Jun 092014
 
Kapal Selam Nuklir Pertama AS, USS George Washington (SSBN 598)

Kapal Selam Nuklir Pertama AS, USS George Washington (SSBN 598)

9/6/2014 – 55 tahun yang lalu kapal selam yang memiliki rudal balistik pertama milik Amerika Serikat, USS George Washington, diluncurkan. Selain dilengkapi rudal balistik, kapal selam ini juga dipersenjatai dengan torpedo dan rudal jelajah.

Menurut the History Chanel, kapal selam semacam ini sangat penting untuk satuan keamanan maritim di manapun, karena sulit untuk ditemukan dan menyerang dengan efektif, terutama menghancurkan kapal serupa bertenaga nuklir.

Hanya angkatan laut AS, Rusia, Inggris, Prancis, dan China yang memiliki kapal selam bertenaga nuklir. Negara lainnya masih bergantung pada kapal selam tenaga diesel yang konvensional.

Kapal selam tenaga nuklir mulai dikenal saat peluncuran USS Nautillus pada 1944. Daya yang melimpah yang disediakan oleh reaktor berbahan bakar uranium membuat kapal selam tenaga nuklir dapat tetap terendam dan beroperasi pada kecepatan tinggi tanpa batas.

Kapal selam sendiri pertama kali ditemukan pada abad ke 18 dan 19 oleh David Bushnell dan Robert Fulton, dengan kapal selam manualnya. Pada 1898, John P. Holland meluncurkan The Holland, yang memiliki mesin bensin untuk bergerak di permukaan serta motor listrik tenaga baterai untuk menjelajah dalam air.

Kapal ini akhirnya dibeli pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1900. Kapal temuan Simon Lake (1866-1945) diadopsi pertama kali di Eropa dan akhirnya oleh AS. Pada malam sebelum terjadinya Perang Dunia I, semua angkatan laut dilengkapi kapal selam bertenaga diesel.

Selama Perang Dunia II, inovasi kapal selam mengalami kemajuan. Para penemu mengenalkan snorkel penyuplai udara segar bagi mesin diesel sehingga tidak perlu sering-sering muncul ke permukaan.

Kapal Selam Bertenaga Nuklir Brasil.
Kini, setelah 55 tahun berlalu, Brasil akan bergabung dengan negara negara elit pemilik kapal selam bertenaga nuklir.

Brasil membuat lima kapal selam untuk menjaga pantai panjangnya, termasuk satu bertenaga nuklir, yang akan menempatkan negara itu dalam kelompok negara pemilik senjata nuklir.

Presiden Brazil Dilma Rousseff, mengumumkan Brazil akan bergabung  ke grup negara yang memiliki kapal selam nuklir

Presiden Brazil Dilma Rousseff, mengumumkan Brazil akan bergabung ke grup negara yang memiliki kapal selam nuklir

Negara Amerika Selatan itu dalam upaya mengeksplorasi ladang minyak besar di lepas pantai, yang dapat menjadikannya salah satu dari pengekspor penting minyak dunia.

Kapal selam baru itu bertujuan untuk melindungi sumber-sumber itu, kata pejabat angkatan laut Gilbeto Max Roffe Mirshfeld. Mirshfield merupakan sosok yang mengkoordinasikan proyek senilai 10 miliar dolar AS itu.

“Kapal selam bertenaga nuklir itu adalah salah satu dari senjata-senjata dengan kekuatan pencegah terbesar,” katanya kepada AFP.

“Brasil memiliki kekayaan di perairannya. Adalah tanggung jawab kita untuk memiliki angkatan bersenjata yang kuat. Tidak untuk berperang, tetapi untuk menghindari perang. Karena itu siapapun jangan berusaha mengambil kekayaan-kekayaan kita.”

image

Kapal-kapal selam baru itu, yang semuanya akan menggantikan armada tua lima kapal selam konvensional, sedang dibangun di satu kompleks seluas 540.000 meter persegi di Itagual, selatan Rio de Janeiro.

Proyek itu adalah usaha patungan antara angkatan laut, perusahaan konstruksi Brasil Odebrecht dan perusahaan pertahanan negara Prancis DCNS. (Viva.co.id / republika.co.id).

Bagikan :

  133 Responses to “Kapal Selam Nuklir Brasil”

  1.  

