Dec 312014
 
Kapal selam kelas Kilo Vietnam semua dilengkapi dengan rudal balistik 3M-14E Klub-S foto: H. My).

Kapal selam kelas Kilo Vietnam semua dilengkapi dengan rudal balistik 3M-14E Klub-S foto: H. My).

Enam kapal selam Kilo class Vietnam yang dibeli dari Rusia sangat mungkin digunakan untuk memotong jalur suplai garnisun Angkatan Darat China di kepulauan Spratly yang disengketakan. Tabloid nasionalis China Global Times mengatakan, Angkatan Laut Rakyat Vietnam telah menerima tiga kapal selam Kilo dari Rusia. Kapal selam Kilo Vietnam semua dilengkapi dengan rudal balistik 3M-14E Klub-S.

Dengan kemampuan menyerang dari 280 kilometer, rudal bisa mencapai provinsi Guangdong Zhanjiang, di mana Markas Armada Laut Selatan, China berada. Fasilitas utama angkatan laut China di pulau Hainan juga dalam jangkauan. Selain itu, kapal selam kilo ini dapat menyerang kapal suplai PLA dengan GE2-01 torpedonya.

The Global Times mengatakan PLA Navy memiliki kemampuan untuk melawan kapal selam Vietnam yang baru tersebut. Tiga kapal selam Tipe 094 Jin class yang memiliki rudal balistik telah dikirim ke pulau Hainan, terkait kasus konflik potensial atas Spratly. China juga akan mengerahkan kapal selam Shang class Type 093 bertenaga nuklir ke wilayah itu, jika diperlukan.

Kapal selam Kilo Vietnam memiliki kemampuan serangan darat dan anti-kapal permukaan, namun majalah Asia Pacific Defense berbasis di Taipei mengatakan kapal tesebut tidak dirancang untuk melawan kapal selam musuh.

Selain itu, China juga telah menjadi pengguna kapal selam Rusia untuk beberapa waktu dan memiliki pengetahuan yang kuat mengenai kelemahan Kilo class. Dengan demikian PLA Navy memiliki kesempatan lebih baik untuk menimbulkan kerusakan serius pada kapal selam kilo Vietnam jika pertempuran berlangsung.

Rudal balistik Vietnam bisa menyerang Selatan China
Dengan kemmapuan menyerang dari 280 kilometer, rudal balistik 3M-14E Klub-S kapal selam angkatan laut Vietnam dapat digunakan untuk menghajar Kota Hainan dan provinsi Guangdong China, jika diluncurkan dari Pangkalan Cam Ranh, di selatan Vietnam, ujar analis militer Andrei Chang, yang juga dikenal sebagai Pinkov. Dia menuliskan analisanya dalam sebuah artikel untuk Kanwa Defense Review, majalah militer berbahasa China yang berbasis di Kanada.

Pembelian rudal balistik 3M-14E dari Rusia membuat enam kapal selam Kilo 636MV Vietnam lebih kuat daripada kapal selam kilo China. Pinkov mengatakan 3M-14E hanya diperbolehkan untuk diekspor ke Aljazair, India dan Vietnam. Rudal balistik ini tidak dipasang di kapal selam Kilo China . Dalam perang antara China dan Vietnam, angkatan laut Vietnam sangat mungkin untuk menggunakan kapal selam mereka di barisan depan dalam melawan PLA Navy.

Kapal selam Vietnam juga telah mengalami sejumlah modifikasi untuk membuat mereka lebih senyap. Dalam operasi terhadap Armada Laut Selatan China yang berbasis di Zhanjiang, Guangdong, rudal balistik Vietnam dapat digunakan dengan koordinasi satelit. Dibandingkan dengan rudal balistik 3M-54E China yang memiliki jangkauan hanya 220 kilometer, rudal Vietnam 3M-14E dapat mencapai 280 kilometer. Hal ini cukup bagi Angkatan Laut Rakyat Vietnam untuk menyerang sasaran penting angkatan laut China di Hainan dan Guangdong.

Rusia telah mengalihkan semua teknologi yang diperlukan Vietnam, untuk mengoperasikan kapal selam. Tidak seperti China, Vietnam tidak memiliki tradisi reverse engineering. Perangkat keras militer itu diperoleh dari Rusia. Selain itu, Vietnam memiliki India sebagai sekutu utama di wilayah ini. Pinkov mengatakan India dapat memberikan bantuan lebih ke Vietnam, sejak mereka mengoperasikan kapal selam Kilo di perairan yang sama. Namun, sebuah sumber mengatakan bahwa kedua negara harus mengirim kapal selam mereka kembali ke Rusia untuk perbaikan.

