JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 042016
 

Type-096 Qin class nuclear submarine carries 24 JL-3 SLBMs with a range of 15,000 km and MIRVs

Kapal selam nuklir Type-096 China secara resmi mulai ditugaskan pada bulan Juli 2008. Kapal selam nuklir ini mampu membawa 24 rudal nuklir (Submarine Launched Ballistic Missile-SLBM) JL-3 yang mampu menjangkau sasarannya sejauh 15.000 km.

SLBM JL-3 adalah versi kapal selam dari rudal nuklir peluncur darat (ICBM) DF-41 yang dilengkapi 10 hulu ledak nuklir independen (Multiple Independently Targetable Reentry Vehicle- MIRV).

Kemungkinan rudal balistik Jl-3 tidak sekuat DF-14 dalam mengangkut hulu ledak MIRV, menurut laporan, 24 rudal balistik JL-3 dapat menghancurkan 64 target secara bersamaan, selain itu rudal JL-3 juga dapat menghancurkan satelit musuh.

Dengan kekuatan sebesar itu bisa dikatakan satu kapal selam Type-096 memiliki kekuatan daya hancur setara dengan enam kapal selam nuklir strategis Type-094 Jin class.

Kapal selam Type-096 memiliki berat maksimum 10.000 ton dan merupakan saingan terberat kapal selam nuklir Ohio class milik Amerika, yang sama-sama memiliki tingkat kebisingan rendah, tidak terdeteksi, manuver tinggi, kemampuan bertahan hidup yang besar dan kemampuan rudal jarak jauh.

Kapal selam Type-096 pernah menguji coba rudal balistik (SLBM) JL-3 dari Laut Kuning dan berhasil mencapai target di Gurun Gobi yang berjarak 8.000 kilometer jauhnya.

Saat ini sangat mungkin China telah menyelesaikan penyebaran ke enam kapal selam Type-096 ke perairan Eropa, Asia, Australia dan Amerika Utara.

Pada tahun 2020, Angkatan Laut Cina akan memiliki minimal 6 kapal selam nuklir Type-094 dan 6 kapal selam nuklir Type-096 yang dipersenjatai 80 rudal balistik (SLBM) yang dapat membawa hingga 250-300 hulu ledak nuklir.

Bagikan:

  18 Responses to “Kapal Selam Nuklir Type 096 China”

  1.  

    Hebat yaahh

  2.  

    Cepat karatan coba aja lihat brp tahun bertahan

  3.  

    hati hati nabrak batu karang…bisa byar itu isi laut klo nuklirnya meledak

  4.  

    Akankah turun ke LCS…hayoo yg kena klaim siap” di luluh lantakan..haha

  5.  

    ngeri banget nih kapal… kalo mleduk gimana nih… 10 hulu ledak nuklir coyyy… ni kapal mesti jauh2 dr Asean. tp gimana caranya ya… cina kan lagaknya kaya preman pasar… di senggol jg bisa mledukduk… hadeehh… sadis

  6.  

    mirip 214 versi bongsor

  7.  

    Awak tak de wang….
    Hihihihi….

  8.  

    HAYNYA SUDAH OE BILANG,OE PUNYA MAENAN LEBIH BAGUS DARI VIETCON,OE PUNYA KAPAL SELAM NUCLER,VIETCON PUNYA KILO TAK AKAN SEBANDING DENGAN MAENAN PUNYA OE,JD JGN BELAGAK VIETCON KALAU TIDAK INGIN BOM NAPALM KE 2.HAHAHAHA

  9.  

    emang udah operasional ya? setahu ane blm operasional ini kapal, apalagi dr tahun 2008?

  10.  

    Wuuuuiiihhh 80 rudal dgn 250/300 hulu ledak nuklir….ya Alloh jauhkan negeri kami dari kapal selam ini…msh ada 6 milyar pnduduk bumi yg msh mmpunyai hak untuk hidup damai berdampingan jikalau d gunakan 1/4 bumi dah musnah….mr.xin ping mr.obama mr.putin pkokx yg negarax pny kyk ginian we not need this…salam damai

  11.  

    Nuklir salah satu senjata pamungkas yg paling ampuh, semoga Indonesia menyimpan/punya senjata ini,

  12.  

    yang ini bisa menyelam muehehe muehehe muehehe

  13.  

    ADA INFO APA TADI DI BATAM ADA pesawat intai maritim muter2..sepertinya NC 212..masalahnya jarang sekali ada penerbangan NC 212 melewati tengah kota

  14.  

    sebenar kalo dilihat kasel nuke(sebagai alusssita pamungkas)type096,tapi kalo mau lebih melihat kebijakan luar negeri khusus maritim china,sekarang maritim china sudah proyeksi kapal induk menjelajahin seluruh samudera(tergantung logistik)dulu main cm disekitar china saja(laut china,laut timur,laut dekat japan)

    nah kebijakan marinir keluar negeri(memberantas teror)sepertinya biasa sama dengan kebijakan luar negeri japan sekarang bisa kirim pasukan diluar negeri(tanpa ikut pbb)membantu sekutunya,nah kalo proyeksi kasel disamudera dalam sudah sama dengan kasel nuke amrik,rusia. nah ini ada pembaharuan yg sangat2 mendasar kebijakan policy pertahanannya china

    salam damai selalu met siang

 Leave a Reply