Jul 292017
 

Siapa tidak tahu kehebatan kapal selam Kilo buatan Rusia. Terkenal kuat dan tangguh, dengan lempengan baja tebal dan lambung rangkap dua menjadikan Kilo mampu menyelam dilaut dalam dengan arus laut yang kuat. Kilo juga terkenal senyap dengan rancangan lambung streamline yang membuatnya mampu dipacu hingga kecepatan 20 knot saat dikedalaman.

Kilo mampu melakukan beragam misi dan peperangan, seperti misi anti kapal selam, anti kapal permukan dan misi serangan darat. Kilo juga dilengkapi rudal anti pesawat untuk pertahanan dari serangan pesawat tempur ataupun helikopter anti kapal selam. Pada varian Improved Kilo milik Angkatan Laut Rusia, Kilo juga dilengkapi rudal anti kapal Klub-S dan rudal jelajah Kalibr.

Namun satu kelemahan Kilo, karena belum dilengkapi dengan sistem propulsi udara independen, Kilo harus sering muncul ke permukaan atau mode kedalaman periskop dan menyalakan mesin dieselnya yang panas dan berasap.

Penyalaan mesin diesel dipergunakan untuk mengisi daya penyimpanan baterai-baterai elektrik yang nantinya akan digunakan untuk menyalakan mesin listrik dan cadangan oksigen.

Hal ini menjadikan kapal selam Kilo sangat mudah terdeteksi oleh musuh-musuhnya. Pengisian tenaga baterai dengan muncul ke permukaan sangat berisiko tinggi. Radar-radar deteksi permukaan yang dimiliki kapal perang atau pesawat pengintai maritim musuh akan mudah melacak keberadaan kapal selam Kilo.

Hal ini pernah terjadi pada era Perang Dingin, sebagian besar kapal selam Uni Soviet banyak yang terdeteksi lokasinya oleh pesawat pengintai dan kapal perang NATO saat snorkeling atau menyalakan mesin dieselnya.

Bagikan:

  28 Responses to “Kapal Selam Kilo Memang Ganas, Hanya Sayang……”

  1.  

    fansboy asu mesti pada nyinyir..
    katanya kapselam Asu paling hebat..wkekwkwkk…hebat difilm2

  2.  

    Bersyukur Indonesia cuman punya 2 doang.. Sisanya amur kan? Hehe

  3.  

    Ngerti aje Bang …….

    hahahaha Kaborrrrrr

    Edisi : baru nongol bingung loginnyaa

  4.  

    itu bukan asap mesin diesel euy …
    itu tanda awak kasel lagi masak, goreng ikan asin !!!

  5.  

    Hanya Sayang kita gx Beli

  6.  

    Skrg ad drone pembnuh kpl selam, drone konvensional akn tergeruz zaman.

  7.  

    gpp, yg penting berefek gentar dl masalah asap ga jd masalah, kan yg dipake perang nti bkn hanya kilo, msh ada cbg, gotland dan golcuk shipyard made in turki…xixi, kilo mah utk nakut2ti doang..

  8.  

    Asu masa blum di lengkapi AIP yg bener min.

  9.  

    berarti tdk senyap dong, katanya kilo paling senyap?

  10.  

    Yg penting menyeramkan, senjata gahar, ditemenin cbg atau gotland

  11.  

    Sudah jangan saling mengolok atau mencaci..

  12.  

    klu begini mah mending ganti nama jd Ton, biar gak ada polusi haseup anu sepertos eta euy….

  13.  

    andaikata kurang perawatan, tdk mungkin. krn bangsa rusia terkenal beretos kerja dan berdisiplin tinggi.

    andai kurang biaya perawatan kemungkinan kecil. krn kapal selam adlh kartu truf di lautan, (tapi bisa juga sih, rusia emang lg krisis)

  14.  

    Paling tidak Indonesia harus py kapal selam kilo minim 30 ea.

  15.  

    Hanya sayang mengeluar kan asap (2Tak) saat muncul di permukaan,,

  16.  

    Maaf kalau boleh usul

    – 06 Changbogo class
    – 06 Amur class
    – 12 Midget class …..

    Cukup 24 ks …. Mak nyusssss

  17.  

    Killo canggih tp mahal

  18.  

    Orang2 taunya kapal selam diesel-elektrik buatan Rusia yg OK itu hanya Kilo class. Padahal Kilo Class adalah justru versi awalnya, yg kemudian dikembangkan jadi Lada Class, Amur Class (buat ekspor) dan Project 636 Varshavyanka. Untuk yg Lada dan Amur Class itu sudah bisa dilengkapi AIP, tergantung dari order pembelinya.

  19.  

    Celah ring seher terlalu lebar atau kualitas leburan logam untuk boring dan ring seher yg kurang berkualitas mengakibatkan cepat terjadi ke ausan. 😀 atau mungkin sestem pengapian yg terlalu pur.

  20.  

    Kaleng kerupuk kok dipakai nyelem ya cepet nyembul lagi.

    Xixixixi

 Leave a Reply