Apr 172014
 

Kepala angkatan laut Australia, Laksamana Madya Ray Griggs

Kapten angkatan laut Australia (?), Laksamana Madya Ray Griggs dipecat dan enam perwira lainnya akan menerima tindakan disipliner karena berlayar terlalu dekat ke Indonesia.

Koreksi:  Ray Griggs memecat 7 perwira angkatan laut Australia 

THE Chief of Navy has decided to strip a commanding officer of his command and administratively sanctioned another, after investigating how Australian crews entered Indonesian waters during asylum seeker operations.

Vice Admiral Ray Griggs has considered the actions of the seven RAN ship commanding officers involved in the six breaches between December last year and January 2014, with each given the chance to put their case directly to the chief.  –perthnow.com.au

Pengumuman ini disampaikan oleh kementerian pertahanan Australia hari ini (Kamis, 17/04).

Detail insiden masih belum dilaporkan tetapi media Australia menyebut bahwa angkatan laut Australia sedang dalam misi menghadang dan mengembalikan kapal-kapal yang ditumpangi para pencari suaka ke Indonesia.

Koran Inggris, The Guardian melaporkan kapal pabean Australia berlayar ke teluk sebelah barat Pulau Jawa bulan Januari, memasuki wilayah perairan Indonesia.

Para pejabat mengatakan bahwa awak kapal tidak menyadari lokasi persis perbatasan laut.

Indonesia menyebut masuknya kapal Australia yang dilaporkan sebelumnya sebagai pelanggaran kedaulatan negara.

Australia menyusup ke perairan Indonesia sebanyak enam kali dalam operasi menjaga perbatasan untuk kedaulatan pada Desember 2013 dan Januari 2014, sebelum Canberra menyampaikan permintaan maaf ke Indonesia dan mengadakan penyelidikan.

Masalah pencari suaka yang tiba dengan kapal ke wilayah Australia tanpa izin melalui perairan Indonesia adalah isu sensitif antara kedua negara. Kementerian Pertahanan Australia mengakui bahwa penyusupan mengakibatkan melambatnya hubungan militer Australia dan Indonesia. (BBC INDONESIA)

Angkatan Laut Australia melakukan proses evakuasi imigran gelap yang tenggelam di perairan pulau Panaitan, Pandegelang, Banten, (31/8). TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

Seorang perwira lain terkena sanksi administratif terkait beberapa pelanggaran wilayah yang terjadi pada Desember 2013 dan Januari 2014 itu.

Saat itu angkatan laut Australia berpatroli mencegah datangnya para manusia perahu yang datang dari Indonesia. Rata-rata berasal dari Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika, mereka ingin menyelundup ke Negeri Kanguru itu untuk mendapat penghidupan layak dengan alasan nyawa mereka terancam akibat konflik di negara asal.

Menurut harian The Guardian, pemecatan atas komandan angkatan laut tersebut diumumkan oleh panglima angkatan laut Australia, Laksamana Madya Ray Griggs, Kamis ini. “Setiap perwira komandan yang terlibat dalam patroli tersebut tahu bagaimana bertindak sesuai prosedur. Tapi, saya minta mereka menerapkan standar yang tertinggi,” kata Griggs.

“Tindakan ini pada dasarnya bukan sebagai hukuman, namun semata-mata untuk menegakkan standar profesional dalam jajaran Angkatan Laut Australia,” lanjut Griggs, yang mengumumkan kebijakannya itu lewat buletin resmi kesatuannya,Navy Daily, hari ini. Namun Griggs tidak menyebutkan identitas dua perwira komandan yang terkena sanksi.

Angkatan Laut Australia menyatakan, para komandan kapal patroli sudah diberitahu untuk tidak melanggar kedaulatan laut Indonesia saat menjalankan tugas. Namun pelanggaran itu ternyata terjadi.

Pengumuman Angkatan Laut ini muncul bersamaan saat harian Guardian Australia mengungkapkan, salah satu kapal patroli milik bea cukai Australia diketahui melanggar batas laut Indonesia lebih jauh dari yang diungkapkan secara resmi. Beberapa waktu lalu pemerintah Australia secara resmi mengakui kapal-kapal patroli mereka beberapa kali melanggar wilayah laut Indonesia.

