Oct 212014
 
image

Benda Asing yang diduga kapal selam memasuki peraiaran Swedia

Dalam konferensi pers pada Minggu malam, Laksamana Madya Anders Grenstad, mengatakan kemungkinan ada kekuatan asing yang melakukan “kegiatan bawah air” di sekitar lepas pantai kepulauan ibukota Swedia. Angkatan Bersenjata Swedia juga merilis foto dari benda mencurigakan yang diambil pada hari Minggu pagi. Grenstad mengatakan fotografer telah “melihat sesuatu di permukaan, dan setelah ia mengambil gambar itu, benda asing itu tenggelam lagi ke bawah.”

Grenstad tidak mennegaskan bahwa benda mencurigakan itu adalah kapal selam, namun sejumlah laporan surat kabar mengatakan bahwa benda itu kapal selam Rusia sehingga menimbulkan kewaspadaan.

Stockholm, Swedia

Stockholm, Swedia

“Informasinya adalah, Angkatan Bersenjata tidak menarik kesimpulan bahwa benda itu adalah kapal selam Rusia yang rusak,” katanya. Grenstad mengatakan tujuan operasi Swedia saat ini adalah untuk memverifikasi apakah memang ada aktivitas asing di Laut Baltik, pesisir Stockholm. Ia menolak untuk mengatakan apakah Rusia telah diidentifikasi sebagai kemungkinan pemilik benda asing itu.

Dia mengatakan tiga penampakan terpisah terlihat di dekat Stockholm – Kanholmfjärden, Nämdöfjärden dan Jungfrufjärden – dan hal itu terjadi pada hari Jumat dan Minggu. Christian Allerman, yang dua kali menjabat sebagai atase laut Swedia di Moskow, mengatakan Rusia adalah tersangka yang paling mungkin.

image

image

Kapal Perang Swedia melakukan pencarian terhadap benda asing yang sempat terlihat di laut mereka

image

image

image

Kapal Perang Swedia melakukan pencarian terhadap benda asing yang sempat terlihat di laut mereka

image

  78 Responses to ““Kapal Selam Rusia” Nyembul di Stockholm”

  1. lumayan…

  2. lumayan neh…

  3. Ngetes tuh

  4. Ikut lumayan bung BM

  5. ntu mah di laut kidul deket pangandaran

  6. Mantap tuh tehno ks nya. Papa bear kah yang punya ? Sampai AB sekelas Swedia kecolongan…….

  7. Rusia is the best

  8. Mungkin lagi nyari kerang tuh.hhhh

  9. pagi

  10. Sepuluh besar…

  11. pic kapal dgn no lambung hampir sama dengan FPB punya TNI AD yah?

  12. yg di Foto Goteborg class & CB 90 yak??

  13. lontong siapa ya…kayanya lagi ngetes stealth nya dempul baru ya…hehehehehehe

  14. selamat pagi warjager smua……

  15. huahahaha.. nyari kerang?

  16. mantap pembuktian teknologi papa bear lebih dari lawan2x di uni eropa salutt….indonesia butuh teknologi seperti itu…

  17. …..semakin seru strategi dagang alutsista untuk Indonesia yg diperebutkan oleh Russia dan Swedia…..saling beradu teknologi untuk dapatkan hati dan fakta bagi pengambil putusan di Indonesia……

  18. Pagi juga bung Mirza, jelas enak Bung, nyarinya ja sampai 3 tempat ( Kanholmfjärden,
    Nämdöfjärden dan Jungfrufjärden), hehe.. Ga salah Klo dijuluki ” Black Hole “..

  19. Rusian strooong, swedia yg teknologi radarnya canggih aja bisa kecolongan. Sangat amat berbahaya .

  20. Ammur. Class 6 biji PR pertama Menhan yang Baru setelah diumumkn minggu ini

  21. kaporotan wae

  22. bung Pager Wojo@indonesia bkn konsumen kakap alutsista,kita ini msh teri jd produsen senjata nggak terlalu berharap byk dr indonesia dan ngapain mereka ingin mengambil hati pemerintah kita ..kecuali kaya singapore,australia,jepang,korsel,taiwan dan negara2 arab yg dikenal sering memborong alutsista,itu br para produsen saling rebutan pengaruh..liat aja mereka klo bli pswt tempur kaya ngeborong di mal sampe puluhan unit..lah kita,beli nya bs di itung sm anak tk..dah itu lama bgt,bs 10 thn utk nglengkapi 1 skuadron..hehe

  23. bung frans. . . Anda kok slalu pesimin dengan negeri kita ini. . . .

