JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 192018
 

Lembaran baru mata uang dengan nominal 2 dolar © Christopher Hollis via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – AS, negara debitur terkemuka di dunia, telah mencapai tonggak sejarah lain yang patut dipertanyakan dalam perjalanannya yang tampak sangat cepat ke dalam pelepasan ekonomi, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Total utang Amerika Serikat saat ini telah mencapai $ 21 triliun untuk pertama kalinya menurut statistik pemerintah, setelah enam bulan yang lalu diumumkan bahwa utang AS telah mencapai $ 20 triliun untuk pertama kalinya.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada bulan Februari menandatangani sebuah surat untuk mengakhiri penangguhan batas utang, yang sekarang telah mengizinkan peminjaman tak terbatas hingga 1 Maret 2019, menurut Marketwatch.com.

Sementara defisit anggaran AS yang jauh lebih luas diprediksi oleh para ekonom setelah pemotongan pajak baru oleh pemerintahan Trump pada Desember 2017, laju pinjaman berskala besar mengejutkan banyak orang, karena defisit pada bulan Februari sebesar $ 215 miliar atau naik 12 persen dari bulan yang sama tahun lalu.

Besarnya utang yang belum pernah terjadi sebelumnya hanyalah permulaan, diklaim
oleh Peter Peterson, seorang bankir investasi dan mantan Menteri Perdagangan AS semasa Presiden Richard Nixon.

“Utang negara kita mencapai $ 21 triliun, dan yang mengejutkan saat ini, telah tumbuh sebesar $ 1 triliun hanya dalam enam bulan terakhir”, tutur Peterson kepada Washington Examiner.

Peterson menambahkan bahwa yang lebih parah lagi, tonggak sejarah tersebut baru saja di mulai termasuk dampak peraturan pajak dan belanja fiskal terbaru yang tidak bertanggung jawab secara fiskal, semakin menambahkan lebih banyak utang di atas perkiraan yang tidak berkelanjutan.

Bagikan:

  113 Responses to “Kapitalisme Mengamuk: Utang AS Tembus $ 21 Triliun”

  1.  

    Intinya tinggal tunggu saja Kolaps karena ketidakpercayaan pasar serta efek Trade War yang di gaukan si Donald…
    mungkin begitu maksudnnya…

    •  

      Betul bung tn..US bisa collaps dlm sekejap.
      Tapi yg efek collapnya ini yg bikin was2 dunia, terlebih hampir semua negara mapan eropa barat (inggris, jerman, swiss dll) sudah hidup segan mati tak mau, aset militer merka jual murah cuma sekedar utk bertahan.
      Kl US jg semua negara eropa barat bangkrut..saya malah khawatir mereka mereka mengobarkan perang dunia 3 cuma utk pemutihan hutang plus mendapat rampasan perang.
      Jelas efeknya ke Indonesia sbb bbrp panglima Tni sblm nya dah warning bahwa kekuatan asing utk merebut sumber daya alam Indonesia..
      Mari rapatkan barisan..

      •  

        Jika seandainya nanti pecah lerang dengan china.Amerika hanyabutuh oulau Sumatera, dia akan blokade selat malaka tersebut agar kapal dagang china tdk bisa lewat. Utk itulah terusan kra skrg dikebut pembangunanya.

        •  

          China juga dah berpikir kesana makanya buat pelabuan di gwadjhar pakistan yg bisa langsung ke pasifik dan timur tengah tanpa selat malaka,dan ngotot di lcs salah satu alasannya

          •  

            Iya tapi pembangunan itukan belum selesai. Butuh waktu dan China sekarang masih sgt bergantung dengan selat malaka. Adapun pelabuhan di pakistan porsinya kecil…

    •  

      Pada bulan Oktober nanti di Bali akan diadakan pertemuan tingkat tinggi IMF untuk menentukan masalah perekonomian dunia. Salah satu masalah yang dibahas adalah penggantian mata uang dollar amerika yang selama ini menjdi standar mata uang global. Apakah akan diganti dengan standar yuan, diganti dengan standar emas ( gold ), atau diganti dengan criptocurrency.