Salah satu kapal, The Ocean Protector, masuk ke wilayah Indonesia sejauh 9 km dari perbatasan maritim dan hanya 27 km dari suatu pantai di Indonesia. Menurut laporan Guardian Australia, kapal itu bahkan terlihat dari Pelabuhan Ratu di Jawa Barat pada 14 Januari 2014.

Menurut hukum laut internasional, suatu negara berhak menguasai hingga 12 mil laut dari titik pantai terluar. Setiap kapal asing yang masuk harus mendapat persetujuan dari negara bersangkutan.

Pelanggaran batas laut Indonesia oleh kapal patroli Australia itu terjadi di tengah retaknya hubungan diplomatik kedua negara akibat skandal penyadapan intelijen Canberra atas Jakarta. Imbasnya, untuk sementara kerjasama Indonesia dan Australia dalam penanganan penyelundupan manusia perahu secara resmi ditangguhkan. (VIVAnews)

  99 Responses to “Kapten AL Australia dipecat karena ‘menyusup’ ke Indonesia”

  1. Ray Griggs dipecat atau memecat?
    diposting seadanya, setelah ada konfirmasi lebih lengkap akan diedit/update

    • Dipecut…….he he

      Jokiiiiing yg jelas bukan dipecat keknya…

    • Dipecat karena kemarin kalah dari bayern gagal mengangkat MU ke papan atas EPL? #eh

    • Kayaknya bs jadi penyeimbang berita dgn singapura nih 😀

      • kalo menurut saya sih saling menguatkan. Au memecat anggotanya yg melanggar wilayah kita, dan walau pemerintah kita tau pemilihan nama usman harun membuat berang Sg namun “maaf maaf saja, ga bakal dirubah” :mrgreen:

        • Yup bener bung nowy..maksud saya “menyeimbangkan” disini lbh ke meredam teriakan2 pihak2 di dalam negeri yg blm menangkap “gambar besar” strategi RI

    • Dipecat!….

      Itu sumbernya berita dri media internasional

      BBC pasti jaga kredibilitas terhadap apa yg sudah di publis ke masyarakat internasional

      • ‘Kapten angkatan laut Australia (?), Laksamana Madya Ray Griggs dipecat dan enam perwira lainnya akan menerima tindakan disipliner karena berlayar terlalu dekat ke Indonesia…..’

        ‘……..Menurut harian The Guardian, pemecatan atas komandan angkatan laut tersebut diumumkan oleh panglima angkatan laut Australia, Laksamana Madya Ray Griggs, Kamis ini. “Setiap perwira komandan yang terlibat dalam patroli tersebut tahu bagaimana bertindak sesuai prosedur. Tapi, saya minta mereka menerapkan standar yang tertinggi,” kata Griggs.’

        Menurut bung arjuna yg benar yg mana neh ???!!!

        • Pengumuman ini disampaikan oleh kementerian pertahanan Australia hari ini (Kamis, 17/04).

          BBC itu media internasional milik sekutu australia sendiri, jadi sudah clear.

          Mari berdikusi tentang hal pemecatan tersebut apa yg mendasari menhan australia harus memecat sang komandan, ada sesuatu yg mendasari pemecatan tersebut “mungkin” kalau mau rukun sm RI maka duri dlm daging harus disingkirkan

          Itu cuma pendapat saya saja loh 😀

    • Sepertinya memecat tweet dia : “My decisions relating to Indonesian territorial waters incursions earlier this year.”
      Serta cuplikan dari link di komentar nomor 7 :
      “As a result the Chief of Navy will remove one Commanding Officer from his command and another will be administratively sanctioned. The remaining Commanding Officers will be formally or informally counselled.”
      Jadi menurut saya Ray Griggs memecat. maaf, ini hanya sekedar pendapat dari saya yang masih awam.

    • KELIHATANYA AUS PINGIN KASIH KESAN + BUAT PEMERINTAHAN BARU NANTI,…… TAKUTNYA HARIMAU AKAN MENGAUM……. DAN GARUDA AKAN MULAI TERBANG TINGGI ……………. SEMOGA SAJA MEMBAWA KEBAIKAN BERSAMA ………………………………….

    • Ini hanya pencitraan buat pedekate sama Ind setelah si Abbot lengser. Biasa.. menarik SIMPATI. Bukan As ya atau Tri..

