Sep 242014
 
INS Tanin, Israel

INS Tanin, Israel

Haifa – Israel mengadakan upacara khusus untuk docking pertama kapal selam Dolphin-II AIP, INS Tanin, di Pelabuhan Angkatan Laut Haifa, Selasa, 23 September, 2014.

INS Tanin, yang membawa rudal jelajah dengan jangkauan ribuan kilometer dan dapat dilengkapi hulu ledak nuklir, berlayar dari negara pembuatnya Jerman, ke Israel disambut dengan penghormatan militer penuh: Presiden Reuven Rivlin, Kepala militer Israel Benny Gantz, Menteri Pertahanan Moshe Ya’alon dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu – serta band militer.

Dalam upacara sambutannya, Netanyahu menekankan kebutuhan Israel akan kapal selam modern, untuk mempertahankan kemampuan angkatan laut Israel dalam menghadapi ancaman yang semakin meningkat dari Iran dan ekstremis di berbagai tempat.

INS Tanin adalah kapal selam pertama class baru Israel yang dilengkapi teknologi baru. Kapal ini adalah satu dari 6 kapal selam yang dikirim menuju Israel. Kapal berkemampuan nuklir kelima -INS Rahav- yang diresmikan tahun lalu di Jerman, juga segera tiba di Israel, tahun 2015. Armada kapal selam ini akan komplit pada 2019, dan menjadi menjadi kapal selam paling powerfull yang pernah dimiliki Israel.

Dengan panjang lebih dari 225 meter, kapal selam kelas Dolphin II diesel-listrik ini digambarkan oleh ahli teknis sebagai “Kapal Serang Konvensional, Kapal Serangan Nuklir dan Kapal Komando bergerak”.

“Ancaman potensial terus tumbuh, dari Iran di timur dan pasukan Islam ekstrim yang ada di mana-mana. Oleh karena itu kita harus menjaga keuntungan kualitatif dalam menghadapi semua orang yang ingin menyakiti kita. Kita harus memberdayakan diri kita sendiri,” kata Netanyahu.

Dia menambahkan kapal selam yang kuat ini akan menjadi second strike dalam kasus serangan nuklir, dan mengirim “pesan yang jelas dan mengarah langsung kepada musuh-musuh (Israel)”

INS Tanin, Israel (REUTERS/Amir Cohen)

INS Tanin, Israel (REUTERS/Amir Cohen)

INS Tanin adalah kapal selam pertama Angkatan Laut Israel yang memiliki AIP (Air-Independent Propulsion) yang dapat beroperasi tanpa oksigen atmosfer, tanpa harus muncul ke permukaan atau menggunakan snorkel. Hal ini membuat kapal selam ini bersifat senyap dan berpotensi tidak terjejak oleh kapal selam bertenaga nuklir.

Para pejabat pertahanan dan militer Israel mengatakan kapal tersebut akan secara dramatis meningkatkan kemampuan Israel untuk beroperasi dalam menghadapi musuh yang dekat dan jauh.

Israel bertekad untuk menghadapi setiap ancaman dan setiap tantangan kapan saja. “Dalam menghadapi ancaman yang meningkat, kami dengan tegas akan mempertahankan perbatasan kami; di darat dengan pagar, di udara dengan dome dan di laut dengan kapal selam,” ujar Netanyahu.

Awal September, 50 awak kapal INS Tanin dalam pelayaran perdananya untuk menempuh jarak 8.000 kilometer, mulai dari Galangan Kapal Kiel melalui Atlantik Utara, menuju Selat Jibraltar, dan melintasi Laut Tengah ke Israel.

Bagian kapal selam Klas-Dolphin yang paling mahal adalah perangkat militernya, yakni bagian dari senjata strategi jarak jauh Israel. Kapal selam itu dilengkapi dengan sejumlah sistem senjata serang dan teknologi canggih, termasuk radar, alat ketepatan sasaran, perang elektronik dan sistem kontra pertahanan seperti torpedo.

Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengatakan: “Jika semua musuh Israel “membuat kekeliruan lagi dan memicu perang melawan kami, Negara Israel akan kembali beroperasi dengan segala cara, dalam lingkaran dekat dan jauh, untuk memotong tangan mereka”. (reuters).

Bagikan:

  106 Responses to “Kapal Selam Nuklir Israel”

  1.  

    Selamat malam…!!!