Selain kapal selam Kilo, Angkatan Udara Rakyat Vietnam kemungkinan akan menyebarkan jet tempur Su-30MK2 yang dibeli dari Rusia ke Pangkalan Laut Cam Ranh. Pada tahun 2015, Vietnam diperkirakan mengoperasikan 32 Su-30MK2 di wilayah tersebut. Jet jet tempur Vietnam ini dapat meningkatkan kemampuan proyeksi kekuatan Vietnam melawan China atas pulau-pulau Spratly yang disengketakan. (WantChinaTimes).

Bagikan :

  83 Responses to “Kapal selam Kilo Vietnam berpotensi blokade pulau Spratly”

  1.  

    Hebat nih vietnam

  2.  

    Sekutunya kok india..bukan Indonesia yaa

  3.  

    Kilo Indonesia gimanaa..

  4.  

    Punya vietnam ada rudal balistiknyaaa

  5.  

    Vietnam mulai strooong..!

  6.  

    Kapal selam china berpotensi hancurkan blokade kapal selam kilo vietnam di pulau spratly

  7.  

    INDONESIA hanya gigit jari

  8.  

    Rusia jual kilo ke vietnam bwt ngelawan tiongkok. Padahal rusia sekutunya tiongkok..
    Indonesia perlu mencermati..siapa tau musuh Indonesia jg beli alutsista dr rusia

  9.  

    Vietnam adalah contoh dari sebuah negara yang begitu konsisten membangun daya gentar militer nya, tidak tanggung-tanggung, tidak setengah-setengah, demi melindungi negaranya dari segala bentuk ancaman, kita seharusnya malu dengan Vietnam ……..

    •  

      Malu gimana bung vietnam bisanya cuma beli gk bisa buat. Kita harusnya bangga dgn indonesia bentar lagi bisa buat kasel sendiri tunggu aja

      •  

        jangan dianggap saya ini anti TOT ya, saya tetap pendukung TOT, hukumnya wajib

        namun kita harus melihat sisi lain, jangan sampai gara-gara TOT pembangunan daya gentar militer kita menjadi terganggu sehingga mengakibatkan militer kita lemah, ingat TOT rudal c-705 hasilnya nggak jelas gitu toh ? TOT chang bo go yang learning by seeing ?

        intinya TOT silahkan jalan, dan pembelian alutsista pemukul juga harus jalan walau tanpa TOT, toh yang diminta juga tidak banyak kok untuk SU-35 ya cuma 1 skadron, untuk kapal selam ya cuma minta 2 dulu kelas KILO seperti rencana 2007

      •  

        meskipun vietnam cuma bisa beli tpi mereka setia ke alutsista rusia jadi rusia tidak segan memberi yang terbaik….lha indonesia???..plin plan kanan kiri mau smua,,gimana mau menarik simpati rusia..tambah lagi beli dikit maunya dpt TOT…bahhhh..harga teknologi ga kayak harga pisang goreng bung..mereka research teknologi butuh waktu sangat lama..enak aja..

        •  

          soni klo vietnam jelas arahnya yaitu kiri, klo indo tdk bisa berbuat spt itu krn indo non blok walaupun jelas kita lebih berat kiri tapi kanan tentu tidak bisa dibuang bgtu saja utk jaga keseimbangan. klo kanan kiri bisa kita manfaatkan itu lebih baik.

  10.  

    Nggak bakalan balik lagi kayaknya bg.Salam.

  11.  

    Nggak bakalan balik lagi kayaknya bg.Salam.

  12.  

    Heran dengan para petinggi Indonesia tidak mampu berbuat seperti Vietnam, bahkan tidak mampu menanggulangi kesulitan suku cadang alutsista dan BBM………..memalukan !!!

  13.  

    Pinkov mengatakan 3M-14E hanya diperbolehkan untuk diekspor ke Aljazair, India dan Vietnam.

    kq indonesia ngga masuk, apakah di lupakan ya..
    maaf hanya orang awam.

  14.  

    vietnam itu cuma cari short cut aja beli alutsista impor, karena perang nyata sudah didepan mata langsung, sayang ga punya tradisi reverse engineering, ya akhirnya jadi konsumen aja. Lain dengan kita…kita musti TOT dg negara manapun yang mau bantu supaya bisa bikin sendiri. sekuat2 nya alutsista kalau cuma impor ya keok juga lama2 kalau perang nyata

  15.  

    politik pencitraan

  16.  

    alon2 waton lelakon; begitu prinsip indonesia…biar aja sekarang beli KSnya yang ecek2, tapi 5-10th lagi bisa bikin sendiri, bisa modif sendiri dan diharapkan ke depannya tiap tahun bisa lahir 1 KS sehingga gak ada yang tau KS kita ada berapa jumlahnya…

  17.  

    hmmm…perlahan tapi pasti, postur alutsista vietnam semakin gahar.

    banyak komen miring…gak dapet TOT lah..ini itu lah….tapi satu hal yg pasti untuk rencana jangka pendek mereka sudah berhasil memperkuat pertahanan dengan alutsista yang canggih & modern & bisa memberikan efek deteren bagi musuh2nya.

