Jan 122016
 
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

Jakarta – Sembilan kapal ikan eks China dilarikan sejumlah anak buah kapal kewarganegaraan China, di Pelabuhan Pomako, Timika, Papua pada 30 Desember 2015. Kapal-kapal itu rata-rata berbobot 300 gross ton (GT).

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyataikan sedang mengambil sejumlah langkah untuk membawa kembali ke 9 kapal ke Indonesia. Ssalah satunya meminta bantuan dari Interpol.

“Kita minta Interpol menerbitkan red notice, sekaligus kerjasama dengan negara anggota interpol untuk menangkap kapal itu beserta seluruh ABK, untuk menjalani proses hukum di Indonesia,” tegas Susi di kantonya, Jakarta, Senin (11/1/2016).

Menteri Susi juga melayangkan surat kepada Duta Besar China untuk Indonesia, agar melakukan ekstradisi 9 kapal maupun ABK yang diduga terlibat pidana tersebut.

“Ini berdasarkan bagian dari tanggung jawab negara yang benderanya dipakai kapal, dan ini sudah sesuai hukum internasional,” ujarnya.

Menteri Susi mengaku sudah mendeteksi keberadaan 9 kapal tersebut, yang kini dalam perjalanan pulang ke China lewat Papua Nugini.

“Hasil pantauan AIS (automatic identification system) pada 10 Januari 2016 pukul 12.00, ke sembilan kapal tersebut ada di perairan barat Pulau Manus, Papua Nugini. Diduga kapal-kapal itu sedang menuju China melalui jalur Laut China Selatan bagian Filipina,” tutupnya.

sumber : Finance.detik.com

  51 Responses to “Kapal Sitaannya Hilang, Bu Susi Lapor Interpol”

  1. kejar bu

  2. Kalau tidak dibantu orang dalam, tidak mungkin bisa. prihatin.com

  3. ada pihak dalam kah yq melepaskan mereka?

  4. uang bisa berbicara

  5. kirimi pensil yakhon aja bu…

  6. Ada yg maen api…kayaknya…langsung tembak ditempat aja..pas lari..,makanya jangan lama2 tahannya…di DUAAR!!..aja..kesuen..

  7. kalau bgni trus indo gak permah maju, kapal sipil lolos, napi lolos, kruptor lolos.

    yg satu tegas dan berani, tp yg lain kaya telo

  8. Hehehe aaneh

  9. praktek wani piro masih berlaku kah…? ngga sia2 jurus 1001 cara meloloskan dipraktekkan walau sudah terpantau…itu kapal kan besar.bisa2nya kabur..hmmmm

  10. dr pada ntar klo ktangkep trus kabur lagi, mending di rudal aja tuh maling

  11. Kalo cuma 1 mungkin bisa, lha ini 9 kapal.

    Yang harus diperiksa :
    1. Mengapa ABK tersebut dibiarkan lepas tidak dikurung. Siapa yang melepasnya ?
    2. Apa dermaga tidak dijaga ? Siapa yang piket jaga pada hari itu ?
    3. Jika petugas jaga dermaga dilumpuhkan, maka perlu keamanan berlapis.
    4. Lho kan sudah ada aturan untuk menenggelamkan kapal langsung di tempat kapal itu tertangkap, mengapa tidak langsung ditenggelamkan ?

    Kesimpulan : pasti orang dalam yang terlibat tidak hanya satu dan pasti ada suap yang menyertainya.

  12. sebelum kapal itu tertangkap..tangkap dulu orang2 yg dicurigai membantu pelarian baru investigasi kronologi..

  13. investigasi kenapa bisa lolos dan tegakkan hukum jika terbukti ada kelalaian atau ada oknum
    investigasi apakah kapal ini sekaligus menyelundupkan senjata bagi kelompok tertentu di papua
    investigasi kemungkinan kapal ini kabur membawa emas sebagai kurir freeport

    #makinngawur.com :mrgreen:

  14. seharusnya kemudi kapal dan propeller dirusak dulu biar enggak bisa kabur …

    walaupun dibantu orang dalam sekalipun akan tetap sulit …

    … kikikikikih …

  15. Aneh bin ajaib hanya ada di Negaraku…masak 9 kapal dilarikan masak pada gak tau emang mata dan telinganya udah buta dan tuli krn Duit, Harusnya pejabat yg terlibat harus diperiksa juga, krn gak mungkin klo gak ada unsur kesengajaan bayangkan 9 kapal bro bisa kabur, mirisnya RI-1 kmaren baru saja pidato2 dng berapi-api bahwa Beliau menyatakan tegas membakar kapal pencuri ikan masak ini dibanting sendiri oleh berita ini ckckck ini sebabnya sekelas menteri susi saja gak pengen lama2 jadi menteri krn mental2 pejabat2nya seperti itu capek hati dan bisa gila klo ngurusin hal2 seperti ini

  16. Hahaha,,, Endonesa…..
    Bu susi… Bu susi,,, minta interpol segala, toh tikusx ada di depan mata

  17. halah bilang aja di intervesi cina, ga usah sandiwara…kapal segede gaban bisa ilang, kalau upil mah kita ngerti,

    • Cmn ada 2 permainan dlm kasus pelarian kapal ini..
      1.terlibatnya tikus2 got di jajaran yg bertanggung jwb langsung akan kpl sitaan tersebut.
      2.adanya interfensi langsung dari tiongkok..mereka punya daya tawar yg cukup kuat terhadap kita…ane ksi contoh nih,di daerah maluku utara kasus ilegal fising ni bnyk yg di sidang atau di bebaskan setelah membayar denda atau di sogok aparatnya.dan orang2 asing yg ditangkap kplnya itu mereka tdk di tahan dibiarkan bebas tinggal di kplnya.