    1

    •  

      Hmmmm.. mau angkat diskusi Ks Indonesia yang belum kelar nih bung Diego ..?

      •  

        hari demi hari trsa makin hambar aja, kyk turun k medan laga tanpa kumendan, rentetan tembakan ga jls kmna, …para kumndan kami membtuhkanmu

        •  

          Resiko orang awam bertanya…kadang gak ngeh dg clue yang dibabar .Akhirnya kumendan gregetan diberi info yang langsung maknyus. Warjager senang kumendan kena srampang dan menghilang… nasiib..

          •  

            @Tron, cloe gak jelas yg hanya tebar sensasi, kalopun sampe terjadi peran dgn negara tetangga, senjata yg di sebut di cloe itu walopun di tunggu sampe perang selesai jg ga bakalan muncul.

            πŸ˜›

        •  

          Seorang petani yang pekerjaan sehari – harinya menyangkul 1 petak sawah aktif dalam forum Jakartagreater. Suatu hari dia mendapat info bahwa alutsista RI adalah yang terkuat di ASEAN. Apa efek info tersebut kepada petani tersebut?

          a. Tidak ada, info tersebut hanya sebagai mimpi indah bagi petani tersebut dan dia tetap menyangkul 1 petak sawah.

          b. Positif, karena senangnya dia dapat menyangkul 2 petak sawah.

          c. Negatif, info tersebut justru membuatnya malas bekerja dan hanya aktif di forum2 internet.

          Selanjutnya petani tersebut menyadari bahwa info yang diperolehnya hanyalah info hoax. Apa yang terjadi pada petani tersebut?

          a. Negatif, petani tersebut semakin malas karena rasa kecewa.

          b. Positif, petani tersebut semakin rajin bekerja karena dia yakin dengan usahanya yang gigih maka negaranya akan semakin maju dan mimpinya agar negaranya memiliki alutsista yang canggih dapat segera terwujud.

          Intinya kembali kepada niat si petani tersebut, apapun alutsistanya minumnya teh es yang rasanya seger dan semangatnya tetap 45 πŸ™‚

          Maaf cuma iseng2 aja, soalnya habis nyangkul 1 1/2 petak sawah πŸ™‚

          •  

            wowww
            pencerahan ala denkarung
            ane ngerti pesennya
            markasi bung….

            lanjut…. mumpung lagi kopibreak nyempetin mampir ke warjager
            salam..

          •  

            nasibku jd petani dg sepetak sawah sewaan hdp ditengah belantara tuan tanah & kepongahan kaum borjuis, …uuh apalagi yg bs kudapatkan dr negriku ini??

      •  

        heran, masih aja percaya dengan clue2 fiktif yang diberikan oleh para kumendan, hadeeeh, hari gini masih aja percaya dengan tahayul.

  2.  

    Brazil selangkah lebih maju…..!!!!

    •  

      @MIRZA, Brazil memiliki planning yg jelas terhadap modernisasi & kemandirian terhadap alutsista yg di butuhkannya. Tanpa R & D jangka panjang yang terarah ( seperti India dgn DRDO, USA dgn DARPA-nya ), maka negara2 dunia ke-3 akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan alutsista scr mandiri

  3.  

    semoga ini dapat menjadi acuan yg bisa membuat semangat para periset di pt. pal

  4.  

    numero 2,., hehehehehe

  5.  

    Maybe the first one..

  6.  

    kapan indonesia punya???halaman luar INDONESIA harus juga di jaga KS nuke. biar negara2 agresor berpikir ulang untuk mengambil kekayaan nusantara,sekaligus obat penangkal intimidasi dr negara agresor…

  7.  

    Smoga TNI memiliki KS NUKLIR
    Tuk menjaga Laut NKRI yg luas ini

    Amin

  8.  

    Kapan ya indonesia bs punya kpl selam nuklir..??

  9.  

    Indonesia juga punya buatan rusia sama buatan inggris, katanya??? makanya asu bisa perpanjang kotrak freeport dan perlakuan VVIP buat perusahaan asu yang ada di indonesia…..

    semoga pimpinan baru indonesia punya mental juara bukan mental kerupuk,

    kasihan para pejuang kemerdekaan sia sia pengorbanan mereka kalau ujung ujung nya terjajah lagi gara2 ketamakan segelintir rakyat indonesia

  10.  