    SALAM NKRI

  24. Mungkin bung PS yang lg nyari kerang tuh, 😀

  25. Maennya jauh amat ya

  26. Nah itu perahu patroli dengan nomor lambung 939 mirip yang diproduksi di Indonesia & dipakai kopassus ya

  27. Luas Swedia termasuk lautan cm seperempat luas Indonesia

    Mereka hrs banyak belajar dr TNI AL cara menghadang penyusup yg dtg dari lautan.

    Apalagi Indonesia sedang menuju poros maritim dunia spt yg dicita citakan Pak Jokowi

  28. KS rusia strooong skelas swedia aja bisa kecolongan

  29. Silent Attack dari Kilo russia…kualitas kilo yg senyap yang pake bangetzzzz memang batel pruven :mrgreen: sampe2 dijuluki blackhole xixixixi

    fast silent and silent and silent deadly 😆

    sesekali lah kilo kita nungul dikit ajah di perairan tetangga biar gak bisa tidur :mrgreen:

    • yakin Kilo yg nongol bung Amblegedesh? Rusia punya banyak KS yg senyap dari berbagai kelas…Yakin cuma Kilo Class yg di sebut sebagai Black Hole from Ocean Bagaimana dengan Amur, Delta dan Akula? Perairan Swedia termasuk yg bisa dimasuki oleh semua jenis KS Rusia…. Semua dari jenis Hunter Killer Subs…. dari artikel terdahulu tidak menyebutkan jenis kelas mana KS yg masuk katagori Black Hole From Ocean ini….imho

  30. Aksi KS kita lebih dahsyat lagi, ngawasin KS malon di kandangnya !

  31. Kejadian mirip tahun 70an sewaktu KS whiskey class AL Sovyet nyangkut di beting pasir lepas pantai Swedia dan akhirnya ditangkap semua awaknya. Cuman waktu itu memang bener2 nyangkut, jadi gak bisa sembunyi lagi dan jadi heboh banget. Hehehe… Akhirnya dilepas juga kl gak salah.
    Kalau tdk salah lepas pantai Swedia ini memang jadi jalur potong kompasnya KS Russia sejak jaman Sovyet. Soalnya kalau gak lewat situ harus muter jauh. Cuman harus extra hati2 krn kalau kejebak pas lagi laut surut ya nyangkut.

    • Izin meluruskan Bung, ya peristiwa tersebut terkenal didunia dengan sebutan “Whiskey On The Rock” dan saat peristiwa itu terjadi tidak ada satupun awak KS Whiskey Class Soviet yang ditangkap.

      Banyak beberapa ciri khas yang membedakan kapal selam buatan Rusia dari kapal selam buatan Negara Barat. Perbedaan yang kelihatan salah satunya adalah adanya celah pembuangan air dari ruang bebas genang (free flooding space), seperti anjungan, dan ruangan yang terletak antara badan tekan dan badan luarnya. Pada KS Whiskey class, celah ini, yang tertata sepanjang sambungan antara casing dengan outer hull, pernah dianggap analog dengan lobang pada orgel gereja, dan di pradugakan saat KS Whiskey class berlayar dengan kecepatan tinggi dibawah air, celah ini akan mengeluarkan bunyi sebagaimana kalau kita meniup lobang orgel atau harmonica dengan udara, sehingga akan amat mudah terdeteksi. Dengan demikian, saat itu oleh para ahli analis peperangan AKS (anti kapalselam) pihak Barat, nilai taktis KS Whiskey class dalam pertempuran bawah air secara teoritis dianggap amat rendah, dan dipandang dengan sebelah mata.

      Kenapa bisa begitu?

      Secara Teori setiap KS dalam melaksanakan tugasnya dibawah air, dimana tekanan statis air bertambah sebesar 1 kg/cm2 setiap kedalaman KS menyelam bertambah sepuluh meter, dan hambatan yang lebih besar saat KS melaju dengan seluruh badannya berada didalam air, maka KS membutuhkan jaminan keselamatan operasi berupa badan kapal yang dobel. Untuk itu, hampir di setiap kapal selam buatan Rusia ini didesign dengan memiliki dua badan, yaitu badan luar (Outer hull) dan badan tekan (pressure hull). Badan luar yang boleh juga disebut sebagai kulit kapal, berfungsi untuk menjamin bentuk streamline, guna mengurangi hambatan yang akan diterima KS saat berlayar dibawah air, sedangkan badan tekan yang berupa silinder baja dengan ketebalan sekurang-kurangnya sekitar 20 mm, akan berfungsi untuk menjamin ketahanan kapal terhadap pertambahan tekanan air dikedalaman selam yang besar.

