Sep 062018
 

Kapal selam Yuri Dolgoruky, Borei class, Rusia. (photo: Mil.ru)

Jakartagreater.com – Tidak hanya memiliki misil yang dapat terbang jauh, kini Rusia juga memiliki kapal selam yang dapat melakukan perjalanan ke seluruh dunia tanpa perlu mengisi ulang bahan bakar, dirilis situs Russia Beyond, 29-8-2018.

Rusia telah meluncurkan dua kapal selam nuklir baru generasi keempat, Yasen dan Borei yang dapat mengarungi lautan dunia tanpa perlu mengisi ulang bahan bakar. Yang mengembangkan dan merancang kapal selam ini adalah Rosatom, perusahaan negara Rusia yang memproduksi mesin nuklir dan instalasi operasi militer dan nonmiliter dalam negeri.

Pada awal 2017, mereka menyelesaikan tes inti reaktor nuklir dan pada 7 Agustus 2018, informasi tentang tes ini dipublikasikan dalam laporan tahunan perusahaan. Inti reaktor nuklir, di mana reaksi berantai terkendali berlangsung, adalah pusat reaktor yang mengandung bahan bakar nuklir.

Kegunaannya

Pertama, penemuan ini memiliki manfaat ekonomi. Bayangkan jika Anda punya mobil yang bisa melakukan perjalanan di seluruh dunia tanpa perlu membuat satu pemberhentian pun di pom bensin. Enak, bukan?

Sebelumnya, Anda harus “charge” semua kapal selam nuklir setiap 5 hingga 10 tahun sekali dengan membongkar kapal selam, mencopot mesin nuklir, menempatkan mesin dalam wadah timah tertutup, membuang bahan bakar nuklir bekas, dan memasukkan reaktor nuklir baru.

Proses rumit ini dilakukan oleh salah satu unit tempur utama Rusia dan membutuhkan biaya jutaan rubel. Oleh karena itu, desain baru ini akan memungkinkan Rusia untuk mempertahankan senjata yang paling canggih dengan biaya rendah.

Di mana lagi reaktor ini akan digunakan? Pada awal Maret, Presiden Rusia Vladimir Putin menunjukkan senjata baru negara ke dunia: sebuah misil yang menggunakan mesin nuklir “abadi”.

Ini adalah misil jelajah yang dapat mengelilingi dunia berkali-kali dan menyerang setiap kelompok musuh atau teroris, bahkan jika mereka mencoba bersembunyi di Antartika. “Kami telah mulai mengembangkan jenis senjata strategis baru yang tidak menggunakan lintasan penerbangan balistik sama sekali, yang artinya tidak ada sistem pertahanan misil di dunia yang mampu menahannya,” kata Putin.

Dmitry Safonov, mantan koresponden militer di harian Izvestia, mengatakan kepada Russia Beyond bahwa misil baru ini menyerupai misil X-101 Rusia dan misil Tomahawk Amerika yang terkenal. “Kenyataannya, misil baru ini telah dilengkapi sebuah perangkat kecil bertenaga nuklir, yang secara drastis dapat meningkatkan jangkauan terbangnya senjata baru ini,” tambahnya.

Selain itu, misil ini dapat terbang rendah dan tenang. Dalam artian, sekalinya ditembakkan ke arah target, misil ini melaju dengan kecepatan supersonik yang tidak dapat dideteksi oleh sistem pertahanan misil modern, seperti ditekankan oleh Putin.

“Jangkauan terbangnya tidak pasti, sehingga ia dapat mengubah lintasan di tengah penerbangan. Seperti yang Anda pikirkan, ini memang yang pertama untuk jenisnya. Di masa depan ia bisa saja digunakan, tetapi sementara itu orang-orang kami masih akan membuat penemuan lain,” jelas Putin.

Bagikan:

  35 Responses to “Kapal Selam Rusia Ini, Tak Perlu Isi Ulang Bahan Bakar”

  1.  

    Biasa aja tuh….!!!!! Ane lebih kagum jika seandainya rusia mampu menciptakan kapal selam yg tanpa perlu bekal ulang…all life service.

  2.  

    Kesimpulanx Indonesia Tdk
    Berminat Borei Class Tetap Changbogo Yg di Pilih TNI AL Sejak Era SBY s/d Sekarang Dukung

    #Jokowi2Periode
    #Jokowi2Periode
    #Jokowi2Periode
    #Jokowi2Periode
    #Jokowi2Periode

  3.  

    Ini yg seru, misil yg jangkauannya unlimited tanpa menggunakan lintasan penerbangan balistik. Artinya bisa keliling dunia utk merubah target. Apakabar tomahawk yg katanya misil.mampu lewat jendela belakang rumah.?

  4.  

    Sekarang JKGR kayaknya udah sepi ya. Udah jarang ada bung SP, Bung TN, Bung Jimmy, Bung Hari, Aming Lee atau Bung Yuli. Makanya sekarang satu artikel jarang bisa tembus 50 komentar apalagi terlalu banyak update artikel baru. Mungkin harus ada strategi baru dari admin JKGR biar bisa lebih hidup lagi komen2nya. Yah, Saya juga minta maaf sama admin karena udah pernah bikin forum diskusi JKGR jadi penuh dengan ucapan kotor. Maaf ya.

  5.  

    biasanya rusky doyan yg ++ …..
    sukro aja dibilang gen 4++ …..
    klo borei yg hemat nuklir ini di juluki borei ++
    didalamnya ada sauna, bisa mandi keringat,,,xixixi

  6.  

    Padahal inti dari isi artikel adalah tentang sumber tenaga yang tidak ada batasnya… ibarat gadget… bayangkan ketika batere nya selalu full seumut hidup… apa ga bosen???
    Bayangkan kalau disitu ada free wifi, apa ga sampai tua tuh mainin gadget… sampai gadgetnya dari paling kekinian sampai jadi barang kuno antik yang masih bisa menyala…

  7.  

    (???(?)?ยด?)

 Leave a Reply