    •  

      Selamat malam juga bung Mirza……susah banget meng’kudeta bung mirza..hehe

    •  

      Lapak di kuasai Bung Mirza lg…klo ada hadiahnya udah pasti numpuk tuh hadiah di rumahnya Bung mirza

    •  

      Betul bung wedus ,bahkan tuhan pun bingung mengasih jawabanya kalo ditanya mengapa indonesia tidak jadi negara makmur . seandainya kita tanya pada tuhan pasti jawabanya KURANG APA LAGI ,APALAGHI YANG KAMU MINTA DARIKU APALAGI YANG HARTUS AKU PERBUAT karna semua yang dibutuhkan manusia sudah aku kasih padamu indonesia

      Tanah subur,segala jenis tambang ,iklim yang bagus,dan jutaan manusia sudah aku kasih padamu indonesia terus apa yang harus aku lakukan lagi apa yang harus aku perbuat supaya kamu menjadi maju indonesia

      Pasti tuhan menjawab seperti itu.

      Sekarang mari kita telaah siapa yang salah???

      Kaloi menurut saya adalah yidak adanya pemimpin yang amanah atau belum ditemukanya pemimpin yang amanah.

      Kitabbutuh pemimpin bukannpejabat saudaraku

    •  

      wedus@jokowi bs menjadi pemimpin yg menjanjikan asal..bs lepas dr pengaruh dan berani mengatakan tidak kpd megawati dan org2 di sekitarnya,klo tdk mampu..jokowi tdk bs lbh baik dr pemimpin2 sblmnya

    •  

      Yak Gimana Maju Israel Wong Zholim sama Palestina, saban ari digerogotin tanah Palestine sama nembakin rakyat Palestine … Biar Nuklir kagak bangga deh dapet dari hasil maliiiiiiiiiiiiiiiiing ……

      Ntar Kalo Konjen Kita sudah ada di Palestine, tongkrongin aja dengan Koppasus, Kopaska dan Kopaskhas dengan alutsistanya … biar enggak macem 2 Tuh Israel … Otomotis Konjen kita dapat menjadi Shield bagi rakyat Palestine yang berlindung disana …

    •  

      Sekedar info mengenai Israel submarine: Length: 68.6 m (225 ft) for Dolphin2

  2.  

    Petamax

  3.  

    1

    •  

      sejak kemarin JakartaGreater ada iklan bertuliskan bahasa Ibrani, dan saya heran judulnya juga “ANEH”.. ky “Suriah selalu kalah sm IsraHell” TERUS DI GANTI.. terus ini kapal selam bukan bertenaga nuklir tp berkemampuan menembakkan rudal dengan hulu ledak nuklir..

      QUESTION WHY ????

      •  

        Introspeksi utk kita kali bung. Introspeksi sekaligus sindiran utk kita, knp Israel yg seUpil begitu majunya, smntr negara kita yg segini besar justru “tergilas”.

        Mari sama2 tergugah. Semoga saja para pemimpin, pemangku kekuasaan di negeri ini juga tergugah. Krn butuh KESUNGGUHAN PEMIMPIN utk membawa negeri ini jauh lbh maju, bung.
        Mhn maaf klo saya salah….

        •  

          Betul bung Wedus. Kalau hanya dimaki2 seperti apapun, Israel tidak akan runtuh.
          Kenyataan di perang Yom Kippur, Israel dikeroyok Mesir, Suriah, Lebanon dan Irak bahkan negara2 Arab scr tdk langsung dan USSR. Tapi di akhir perang malah Mesir dan Suriah yg kehilangan sebagian tanahnya dicaplok Israel.

          Kenyataan lainya, teknologi mereka sangat maju. Banyak negara2 di dunia yg diam2 berdagang dg mereka. Bahkan Indonesia sejak thn ’80an sdh akrab dg teknologi senjata Israel. Pilot2 tempur ‘ace’ kita mendapat banyak “trik2 unik” untuk mengakali keterbatasan alat selama penerbangan dari instruktur2 Israel. Artinya dari yg teknologi canggih sampai ilmu akal2an mereka sangat menonjol.

          Modal Indonesia seharusnya berlipat2 lebih besar dari yg dimiliki Israel. Seharusnya kita bisa lebih hebat juga. Minimal di Asia.

  4.  

    hemmm Mikir,

  5.  

    Slamat mlm all

  6.  

    Wah wah waaahhh… Aje gile!!!!! Lansung pongah

  7.  

    delapan besar

  8.  

