clue yang diberikan disini hanya kulit luarnya saja, mengenai jumlah, deploy dan lain-lain tetap rahasia kok Bung :mrgreen:

      •  

        saya sering menyambung2 kan artikel dari semua info militer dari berbagai sumber dan menelaah berbagai pemberitaan yg resmi dikeluarkan PUSPEN TNI yg dibuat seolah salah sebut ( walau nyatanya benar ).. dari sambungan clue2 tersebut membuat bangga sekaligus khawatir mengenai pemberitaan atw pembocoran alutsista strategis yg dimiliki TNI, saya yg hanya marketing perlengkapan bayi saja mampu merangakai clue2 tersebut walau blm sempurna, apalagi intelejen negara lain?? hal ini sudah dipikirkan kan pak sebelum dibocorkan di forum ini..

        •  

          hehehe… sudah kok Bung, jangan salah ya Bung, mengenai jenis negara tetangga sebetulnya sudah pada tau kok hanya tidak detail sekali, makanya Bung bisa lihat dari pemberitaan mereka sibuknya kayak apa untuk menyiapkan anti dot nya hehehe… :mrgreen:

      •  

        Itu dia bung PS wkt itu sempet jd rame kok KS sepuh Cakra kita kok bs nembak Yakhont jangan2..jangan2..he3 sampe2 PM tetangga sebelah yg td nya jumawa pny KS baru Prancis tp ga bs ‘nyelem’ jd ga jumawa lg sm KS barunya..:)

  43.  

    2014 datang 6 KS

  44.  

    Walo sedikit agak telat tapi msih d bulan Syawal, Minal aidzin walfaidzin Bung PS, smoga anda sehat selalu dalam bertugas…boleh nanya gak bung, lontong kita apakah ada yg bobot bibit bebetnya d atas 7000 t ?

  45.  

    Bung PS , ini teman2 Warjag semua pengin clue tebak buah manggis soal KS?

    Ini saya kasih artikel berbahasa Rusia ” 3M-54E Club-S (SS-N-27B) – ……………”

    http://www.arms-expo.ru/news/archive/3m-54e-club-s-ss-n-27b—rossiyskaya-sekretnaya-protivokorabel-naya-raketa-oblomki-kotoroy-vylovili-kitayskie-moryaki09-08-2013-14-40-00/



    nah disitu ada pelaut china menemukan bangkai rudal 3M-54E Club-S (SS-N-27B), nah kemudian dari media tsb timbul pertanyaan kapal selam siapakah yg menguji coba rudal tsb ???

    Ada dua kemungkinan yaitu kapal selam milik angkatan laut India atau kapal selam milik angkatan laut Indonesia.

    Sekali kali kasih saya kasih clue deh, wlo saya tetap pegang publis resmi he he he …….
    Silahkan Bung PS di babar, monggo…………………..

  46.  

    kalo ngomongin lontong komengnya pasti rame, apalagi ada ndan PS makin ramee..
    monggo ndan NR, ndan Sarkem bikin tambah rameee..

  47.  

    bagi ane biarlah menjadi misteri dan tetap ghoib keberadaab KS-KS kita heheheh

  48.  

    Commandante PS!?…Tengki CB mana???…brum..brum…

  49.  

    APA SALAHNYA ?

    1. apa salahnya kalau meniru vietnam membeli kapal selam kilo 12 biji ? apa salahnya dan apa susahnya ?

    2. musuh sudah di depan gerbang masih saja riset ini itu yang belum tentu hasilnya. langsung borong 100 su 27,30 dan 35 campuran,

    3. Untuk armada laut. Sudahlah mbah saranin jangan buat corvet lagi, buat apa ? patroli nangkap pencuri ikan di natuna ? yakin berani ? PLAN akan datang beserta fregate kalau berani menangkap nelayan cina di natuna.

  50.  

    telat ikut tapi tetep nyimak. salam untuk bung PS.

  51.  

    terkadang saya setuju dengan Mbah BOWO..
    semoga dia bukan seorang dukun.

  52.  

    Hey jejaka tingkir kamu siapa? jangan komentar ngawur !! kalau komentar jangan ngawur Hee Jejaka Tingkir !!!! Awas kau !!

  53.  

    Jejaka tingkir awass kauu!!! tunggu pembalasanku !! Hai kau jejaka tingkir !!

  54.  

    Haduuh. . .
    Coment susahnya minta ampun. .
    Reply gk bisa. .
    Jd gk bisa nimbrung diskus. . .
    Hp. . . Hp.. . .
    Gak kuat ganti. .
    Sedih aku. .

  55.  

    Yaelah…mbah bowo bakar menyan mulu..

  56.  

    Salam kenal bung @PS, sekalian Minal Aidhin wal faidzin juga bung hehe. Izin nanya bung. Apa Hantu laut strategis kita waktu ulang tahun TNI di koarmatim juga ikut merayakan
    sambil ngintip ngintip. Hehehe. #NKRI harga mati !!!!

  57.  

    Ndan PS, cm mau nanaya KRI Alugoro cs seperti yg anda sebutkan ditempatkan di pangkalan mana ya? salam kenal terima kasih 😀

    •  

      @mas sidokare
      Spt nya pak PS akan menjawab with his big smile 😀 like usual kalo ditanya dimana kandang nya… (ane berharap sih ada artikel kandang hantu laut yg ada gambar nya..krn ane sangat penasaran spt apa bentuk kandang nya??) hihihi
      Nuhun…

  58.  

    Minal Aidhin Wal Faidzin, Ndan PS mau tanya apa bener kita punya ks lebih dari 20 biji.

  59.  

    bung NR di benoa kaprang yg ad jenis ap az maaf oot

  60.  

    Bung PS, mengenai kapal tender apa gak ada tambahan yang baru??

  61.  

    Jangan kita ukur kekuatan TNI dengan PLA pada saat sekarang ini.
    Yg harus diliat kekuatan Asean Vietnam,Thailand,Philiphine,Singapore,Malaysia+++USA=NATO,Austalia,Jepang,Korsel,Taiwan.
    PLA tidak ada artinya…perang konvisional pun masih bisa ditangkal bila mau mengobarkan perang di kawasan LCS walaupun sudah membelai gadis molek(Indonesia dengan buaian yg manis,asem,kecut harus dirasakan juga).

    Kita disegani PLA hanya kepada Pasukan TNI yg hanya terlatih, kalau perang Modern Belum saatnya..kalau diliat dari Latgab 2014 kemaren masih banyak agenda Alutsista Modern yg harus didatangkan bila perlu adakah Petinggi kita yg berani membeli KSN dari rusky…? hanya untuk meyeimbangkan kawasan walaupun harga yg harus dibayar mahal sekali…?

  62.  

    meskipun demikian ada lho tni etnis cina

  63.  

    vietnam terang terangan beli ks kilo……….la.kita……….. gelap gulita tanpa cahaya.

  64.  

    Ganti Menteri…………….!!!!!!
    Ganti Menteri…………….!!!!!!
    Ganti Menteri…………….!!!!!!

 Leave a Reply