    Absen dulu…10 besarr

  11.  

    bener bung kapan kita punya KS nuke kaya brasil???? jadi ngiri aku

  12.  

    thxs bung diego, akhir nya diskusi alutsista lagi,,

  13.  

    Nomor goib….

  14.  

    hebat.

  15.  

    Ini nih yang paling top :
    Brasil memiliki kekayaan di perairanya. Adalah tanggung jawab kita untuk memiliki angkatan bersenjata yang kuat. Tidak untuk berperang, tetapi untuk menghindari perang. Karena itu siapapun jangan berusaha mengambil kekayaan-kekayaan kita.
    Kita ingin pemimpin kedepan mengatakan hal ini, mengganti kata brasil dengan INDONESIA….
    Salam Optimis Indonesia….

    •  

      Quote yg sama,harapan yg sama .
      SEMOGA ya bung πŸ™‚ Amin

    •  

      Udah telat, Freeport dah sepakat pak beye , untuk keruk SDA kita sampai 2041, kiat hanya bisa nonton.. kasian anak cucu kita

    •  

      Ini adalah kata-kata yang sangat menggugah dan inspiratif. Dalam hal ini brasil ingin menunjukkan kepada dunia luar bahwa jangan coba-coba kepada mereka, siapapun akan takut untuk memulai peperangan dengan brasil. Lebih baik menghindari berperang dengan brasil daripada mati konyol. Sehingga dengan mempunyai alutsista yang kuat, justru menghindari brasil diserang oleh negara lain.

      Dengan kekayan alam yang ada di natuna, ambalat, freeport, dan di daerah lainnya, dimana wilayah lautnya merupakan tempat hidup beraneka ikan yg mjd mata pencaharian nelayan kita, dimana wilayah lautnya merupakan jalur perlayaran dunia yg terbagi mjd 3 alki plus selat malaka yg hrs dijaga maka indonesia menurut saya lebih berkepentingan utk mempunyai alutsista yg kuat daripada brasil.

  16.  

    Katanya sepuh jkrtgrtr kan indonesia sudah pubya KS Nuklir dari Inggris dan Rusia

  17.  

    astuti kalo kalangan hoaks mah tuh lontong di indonesia.
    (para komandan kena karung sekarang)

  18.  

    ###############

    •  

      kasihan sama yang satu ini.komennya selalu tidak bermutu dan itu melulu.nggak punya tulisan lain yang LEBIH BERMUTU buat dikomen?

    •  

      Hati2 pilot mkm malay,,jgn sombong dulu,masa jalan bareng raptor aja dibangga2in .
      Kalah kan itu raptor(kalau bs) baru kalian boleh bangga .
      #Gubraakk

    •  

      @Hanz, Ckz… ckz… ckz….
      Chauvisme anda sangat memalukan, negara anda buat senapan serbu saja ( Vita Berapi ) ga jelas bentuknya lantas anda mau menyombongkan diri terhadap RI…??
      Grade kekuatan militer negara anda secara riil saja masih di bawah RI, Cmiww

      •  

        bung di,kayaknya tuh senjata ganti nama jadi vita berkarat.hahaha
        *ganti nick please

        •  

          @HQ, di level industri senapan serbu saja Malaysia belum mampu setara dgn RI ( Bandingin SS-series vs Vita Berapi ).
          Di level industri dirgantara, saat ini Malaysia tidak bs menandingi ( RI punya PT DI ( CN-235 mpa, CN-295, KFX/IFX )
          Untuk level industri strategis kelautan RI punya PT PAL ( proyek KCR-40, KCR-60, LPD, PKR 105 & CBG ), Lundin ( Trimaran semi stealth ), & beberapa shipyard lain yg jg mampu membuat kapal patroli.
          Untuk industri roket, saat ini RI dgn LAPAN-nya jg masih di depan Malaysia ( RX122, RX240, RX320, RX420 & RX550), saat ini yg sdh di kembangkan ke militer br R-han 122, Malaysia saat ini tdk pernah terdengar gaung dr industri peroketannya.
          Untuk nuklir, saat ini RI dgn BATAN_nya memiliki 3 reaktor nuklir, 2 diantaranya jenis Triga Mark II, satu reaktor nuklir 30MW di Serpong, sdgkan Malaysia sampe saat ini tdk mempunyai reaktor nuklir. Di BATAN, peneliti RI menemukan cara pembuatan radio isotop dgn tingkat pengayaan rendah oleh Dr. Ir. Yudi Utomo & Dr. Ing Kusnanto yg akhirnya di beri nama Formula YK. RI menjadi satu2nya negara Asia yg sanggup membuat radio isotop dr pengayaan uranium kadar rendah. Sedangkan Malaysia tdk pernag terdengar gaunya ttg nuklir.