    Nunggu wejangan bung ps….

  9.  

    Assalamu’alakum Wr.Wb.
    Selamat malam..

  10.  

    Konon bukan utk menghadapi tetangganya, bukan pula utk iran, tapi utk “calon musuh dari utara-jauh”

    •  

      Jangan2 indonesia musuhnya

      •  

        xixixixixi? seberapa kuat emang AL israhell? punya berapa destroyer? punya berapa KS? dan emg punya kapal induk ? emg nyerang musuh cuma pake KS doank :mrgreen:

        •  

          Siapa pun berpikir ulang kalo lawan Israel..

          Kalo memang gampang dihancurin, dr kapan tau jg udh pd nyerang kali. Kan disekitar mereka pd kgk suka, apalagi orang orang timteng. Tp kenapa belum diserang? Karena kekuatannya sulit diprediksi.

          Terus banyak yg bilang lawan hamas saja sudah kewalahan, iron man eh iron dome aja jebol, merkava yg katanya pemilik lapisan terkuat jg hancur. Inilah militer bung, kita tidak tau itu benar karena mereka lemah atau memang sengaja dibuat agar kelihatan lemah? Inget perang pertama israel dan palestina gk? Semua berawal karena israel membuat opini bahwa israel tuh lemah sehingga palestina diajak perang hayo aja, eh pas prakteknya kalah total palestina, hilanglah tanah perlahan berganti pemilik.

          Intinya jangan hanya karena yg dilihat kemarin doang langsung membuat opini Israel lemah ah, wong lawan hamas aja keteteran bisalah kita hancurkan israel, pas praktek nanti kalah total lg kaya yg sudah sudah.

          Disini maksudnya adalah jangan mulai belajar kaya malon yg suka meremehkan, saat di ajak bentrok malah kabur, atau saat di ajak bentrok malah kalah sama tim/negara yg diremehkan, yg ada malunya dua kali lipat dobel.

          Take care cah cilik dalam membuat opini, jgn smp hancur dengan sendiri karena opini yg dibuat diri sendiri πŸ™‚

          •  

            kekuatan istrael bukan pada angkatan perangnya…

            tapi pada sistem keuangan dunia dan lobi lobinya..

          •  

            kita tidak tau
            itu benar karena
            mereka lemah atau
            memang sengaja
            dibuat agar kelihatan
            lemah?
            ———–
            Jadi ingat pasukan israel di pos perbatasan: cewe2 wamil baru lulus sma

          •  

            bukannnya mereka gak berani nyerang nih zionis…tapi mereka melihat dampak kedepannya…klo si zionis di colek.siapa yg pasang badan…Asu sama mama Ely n kroni-kroni nya kan…

            yakin bung falm tanpa bantuan negara lain zionis ini akan menang…hehehehehe

            imho

          •  

            yess bung falm komen juga,tinggal nunggu bung yonhap nih :mrgreen:

          •  

            Bung bonex : itu bukan israelnya yg nipu x bung, tp wartawan yg nagkep beritanya bodrex. Wkwkwk.

            Sebelum artikel ini juga sudah sempat dibahaskan bahwa kapal selam ini basic designnya itu ya kapal selam u212/214 punya germany. Ukurannya 65m.

            Ya namanya juga israel bermain sekutu bung, itulah piciknya sekutu. Cuma germany, italy dan jepang dulu yg berani 3 lawan banyak. Belum ada lagi yg kaya model mereka.

            Menurut saya ya itu opini yg dibuat supaya kelihatan seakan akan lemah. Itu menurut saya sih. Tp saya masih anak kecil yg masih suka ngawur juga sih, maaf kalo opini ngawur πŸ˜€

        •  

          @ amblegedeshh
          Setidaknya itulah yg mereka pikirkan dan bukan konon katanya. Bagaimana kita bisa menang melawan musuh jika kita tidak tahu seperti apa musuh kita dan apa yg musuh kita pikirkan? Ini kan basic bgt, teori perangnya Sun Tzu. Imho, israel memang tidak punya kapal induk dan secara keseluruhan armada perangnya kecil tapi mereka punya rudal yg mampu menjangkau moscow.

