Sep 192016
 

Sebuah kapal selam midget Korea Utara yang kandas pada 18 September tahun 1996 saat melakukan misi di perairan Gangneung, Korea Selatan kini dipamerkan di sebuah taman di Gangneung.

Pasukan Korea Selatan menewaskan 13 dari 25 awak yang turun ke darat dan menangkap hidup satu orang, sedangkan 11 sisanya ditemukan tewas bunuh diri.

sang-o-class-n-korean-submarine

Kapal selam Sang-O class milik Korea Utara merupakan salah satu kapal selam midget terbesar yang dibangun oleh Korea Utara. Kapal selam ini mengambil desain dari kapal selam Heroj class Yugoslavia. Kapal selam dilengkapi dengan radar dan sonar. Hingga Agustus 2006 diperkirakan Korea Utara memiliki 32 kapal selam Sang O class.

Salah satu kapal selam midget lain, Yono class diduga pernah menenggelamkan korvet Cheonan milik Korea Selatan pada 26 Maret 2010. Yono class diduga menggunakan torpedo CHT-02D yang pecahannya ditemukan didekat bangkai korvet Cheonan. Torpedo CHT-02D memang tidak menghantam tepat dilambung kapal, tapi ledakan didekatnya menciptakan daya hancur “bubble jet effect” yang mematahkan korvet menjadi dua bagian dan menewaskan semua awak didalamnya.

Spesifikasi kapal selam Sang-O class

Berat keseluruhan : 370 ton
Panjang: 34 m
Propulsion: Diesel elektrik
Jangkauan operasi: 1.500 mil laut
Kru: 25
Sensor: Radar dan Sonar
Persenjataan: dua tabung torpedo 21 inch buatan Rusia
Sang-O juga mampu melakukan misi penyebaran ranjau

Bagikan:
 Posted by on September 19, 2016