          Bagaimana @Hanz, anda mau memberi sanggahan..??

    •  

      BANNED RECOMENDED koment tak bermutu, menghina bangsa Indonesia, mohon Admin turun tangan 😎

    •  

      Untuk Admin-nya JKGR, tipe tulisan spt @Hanz, sebenarnya tdk perlu di hapus, ttp bs di counter dgn cara yang cerdas, akurat & ilmiah ttg apa2 yg di sampaikan saudara @Hanz, dgn bgtu ada masukan jg untuk pembaca JKGR yg lain.

      Thx

    •  

      Lagi cari mangsa ya, karena disana sudah sepi…hmmm

  19.  

    susah dapat clue soal alutsista yang mistirius lagi di warjag. . .soal nya den karung udah mantau. . . .

  20.  

    β€œBrasil memiliki kekayaan di perairannya. Adalah tanggung jawab kita untuk memiliki angkatan bersenjata yang kuat. Tidak untuk berperang, tetapi untuk menghindari perang. Karena itu siapapun jangan berusaha mengambil kekayaan-kekayaan kita.”
    Bagaimana dgn INDONESIA ??
    PRAY FOR PAPUA πŸ™

  21.  

    negara kepulauan seperti indonesia ga cocok pake KS nuke…..
    cukup diesel-electric senyap kecil mematikan…
    IMHO

  22.  

    Tenang aja para penghuni warjager… Katanya Bung PS kita punya Akula Class Submarine… cuman dak di kasi liat… takut memicu perlombaan senjata..

  23.  

    Nah..alutsista lagi..makasih bung @Diego..ini yg paling enak dibahas :mrgreen:

  24.  

    Sebenarnya potensi nuklir Indonesia sangat besar tetapi pemerintah semperempat hati dalam mengembangkannya hal ini diperparah dengan pemahaman masyarakatnya yang masih rendah terhadap teknologi nuklir. Hal ini bisa dilihat dalam pembangunan reaktor untuk PLTN yang mentah terus-menerus. Apalagi dana riset yang hanya 0.08% untuk semua riset mau dapat apa? Masih ingat artikel petinggi BATANTEK yang rela “ngamen” untuk biaya riset dan pemeliharaan reaktor sudah berhasil kontrak sama usa baru pemerintah tersadar, hal hal seperti ini yang harus segera dirubah oleh pemerintah dan juga DPR.

  25.  

    Brasil = berhasil dalam kemandirian beberapa alutsista stategis yang menjadi idaman anak bangsa.
    Kita Indonesia akan segera menyusul….

  26.  

    Untuk melindungi. NKRI suatu keharusan bagi. TNI. Memiliki. KS Nucle. Astute ato akula..

  27.  

    Para sesepuhnya gak ada yg nongol ya. informasi alutsista2 baru A1 yg canggih2 yg bakal nongol di latgab jadi gak terkonfirmasi nih.

    belom lagi tau2 ada berita malon beli HQ-16, ngajak latihan F-22, freeport diperpanjang smp 2041, babak belur nih kita.

    kasi dong berita yg mantab buat mengcounter manuver2 malon, biar kebanggaan kita sama TNI dan nusantara tetap membara.

    salam utk semua,

    •  

      Eh itu negri jiran sepertinya makin kurang bijak ya?
      Koq si Raptor mau aja diajak main di rumah orang lain alias di negeri jiran yg notabene kemarin2 bukan sekutu dekat mamarika seperti sonotan?
      Ternyata si Raptor mau diajak main dgn MKM, pantesan aja….
      Nah ini bukannya papa bear bisa ngambek, krn mainan buatannya bakal dikasih liat ke mamarika?

      Coba bandingin ama MKI di mari, waktu pitch black kemarin kan dipreteli dulu jeroan sensitifnya sebelum mulai main, ya?

  28.  

    betul eyang sepuh kasih dong gambaran biar malon kencing di celana

  29.  