    Kemandirian pengadaan alutsista memang hal yang wajib makanya harus masuk rencana jangka menengah dan jangka panjang…..TOT tidak semudah membalikan telapak tangan…perlu belajar…perlu riset..perlu pengembangan…dan tentu saja perlu waktu yang cukup lama.

    Satu kata untuk vietnam: Congratulation!

  18.  

    dan sbntar lg 32 su 30mk2 akan bertebaran divietnam???wowwwww…lgi2 kita sbagai negara besar kalah telak…..!!!benar..kita hrusnya malu pd vietnam,gak malu gmn???negara kita cm akan dan akan,bolak balik kasal cm bilang kapal.selamkita cuma dua,,,???mbosenin pernyataan kasal???dan jet tempur sukhoi kita kalah jumlah ma vietnam.ckckckckckckck hadewh hadewh,,,di mana.rasa bangga kita sbgai negara yg besar????bangga krn kita akan membikin???ya memang bangga,tp masih lama dan harusnya sdh di isi kekosongan itu dgn membeli apa yg blmbskita buat…hemmm miris miris miris…

  19.  

    Di jonggoooooolllll……………………..

  20.  

    maju terus viet, kalo knp2 sebut NKRI 3x

  21.  

    Tabah Sampai Akhir

  22.  

    Saia kebetulan lg di hanoi, dan mengerjakan project yg msh berhubungan dg militer.
    memang hebat vietnam ini, konsep pertahanannya jelas
    dan yg lebih membuat saia kagum, mereka tidak membuka akses sembarangan kepada asing di banyak bidang, akan sulit sekali melakukan penyadapan disini spt yg terjadi pd sby dulu….

    Tapi sebel jg, Setiap 5 menit ada tentara yg memantau layar komputer saia 🙁

  23.  

    Knp kita musti ngarepin TOT ,harusnya kita beli alusista sebanyak mungkin untuk mengisi kekosongan negara ini,vietnam hrs kita jd kan acuan knp negara kecil aj pux alusista yg memadai knp kita nggak,,,dan kita jg musti pakai sistem cina membeli banyak alusista dr negara lain untuk di preteli dan di copy ,kita jgn hax negara yg suka mengopas materi doank klo bisa kita mengopas alusista canggih negara lain….

    •  

      Ilmu itu berharga bung. Dibandingkan hanya beli beli dan beli. Jika ilmu kasel changbogo sudah 100 % dimiliki engineer2 kita. Kita bisa mengembangkan ilmu itu istilah kata di improvisasi..

      Kalo hanya beli tanpa tot bagai mana jika kasel itu mengalami kerusakan dan kita tdk pnya ilmu. Percuma kapal selam mahal tdk bisa di oprasikan.

      Kalo punya ilmu kita bisa memperbaikinya dengan tangan2 anak negri. Tanpa harus import ke negara lain

      Contoh anoa pindad bung cilok. Selain diproduksi oleh tangan2 anak negri. Panser tersebut bisa kita ekspor dan menghasilkan devisa untuk negara ini

  24.  

    Menunggu artikel dari bung naryana nih. Tentang rencana 2015

    •  

      karena forum ini sudah berubah menjadi arena perdebatan / pertarungan kata-kata yang panas brutal ganas dan mengerikan tanpa belas kasihan…….akhirnya mereka pergi.

  25.  

    yo diamati wae kahanane mbesuk…

  26.  

    Jangan terlalu mengagung agungkan jokowi. belum apa2 sudah kritik mef …mef buku putihnya SBY memperotot tni…lha ini asal jeplak tanpa ada landasannya..toh CBG tot era SBY….ini cm nerusin

  27.  

    Sebenarnya pingin tau, kyk apa sih proses TOT changbogo..juga perkembangan terbaru proses TOT itu sdh sampai manaa?

  28.  

    Saia yakin jepang berani,
    toh secara aktual pulau tsb msh dikuasai jepang, dan blm ada militer tiongkok masuk sana

    •  

      Kan baru di claim secara resmi… tar juga di bikin lapangan sama pelabuhan kayak Kepulauan Spratly. Satu-satu dia caplokin terus diam2 bikin basis militer.. kira2 ada yang berani menyerang secara terbuka gk tuh… malaysia dan filifina aja diam tuh pulau di caplok, cuma protes doang hehehehe…..

  29.  

    Bagaimana anda blokade suatu pulau/ negara dengan kapal selam? Contoh Jerman di PD1 dan 2, mereka mulai dengan blokade sopan sesuai aturan : di permukaan, meminta kapal laut berrhenti, memeriksa dan melepaskan/ menenggelamkan. Ujung2nya mereka menetapkan zona blokade, siapa yg melintas langsung ditenggelamkan – ide yg masuk akal. Kalau Vietnam menerapkan ini sudah pasti perang betulan dengan Cina.