      Jika standar mata uang dunia diganti dengan Yuan. Maka siap2lah amerika.
      Akan banyak negara di dunia yang akan menjual cadangan devisa mereka dengan Yuan. Dan konsekwensinya adalah china akan menjadi negara adidaya baru. Dan hal itu tentunya tdk disukai oleh amerika dan para pengusaha di Indonesia yang menyimpan dollar amerika dalam jumlah besar. Fenomena economic rush….

      Jika standar mata uang dunia balik ke emas (Gold ) yang diuntungkan adalah negara dengan cadangan tambang emas terbesar dunia seperti Indonésia, Ghana , Afrika Selatan. China pun juga diuntungkan dalam hal ini karena china adalah negara dengan cadangan emas terbesar di dunia saat ini. . .

      •  

        Dunia Barat saat ini cenderung memilih cryptocurrency dimana baik Rusia, China dan Indonesia telah mengambil langkah penolakan. Sekalipun China, Venezuela dan Iran menghendaki Yuan sebagai standar mata uang dunia, tampaknya China berhati-hati dengan ambisi ini mengingat posisi “koalisi oposisi Barat” yang bisa terpecah karena anggapan “China berambisi menguasai dunia.”

        Harus disadari bahwa China tidak dapat menghadapi dunia Barat sendirian (amerika cs). Dia butuh dukungan negara-negara sekutu. Jadi daripada kongsi pecah, China mengambil langkah netral yaitu mendukung “gold-backed currency.”

        Tampaknya saat ini Yuan sedang menggeser dominasi petrodollar diprakarsai China, Venezuela dan Iran.
        Kita akan menghadapi “revolusi mata uang” atau istilah bekennya “Global Currency Reset”

      •  

        Apa kalian tau apa pesan yang tersirat dari pertemuan tingkat tinggi IMF di Bali? Mengapa di Bali dan bukan di tempat lain?

        Posisi negara ini yang netral (non-blok) menjadi sebuah pilihan yang tepat bahwa pertemuan ini nanti diharapkan lebih berimbang dan tanpa berkesan memihak salah satu kubu, baik kepentingan Barat maupun kepentingan Timur.

        Kita akan merasa bangga saat dipilih sebagai lokasi deposit emas internasional apabila “gold-backed currency” menjadi kenyataan, karena tidak mungkin Rusia, China, amerika maupun eropa sekalipun akan dipilih karena akan merusak nilai “tanpa keterpihakan ke Barat atau Timur”

        Dan pernyataan bahwa ekonomi Indonesia akan masuk lima besar dalam beberapa dekade kedepan bukanlah tanpa alasan, sebagaimana “Global Currency Reset” tidak dapat dihindari. Negara ini akan menjadi salah satu kekuatan dunia, jika manusianya cukup punya kapasitas untuk itu.

        Teknologi akan berkembang pesat, bahkan melampaui pikiran kita saat ini, kecuali bagi beberapa orang diantara kalian yang suka berkhayal, karena buat orang yang suka berkhayal hampir tidak ada yang mengejutkan.
        Sisi buruknya ketergantungan pada teknologi akan sangat kuat, mungkin langkah praktis membuat chaos suatu negara di masa depan adalah cukup “putuskan sambungan internetnya.”

        Semua transaksi akan melewati WWW [World Wide Web]

      •  

        Ah, dan mengapa australia begitu bahagia saat Jokowi memberi “lampu hijau” untuk bergabung dengan ASEAN dan Malcolm Turnbull begitu berhasrat untuk “segera melakukan pembicaraan”

        Padahal begitu kurang ajar australia terhadap Indonesia

        Indahnya bermitra dengan negara yang direncanakan menjadi lokasi deposit emas internasional?

        •  

          Tawaran Jokowi kpd Aussie ini tak terlepas dari kondisi dlm negeri sendiri. Pihak barat yg digawangi amerika suka bikin provokasi dikawasan. Belum lagi ketakutan amerika ternyata malah memihak ke china spt yg dilakukan najib saat ini. Najib sakit hati skandal 1mdb di publish oleh DOJ amerika. Si najib balas dengan mendekat ke china.
          Para radicalist itu disadari atau tdk telah merongrong demokrasi. Dgn iming2 surga dan membela agama di gerakan rakyat utk melawan ulil amri mereka sendiri.
          Belum lagi isu kebangkitan PKI yg sengaja dihembuskan kubu sebelah agar dpt menjatuhkan pemerintah. Hati2 utk org jawa. Jgn sampai anda terprovokasi dengan mereka. Tujuannya jelas Jawa vs Jawa, Jawa vs Sunda , atau Islam vs Kristen. .
          Ht2 dg org minakg….