          •  

            Assalamualaikum wr.wb
            imho
            rudal tetaplah sebuah benda bung
            menurut saya pertahanan udara yang paling kuat adalah udara itu sendiri dimana kita bisa mengendalikan cuaca.
            misal badai tornado dan lain sebagainya.

            kalau salah ya maaf πŸ˜€
            maaf oot πŸ˜€

          •  

            gmna klo tu rudal buat indonesia ya,nangkisnya pake anoa sm drone bs gak ya

          •  

            Wa ‘alaikum salam wr wb
            Sependapat bung @WongNdeso, setau saya amrik sdg mengembangkan yg semacam ini tapi tidak atau blum berhasil. Klo rekayasa cuaca utk kemakmuran bangsa, Indonesia sudah biasa melakukan.

          •  

            Kenapa ga bisa bung frans. Indonesia bangsa kreatif, anoanya bisa saja di panjangkan dan di taruh di pundaknya S 300, S 400 atau S 500 seperti rudal Bastion. Dengan terintegrasi oleh radar jarak jauh, rudal jarak pendek sampai Orlikon sky shield dan di udara drone di bantu AWAC CN 295 saya kira rudal ICBM negara lain bisa terbaca gerak dan jejaknya. Memang sementara ini indonesia alutsistanya belum canggih, tapi perang dgn israel pun belum tentu terjadi 20 tahun lagi. Sekiranya perang sekarang pun saya siap datang ke Jerusalem utk angkat kerah leher tentara israel, dengan catatan perang atas nama NKRI.

  11.  

    wah… makin berbahaya timur tengah neyh…

  12.  

    selamat malam semua warga jkgr ijin nyimak

  13.  

    kalau tidak salah, kapal selam ini dibiayai oleh pemerintah jerman
    ada apa dengan jerman ?

  14.  

    Gimana kl Indonesia pesen 2 biji?…hehee…

  15.  

    langgsung geger otak kawasan. . .

    SALAM NKRI

  16.  

    Datang tak di jemput pulang tak di antar Ndan PS datang lah ndan PS datang lah ndan PS datanglah …. Sajennya udah siap semua… Datang tak di jemput pulang tak di antar…..

  17.  

    selamat malam
    nyimak ajah….. ndan

  18.  

    2015 PT PAL membuat changbogo dengan diesel listrik,tahun berikutnya mengadopsi nuklir πŸ˜†

  19.  

    mmm… lontong lagi loontong lagi….bakar menyan yukk biar bung PS nongol

  20.  

    klo udah gini komentar nya asu apaan yah? untuk menjaga stabilitas timteng? 225 m buat angkut nuklir brp biji neh? smoga ada kejadian spt di armada VII yg ditempeli kecil2 cabe rawit or dihajar iran ama ks mini nya. Ribut deh timteng gara2 perubahan peta yg drastis, tinggal nunggu reaksi iran, arab, mesir ama yg dukung hamas.
    Semoga ada yg nebar ranjau di kedalaman 100m buat antisipasi neh ks

  21.  

    Dari Wiki (berarti bukan A1 dan juga bukan A4 tapi kuarto nih πŸ˜€ ) :

    The first three members of the class were based on the export-only German 209-class submarines, but greatly modified and enlarged, and are thus not designated as members of the 209 family

    Nah lho…
    Jika PT PAL selesai membangun kapal selam ketiga di sini, dan isinya ada peningkatan daripada yang pertama dan kedua yang dibikin di KorSel, berarti dalam jangka waktu tertentu…? Dolphin kayaknya jadi biasa ya? πŸ˜€

  22.  

    Propaganda yahudi….utk menakutin kawasann…heemmm…dari dulu dari zaman nabi..ampe sekarang….yahudi tak akan pupus..utk menghancurkan kebenaran…ya allah jauh kan kami dri fitnah kubur..fitnah dajjal dan pedukung nya..dan fitnah dunia…aminnn YRA…

  23.  

    Slm malam ijin menyimak

  24.  

    Astaghfirlloh Memang benar kaum Yahudi Pintar Luar biasa :'(

  25.  

    225 meter apa 225 ft ya..

  26.  

    pinter lagi klo berkhianat….jewis2.

  27.  

    Semangkin israhell hebat semangkin dekat dg kehancurannye…!!! Negara duri dalam daging..hehehe…!! Kelamaan tuh duri pasti bakal dicabut ma yg punya daging..israhell akan membuat kehancuran sekali lagi di bumi ini & itu yg terakhir buat mereka..!!

