Kapal Selam Silent Lebih Berbahaya Daripada Kapal Induk

50
260

Rusia pernah mengerahkan armada kapal selam untuk melakukan serangan ke Suriah, dan bukan sembarang kapal selam. Rusia saat itu menurunkan salah satu kapal selam paling tenang di dunia. NATO menyebut kapal selam Rusia ini sebagai “Black Hole”. Kapal selam paling silent bertenaga diesel elektrik ini juga mampu menembakkan rudal jelajah jarak jauh untuk menghancurkan sasarannya di darat yang berjarak ribuan kilometer.

Kapal selam adalah salah satu senjata yang paling rahasia. Begitu rahasianya sehingga sangat sedikit informasi yang tersedia untuk menganalisa kekuatan bawah air suatu negara. Ada yang menganggap kekuatan kapal selam canggih yang dimiliki sebuah negara, lebih kuat daripada kekuatan kapal induk yang dimiliki negara lain.

Kapal selam diesel elektrik Kilo class dapat tetap terendam selama 45 hari, dan dengan berat 4.000 ton Kilo dapat berlayar dengan kecepatan 20 knot dibawah air. Kapal selam Kilo bisa masuk ke laut yang dangkal (anehnya beberapa pihak menyatakan Kilo tidak bisa berenang di perairan yang dangkal) dan karena begitu tenang, kapal selam ini tidak meninggalkan jejak suara yang menjadikannya tidak β€˜terlihat’.

Kapal selam ‘Black Hole’ adalah salah satu senjata rahasia yang dimiliki Rusia, Iran, Vietnam, Aljazair, India, dan China….dan beruntunglah negara yang memiliki senjata rahasia yang mematikan itu.

50 KOMENTAR

    • hehehe.. ya udahlah bung @putra.. mau gimana lagi yang dipublikasi spt itu.. kita rakyat mah terima aja. sambil berharap dalam situasi mendesak banyak kejutan yang ditunjukan TNI, khususnya alutsista kapal selam.
      Tp, InsyAllah bung kita akan jadi negara yang mampu membuat kapal selam, meskipun blm sehebat rusia dan as. Namun, seiring berjalannya waktu moga makin banyak org2 genius dan ahli yang mampu mengembangkan dan menciptakan alusista2 made in Indonesia yg mampu bersaing dan menjadi pelundung Republik yang kita cintai ini.
      Salam Lestari..

  1. @Mr klowor.. selain mampu meluncurkan kalibr missile menurut saya td ada yg terlalu istimewa dr kilo class, apa lg yg varian “paltus’. 45 hari bkn lah durasi selam, tetapi durasi berlayar, karena kilo class smpe seri terakhir 636 improve blm memiliki aip system. Bahkan type 209 juga punya speed skt 20an knot di bwh air. Dan seandainya Nagabanda class yg akan d bangun akan menggunakan AIP System tentu memberikan point lebih dari kilo class dlm hal durasi selam dan kesenyapan.

  2. Seperti rekan-rekan Jkgr harus mengelus dada, fakta yg diketahui publik adalah demikian. Kita memang berharap Kilo Class telah berlabuh di pangkalan-pangkalan rahasia TNI AL. Kita bahkan bermimpi dari semua rahasia negara yg harus disembunyikan dari publik adalah Kapal Selam Made in Rusia. Membayangkan dalam situasi mendesak beberapa Kilo Class akhirnya muncul ke permukaan di perairan Indonesia, menghalau dan menghancurkan musuh utara dan selatan. Akan tetapi, itu semua belum dapat terwujud dalam waktu dekat ini. Mungkin saja senjata rahasia NKRI akan keluar pada saat yang tepat. Bukan saat parade di masa damai, bukan pula saat menangkap kapal-kapal nelayan pencuri ikan.
    Ini lah realitas yang harus kita terima dengan lapang dada. Karena jika pun benar negara ini memiliki senjata rahasia, maka sudah pasti tak kan menjadi konsumsi kaum awam seperti kita. Namun, jika negara ternyata tdk memiliki senjata rahasia yang made in Rusia itu, yah setidaknya kita punya senjata pamungkas yg tdk dimiliki negara manapun di dunia, yakni Semangat Membela dan Mempertahankan NKRI hingga tetes darah penghabisan, Senjata Pertahanan Semesta. Merdeka atau Mati..!!! Allahhu Akbar..
    #Semangat Bung Tomo
    #Semangat Juang Surabaya
    #Semangat Bandung Lautan Api
    #Semangat Gerilya Jenderal Soedirman
    #Semangat Jihad Membela NKRI harga Mati…!!!

    • Betul bung @ tan malaka biarlah hanya TNI yang tau bagi kita rakyat biasa cukup bisa tidur nyenyak itu sudah bagus,seharus nya kita bersyukur Dan berterimakasih kepada penjaga negeri ini, senjata pamungkas adalah senjata yg mematikan disaat negra benar2 genting.
      Ingat perkataan pak muldoko , beliau mantan panglima tidak akan bicara omong kosong silahkan jika negara lain mau ngajak perang nkri…….tni Sekarang sudah kuat

  3. “Ada yang menganggap kekuatan kapal selam canggih yang dimiliki sebuah negara, lebih kuat daripada kekuatan kapal induk yang dimiliki negara lain”.

    Cara pembandingannya bagaimana? Maksud ane kapal selam milik negara mana yg dianggap lbh kuat / lembik terhadap kapal induk, juga dari negara mana? Kalau yg dimaksud kapal selam adalah kapal selam scorpene yg diawaki oleh pelaut TLDM dibanding dg kapal induk USS Carl Vinson milik US Navy, ane lbh menjagokan kapal induk USS Carl Vinson lah. Begitu pula kalau kapal induk HTMS Chakri Naruebet milik angkatan laut Thailand dibanding dg kapal selam Kilo milik Vietnam, sepertinya kapal selam Kilo milik Vietnam lbh serem. Konon dulu kapal induk HTMS Chakri Naruebet dikawal oleh 6 pesawat Matador AV-8S (Harrier) bekas Spanyol yang bisa mendarat dan lepas landas pada jarak pendek (STOVL), namun pada tahun 1999, hanya 1 Matador yg bisa beroperasi dan pada tahun 2006 armada Matador resmi dinonaktifkan. Sebagai gantinya, kapal induk HTMS Chakri Naruebet dilengkapi dg 6 helikopter multi-misi Sikorsky S-70B Seahawk, yang didesain untuk peran anti-kapal selam. Lumayan lah dari pada kosong tdk ada pengawalnya. Sementara Vietnam berencana untuk memiliki sampai 6 kapal selam Kilo buatan Rusia.