  2.  

    waow…

  3.  

    Mantap abisss.
    Biar cepet ancur dah si ASU.

  4.  

    Instant karma bagi trump yg sombong,,,dan utk agato msh berani sombong di sini??, sdh lah, F35 ga laku disini, dan yg trpenting, pilihan ente ga bakal jadi di pilpres 2019,,,as diambang kebangkrutan,,,,

  5.  

    semoga nyusul uni soviet, biar gak nekan2 indonesia terus pas mau beli sukoi

    •  

      Siapa? Rusia??? Hhhhhhhhhh

      •  

        mamarika bung
        xixixixi

        •  

          Dalam waktu dekat sih gak mungkin. Malah bisa jadi Indonesia duluan yg runtuh dibandingkan dg USA. Hhhhhhhhhh

          •  

            Nah ketahuan kan, siapa dia?

            😎 hohoho

          •  

            Sudah jelas bung Boomerang, dari yang saya pantau akhir2 ini dia… xixixixi…

          •  

            bung Agato,
            jangan kelewatan jika komen, …

          •  

            Saya serius Bung SP. Berkaca dari pilpres 2014 hingga Pilkada DKI 2017, jika waktu itu ada salah satu saja yg tertembak di Monas baik Habieb Rizieq maupun Pak Jokowi bisa jadi perang saudara betulan. Persekusi hanyalah contoh soft dari retaknya hubungan berbangsa dan bernegara rakyat Indonesia. Bahkan Pak Jokowi cerita sempat dilarang oleh Pak Wiranto dan anggota tentang keamanan beliau saat mau jumatan bareng2 di Monas bukan?? Liat orasi yg diucapkan oleh Rizieq. Itu sudah jelas upaya makar.

          •  

            sampai segitunya bela AS, hingga bisa bicara indonesia Runtuh.
            anda ini orang mana bung.?
            ente suka kalau indonesia runtuh.?

          •  

            Bung Agato,
            Jika hanya masalah itu kemudian menjadi dasar komen “Malah bisa jadi Indonesia duluan yg runtuh dibandingkan dg USA. Hhhhhhhhhh” .

            Di USA sentimen kanan dan kiri, antar warna kulit dll, korban penembakan dll, lebih banyak dari disini tapi bukan berarti menjadi dasar argumen lemahnya USA khan ?
            Sentimen Kanan-Kiri ini juga yang dimainkan Trump sehingga menang di pemilu.

            Kita RI tidak lebih baik dan lebih hebat dari USA, tapi komen seperti itu kurang baik.

          •  

            Komen agato ini sdh keterlaluan,,,tolong admin, amankan.,,komen2 nya sdh menyudutkan indonesia…jgn smpe org2 spt ini beredar dan tumbuh di indonesia, bisa bahaya,,,tolong kpd warjag yg lain, jgn menanggapi apapun setiap komentar dr agato…mungkin itu cara terbaik utk menghilang dia pelan2,,,

  6.  

    Bs jd I’ktibar atau pembelajaran kpd RI yg mana hutangnya jg membengkak! Terkadang dipusat pemerintahan politikus merasa jd ekonom sejati dan ekonom merasa jd politikus tulen akhirnya jd sengkarut.he3

  7.  

    Mantap hutangnya jauh diatas gdp kerennnn

  8.  

    ini yg berbahaya, tunggu aza nanti akn ada front perang baru

  9.  

    afganistan , suriah, irak , yaman sdh, qatar msh 50-50, bisa area asia ato afrika nih ?

  10.  

    kalau ekonomi AS kolaps.. pabrik Boeing, General dynamic, NAZA boleh diungsikan ke Indonesia… hahaa.. Seperti Jerman yg hancur lebur pasca PD 2, banyak ilmuan dan tekhnologinya di boyong ke AS.