  2. Pertamaxkah?

  3. bahas tentang DSA dong

    • @rete ..dsa! ..Kayanya gak berlaku lg…mungkin setelah adanya ” lawatan” balasan tni al atas kunjungan kapal al aus…dipecat nih komandan..mungkin….boro2 ngurusin dsa klo “lawatan balasan” langsung menusuk jantung…masing2 anggotanya

  4. 5 besar kah

  5. 10 besarkah

    • Tak peduli ausyt mau pecat,mau apa ke Perwiranya yg jels mereka tlh nylonong msk perairan NKRI.yang Penting Perkuat Alutista TNI supaya mreka tdk brani nylonong lg.nah untk sesepuh warjag tolng dong di buatkan lg artikel,alutista TNI matra lautnya yg terkini yg sdh beroperasi.baik tu kpl permukaan,maupun hantu lautnya.beserta armamennya,trus jg perbandingannya antara sonora dan sonosetan.untuk nambh wawasn kita2 yg msh awam.trims jayalah NKRI,GARUDA di dadaku…forever

  6. As a result the Chief of Navy will remove one Commanding Officer from his command and another will be administratively sanctioned.

    http://news.navy.gov.au/en/Apr2014/Operations/1000/Chief-of-Navy-decision-relating-to-professional-conduct-in-the-inadvertent-incursion-into-Indonesian-territorial-waters.htm#.U0_mB6I-aNF

    • chief of navy-nya itu ya laksamana grigs, di bbc beritanya grigs yg dipecat dan diumumkan oleh MoD. masih simpang siur, viva meloparkan sama. KASAL australia itu tidak dipecat tapi memecat anggotanya yg melanggar wilayah Indonesia dgn sengaja

      • Untuk informasi release resminya mungkin harus lbh mengacu ke media AL Aussie drpd vivanews,klo dilihat tulisannya aja agak membingungkan..terlepas berita yg dimuat itu real/tidak,ini cukup untuk meredam kawasan sih..untuk saat ini 🙂
        Berita ini keluar sesaat setelah Pak Moel mengeluarkan statement mengenai pelanggaran penanganan pencari suaka di KL ya??

        • @dewakembar, betul bung sekarang sonotan lagi di puncak prustasi,mereka kelimpungan selama ini,,,tampa indonesia mereka bagai usus buntu yg hidup enggan matipun enggan,makanya sonotan melakukan semua ini biar mereka sonotan dapat sedikit nutrisi dari kita….
          tapi kalau namanya usus buntu emang tidak ada gunanya…sewaktu” bisa jadi penyakit yg menjalar..waspada.

    • @raden… waduh ada nama yang sama …bang admin… gimana bagusnya….jd bingung…saran dung

  7. Di tunggu bung nowy update an nya

  8. secara umum.. mana ada sih, hampir ga ada orang melanggar, terus to the point mengakui.. dalam benak saya, RI punya evidence lebih dari cukup untuk “menapar” australia.. kalo cuma sekedar sekoci penyelamat dan keterangan warga, ya bolehlah, tp rasanya tdk akan cukup utk membuat Australia mengakui dan memberhentikan dari jabatan (bukan memecat kedinasan sepertinya)…
    bolehlah berandai2, “ahh mungkin ketangkap basah oleh Cakra / Nenggala atau “Cakra dan Nenggala” atau ketangkap radar Kaprang, atau kena foto oleh B 737 SLAMMR, atau bs juga cuma ketangkap mata telanjang NC 212 TNI AL atau Nomad.. (ehh Nomad dah grounded belum sichh..)

  9. Numpang share opini bung!.politik basa basi nampaknya.up date terus bung,ane pantau terus. Maju jkgr!

  10. Hhmmm.. Kenape baru sekarang ye… Prustasikah hubungan gak terus membaik?

  11. benda intern yg diberitakan meluas ini bertujuan agar INDONESIA mendengar dan terlena yg AUS konon2 telah membuktikan tindak lanjut dari permohonan maafnya yg scr lisan..dengan tujuan agar INDONESIA luluh hati shngg berdampak mengurangi tingkat kewaspadaan trhdp AUS.dan melemahkan semangat R&D dan produksi alutsista..apalagi panitia DSA 2014 KL dibalik layar ( AUS,USA,BRITS ) telah menyaksikan sedikit dari sekian banyak alutsista buatan INDONESIA yg potensial..( dicurigai alutsista yg dipamerkan adalah yg kemampo/mengkel sdngkn yg dah mateng ttp jd simpanan )

    • Sepertinya program R&D dan tekad Industri dalam negeri g bakalan pengaruh bung, karena ini program panjang dan jatidiri bangsa untuk kedepannya.