    HADEUH,.. galau merana dech… hihi
    tiap pagi mau berangkat gawe, sore pulang gawe, malem mau bobo.. mantengin JKGR…
    untuk sementara statusnya : GALAU
    hikz..hikz

  30.  

    eyang jalo tlg cepat turun gunung tolong kasih gambaran biar malon kencing di celana!!!

  31.  

    Apaa. Hubungannya KS nuklir brazil dengan Indonesia bung jalo ??Β£ apakah indonesia akan kerjasama pembuatan ks dengan perancis bung jalo ?

  32.  

    Sekarang giliran SR yg cuap2,para senior sdh menghilang tanpa jejak..semoga lagunya elo segera diputar buat nampar para tetangga yang pantengin JKGR..

    #bung naraya,bung satrio,bung surya,bung yayan,..semoga cepat lepas dari jeratan den karung..

  33.  

    Padang ngga Baca article hiu kencana ya?? crew kapal Selam kita waktu training d kpl selam diesel German; dipimpin officers German; bisa mengunci/ torpedoin kpl selam nuklir US navy! Karena nuklir lebih berisik dari diesel

  34.  

    wih mantap.
    indonesia kamu punya

  35.  

    kalau udah saatnya semua yang jadi misteri akan muncul ke permukaan satu persatu..cuma nunggu waktu yang tepat..salam.

  36.  

    mau tetep setia ah jadi warjager, meski sesepuh mulai mengurangi aktivitasnya disini…

    hal ini ahrusnya menjadi penyemangat buat putra bangsa Indonesia untuk dapat bersaing dan lebih baik dari bangsa lain. bukan hanya sekedar iri atau komen hoax tentang KS yg ada dan tidak diketahui.

    MAJULAH NKRI KU

  37.  

    Semoga dengan adanya artiket kapal Selam Nuk berasil ini, memberikan motifasi dan dorongan semangat bagi pemegang kepentingan (menhan)untuk semakin cepat mandiri dalam penyediaan alat tempur NKRI..

  38.  

    Para sesepuh masih pada istirahat, setelah bergulat dengan latihan gabungan….rasanya ada yang kurang, yaitu kometar2 yang mencerahkan bagi orang awam seperti saya ini. Saya rasa warungnya Bung Diego ini sangat menyenangkan dan mencerahkan, suasana kondusif, jadi tempat nongkrong untuk diskusi alutsista yg mau diakuisisi, dengan dibumbui analisa dan data yang mendukung. Lha kalo sdh dibeli, itu sdh tdk perlu didiskusikan, krn apapun hasil diskusi jelas tidak bisa merubah apa yg sdh dibeli. Semoga warungnya Bung Diego tambah ramai, sy ikut nyimak terus sambil jualan ayam di pasar wonokromo.

  39.  

    pertamaxx,,,,,,,,,,,,

  40.  

    wow nuklir

    indonesia dah punya belum yah?

  41.  

    orang botak kesekolah
    lantak kaulah

  42.  

    gak ada rudal 300 km nya, cuma SUT 😳

  43.  

    wowww
    pencerahan ala denkarung
    ane ngerti pesennya
    markasi bung….

    lanjut…. mumpung lagi kopibreak nyempetin mampir ke warjager
    salam..

  44.  

    Kalau sj pemimpin bangsa kita pintar & perhatian dg alutsista maka tdk perlu beli KS … ToT pun tak guna
    1. Sekitar th 1945-46 sesepuh kita sdh bisa buat KS midget ( dg bantuan awak U-boat Jerman yg terdampar di P.Jawa)
    2. bbrapa enginer Indonesia di LN sdh expert buat KS
    3. eyang Habibie punya hak paten utk komponen KS
    *** tinggal siapa pemimpin negara yg bisa sinergikan semua pihak utk buat KS secara mandiri …

  45.  

    sekedar bertanya??
    KENAPA para sesepuh JKGR kadang suka memasukan bahasan tentang ALUSISTA STROONG milik negara lain yg blum kita miliki (dilihat dari kaca mata orang awam) ???
    Silahkan anda semua para warjager untuk mencermati ini semua scara seksama..kaburrrrrr

    •  

      jawabannya mudah sekali bung, untuk perbandingan yang kita miliki kira2 secara teknis di mana posisinya terhadap yang dibahas, masih di atas, sejajar, di bawah, jauh dibawah ?