    •  

      Yang jadi persoalan gimana bayar biaya angkutnya, plus gaji tenaga ahli mereka.
      Cadangan emas juga devisa negara kita kan disimpen di bank sentral dia kl ga salah..juga dibank swiss..
      Mk nya US sering banget bekuin rekening negara lain dgn macam2 alasan,.contoh negara Iran yg pny simpenan emas jg dollar di bank sentral US tp ga bisa Iran pake cz di blokir

  11.  

    DULU ADA DUA PEMUDA ADIKUASA YAITU UNI SOVIET DAN AMERIKA SERIKAT SALING BEREBUT HEGEMONI DUNIA.

    SETELAH UNI SOVIET RUNTUH, TINGGALAH SEKARANG AMERIKA SERIKAT YANG SUDAH MULAI TUA SAKIT-SAKITAN.

    KEMUDIAN SEBENTAR LAGI MUNCULAH PEMUDA KEKAR CALON ADIKUASA BARU YANG BERNAMA CHINA UNTUK MENGGESER KURSI YANG DIDUDUKI AMERIKA.

    BARU SEBENTAR CHINA DEWASA DUDUK DI SINGGASANA, AKAN MUNCUL PEMUDA ADIKUASA BARU YANG AMBISIUS BERNAMA INDIA YANG BERSAING INGIN DUDUK PULA DI SINGGASANA.

    SEDANGKAN PEMUDA TAMPAN YANG MASIH IMUT BERNAMA INDONESIA MASIH SIBUK BEKERJA DAN MENUNTUT ILMU UNTUK PERSIAPAN MEREBUT TAHTA BERIKUTNYA.

  12.  

    Amerika tinggal nunggu ambruknya aja, nanti aku mau syukuran nanggap wayang kulit dgn lakon Alengka bedah rahwana mod*r

    😎 hohoho

    •  

      Ente nanggap wayangnya di alam kubur aja ya Mbah. Ntar minta ijin dulu ama Malaikat Munkar dan Nakir disana. Jangan lupa ngajakin Hitler, Lenin, Stalin, Mao Zedong, Kim Jong Il, Kim Jong Un, Khadafi sama Saddam Hussein biar tambah rame. USA bakal runtuh jauh setelah ente wafat soalnya. Hhhhhhhhhh.

      •  

        Tambah Kim Il Sung juga ya. Hhhhhhhhhh

        •  

          Mulai stress dia, mulai cerita alam kubur, biasa orang yg suka bicara kubur dan mati itu tanda2 waktu ajalnya segera tiba, semoga anda diberikan cahaya disana….. Aamiin.

          😎

      •  

        kalau kun fayakun gmn bung.? apa AS gk akan hancur.?

        •  

          Gak perlu Kun Fayakun, karena gak ada yg abadi di dunia ini. Hanya aja kita gak tau kapan terjadinya.

          •  

            berarti anda juga sok tau donk bilang kalau AS Bakal hancur setelah bung boomerang wafat.?

          •  

            Si agato bukan hanya sok tau, tp juga sok pinter, sok ganteng dan sok asikkk,.,,padahal org nya nyebelin dan dibenci org banyak…

          •  

            Negara yg otoriter seperti Uni Soviet biasanya gak bisa bertahan lama. Paling lama adalah 100 tahun. Tapi negara Superpower yg memiliki sikap Egaliter bagi rakyatnya masih bisa bertahan lama hingga ribuan tahun. Romawi kuno berusia sekitar 2000 tahun untuk Romawi timur dan 1200 tahun untuk Romawi barat, UK berusia lebih dari satu milenium. Bandingkan dg Mongol. Walaupun sangat besar, Mongol tak bertahan lebih dari 300 tahun. USA saat ini berumur 242 tahun. Jelas USA akan mampu bertahan lebih lama lagi.

          •  

            Nyantai aja bro seven, kita akan disayangi Tuhan, karena kita suka menyayangi orang dan negara sendiri, berbeda dengan orang yg kurang genap

            😎 hohoho

          •  

            wkwkwkwk kan ente sendiri yg bilang , semua tk ada yg abadi, dan gk tau kpn terjadinya.
            intinya anda itu cuma sok tau , dan suka muter2 kyk bianglala.