    Kalau terjadi Vietnam sudah pasti kalah, karena alutsistanya kalah jumlah. Yg realistis saja, siapa yg akan bantu Vietnam? Tidak ada, Rusia tidak, Amerika tida, Aseanpun tidak. Jadi judul artikelnya nggak kena.

    •  

      vietnam pernah perangg dengan cina ditahun 1979 dan cina kalah.padahal pasukan cina yang menyerbu 5x lipat jumlah pasukan vitnam.mental juara itu kuncinya..

      •  

        Salah bung yg terjadi th. 1979 adalah border war dari 17 Feb sd 6 Maret di sebelah Utara perbatasan dengan China. Alasan China adalah karena Vietnam menginvasi Kamboja. Tujuan China adalah menghancurkan tentara Vietnam, akan tetapi mereka tidak terpancing, sebagian terbesar konsentrasi melindungi Hanoi dan tentaranya di Kamboja tidak ditarik. Namun dengan demikian propinsi2 di Utara direbut China.

        Tujuan tidak tercapai China memberhentikan perang, menarik pasukannya kembali, tetapi sembari membumihanguskan propinsi yg telah direbut. kerugian kira2 sama tidak termasuk kerugian ekonomi vietnam.

        Sementara Vietnam tetap menyerbu Kamboja dan menghancurkan Pathet Lao.

  30.  

    Mantap . Bung anang, itulah kemandirian. Setuju banget . Jangan asal beli beli dan beli tanpa memikirkan kedepanya. Kalo kredit inget bungaa nyaaa mencekik.

  31.  

    setuju bung lesmana,kmandirian alutsista memang dambaan kita sbgai warga NKRI,siapa sih yg gak bangga jika kitabs membuat smuanya sendiri???akan tetapi alutsista kelas wahid yg blm bs kita bkin sendiri dan masih memerlukan waktu yg relatif lama seharusnya segera di isi dengan membeli,,seprti jet tempur sukhoi 35skapal selam,jika isu dan hoax nya sdh ada di kita knp tdk sdkit sja dipublish???jika alasanya adlah rahasia dan dirahasiakan trus kapan rakyat bs mrasa bangga???slama ini rakyat hanya tau yg nyata2 sja sprti f16 hibah rongsokan dr ASU,dan sukhoi kita su27/30,sya sbgairakyat kecil yg hdp bertani,dan skrg pun untuk makan sja beras sya sdh berhutang ketetangga,membiayai anak sekolah,blm lg menyambut kelahirananak sya yg kdua,tanpa sepeserpun uang ditangan,hanya mengandalkan gaji dr buruh bangunan,tapi sy tdk pernh protes dan teriak2/ikutan demo atas knaikanBBM,sya bahkan sgt stuju BBM naik dgn harapan NKRI akan mnjdi bangkit..kuat ekonomi dan militer,sprti rakyat india yg rela makan rumput asalkan negaranya punya nuklir,,mungkin sya jg berpikiran sprti itu,tp ckp tau sja kalauindonesia punya alutsista gahar dan mumpuni itu sdh ckp membuat sy bangga,tp kok sprti hantu bgini ya???lama lama makin gak jls,,ternyata vietnam lbh berani dri kita.

  32.  

    Saya kok kurang paham dengan Kalimat “Kapal selam Kilo Vietnam memiliki kemampuan serangan darat dan anti-kapal permukaan, namun majalah Asia Pacific Defense berbasis di Taipei mengatakan kapal tesebut tidak dirancang untuk melawan kapal selam musuh”
    nah loh ini yg salah artikel dimajalahnya ato memang benar, masak kapal selam kelas kilo gak punya persenjataan sekelas torpedo utk lawan kapal selam musuh

  33.  

    .. sebuah sumber mengatakan bahwa kedua negara harus mengirim kapal selam mereka kembali ke Rusia untuk perbaikan.

    Semoga hal seperti ini tidak terjadi pada Alut Sista yang kita beli 😀

  34.  

    salam @bung CAG kemampuannya korupsi doang bung

  35.  

    tetap aja ecek2 wong kelas KW bukan ORI….

  36.  

    Saya juga termasuk yg meragukan A1 bung Nara…tapi ngapain ya TNI AL terlalu sering ngirim pelaut kita ke Russia,sampai pulangnya mempunyai kebiasaan aneh…selalu meletakkan barang yg diambilnya ke tempat semula,harus 100% sama tdk boleh bergeser sedikitpun,hal yg aneh menurut saya???

  37.  

    Bung nara dan bung ps datanglah, beri penjelasan dong tentang prediksi tni al dan au kita di 2015, please deh.

 Leave a Reply