Sep 272016
 

Kapal selam nuklir strategis terbaru Rusia “Vladimir Monomakh” ( “Northwind” Project 955), melakukan pelayaran transisi dari Armada Utara ke Armada Pasifik, dan kini sudah ditempatkan permanen di basis barunya di Vilyuchinsk (semenanjung Kamchatka). Vladimir Monomakh- adalah kapal selam nuklir strategis ketiga dari generasi baru Project 955 (“Northwind”). Pembangunannya merupakan prestasi terbaru Rusia dalam kemampuannya membangun kapal selam yang minim kebisingan.

Vladimir Monomakh adalah salah satu dari kapal selam nuklir Borey class yang mulai bergabung dengan Angkatan Laut Rusia pada 19 Desember 2014. Borey class (NATO menamakannya Dolgorukiy) dimaksudkan untuk menggantikan kapal selam bertenaga nuklir Delta III, Delta IV dan Typhoon class yang sampai sekarang masih dalam pelayanan Angkatan Laut Rusia.

0_20ce58_5409aa07_xl

Meskipun menjadi pengganti untuk berbagai jenis kapal selam balisitk nuklir, kapal selam Borey class sebenarnya berukuran lebih kecil daripada Typhoon class (170 m dibanding 175 m), dan kru yang hanya 107 orang dibanding 160 orang pada Typhoon class. Tujuan dari rancangan yang lebih kecil adalah untuk mengurangi biaya pembangunan dan pemeliharaan kapal selam.

Yang paling ditakutkan dari kapal selam Vladimir Monomakh adalah persenjataan 16 rudal balistik RSM-56 Bulava dengan 6-10 hululedak MIRV (multiple independently targetable reentry vehicle) yang mampu menghancurkan 6-10 kota dengan satu kali tembakan saja.

  12 Responses to “Kapal Selam Nuklir ‘Vladimir Monomakh’ Kini Berbasis di Armada Pasifik”

  1.  

    Mantaaappp

  2.  

    “Nortwind”, kaya database sample aja hahaha…

  3.  

    yg paling mantaaap adalah…….
    sebagai “peredam kejut” bagi pangkalan ASU di pasifik(guam) ditambah pesawat pembom strategis tu-95 + vladimir nevsky + satu kapal selam terbaru rusia yg sangat sangat amat misterius(top secret).. ampe tuh kasel sengaja g dikasih nama.. hihihi..

    rusia ditimur, tiongkok di utara..
    indonesia akan fokus head to head dgn cucunya ASU diselatan…
    sepertinya cukup fair..
    2020 atau 2021…
    tp yg agak mengkhawatirkan adalah sisi barat.. apakah pakistan akan bermain pula nantinya?

    apakah blok “blok baru” cukup kuat menahan laju bangsa rakus bin tamak…?
    mudah2an “perisai” dapat disebar diseantero NKRI…

  4.  

    kapal penjelajah paling senyap yang dimiliki armada angkatan laut di Asia ternyata dimiliki oleh TNI AL dan bahkan Indonesia memiliki 2 buah….sangat senyap tak terlihat oleh radar dan penjejak inframerah ….KRI Dewaruci Penjelajah Samudera

  5.  

    hahihahi

  6.  

    robong eh borong( wani piro)

  7.  

    seandainya keuangan/anggaran Indonesia sangat memungkinkan untuk membeli KS ini dan Rusia memberikan lampu hijau ( asal ada uang ), ……… tetap saja para petinggi RI tidak akan mau mewujudkan nya, mengingat keseimbangan kawasan, ……… Preeeth !!!

  8.  

    Pasifik lebih panas ketimbang di laut hitam n baltik.. Borey Class sptny bkl di tambah lgi.

  9.  

    Sptnya vietnam mau pesen ini nih 3 unit, beli terus utk lcs, klo indonesia latihan terus mau hadapin dongfeng pake oerlikon di natuna ha ha ha…

  10.  

    ntarkita binkin namanya ks “amir markonah”…

  11.  

    6-10 kota hancur dalam 1 peluncuran???

 Leave a Reply