      •  

        Waspada bung Agato, bisa jadi nanti ada yg merasa tersinggung dan menganggap komentar anda melecehkan agama itu… meski hanya sebatas guyonan aja…

        •  

          Percuma bung momod, org kyk agato itu susah di nasehati, apallgi di kasih tau, dia mah org nya sombong dan arogan…ga peka dgn sekitar nya, adh banyak org yg ga suka sm dia disini,..ya wajar saja, krn berbagai alasan ttg kesombongannya,,,

        •  

          Saya tau batasan saya dan saya tau seberapa besar resiko api yg saya nyalakan. Kalo ada yg kesulut ya selesaikan dg jernih . Ntar saya kasih pemadamannya. Saya kadang suka tanggapannya Bung SP yg kalo dinyalakan kompor, dia ngasih bahan hidangannya. Walopun kadang akhir2 ini suka ikutan juga.

          Kalo RF macam Bung Yuli masih lumayan, dia suka bawa kayu bakar tapi gedenya api masih dalam taraf wajar.

          Kalo RF yg lainnya sih no Comment lah. Hhhhhhhhhh

          •  

            tpi tidak pernah ada RF yg sampai nyumpahin indonesia runtuh hanya krn membela rusia.
            gk sampai keterlaluan kyk yg di atas

          •  

            Nyantai aja bung PS, siapa tahu dia itu anak kecil yg sering dimanja ortunya, jadi adab santun tidak dipakai tp mengutamakan emosinya atau sebenarnya dia memang sdh dewasa tp adat kolokan masih dibawa sehingga adab santun ditinggalkan.

            Intinya masih kolokan lah 😎

    •  

      Agato Sugimura ,ternyata LOL

  13.  

    Di bali ada pertemuan IMF bulan Oktober nanti. mereka salah satunya membahas masalah ini. pergantian mata uang global yg selama ini dipegang oleh mata uang dollar.

    •  

      Mereka akan merumuskan apakah maga uang global diganti dengan yuan, diganti dengan standar emas atau diganti dengan mata uang baru criptocurrency.

      •  

        Jika diganti dengan Yuan. Negara china akan menjadi negara adidaya baru. Jika standard nya menggunakan dollar maka Indonésia yang memiliki cadangan SDA tambang emas akan diuntungkan disini.

        •  

          Memggunakan standard emas maksud ku….

          •  

            Memang baiknya mata uang yg digunakan international currency berbentuk emas…sbb penggunaan dollar US sbg mata uang internasional utk perdagangan selalu dimonopoli sekaligus menekan negara lain oleh US

  14.  

    Apa kata dunia… Debt collector mana yg bisa nagih utangnya ASU

  15.  

    Zaman industrialisasi mentok di awal 1900 diakhiri perang dunia pertama 1 (1914-1918)
    Amerika great depression 1933 muncul perang dunia 1939-1945.
    Utang AS diatas PDB nya, bisa bikin AS tergoda untuk menguasai seluruh dunia dan isinya. At all cost.
    Hanya ada me, mine and world.

    •  

      Betul bung..
      Yg bikin kuatir kl US menerapkan UU CAASTA pada negara2 yg membeli senjata Rusia atau Cina..US bisa seenaknya membekukan aset juga rekening negara2 yg dianggap musuh..salah satu nya ya Indonesia.
      Bisa ikutan kolap kita..

      •  

        Kalau hal itu terjadi maka US vs World dong kita bisa kunci 3 ALKI biar si Japan itu kewalahan. Dia butuh sda. Butuh malaka, karimata dan selat halmahera utk lewat. Lagian mereka kekurangan energi skrg. Indonesia selalu tunda project inpex di blok masela. Mau dapat supply energi dari timteng malah dicegat di LCS. satu2nya cara ya beli gas dari amerika dgn harga mahal. PLTN daichi gak aktif lagi setelah gempa tsunami 2011.

    •  

      ONLY YOU, ME AND INDOMIE

  16.  

    Kalo sdh kepepet pasti ngajak perang jadi bisa menduduki negara orang dan mengeruk kekayaannya, harus waspada

  17.  

    Urusannya utang….Amerika kalo dijual juga pasti di beli sama China kok

  18.  

    berarti anda juga sok tau donk bilang AS bakal hancur setelah bung boomerang wafat.?

  19.  

    Si agato bukan hanya sok tau, tp juga sok pinter, sok ganteng dan sok asikkk,.,,padahal org nya nyebelin dan dibenci org banyak…

  20.  

