Apr 132017
 

China mengerahkan kapal pelacak ruang angkasanya Yuan Wang 7 pada hari Senin, 10 April 2017, menjelang peluncuran pesawat kargo ruang angkasa Tianzhou-1. Kapal Yuan Wang 7 dijadwalkan akan melakukan pemantauan ruang angkasa maritim dan misi komunikasi, seperti dilansir dari China Topix.

Menurut Xinhua News, kapal Yuan Wang 7 ini menjalani pelayaran independen pertama, menuju ke Samudera Pasifik. Dalam pelayaran perdananya bulan Juli tahun lalu, kapal itu didampingi oleh Yuan Wang 6.

Kapal diharapkan dapat melakukan tanggap darurat dan tugas-tugas ilmiah ketika telah mencapai wilayah Samudera Pasifik pada hari Kamis (13/04/2017).

Kapal kelas Yuan Wang digunakan untuk melacak dan mendukung satelit serta rudal balistik antarbenua.

Yuan Wang 7 di desain oleh China dengan ukuran panjang 224,9 m, tinggi 44,2 m, dan lebar 27,2 m, kapal ini memiliki bobot 27.000 ton. Kapal ini dibangun pada tahun 2014, mampu menahan angin topan yang kuat dan dapat membawa pasokan 100 hari. Yuan Wang 7 kini telah menjadi bagian dari kapal pelacak pesawat ruang angkasa China generasi baru yang masuk ke dalam layanan pada 12 Juli 2016.

Kapal pelacak ruang angkasa ini sebelumnya telah melakukan penelitian ilmiah dan kegiatan yang terkait percobaan seperti misi pelacakan roket Long March 5 yang melakukan terbang perdana, pertemuan ruang angkasa, dan berlabuhnya pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-11 serta laboratorium ruang angkasa Tiangong-2.

Sementara itu, misi Tianzhou-1 dijadwalkan akan di mulai dari Wenchang pada akhir bulan ini. Pesawat kargo luar angkasa tersebut akan melakukan pertemuan serta berlabuh di lab antariksa yang mengorbit Tiangong-2 untuk mencoba mentransfer propelan cair dalam kondisi gravitasi mikro. Proyek ini sangat krusial bagi China yang berencana untuk meluncurkan dan merawat stasiun ruang angkasanya.

Kapal Yuan Wang 1 dan Yuan Wang 2 adalah kapal pelacak ruang angkasa generasi pertama yang memasuki layanan pada tahun 1979, menjadikan China sebagai negara keempat yang menguasai teknologi pelacakan ruang angkasa setelah AS, Rusia dan Perancis.

  10 Responses to “Kapal Yuan Wang 7 China, Memulai Misi Maritim Menjelang Peluncuran Tianzhou-1”

  1. Pertamaxxx ???

  2. Penuh dgn parabola..

  3. bahasanya halus, kapal untuk memantau pesawat kargo luar angkasa yg akan diluncurkan, dan dipasang di samudera pasifik…

    setelah pesawat kargo meluncur, tuh kapal akan bertahan disamudera pasifik 3 bulan, ternyata sudah dipersiapkan china buat perang nuklir, apalagi situasi semenanjung korea semakin panas…

    • Menurut saya sih gk akan ada perang nuklir, dampaknya terlalu berat untuk ditanggung seluruh umat manusia, yg memungkin adalah perang korut-AS yg nantinya china akan berperang sebagai pendukung utama korut, dan kemungkinan nesar china akan mengerahkan kekuatan tempurnya ke daratan korut.

  4. mirip kapal soviet yang hilang saat beralih menjadi rusia….

  5. GILE. MAKIN RASUAH JAK NIH CHINA.
    China Stloong…. Us bakal jadi kudis dan koreng. Mantap.

  6. Bs jd ada teknologi jamer untuk satelit militer nih! Sehingga klu satelit mata2 AS melintas lgsg ditembakkan gelombang perusak sinyal dan blanklah is satelit AS! Edisi ngayal!

 Leave a Reply