  18. Hehehe takut bakar kapal china ya…trus pura2 melarikan diri..trus lapor interpol biar nampak beneran hehehe.. Hukum itu jgn tebang pilih

  19. Bner kata mbah bowo, Cina sangat perkasa , ditambah pemerintah sekarang nambah triliunan hutang ke Cina … mau bakar kapal cina ??? , ini adalah rekayasa yang sangat jelas untuk melepaskan kapal cina, OMONG KOSONG SEMUA !!!! seperti kata mbah bowo

  20. Bosok bosok morale wong indonesia…..damput kok sik isok dituku karo duek…

  21. kita kesampingkan dulu peran orang dalam di sini …
    gerombolan nelayan utara sdh berani kirim genk nelayan berspesifikasi khusus melalui operasi komando senyap jarak jauh …
    harusnya intelejen negara dan TNI melakukan investigasi ttg cara team utara ini bisa masuk ke lokasi …
    apakah via jalur resmi spt turis asing pake pesawat komersil … ?
    apakah turun dari kapal yg dikirimkan dari utara … ?
    atau mungkin jg nyembul dari bawah laut pake lontong ???
    ini merupakan sebuah operasi pembebasan kapal yg luar biasa yg perlu perencanaan matang dan biaya yg besar ……. kita sdh kebobolan dilihat dari sudut strategi pertahanan militer utk kedaulatan di laut.

  22. Ini pembohongan yang sangat jelas ….
    mana ada kapal seukuran bagong 300 GT bisa melarikan diri ?
    9 biji lagi ? 1 biji aja gak mungkin ……
    Mana bisa kapalnya kabur tanpa hidupin mesin dan manuver di pelabuhan ?
    kapal itu max kecepatannya 25 knot / jam ….. yang artinya cuma bisa 46 km perjam,
    10 jam cuma menempuh jarak 460 km …. mungkinkah melarikan diri ?
    ibarat gajah yg bisa kabur dari kebun binatang wonokromo terus melarikan diri masuk kedalam hutan di sumatra ….
    OMONG KOSONG SEMUA !!!!! terbukti omongan mbah bowo benar bahwa INDONESIA gak akan brani bakar kapal cina

  23. Kasihan bu SUSI seperti seorang diri mencoba menegakkan hukum di Indonesia . Ini jaman EDAN yang tak ikut EDAN malah tertindas.

    Tidak salah lagi ada pihak pihak di dalam negri yang mendukung pelarian mereka . Semoga jadi pelajaran .Copot mesinnya ,sehingga tidak bisa berlayar ,kalau dibeli baru gimana ?

    Pusing …apalagi Bu SUSI ….

  24. 100% ANE YAKIN PETUGAS JAGA SUDAH DI SUAP. Yang model begini ini kalo terus ada , indonesia gak bakal jadi negara maju…harus di sangsi yg sangat berat.

  25. ajaib..kapal segede gambreng 9 biji pula bisa lolos…ga masuk akal dah…tanpa permainan orang dalam..kalau batu akik masih wajar

  26. Xixixixi

    Berarti sama dong kejadiannya ketika tahanan narkoba(wn amrik) yang kabur dari rutan bnn tempo hari

  27. kong kali kong = kabuuuuur…
    suap menyuap untuk sesuap nasi.
    harga diri dan negeri telah terbeli,payaaah.!

  28. Ini kejadian ke 2 , hal yg sama terjadi pada des 2014. Pada waktu itu 8 atau 9 kapal cina “kabur”, mbah bowo bilang ‘Omong kosong !!! Mbah mau liat kapal cina dibakar ! ‘Jadi dari 22 kapal 300 gt cina 18 sudah “melarikan diri”, yg 4 biji gk jelas kemana dan ada 1 kapal kayu cina dibakar cuma sekedar untuk mantes2in atau mungkin buat menghibur mbah bowo .

  29. Tni itu berfungsi untuk menjaga kedaulatan negara dan alat negara yg akan melakukan perintah panglima tertinggi, chain of command istilahnya… tanpa perduli benar salah, itulah tentara

  30. Jangan lupa abis itu dicemplungin selokan

  31. jadi antek cina masih mnding daripada jadi antek pemburu rente dan mafia ingat itu tong

  32. @elang sakti sono obat diarenya diminum dulu,… semoga lekas sembuh,…

  33. Amboy…ternyata kapal ikan yang kabur tempo hari kepunyaan oom Yoris Rawe-rawe rantas malamg-malang putung to

    Pantesan gak ketahuan

    • bakar saja jengotx…pingin liat gue…gimana lw yoris kagak pake jengot…konon mirip dedy dores.gedek gue ma tuh orang.kerjanya cuma cari muka aje,sampai ke beijing malah cari mukanya.kapal dikasih bendera cinalah,ngaku cerdas karena keturunan cina lah,…..jangan takut bu susi…tunjukan merah putihmu…

 Leave a Reply