    Kita bagus membuat berbagai infrasruktur seperti bandara bendungan berbasis pembangkit listrik kereta api pelabuhan dll itu menambah anggaran negara dengan pendapatan tersebut tapi jika pembangunan digunakan dengan utang maka pendapatan tersebut hanya untuk membayar debit utang tersebut itu kesalahan nya ….kalo gak salah ….hanya memberi informasi keadaan indonesia ku yang kwowkwowk

    •  

      kata ibu sri utang RI itu 75% dari rakyatnya sendiri kok, dari obligasi yang diterbitkan negara dan yang beli orang RI, negara untung fasilitasnya cepat kelar, rakyatnya juga untung donk
      malah rakyat dapat double, uang masuk fasilitas jadi

  21.  

    2019 – 2020 info nya akan ada negara bagian yg keluar dari USA

  22.  

    Peneliti Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri mengkritisi pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang menganggap wajar utang pemerintah yang sudah menembus Rp 4.000 triliun.

    Baru-baru ini, Menko Darmin menyebut, utang pemerintah yang sudah menembus angka Rp 4.000 triliun di era pemerintahan Joko WIdodo merupakan hal wajar, mengingat gencarnya pembanguan infrastruktur yang dilakukan.

    “Bisa saja pemerintah tidak menambah utang, tapi infrastrukturnya mungkin diperlambat,” kata Darmin.

    Namun, Faisal tidak sepakat dengan mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu. Menurut dia, utang yang ditarik pemerintah selama ini hanya sebagian kecil yang dialokasikan untuk percepatan pembangunan infrastruktur.

    “Terbukti sekali bahwa tidak benar apa yang dikatakan pak Darmin. Tak utang, tapi pembangunan infrastruktur lambat. […] Utang itu relatif kecil hubungannya dengan pembangunan infrastruktur,” kata Faisal dalam sebuah diskusi, Rabu (21/3/2018).

    Faisal menjelaskan, tidak semua proyek infrastruktur prioritas dibiayai melalui kas keuangan negara. Keterbatasan keuangan negara, membuat pemerintah harus bekerja sama dengan sejumlah perusahaan pelat merah untuk membiayai pembangunan.

    “Yang berutang itu bukan APBN, tapi BUMN. LRT itu dari APBN cuma Rp 1,6 triliun, selebihnya disuruh Adhi Karya. Pembangunan transmisi listrik, dulu di APBN sekarang PLN yang bangun,” katanya.

    Bahkan, Faisal menduga utang pemerintah sebagian besarnya justru digunakan untuk alokasi belanja pegawai. “Jadi utang itu digunakan lebih banyak untuk meningkatkan pos lain, termasuk belanja pegawai. Ini bukan jaman orde baru lagi. Kalau orde baru, utang dipakai seluruhnya untuk pembangunan,” katanya.

    Sebagai informasi, berdasarkan data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, total biaya pembangunan infrastruktur selama periode 2015-2019 mencapai Rp 4.700 triliun, dari yang semula diperkirakan Rp 5.500 triliun.

    Rinciannya, sekitar 33% atau sekitar Rp 1.551 triliun berasal dari pemerintah, 25% atau sekitar Rp 1.175 triliun berasal dari BUMN, dan sisanya sebesar 42% atau Rp 1.974 triliun berasal dari kerjasama dengan sektor swasta.

    #Pencitraan kah?

    •  

      Kalo pencitraan coba bandingkan 2 Periode kemarin dengan 1 periode sekarang. Masih mana pembangunan?
      saya bukan pendukung siapa2 tpi netral thd politik. cmn hasil menentukan.
      Meski memang saya akui demi membangun Indonesia secara merata hrus menaikan jumlah hutang.
      perlu di catat juga bung. 5000 hutang itu klo iya smpe 2019 segitu ga mngkin di satu jaman saja. pasti ada peninggalan hutang periode sebelumnya. tapi bukan berarti pula menyalahkan jaman sebelumnya dan sekarang.
      yg hrus kita lakuin adalah kawal jika memang untuk pembangunan indonesia…

