Apr 282017
 

Kapal selam bertenaga nuklir pertama China “Long March-1” dengan nomor lambung 401, berlabuh di pelabuhan Museum Angkatan Laut China di Kota Qingdao, Provinsi Shandong, China timur pada tanggal 23 April 2017.

Sebagai kapal selam nuklir pertama yang diproduksi di dalam negeri , Long March-1 dibangun pada tahun 1970 dan ditugaskan ke Angkatan Laut PLA pada tahun 1974, dan kini setelah 40 tahun bertugas, kapal selam tersebut telah mengakhiri operasionalnya pada bulan Oktober 2013.

Kapal selam Long March-1 sekarang terbuka untuk umum di Museum Angkatan Laut Cina di Pelabuhan Kota Qingdao, Provinsi Shandong Cina Timur.

Pengunjung sekarang bisa melihat dan mengakses ke seluruh bagian di kapal selam secara bebas. Meskipun berukuran luas, untuk bisa memasuki “Long March-1”, pengunjung harus masuk melalui lubang selebar satu meter dan kemudian melewati lorong-lorong yang tingginya hanya satu meter.

Di dalam kapal selam, pengunjung juga bisa melewati kamar torpedo, di mana disitu torpedo disimpan sebelum siap ditembakkan.

Pengunjung juga bisa melihat kabin komando, tempat tinggal Kapten dan ruang intelijen. Daerah ini juga merupakan akses ke berbagai kompartemen komando kapal selam, dimana tersedia banyak fungsi control yang mengoperasikan kapal selam.

Dari situ, pengunjung juga harus melewati area reaktor dimana inti nuklir kapal selam berada. Selain itu dibagian belakang kapal selam pengunjung bisa melihat generator darurat yang merupakan tenaga cadangan bagi kapal selam jika reaktor nuklir harus dimatikan atau gagal berfungsi.

Chinaplus

Bagikan Artikel:

  12 Responses to “Kapal Selam Nuklir Pertama China “Long March-1” Kini Jadi Museum”

  1. Kadih indonesia aja

  2. nah ks yg begini kudu dikejar dibangun di nusantara auahh…

  3. Tes…

  4. Hihihi… No Lambungnya Sama Kaya KRI Nanggala… :D

  5. Siengkong jd pajangan museum!

  6. inggris luncurkan kasel nuklir baru tuh, ssv nomor 2 gimana kabarnya ?
    katanya mau diambil awal bulan depan….

  7. Tinggalkan jejak !!!

  8. TERNYATA BUATAN CHINA AWET JUGA SAMPAI 40 TAHUN

 Leave a Reply