  12. ne mungkin da hubunganya ma koment bung nara bahwa sonora,sonotan,n upil sering ketemu barang ajaib kita…..mungkin mereka ga mau ambil resiko bwt konfront ma kita karena mereka sadar ga akan bisa bwt hadapi kita….hehehehe…maaf analisa ngawur…..

  13. Saya SR dari sulawesi Dan bukan orang militer. Menurutku sonotan ingin menyampaikan pada kita bahwa mereka mampu mendekati pulau kita tanpa terdeteksi oleh kita poinnya bukan pemecatan.

    • 1. indonesia mengancam akan menenggelamkan kapal aus jika melintas lagi dan indonesia jengkel penyadapan.
      2.aus takut nanti semua komandan kapal akan semakin berani masuk ke perairan indonesia jika tidak ditindak dan akan membahayakan kapal aus dimana indonesia akan bertambah lontong nya.
      3. diatas adalah pemikiranku

    • Bung Surip, kl kt tdk mampu deteksi, lantas bagaimana kita bisa tahu kl sonotan sdh melanggar batas. Se7 dgn opini ngawur dan awamnya bung didoth 🙂

    • Betul Bung Surip, point terpenting bukan pemecatan, itu adalah urusan internal mereka, tetapi urusan kita adalah mengapa mereka dapat bebas masuk perairan kita, dan keluar lagi, di selatan Jawa lagi. Tidak juga “dibiarkan saja untuk serangan secara diplomatik internasional”.

      Akui saja dengan jujur kelemahan kita adalah tidak bisa memantau perairan kita. Konsep C4ISR Command, Control, Communications, Computers, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance, ternyata masih jauh dari pemahaman petinggi militer kita (dan juga maaf kita para fan boys). Pembelian alutsista gahar adalah sesuatu yang seksi, tetapi tanpa C4ISR, gahar menjadi tumpul.

      Dulu pernah saya tulis bahwa sejak puluhan tahun kita sdh punya Kohanudnas sebagai bagian dari C4ISR, yg sdh terbukti dapat menjaga kedaulatan wilayah udara kita, Sebagai pasangannya diusulkan Kohalutnas untuk menjaga kedaulatan wilayah laut kita ALKI dan ZEE bekerja sama dengan Bakamla/ Coast Guard. Modal awal Kohalutnas sudah ada kok yaitu radar IMSS di Selat Malaka dan Selat Makasar, dan CN-235MPA, tinggal dilengkapi radar IMSS saja untuk utamanya perairan selatan Jawa dan Nusa Tenggara.

    • Bukan gak terdeteksi sebenarnya bung…disana saat itu sudah ada yg bayang2in di bawah dan tinggal push button ajah…tapi konon hiu agung ga ngijinin..hehehe

  14. * Jurus cuci tangan…*

    Kalo dipecat dari satuan mungkin iya…tapi terus pindah ke satuan yg lebih membutuhkan pengetahuan lapangan mereka…apa coba..? hehe
    akal2an bule nyasar…

  15. YA DIPLOMASI POLITIK DARI DULU MIRIP….. SEPERTI JANJI PARA CALEG, JIKA BERDAMPAK UNTUNG YA DIKERJAKAN, BESUK ATAU LUSA RUBAH LAGI …………

  16. pak Marty Natalegawa emang setroooooong diplomasinyaaaaaa…

  17. bung NOW, maaf OOT, malay dan brunai tertarik dengan Club K dan club M rusia,, sepertinya akan mengakuisisi .. club K ini sangat unik sekali, cos tempat peluncuran nya countainer. bisa kamuflase dgn kereta barang atau dgn truk countainer

  18. Mbah udah bilang di awal bahwa Australia baik dengan kita, Australia adalah saudara angkat kita. Kita harus bekerjasama, bahu membahu, dan terus membangun hubungan baik dengan mereka.

    Australia sudah punya LHD yang akan diisi F 35 mereka. Kita akan merasa aman karena 2 LHD mereka akan menjadi Flag ships saat iring iringan armada Australia bergerak ke Utara menantang china di Laut china selatan.