      Pada badan luar juga terpasang peralatan labuh, antara lain tupaitupai, lier jangkar , dan juga buoy darurat. Ruang yang terletak antara badan luar / kulit kapal dan badan tekan disebut free flooding space. Ruang ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan tali temali spring dan tross, kadang juga sebagai gudang perahu karet. Untuk mengeluarkan air yang masuk diantara badan tekan dan badan luar saat kapal menyelam, dibadan luar terdapat banyak lobang berbentuk persegi panjang, berderet deret sepanjang badan kapal. Para “ahli KS” pihak Barat mengejek lobang lobang ini sebagai lobang tiup pada orgel gereja, yang akan bergaung dengan nyaring saat Whiskey class berlayar dibawah air, sehingga akan mudah mendeteksinya. Fenomena ini disebut mereka dengan nama “fenomena orgel gereja”.

      Secara teoritis, perkiraan mereka itu memang beralasan: lobang tiup harmonica akan mengeluarkan suara yang nyaring bila kita tiup dengan nafas kita.

      Tetapi pada kenyataannya Teori yang disebut dengan “fenomena orgel gereja” ini akhirnya luluh lantak dengan sendirinya tanpa perlu dibantah, tatkala KS Whiskey class dari Armada Laut Utara Rusia berkali-kali secara rutin menyelinap kesalah satu fyord Swedia maupun kedalam fyord-fyord di Norwegia, sampai jauh kedalam dan mendekati Pangkalan Angkatan Laut mereka, untuk melaksanakan tugas tugas pengintaian intelijen. dan mengintai kegiatan Angkatan Laut Anggota NATO tersebut, yang konon memiliki perlatan anti kapalselam yang paling canggih, tetapi, tanpa pernah dapat dideteksi!

      Penyusupan ini justru baru diketahui saat sebuah KS Whiskey class, S-363 atau dalam destinasi penomoran NATO bernomnor U-137, karena kesalahan pelaut dalam bernavigasi (jelas bukan kesalahan teknis), kandas ditengah fyord didepan Karlskona Swedia dan muncul saat air surut. U-137 tersebut baru berhasil melepaskan diri dari jebakan alaminya, setelah ditolong oleh sebuah destroyer Rusia dari klas “Kildin”. Sejak itu, teori “fenomena orgel gereja” pudar tidak berbekas! Catatan: peristiwa ini menjadi bahan kelakar dikalangan para pelaut kapal selam dan benar-benar menampar muka mereka yang menamakan dirinya ahli dalam peperangan anti kapalselam, yang menyebutnya sebagai “it is a real Whiskey on the rock”, hehehe… :mrgreen:

  32. kalo di berita tetangga katanya punya belanda

  33. wow smp G kedetek radar lho..
    itu karena kurang canggihnya sistem radar swedia tau saking canggihnya kasel rusia jd bisa super senyap smp G ke detek radar swedia…

  34. Menurut lapak sebelah itu bukan ks rusia dan rusia pun membantahnya (RBTH) …
    Bung PS mana ya? …
    Menyannya abis neh …

  35. rusia bilang, itu KS Belanda…ada kok di mbah google…

  36. cari sotong

  37. yEah… sayang sekali ternyata bukan punya rusia wkwkwwk… belanda STROOONGG

  38. mana yg bener..rusia atau belanda? Atau cm akal2an swedia,bs saja ks sekutu..kemudian di tuding rusia,biar image rusia jelek dimata dunia

  39. itu bukan KS, itu ikan paus, hihihihihi….. 🙂

  40. Lg cari ikan tuh

  41. Baru aja Marder lewat kalasan sleman yogyakarta sekitar 7 unit diangkut pake tronton.. Kira2 mau dibawa kemana ya..? tadi menuju arah barat

  42. “Itu bukan kami, tetapi kalau Swedia atau NATO membutuhkan bantuan maka kami akan dengan senang hati memberikannya”…. kira-kira begitu tanggapan Rusia versi saya. 😀

  43. Rada curiga, tuh keknya hiu yg lg di retrofit ma papa bear, trus nge test “jalan-jalan” deh :D, ngapuro nggih poro pini sepuh, menawi cucu rodo lancang.. 🙂 . (SR mode : on)

  44. bukan kapal selam, itu MH-370 malon ………ha ha ha ha !

  45. Ciluk ba versi Papabear..:)

  46. Ini namanya tebak-tebak buah manggis,tebakan ane punya rusia,lihat dari bodynya dah kelihatan..Coba deh di amatin bener2..

  47. Hikmahnya dengan mempunyai kapal selam siluman membuat kawasan sekitarnya adem panas, greges perlu diberi obat penawarnya biar sehat.

  48. Rusiaaa setronggg bingiiiitttttt 😀

  49. ckckck.. ampe smua pendeteksi turun tangan bgitu,.. ckckck… swedia ga bisa tidur…

  50. TERBUKTI??? Bung Mirza mana buktinya kl itu KS Rusia yg seperti anda tuduhkan yg sedang mencari kerang??? Jika menurut anda itu terbukti tolong babarkan di sini.. Org awam seperti saya biar tahu.. 🙂

 Leave a Reply