      •  

        Koq masih multiple choice ( masih di atas, sejajar, di bawah, jauh dibawah) sih?
        Padahal ada petunjuk :
        1. Ada tuh di salah satu komentar di atas, bahwa RI punya 3 reaktor penelitian dan sudah sangat lama dibangun yaitu sejak zaman Soekarno. Jadi, kemampuan iptek nuklir kita2?
        2. Yang namanya unit strategis di militer ya nggak akan diomongin di umum, bahkan kalo perlu disimpan di hati sampai mati?

        Eh, ikutan kabur ahhh…. πŸ˜€

        •  

          1. lha iya apa kemampuan nuklir kita?
          sepertinya masih di produksi isotop, pemuliaan tanaman, dan kedokteran, yang ada kaitannya dengan alutsista apa ya?
          kalaupun ada aplikasi militer, apakah sudah jelas hasil evaluasi dan kualitasnya dibanding senjata2 sejenis sehingga tidak perlu multiple choice?
          reaktor yang tertua itu di bandung, triga mark, kebetulan di seberang kampus, (lainnya di yogya dan serpong) barang antik ini masih bisa menghasilkan keunggulan teknologi militer toh?

          2. sukhoi unit strategis bukan (udah sering diomongin tuh) ?
          istilah bung aroel ALUSISTA STROONG, umum dan tidak otomatis berarti strategis…

  46.  

    Yang perlu di prbanyak adalah kapal dan pesawat tempur beserta rudal udalnya kalau doktinnya pre-emtive strike.

  47.  

    Kasian kali.. seniornya pada dibully oleh readers. akibat clue kagak jelas yang di berikan..

  48.  

    Hoax selama ini kemungkinan besar, benar adanya, kalau ngg ngapain den karung repot-repot negor, apalagi sampe ngarungin segala, hal ini saya sudah sangat curiga ketika bung Nowyoudont menghilang dari layar jkgr, karena sesibuk-sibuknya orang yg namanya hobbi pasti nyempetin.

    Berdoa aja untuk yg terbaik bagi Indonesia.

  49.  

    Hahaa hanya bisa tersenyum ketika anak bangsa sendiri melecehkan bangsa sendiri ????
    Memang benar musuh terbesar itu adalah dari dalam, bukan dari luar..
    Ingat, indonesia dlu sangat dihormati karena rakyatnya bersatu padu demi sebuah kemerdekan.. dan sekarang kalian bisa lihat sendiri begitu banyak drama yg ingin memecah belahkan bangsa ini. Maaf bukannya sok nasionalis, tp saya geram melihat situasi seperti ini, maaf OOT ..
    Dan satu lagi, we dont need ks nuke or what ever you say. Only we used ‘Bambu Runcing’ we can kick you out of our country. Salaam

  50.  

    Lagi belum niat aja Indonesia mampu kok tapi mungkin belum merasa perlu

  51.  

    Jelqng pilpres wrgq Indonesia sudh terkotak kotak,saling mnghujat sesama anak bngsa maaf omngn anak kampung

  52.  

    *iklan*
    DEBAT CAPRES
    sekarang
    tentukan nasib bangsa indonesia 5 tahun kedepan
    markasi

    monggo dilanjut

  53.  

    Kok akhir akhir ini banyak yang ngomong para komendan lagi kena denkarung
    Maksutnya apa yaaa ???
    Apakah bung Nara pernah berkata telah ditegor atau dijitak dikarungi oleh atasannyaa, juga bung PS dan lain nya ?
    Kalau bung Jalo sudah berkata da beri surat arahan mana yang boleh dishare dan mana yang tidak..

    Istilah denkarung itu kok bikin serem yaa ? serasa dikarungi ,oleh aparat ,,
    Istilah itu sangat SENSITIF dan kurang baik disebut sebut saat ini apalagi menjelang Pilpres,,
    Warjager dan para Formil kan tidak suka TNI diseret seret kearah politik yang kadang kotor,
    Nah kesan masih ada denkarung serasa menghantui di forum forum ini,,,dan itu bisa disalah gunakan,,

    Saya tidak takut Denkarung ,,
    Saya rakyat sipil biasa yang petriotik yang ingin berbagi nasionalisme disini,
    Saya yakin tidak akan dikarungi karena menurut saya denkarung itu tidak ada dan bukan momok.,,dan saya seorang sipil yang jauh dari info rahasia negara,,