    Kasian bila sekenario yang mbah gembar-gemborkan terjadi yaitu armada laut australia sendirian melawan PLAN di Laut china selatan membebaskan blokade laut terhadap Filiphina. Tapi armada laut kita akan hancur bila ikut Australia bergerak ke Utara.

    Mbah bangga dengan Australia dan Indonesia karena seiring sejalan, seiya sekata, tetap bergandengan tangan.

    Kita hanya bisa pasrah dan menjadi penonton saja saat terjadi perang di laut china selatan. Mbah dengar dari bisik-bisik bahwa Pertempuran LCS akan merembet dan masuk ke Negara Indonesia karena antara PLAN dan Australia + Sekandia baru + USA akan saling kejar-kejaran di dalam wilayah NKRI. Kepulauan-kepulauan indonesia sangat pas dijadikan persembunyian fregate Sekutu yang kabur dari kejaran PLAN.

    • @ mbah bowo masih idup ya :mrgreen: masih mendewakan aushit sama asu juga ya :mrgreen: sadar mbah orang sampean udah bau tanah mash aja jadi anthek” nya barat 🙂

      • Sekarang adek berdiri di pihak mana bila perang LCS meletus ? memilih di pihak PLA atau di pihak sekutu ?

        Berpihak pada PLA = musuh seluruh rakyat indonesia
        Netral = berpihak pada PLA
        Memihak sekutu = Bisa dimaklumi meski keputusan yang berat

        Mbah cinta indonesia dan Australia, Mereka dan kita satu saudara

    • Mbah..kalau konflik LCS meletus apa mungkin perangnya hanya di laut,atau udara mbah,,,,kalau saya mau nonton enak’y dari sisi sebelah mana ya biar jelas..??takut ada sistem adu domba mbah…misalkan kalau australia lagi lewat di indonesia bwt nyerang cina,tanpa di ketahui aus ini melempar mortir k’jakarta dan mortir itu bertuliskan made in cina…gimana mbah apa kita diam saja??

      • Mbah berkeyakinan LCS adalah peperangan laut terbesar sepanjang sejarah peradapan manusia modern.

        Meski skuadron F 35 Australia yang berpangkalan di LHD mereka akan berhadapan langsung dengan shukoi2 PLAN, tapi kebayakan saling serang armada laut yang paling mendominasi.

    • Hehe….. Tenang mbah bowo klo msk perairan indonesia lagi kapal aus mau d tenggelamin mbah…… kita ma aus kan sodara lain bapak ama lain ibu.. hihi…..

      • Dek Koir memang pemuda indonesia yang cerdas, yang bisa membedakan mana saudara dan mana musuh yang sebenarnya

        Australia = Saudara kita
        Amerika serikat = Paman kita
        Malaysia = Saudara kita, yang kadang sering cari perhatian manja-manja ke kita

        China = Hampir jadi musuh, musuh masa depan indonesia
        Singapura = Musuh yang harus di selesaikan setelah panggung LCS selesai.

    • ane heran ma ente mbahwo..
      komeng kog kagak jauh2 ma amrik osi plan lcs perang perang perang, kagak ada yg laen apa..
      kalo mo perang, ntar nunggu kredit panci ane dah lunas..lagean ane mo perpanjang kredit celdam, yg ane pake dah pada bolong, kentut aja ampe kagak kesaring..

      gene mbahwo..
      ane ntu bingung napa mbahwo berulang2 nyampeken soal amrik osi ma perang lcs..kalo mbahwo mo mangsudnya mo kasih peringatan soal lcs, kan tni dah persiapan dgn mef nya n berencana bangun gubuk di natuna..
      trus mbahwo pengen indonesia deket ke amrik, noh list maenan yg mo di beli dari amrik dah di gelar, tinggal pilih mana yg mbahwo suka, busmaster yg dari osi juga dah dateng..
      pengenan mbahwo dah kesampean semua, trus yg mo ente arepin lage apa..jadi cirlider perang?

      • Mbah dari awal sudah bilang, bahwa kita akan condong ke USA. Mbah ini denger dari bisik-bisik yang kepastiannya 68% akurat.

        Mbah sering bicara natuna, kenyataannya TNI sekarang menumpuk pertahanan di Natuna, apa yang mbah selalu bicarakan ada benang merahnya.

