Mar 022019
 

Kapal selam Ghadir-Class Angkatan Laut Iran © Erfan Kouchari via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sebuah kapal selam midget atau “cebol” buatan Iran telah berhasil melaksanakan peluncuran rudal jelajah selama latihan angkatan laut di perairan selatan negara itu. Manuver itu dilaksanakan ketika kapal induk AS kembali ke wilayah tersebut setelah absen sekian lama, seperti dilansir dari laman Tasnim News Agency.

Sebuah kapal selam mini kelas Ghadir telah menembakkan rudal jelajah anti-kapal selama latihan angkatan laut besar-besaran. Peluncuran itu tampak dalam rekaman video latihan perang berlangsung.

Kapal selam mungil yang menggemaskan ini sebenarnya sangat cocok dengan ukurannya, karena dilengkapi dengan dua tabung yang mampu menembakkan rudal jelajah ataupun torpedo konvensional.

Beberapa outlet media Iran melaporkan bahwa kapal selam itu melakukan penembakan di dalam air, namun rekaman yang tersedia untuk umum tidak mendukung hal ini. Video itu dengan jelas menunjukkan rudal diluncurkan ketika kapal selam itu berada di permukaan. Namun demikian, target berhasil dicapai, menurut laporan pejabat militer Iran.

Peluncuran rudal jelajah terjadi selama latihan angkatan laut berskala besar yang sedang berlangsung, Veleyat-97. Permainan perang berlangsung di daerah dari Teluk Persia dan Selat Hormuz hingga Laut Oman dan bagian utara Samudra Hindia.

Angkatan laut Iran menembakkan banyak rudal jelajah dari kapal perang dan sistem rudal anti-kapal berbasis pantai selama latihan. Teheran menggunakan latihan tersebut untuk menunjukkan fregat terbarunya, ‘Sahand’ dan kapal selam kelas Fateh yang menurut para pejabat militer juga dapat membawa rudal jelajah.

Manuver laut besar-besaran sedang dilakukan di tengah-tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS. Pada bulan Desember, Pentagon mengerahkan kapal induk bertenaga nuklir USS John C. Stennis ke Teluk Persia. Itu menjadi kapal perang Amerika pertama dari jenisnya yang melintasi Selat Hormuz sejak Presiden AS Donald Trump secara sepihak menarik diri keluar dari Rencana Aksi Komprehensif Bersama alias JCPOA pada program nuklir Iran tahun lalu.

Iran Sukses Luncurkan Rudal Jelajah dari Kapal Selam Midget

AS telah memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran dengan menargetkan perdagangan minyak dan sektor keuangannya. Pekan lalu, Wakil Presiden AS Mike Pence meminta Uni Eropa untuk “berhenti merusak” sanksi AS dengan mengizinkan perusahaan-perusahaan Eropa untuk berurusan dengan Teheran.

Para pejabat Iran mengecam sanksi itu sebagai tidak sah dan bersumpah untuk melindungi negara dari tekanan luar. Pada bulan Januari, angkatan laut mengumumkan rencananya untuk mengirim kapal perang ke Samudra Atlantik barat – sebuah langkah yang menurut Teheran adalah tanggapan atas kehadiran angkatan laut AS di halaman belakangnya.

  2 Responses to “Kapal Selam Midget Iran Tengah Beraksi”

  1.  

    inilah watak asli si amer sudah nyata.dimana2 selalu mendikte terhadap negara yg di anggap nya berbahaya.

  2.  

    Dasar preman dunia, merusak tatanan dunia dan hobynya mengganggu kehidupan negara lain dibuat porak poranda setelah itu melarikan diri dan sangat tidak bertanggung jawab sangat tidak bermoral tidak punya hati nurani