    …NKRI HARGA MATI…

  28.  

    saya kutip kata2 diatas…. “..digambarkan oleh ahli teknis sebagai β€œKapal Serang Konvensional, Kapal Serangan Nuklir dan Kapal Komando bergerak”.”… namun ketika kita bisa lihat spesifikasinya… hehe… btw.. ini tandanya israhell sedang “merendahkan diri meningkatkan mutu”,.. ya ga…. oya,.. waduh,.. palestina kekunci niy… piye ya???

  29.  

    Tidur ah

  30.  

    Masih terlalu jauh gap mereka bung. Semoga perdamaian.di timteng lekas.datang

  31.  

    nyimak aja…

  32.  

    Israel dapat mainan baru langsung dipamerkan, di kita lebih hebat lagi SU35 sudah punya (versi siluman) , padahal AU rusia baru dapat SU35 akhir 2015

  33.  

    Bung Diego,
    Bisa mohon agar artikel dicek akurasinya.
    Judulnya bisa menyesatkan, padahal ks ini adalah kapal selam bertenaga diesel yg mungkin punya kemampuan meluncurkan cruise missile Popeye berhulu ledak nuklir.
    Demikian pula panjangnya lebih dari 225 m padahal untuk Dolphin II hanya 68,6 m. Dan belum ada informasi terkini bahwa ks telah dilengkapi AIP.

    Terima kasih sebelumnya, dan salam hangat.

    •  

      Betul bung, ini kasel diesel tp kemampuan menembakkan nuklir. Panjang setau saya cuma 65m. Persis sama dengan u214 karena memang acuan designnya. Singapur jg mesen sama speknya dengan israel tp katanya sih ada penambahan penambahan gitu, kode kaselnya pun dibikin jd kaya jenia baru yaitu u218

  34.  

    Hadir walo terlambat soalnya tadi ngeteh panas di Warung dulu sambil ngemut tuh bakwan barang 2 biji … he he

  35.  

    Kok Soekarnonya enggak ada ….. dimana tuch …

  36.  

    sabar bung..dengan semakin berjalanya waktu…..isroil juga akan semakin kecil dan menghilang……..jika amrik …dah mulai miskin……..dulu .perang lawan negara arab menang…..sekarang perang lawan hisbulloh aja kalah .sama hamas….dah keteteran……

  37.  

    Negri hebat yg realistis..kita bisa seperti mereka hahkan pemikirannya pun sama .karna setiap otak dan cara2nya itu sama derajatpun sama.hanya kita mau memakai pemikiran kitabscara efektif atau ga.seluruh dunia kemampuan otaknya sama tinggal kita mau atau ennga.klo kita mau pasti mampu

  38.  

    kita mmg pantas belajar dr negara2 seperti israel,singapore,malaysia,thailand,japan,korea..yg penduduknya sdkt,sdm dan sda nya jauh di bwh kita tp mampu melejit di pentas dunia jauh meninggalkan indonesia..israel yg jumlah penduduknya cm setengah dr jumlah penduduk jkt tp mampu mengguncangkan dunia,singapore menjadi salah satu barometer ekonomi dunia,malaysia penguasa hasil perkebunan,jepang-korea dgn teknologi otomotif dan it nya,thailand dgn industri makanan dan produk2 pertanian/perkebunan yg mendunia…bgmn indonesia?
    Wilayah darat luas,laut luas,penduduk byk tp gula,garam,beras,kedele,pupuk msh impor..lahan perkebunan terbesar di dunia cm sygnya mayoritas dikuasai asing,malah org indonesia bekerja ambil upah dgn asing diatas lahannya sendiri..pinter bgt ya hehe
    Sebenarnya kita bs lbh hebat dr mereka,tp pejabat di pemerintahan otaknya di cuci dulu biar nggak mikir harta,tahta dan wanita..penduduknya jg harus punya disiplin tinggi,jgn manja,mau di atur dan taat hukum..

    •  

      Tidak tepat kalau Israel disamakan dengan singapore,malaysia,thailand,japan,korea. Israel itu negara anomali yg 100% dapat bantuan dari ASU. Bila bantuan ini dihentikan, maka Israel akan termasuk negara kecil dengan segala keterbatasannya. Memang Yahudi adalah pekerja keras yg penuh tipu tetapi ekonominya dibangun tanpa membiayai biaya pertahanannya yg sangat besar yg 100% didanai ASU. Semua perang Israel dari dulu sampai sekarang Gaza, itu didanai dan dibantu (terutama impor senjata dan amunisi) oleh ASU.

