Sep 242014
 
INS Tanin, Israel

INS Tanin, Israel

Haifa – Israel mengadakan upacara khusus untuk docking pertama kapal selam Dolphin-II AIP, INS Tanin, di Pelabuhan Angkatan Laut Haifa, Selasa, 23 September, 2014.

INS Tanin, yang membawa rudal jelajah dengan jangkauan ribuan kilometer dan dapat dilengkapi hulu ledak nuklir, berlayar dari negara pembuatnya Jerman, ke Israel disambut dengan penghormatan militer penuh: Presiden Reuven Rivlin, Kepala militer Israel Benny Gantz, Menteri Pertahanan Moshe Ya’alon dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu – serta band militer.

Dalam upacara sambutannya, Netanyahu menekankan kebutuhan Israel akan kapal selam modern, untuk mempertahankan kemampuan angkatan laut Israel dalam menghadapi ancaman yang semakin meningkat dari Iran dan ekstremis di berbagai tempat.

INS Tanin adalah kapal selam pertama class baru Israel yang dilengkapi teknologi baru. Kapal ini adalah satu dari 6 kapal selam yang dikirim menuju Israel. Kapal berkemampuan nuklir kelima -INS Rahav- yang diresmikan tahun lalu di Jerman, juga segera tiba di Israel, tahun 2015. Armada kapal selam ini akan komplit pada 2019, dan menjadi menjadi kapal selam paling powerfull yang pernah dimiliki Israel.

Dengan panjang lebih dari 225 meter, kapal selam kelas Dolphin II diesel-listrik ini digambarkan oleh ahli teknis sebagai “Kapal Serang Konvensional, Kapal Serangan Nuklir dan Kapal Komando bergerak”.

“Ancaman potensial terus tumbuh, dari Iran di timur dan pasukan Islam ekstrim yang ada di mana-mana. Oleh karena itu kita harus menjaga keuntungan kualitatif dalam menghadapi semua orang yang ingin menyakiti kita. Kita harus memberdayakan diri kita sendiri,” kata Netanyahu.

Dia menambahkan kapal selam yang kuat ini akan menjadi second strike dalam kasus serangan nuklir, dan mengirim “pesan yang jelas dan mengarah langsung kepada musuh-musuh (Israel)”

INS Tanin, Israel (REUTERS/Amir Cohen)

INS Tanin, Israel (REUTERS/Amir Cohen)

INS Tanin adalah kapal selam pertama Angkatan Laut Israel yang memiliki AIP (Air-Independent Propulsion) yang dapat beroperasi tanpa oksigen atmosfer, tanpa harus muncul ke permukaan atau menggunakan snorkel. Hal ini membuat kapal selam ini bersifat senyap dan berpotensi tidak terjejak oleh kapal selam bertenaga nuklir.

Para pejabat pertahanan dan militer Israel mengatakan kapal tersebut akan secara dramatis meningkatkan kemampuan Israel untuk beroperasi dalam menghadapi musuh yang dekat dan jauh.

Israel bertekad untuk menghadapi setiap ancaman dan setiap tantangan kapan saja. “Dalam menghadapi ancaman yang meningkat, kami dengan tegas akan mempertahankan perbatasan kami; di darat dengan pagar, di udara dengan dome dan di laut dengan kapal selam,” ujar Netanyahu.

Awal September, 50 awak kapal INS Tanin dalam pelayaran perdananya untuk menempuh jarak 8.000 kilometer, mulai dari Galangan Kapal Kiel melalui Atlantik Utara, menuju Selat Jibraltar, dan melintasi Laut Tengah ke Israel.

Bagian kapal selam Klas-Dolphin yang paling mahal adalah perangkat militernya, yakni bagian dari senjata strategi jarak jauh Israel. Kapal selam itu dilengkapi dengan sejumlah sistem senjata serang dan teknologi canggih, termasuk radar, alat ketepatan sasaran, perang elektronik dan sistem kontra pertahanan seperti torpedo.

Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengatakan: “Jika semua musuh Israel “membuat kekeliruan lagi dan memicu perang melawan kami, Negara Israel akan kembali beroperasi dengan segala cara, dalam lingkaran dekat dan jauh, untuk memotong tangan mereka”. (reuters).

  106 Responses to “Kapal Selam Nuklir Israel”

  1.  

    Kemenangan israel atas negara negara arab adalah berkat campur tangan asu yg memasok senjata dan data intelijen.untuk itulah amerika nongkrong diteluk ya untuk kepentingan israel.bagi amerika hak asasi manusia hanya pemanis bibir .semua omong kosong,kita tahu watak mereka.hanya satu cara jika negeri negeri arab ingin merdeka seepenuhnya yaitu dirikan khilafah,sebab nasionalisme hanya baju yg sempit dan buruk yg kita terima dgn senang hati.jika ditimteng ada khilafah ,diafrika ada khilafah,diasteng ada khilafah siapa yg berani mengganggu?

  2.  

    Penguasaan wilayah laut kita mutlak dilakukan. Distribusi barang kita baik utk ekspor maupun lokal/antar pulau paling besar dilakukan melalui laut. Ketahanan laut kita harus dijaga, krn kalau tidak dijaga, sekali musuh menguasai laut kita dan bisa menguasai pelabuhan kita dan mendaratkan pasukan kita, niscaya kita akan dijajah lagi.

    Berkaca kepada kejayaan kerajaan di nusantara yg disokong oleh kekuatan dan armada lautnya spt sriwijaya, singosari, majapahit, demak dll dan berhasilnya portugis dan belanda menginjak kakinya di bumi nusantara adalah krn mereka berhasil menguasai kekuatan laut kita.

    Laut kita harus diperkuat tidak hanya dipermukaan saja, tetapi juga di bawah permukaan dan di udara yang bisa saling membantu satu sama lain. Penguatan armada kapal selam diperlukan untuk mengamankan alki kita, bantuan untuk kapal permukaan, penghadangan kapal selam musuh dan untuk intelejen. Pesawat udara spt AIWCS dan SU-34 serta roket dan peluru kendali perlu diperhatikan untuk membuat serangan menjadi sangat efektif, selain penguatan helikopter baik helli kopter serang dan rescue jg sgt membantu sekali.

    Bila ada bantuan dari laut dan udara, daratan yg kita diamin ini bisa menjadi aman. Selain untuk itu agar KOGABWIL segera direalisasikan untuk menciptakan doktrin pre emptive kita menjadi lebih efektif.

  3.  

    Zionis mulai lg unjuk kesombonganya..kita tgg aja kehancurannya

  4.  

    Emang pintar..,dan cenderung sombong..,hingga menjadi pembangkang terhadap Sang Maha penguasa jagad semesta..

  5.  

    mungkin jk indonesia bertetangga dgn israel,akan bernasib sama dgn negara2 arab lainnya..tak mampu berbuat banyak,syukurnya kita di asia tenggara yg alamnya jauh lbh baik dan damai

  6.  

    takasur , kowe ngomong opo? takasur kowe ngomong opo? kowe yen ora mudeng, ora ngomong? Takasur kowe sopo? Takasur kowe sopo?

  7.  

    bung falm mungkin itu salah satu sebab kenapa negara2 arab kalah waktu ngeroyok israel karna negara negara arab ga serius sementara israel tentu sekuat tenaga berjuang melawan musuhnya

  8.  

    wow keren 225 m.