Kapal Selam Kilo Ketiga, Siap Kirim

271
166
Kapal selam Kilo 636 "Ho Chi Minh", Vietnam
Kapal selam Kilo 636 “Ho Chi Minh”, Vietnam

Kapal selam diesel-listrik ketiga, Kilo Project 636, yang dibangun di St Petersburg Admiralty Shipyards Rusia, untuk Angkatan Laut Vietnam akan diserahkan pada akhir 2014 di Pangkalan Angkatan Laut Vietnam di Cam Ranh Bay, ujar Interfax-Militer News Agency, mengutip seorang sumber dari industri galangan kapal Rusia.

“Saat ini, seri ekspor kapal selam ketiga sudah dirilis ke laut, untuk praktik pelatihan anak buah kapal. Latihan ini, tahap kedua dari bagian latihan laut. Pelatihan pertama telah sukses diselesaikan pada 1 hingga 20 Juli 2014 di wilayah pulau Hogland. Selama tahap pertama pelatihan, kapal selam disimpan terendam selama 57 jam”, ujar pihak produsen kapal.

Menurut dia, kapal akan kembali ke pabrik 20 Agustus dan setelah 10 hari kemudian akan dilepas lagi ke laut. “Pada bulan November, kapal selam akan ditransfer ke pelanggan,” ujarnya.

Adapun kapal selam keempat baru-baru ini masuk ke pabrik untuk ujicoba laut. Sementara kapal selam kelima dan keenam masih dalam rencana pembangunan. “Peluncuran kapal seri keenam dijadwalkan September tahun depan,”- ujar produsen kapal.

Seri pertama dan kedua dari kapal selam Vietnam HQ-182 “Hanoi” dan HQ-183 “Ho Chi Minh” telah menjadi bagian dari Brigade Pasukan kapal selam 189, Angkatan Laut Brigade, pada April 2013. Pengiriman ke Kamran dilakukan oleh LASH Belanda. Kontrak Vietnam untuk pasokan enam kapal selam Kilo 636 ditandatangani pada tahun 2009 saat kunjungan Perdana Menteri Nguyen Tan Dung ke Moskow. Selain pembangunan kapal selam kontrak juga meliputi pelatihan awak Vietnam, serta penyediaan peralatan yang diperlukan dan peralatan teknis.

271 KOMENTAR

  1. APA SALAHNYA ?

    1. apa salahnya kalau meniru vietnam membeli kapal selam kilo 12 biji ? apa salahnya dan apa susahnya ?

    2. musuh sudah di depan gerbang masih saja riset ini itu yang belum tentu hasilnya. langsung borong 100 su 27,30 dan 35 campuran,

    3. Untuk armada laut. Sudahlah mbah saranin jangan buat corvet lagi, buat apa ? patroli nangkap pencuri ikan di natuna ? yakin berani ? PLAN akan datang beserta fregate kalau berani menangkap nelayan cina di natuna.

    • @mas sidokare
      Spt nya pak PS akan menjawab with his big smile 😀 like usual kalo ditanya dimana kandang nya… (ane berharap sih ada artikel kandang hantu laut yg ada gambar nya..krn ane sangat penasaran spt apa bentuk kandang nya??) hihihi
      Nuhun…

  2. Jangan kita ukur kekuatan TNI dengan PLA pada saat sekarang ini.
    Yg harus diliat kekuatan Asean Vietnam,Thailand,Philiphine,Singapore,Malaysia+++USA=NATO,Austalia,Jepang,Korsel,Taiwan.
    PLA tidak ada artinya…perang konvisional pun masih bisa ditangkal bila mau mengobarkan perang di kawasan LCS walaupun sudah membelai gadis molek(Indonesia dengan buaian yg manis,asem,kecut harus dirasakan juga).

    Kita disegani PLA hanya kepada Pasukan TNI yg hanya terlatih, kalau perang Modern Belum saatnya..kalau diliat dari Latgab 2014 kemaren masih banyak agenda Alutsista Modern yg harus didatangkan bila perlu adakah Petinggi kita yg berani membeli KSN dari rusky…? hanya untuk meyeimbangkan kawasan walaupun harga yg harus dibayar mahal sekali…?