      •  

        setuju bung antonov, negara sekitar israel itu bukan takut sama israelnya tapi mereka takut sama asu dan kawan kawan nya

      •  

        Mereka bukan hanya pekerja keras bung, pada dasarnya memang cerdas cerdas kok mereka. Kita harus akui kelebihan dan mengakui kekurangan kita.

        Kalo masalah budget alutsista mereka memang dibantu sekutu tp bukan 100% juga kok bung, tetap ada porsi dari APBN mereka.

        Saya mengakui mereka karena memang banyak contohnya kok bung. Yg paling fenomenalkan si einstein itu. Kita mau munafik atau tidak, tp kita sudah banyak menggunakan produk jebolan yahudi. Contoh ya aqua sih, orang taunya danone itu dari prancis, tp yg punya yahudi.

        Selama kita bisa bertindak, mari kita bertindak, tidak perlu diutarakan kita benci sama israel, tp kalo kita masih minum aqua sama sajakan?

        Saya anti produk malon dan belanda, selama saya beli makanan dan minuman yg sudah berbau made in malon, made in kompeni, pasti saya cari produk pengganti sejenis. Kaya bensin, saya mau beli jenis pertamax/plus, banyak temenin nyaranin pake shell, tp saya lebih pilih tetap pake produk pertamina atau kalau lagi ingin beli yg bensin total. Begitu sih bung menurut ku.

        Maaf kalo sok tau, hanya mau berbagi pengalaman cara mengembargokan diri dari negara2 yang tidak saya suka πŸ™‚

        •  

          Saya ngga lah sampai nolak minum aqua he he he.
          Wong Pindad saja itu produksi peluru mortir 60 mm dan 80 mm tahun 1997 under license dari Soltams Israel. Kalo sekarang nggak tahu mungkin juga masih (ref Jane’s Infantry Weapons 23rd Edition 1997-98).

          •  

            Ya maksud saya kalo memang ada yg fanatik anti israel bung, kalo saya melihat negara kita gk punya kontak permusuhan secara langaung dengan israel, kita benci karena atas nama kemanusiaan.

            Nah saya benci malon karena bangsa tengik yg lupa kulit, benci belanda karena mereka sudah lama sekali jajah kita dan kuras SDA kita. Sampai lampu di rumah saya ogah pake philips, saya pake klaus atau osram yg buatan jerman.

            Mksd saya begitu bung, kalo memang benci mari kita buat aksi kecil yg nyata tp diyakini memiliki dampak jg.

            Sorry lancang, tp hayo kita embargo diri dari produk malon dan kompeni πŸ˜€

          •  

            kawan Antonov@menggunakan produk iseael/yahudi bkn berarti kita simpatik kpd mereka hehe

  39.  

    Assmlkm wr wb, para warjager israel dan para pendukungnya diseluruh dunia memang sudah disuratkan oleh Alloh SWT, bhw dunia ini adalah surga nya bagi mereka, tetapi mereka tidak akan mendapatkan bagian untuk merasakan surga yg sesungguhnya kelak.
    kita ambil contoh si Ariel Sharon yang sudah mati itu, saat ini sedang diapain dialam sana, itulah pembalasan, selamat menikmati aje yee, ………….he he he he……..

  40.  

    Cara terbaik rusia tetep bs memperkuat militer iran di tiga matra adalah dg mengekspor teknologi dg mengekspor tenaga ahlinya ke iran, dg demikian iran tetep bs mendapatkan alusista bar canggih namun rusia tdk perlu bersitegang dg negara lain,,itulah mengap iran tenang sj meski import langsng perangakt militer dr rusia tdk lancar, namun secara kontinyu terus meluncurkan alat tempur bar & mampu menatuhkan bahkan membajak drone israel & ameriks. Spek kadel diats tentu lbh cenderung dibesar2kan terutama dlm hal ukuran,,,,namun iran tentu telah siap untuk mrnghajar israel dimnanapun,,iran sll bersama rusia,,namun rusia tdk lg mengkspor langsung tp mengekspor tenaga ahlinya bersama itan memproduksi sendiri,,,

  41.  

    kata jokowi bgm bung ???

  42.  