    Kenapa kita harus takut denkarung kalau kita Tidak mencela dan menjelekan lambang negara kita,
    Selama kita memegang etika berkomunikasi yang baik dengan adab santun dan saling menghargai maka kita terhindar dari pelanggaran aturan dan norma

    Soo himbauan untuk para warjager bahwa denkarung itu tidak ada yang ada adalah undang undang dan norma yang harus ditaaati dengan baik bukan dilanggar dalam bersosial media..
    hentikan mencela lambang lambang negara,, karena bagaimanapun kita warga negara Indonesia,,,bukan sekedar penduduk Indonesia…
    Imho

    •  

      kenapa tidak pernah lagi menulis bung??? kangen πŸ™‚

      •  

        saya akan tetep menulis yang mencerdaskan.. sementara ini ke kewiraan dulu,,
        Kemarin kemarin warjag lagi rame dan penuh dengan artikel artikel dari kawan kawan disini.yang inspiratif. jadi saya anggap warjag masih banyak stok bahan tulisan dan saya agak santai
        yang kedua memang akhir akhir ini saya agak sibuk dan Alhamdulillah sudah bisa aktif disini,,walau harus mengejar baca koment di warjag yang banyak..

        Saya masih setia disini kok
        hehehehe

    •  

      maklum bung@ss sbab dah lama paranarasumber gx hdr sehingga ad ksan kena dkarungin, cm krng DKI aj para warga.
      pikiran penjaga gardu

  54.  

    Coba disini di kasih like coment… Sy mau Like coment bung ss..
    Setuju… Jgn batasi diri kita dg Tni karna ketakutan yg kita buat d pikiran kita sendiri…

  55.  

    Iya bung djiancox,udah dari dulu kita udah ahli bangun pesawat baling2,masak harus import kesana,padahal tukino itu kan mesinnya dari pratt&whitney…….???ahli pesawat kita banyak juga to…???ini yg saya heran,butuh pencerahan nih….

    •  

      @MIRZA,
      Industri strategis dalam negeri ( PT DI/IPTN, PAL, BBI, Barata, Krakatau steel & masih ada beberapa lagi ), di kebiri saat RI terikat bantuan IMF di saat ekonomi ambruk selepas periode ’98 dgn berbagai syarat. Padahal perusahaan2 itu memiliki peluang yg besar untuk berkembang & mampu menyokong kemampuan RI dalam teknologi tinggi, termasuk untuk militer. Ttp barat berusaha agar perusahaan ini tidak berkembang bahkan mati, yang intinya barat memberi bantuan lwt IMF, ttp kemampuan perusahaan strategis itu benar di kebiri lwt syarat2 yg di ajukan IMF dulu.

    •  

      @Mirza
      Saat ini tergantung political will dr pemerintah untuk memajukan perusahaan strategis yg ada untuk kemandirian pembuatan peralatan2 yg di butuhkan TNI/Militer scr mandiri. Pemerintah paling tidak harus mempunyai & membentuk lembaga tink tank & riset semacam DRDO/India atw DARPA/Usa. Sampai sejauh ini DARPA & DRDO telah menunjukkan bahwa lembaga seperti ini bs menjadi pemandu bagi militer & industri2 pertahanan untuk bs menjadi yg terdepan & tangguh.

  56.  

    “Bangunlah jiwanya Bangunlah badanya”

    Bangunlah jiwa” muda ,kuatkanlah tekat .pegang teguh janjimu Untk memajukan NKRI

    Bangunlah Badanya . Jangan pernah Menyerah walau harus jatuh berdarah darah,terjungkir balikpun kau tetap akan berdiri tegap menantang masa depan untukmu dan semuanya
    #bangbangwetan NKRI

  57.  

    Brazil justru tdk bermain dgn clue-clue. Mereka menegaskan hak kekayaan alam nya dgn membuat pertahanan yg jelas, yg diumumkan presiden nya langsung agar pihak lain tidak coba-coba bermain. Itu sangat bagus.!

  58.  

    Sekedar pengetahuan TENTANG Kapal Selem..siapa tahu di warjegger ini ada yg jadi ilmuan KS RI..
    http://www.youtube.com/watch?v=UxB11eAl-YE

 Leave a Reply