    •  

      Pencitraan itu ungkapan yang dikeluarkan oleh lawan politik ketika Jokowi maju pilpres… beberapa kali saya mengikuti pembahasan tentang hutang negara, intinya tidak ada masalah karena memang jika digunakan untuk pembangunan infrastruktur pasti kemudian hari biaya infrastruktur akan turun drastis setelah banyak project sudah terlaksana… dan saat itu adalah posisi dimana kita menikmati hasilnya…
      Menduga hutang untuk belanja pegawai jelas adalah spekulasi saja dari pengamat, karena tidak ada perhitungan apapun dan tidak ada bukti apapun yang dimiliki kecuali hanya sebatas perkiraan dan opini…
      Orde baru… apa yang sudah dihasilkan orde baru??? kereta apai rell ganda dilakukan diera setelah Orba… Tol di luar Jakarta dilakukan setelah Orba… dan di era Orba sangat dikenal dengan istilah jawasentris, jawa mulu dibangun dan pulau2 diluar jawa ya dibiarkan seperti itu adanya… papua adalah contoh nyata kalau orde baru itu tidak membangun apapun…

      •  

        1 contoh saja bung, beberapa bulan yang lalu presiden Jokowi meresmikan jalan tol di wilayah kami bahwa itu sudah dapat dilewati, tetapi faktanya adalah bahwa jalan tol tersebut baru sebagian kecil yang bisa dilewati, sebagian lainnya masih ada “road block”… saya tak tahu apakah tipikal semacam ini juga terjadi di tempat lainnya di Indonesia.

        nah betul bung Yuli, jika orde sekarang ini = orde baru, maka tidak ada artinya mereka ada…

        •  

          Ada road block sebab belum selesai pembebasan lahannya.

          Contohnya saat saya terbang ke Lampung, dari udara saya lihat ada yang sudah bagus tetapi putus di beberapa lokasi yang masih berbentuk sawah dan kebun.

          Entah karena pemiliknya belum ketahuan siapa atau karena pemiliknya minta ganti untung yang terlalu tinggi.

          Padahal saya dengar dari beberapa kenalan di Lampung yang kena pembebasan lahan, kalo mereka dapat penggantian yang cukup besar sehingga bisa disebut ganti untung, malah ada yang bisa bikin ruko dari hasil ganti untung itu.

          •  

            saya tak sependapat bila itu masalah lahan, karena mereka sedang “ngecor” bung, jadi seperti saya sebut diatas itu masih dikerjakan….

            setahu saya peresmian itu ada 2, 1 saat peletakan batu pertama, dan 1 lagi saat sudah selesai pekerjaan. tapi mungkin sekarang 1 lagi adalah saat dipikir sudah selesai dikerjakan 😆 wkwkwkw

    •  

      Artinya : hutang pemerintah RI hanya 1.551 T dan bukan 4.000 T !!!!

      jadi siapa yang gembar-gembor kalau hutang pemerintah RI itu sebesar 4.000 T ?

      Lha wong hanya 1.551 T aja lho.

      Sedang yang lain itu khan hutang swasta dan perusahaan plat merah.

      Si Faisal ini kok geblek yo ?

      •  

        berarti swasta dan plat merah berhutang bukan atas nama Indonesia ya bung… owh… baru tahu saya… enak dong mereka, bila hutangnya tak terbayar, trus aset dijual pemerintah buat lunasi hutang plat hitam dan plat merah… hihihihi…

        Dan yang menyebut hutang 4000T itu wajar adalah Menko, bukan Faisal 😀 hihihi, menurut kutipan artikel lho…

        •  

          Lumayan juga utang amerika ama kapitalisme asing di negrinya

          Hahhaahaaaa

        •  

          Lho kalo perusahaan swasta yang hutang ke asing, perusahaan swasta itu khan yang harus lunasi ke asing.

          Begitu juga kalo perusahaan plat merah hutang ke asing, perusahaan plat merah itu juga yang harus lunasi ke asing.

          Jadi hutang pemerintah ke asing hanya tinggal 1.551 trilyun itu.

          Sedang jika pemerintah hutang ke BUMN dan swasta khan masih aman karena hutang dalam negeri.

          Jadi betul itu, masih wajar.

          😛

    •  

      Yang benar BUMN menalangi dulu pembangunan infrastruktur dengan uang kas mereka, kemudian diganti oleh pemerintah, misal

      https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/09/180900426/adhi-karya-terima-pembayaran-lrt-rp-3-42-triliun

 Leave a Reply