    Saya yakin ks yang nanti dibuat oleh PT.PAL akan lebih gahar dari yang ks yang sekarang diposting, kita sudah pengalaman cukup lama dengan ks mulai dari jaman belanda, rusia yang whiskey kemudian dari jerman. Kita tahu bahwa ahli-ahli kita sangat pandai dan jenius dalam mengoprek apapun baik engin, konstruksi maupun sistem combat sesuai dengan cita rasa nusantara, sehingga negara lain pun kesulitan bahan sukar untuk mengukur kemampuan dari ks kita nanti, walaupun mungkin dari mesin kita masih import tapi untuk sistem combat pasti akan sangat gahar terutama dengan kontur georgrafis indonesia yang sedemikian uniknya ada perairan dalam, dangkal dan kondisi-kondisi oceanografis fluktuatif sangat sulit di tebak itulah nanti yang menjadikan ks kita menjadi ks yang tidak mungkin dipunyai oleh negara-negara barat atau asia lainnya.
    Kucuran dana 1,5 T itu masih belum apa-apa kalau pada akhirnya kita nanti memiliki ks diesel elektrik dengan teknologi revolusioner (AIP) sehingga meningkatkan kemampuan stealth. Indonesia adalah negara tropis yang jelas keasaman air laut cukup tinggi hal pasti teknologi bahanya pasti luar biasa, kita tinggal di rumah sendiri tentunya sudah tau perabot apa saja yang kita miliki.
    Sori lho sobat-sobat ini cuman ungkapan perasaan penjual kopi diwarnet, kalo ada yang kurang tolong dibantu….

  43.  

    negara penakut.. mereka kuat hanya kerena pembiaran dunia..
    he..3x

    •  

      artinya dunia yg takut bkn israel,krn dunia tdk mampu berbuat apa2 atas aksi israel

      •  

        ga kebayang kalau asu hancur gimana tuh nasib israel.
        sebab israel maju karna ada faktor yg memicu mereka untuk maju,dikelilingi musuh,SDA yg tdk berlimpah tentu membuat mereka berpikir keras bagaimana supaya mereka bertahan, begitu juga dgn jepang dan singapura yg miskin SDA menjadikan mereka lebih banyak berpikir agar bisa survive beda dgn kita dgn SDA yg melimpah membuat kita malas

  44.  

    To kalian yg mengagungkan kehebatan Yahudi :
    Munafik kalian yg membela dan menyanjung kehebatan Israhell πŸ˜†
    Bukan hanya rakyat Yahudi d muka bumi ini yg paling hebat,munafik tuh namanya.
    Ingat banyak manusia2 cerdas dri berbagai Negara dan Agama,bukan cuma Yahudi yg cerdas ! Yahudi juga buanyak yg Bo**h sama aja kyak yg lain. Menilai kehebatan Yahudi atas dasar kemajuan technologi dan kemajuan perekonomiannya πŸ˜† Munafik
    Ilmuwan2 cerdas d muka bumi ini gak cuma ngurusin Rudal,KS,Tank,dll..banyak bidang bung,,Astronomi,Kedokteran,Tambang,dll semua butuh manusia2 cerdas d bidangnya,
    Kalian lupa siapa yg memberikan otak utk berfikir bagi tiap manusia ?
    Kalian lupa siapa yg menanamkan rambut d kepala ?
    Memompa darah kalian dgn Jantung ?
    Sudah adakah bung Ilmuwan hebat Yahudi,dll yg mampu menciptakan sendiri organ2 manusia seperti Allah ?
    Woy w tanya siapa yg menata Alam Indonesia sedemikian cantiknya ? Yahudi kah ?

    Sya percaya Indonesia jauh lebih hebat dlm sgala hal,bukan cuma trpaku dgn technologi sja,jdi alangkah munafiknya membesar-besarkan kehebatan Yahudi,seolah mengakui diri sendiri Bo**h πŸ˜†
    Hidup ini hanya sementara bung,kita harus percaya dgn diri,Keluarga,dan Negara sendiri.. Semua ada masanya,gak usah lebay melihat kehebatan orang lain,termasuk Alutsista yg serem2,tiap Manusia pasti Mati jadi gak usah takut lihat kekuatan tetangga seolah negara ini gak bsa bela diri,haah Kasihan,, πŸ™‚
    Maaf lancang, pleess jgn LEBAY πŸ˜†

  45.  

    semua negara pasti pilih produk terbaru U-214,soryu atau scorpene,
    lhaaa.., kita kok tetep beli U-209,harga 11-12, nyesek iki, sakitnya, disiniii..!!

    •  

      sales DSME pasti komentar.. hihii..

    •  

      Yg di cari kemandirian,,
      Jgn salah U209 changbogo yg dipesan TNI lebih gahar, beda dgn U209 lain nya, dgn di tambah AIP dan rudal ke permukaan, msh bisa menang battel ma scorpen,
      Apalagi klo PT. PAL yg buat, dgn begitu kerahasiaan persenjataan bisa terjaga, dan musuh akan menganggap lemah kita, sehingga mereka bs ceroboh, dan kesempatan menang battel makin terbuka

    •  

      Bung takasut,,seharusnya anda tdk membuat pernyataan spt itu,,hrs diketahui bhw KSchang bogo yg kita pesen adalah hsl nego terbaik,,dr hasil survey thd kebutuhan tni al,,ks chang bogo kita sebutannya u209 mutan atawa u 209 +++,,bhw body n ukuran mirip u209 namun lbh besar,,didalmnya ada AIPjg performance setara u214,,bahkan chang bogo tni al sepknya lbh gahar dr milik korea itu sendiri,,lain soal nika nanti korea up grace ngikuti chang bogo spek tni al,,justru chang bogo morea sdh teruji dlm berbagai latihan berzama USA dan sdh pernah dibeberkan di warjak ini,,harap jangN pesimis,,berbanggalah dg milik mita,,

  46.  

    Kemenangan israel atas negara negara arab adalah berkat campur tangan asu yg memasok senjata dan data intelijen.untuk itulah amerika nongkrong diteluk ya untuk kepentingan israel.bagi amerika hak asasi manusia hanya pemanis bibir .semua omong kosong,kita tahu watak mereka.hanya satu cara jika negeri negeri arab ingin merdeka seepenuhnya yaitu dirikan khilafah,sebab nasionalisme hanya baju yg sempit dan buruk yg kita terima dgn senang hati.jika ditimteng ada khilafah ,diafrika ada khilafah,diasteng ada khilafah siapa yg berani mengganggu?

  47.  

    Penguasaan wilayah laut kita mutlak dilakukan. Distribusi barang kita baik utk ekspor maupun lokal/antar pulau paling besar dilakukan melalui laut. Ketahanan laut kita harus dijaga, krn kalau tidak dijaga, sekali musuh menguasai laut kita dan bisa menguasai pelabuhan kita dan mendaratkan pasukan kita, niscaya kita akan dijajah lagi.

    Berkaca kepada kejayaan kerajaan di nusantara yg disokong oleh kekuatan dan armada lautnya spt sriwijaya, singosari, majapahit, demak dll dan berhasilnya portugis dan belanda menginjak kakinya di bumi nusantara adalah krn mereka berhasil menguasai kekuatan laut kita.

    Laut kita harus diperkuat tidak hanya dipermukaan saja, tetapi juga di bawah permukaan dan di udara yang bisa saling membantu satu sama lain. Penguatan armada kapal selam diperlukan untuk mengamankan alki kita, bantuan untuk kapal permukaan, penghadangan kapal selam musuh dan untuk intelejen. Pesawat udara spt AIWCS dan SU-34 serta roket dan peluru kendali perlu diperhatikan untuk membuat serangan menjadi sangat efektif, selain penguatan helikopter baik helli kopter serang dan rescue jg sgt membantu sekali.

    Bila ada bantuan dari laut dan udara, daratan yg kita diamin ini bisa menjadi aman. Selain untuk itu agar KOGABWIL segera direalisasikan untuk menciptakan doktrin pre emptive kita menjadi lebih efektif.

  48.  

    Zionis mulai lg unjuk kesombonganya..kita tgg aja kehancurannya

  49.  

    Emang pintar..,dan cenderung sombong..,hingga menjadi pembangkang terhadap Sang Maha penguasa jagad semesta..

  50.  

    mungkin jk indonesia bertetangga dgn israel,akan bernasib sama dgn negara2 arab lainnya..tak mampu berbuat banyak,syukurnya kita di asia tenggara yg alamnya jauh lbh baik dan damai

  51.  

    takasur , kowe ngomong opo? takasur kowe ngomong opo? kowe yen ora mudeng, ora ngomong? Takasur kowe sopo? Takasur kowe sopo?

  52.  

    bung falm mungkin itu salah satu sebab kenapa negara2 arab kalah waktu ngeroyok israel karna negara negara arab ga serius sementara israel tentu sekuat tenaga berjuang melawan musuhnya

  53.  

    wow keren 225 m.

 Leave a Reply