        Mbah tidak ingin cucu-cucu mbah mati di gelanggang LCS, kita tidak ada urusan di LCS, mbah sampaikan berkali-kali bahwa kita akan jadi penonton saja. Biarkan kedua armada laut baik PLAN maupun sekutu saling hantam di LCS, bila ada yang kabur melewati wilayah indonesia maka biarkan saja juga. Bila sampai terjadi perang darat di wilayah indonesia kita sebaiknya diam saja, DIAM DAN DIAM !!!!. Mencegat dan menghalangi marinir PLAN = siap-siap menerima hukuman yang mengerikan dari tentara yang berjuta juta itu.

        Mbah denger dari bisik-bisik, bahwa kemungkinan kita akan menunggu sampai PLAN hampir kalah dulu baru segenap armada kita akan ikut menyerang PLAN.

        Mbah denger dari bisik-bisik kemungkinan PLA saat hampir kalah akan menggunakan Nuklir, tapi masih simpang siur, mbah tidak bisa memastikan.

        Ini yang sering mbah denger dari bisik-bisikAwal pecah konflik LCS sekitar tahun 2022 atau selambat-lambatnya 2025.

    • Komennya m*** bowo spt komennya ABG, tp sdh minta dipanggil mbah, gak pantes banget 🙂

    • Ahh, mbah ini ngomong kayak kentut

    • Mbah nih model expatriat yang ngajar di JIS itu ya… NAJIS

    • Bengep juga baca koment mbah yang satu ini, komentnya itu itu saja.. g nambah pengetahuan warjager terutama yang berniat belajar di mari..

      • Tentukan kamu di pihak mana ? Sekutu atau PLA ?

        • mbah2 wes sepuh dari dulu gak nambah2 opininya..!!!!!
          yg di omong perang lcs, suruh mbela aus, asu…
          sebenarnya mbh bowo ntu punya tujuan apa, ?
          ngasih opini yg di ulang2.. kgk bosen2..
          kita yg bacanya aja jenuh!
          kalau gak ada maksud dan tujuan yg harus di capai… mbh gak bakal di ulang2.

    • @mbah bowo , Mohon maaf mbah keputusan saya telah bulat untuk tidak menelan informasi anda 🙂 #TIRU #DIPLOMASI #PAKMOELDOKO

  19. Berita itu cuma menyatakan bahwa Iran menawarkan kerjasama militer, bukan berarti kita setuju toh? Ingat, ada resiko kita bakal kena sanksi juga dari dunia internasional (baca: Barat) kl kita menjalin kerjasama dgn negara yang sedang kena embargo spt Iran.

    • jangan di tolak laah,, negara berhak bekerja sm dengan negara mna saaahaja termsuk iran.. kita sudah perna merasakan pahitnya di embargo,, coba kalau kita yg di embargo trus ga ada negara yang mw kerjasama militer engan kita.. sakit hati kan..? udah jatuh tertimpa tangga ..

      kita bantu mereka agar suatu saat nanti mereka bisa mengingat bahwa indonesia pernah membntu mereka sat mereka lg susah…

      kalaupun mrk lup atau sengaja lup ya tuhan tdk akan membalasa kebaikan dengan kbrkn toh? hehe ^^

      • Analoginya
        Kalau saya suka dengan Janda cantik tetangga desa ,,tetapi dilarang oleh kepala desanya yang songong , bukan dilarang oleh orang tuanya

        Maka saya akan tetap memacari janda tersebut dengan sembunyi sembunyi melewati batas desa yang lain untuk menghormati pak lurah yang songong itu walau dalam hati mesoh mesoh mengutuk pak lurah yang songong, agar cepet kena stroke
        hehehehehe

  20. Bung diedo@ bung nara@ bung nyd@ bung satrio@ bung jalo@ angkat artikel ketertarikan malaysia akuisisi rudal club K sama club M dong di DAS malaysia..
    Hmmm… Bisa gawat nh klo rusia kasih juga malaysia

  21. Ralat maksud’y di DAS malaysia

  22. bisa saja kan skenarionya bgni,,

    china + japn + korea bersekongkol untuk membuat egemoni amerika berkurang di asia..
    jpn akan memperkuat arsenal mlternya dengan memkai alasan kebangkitan china, bgtupun korea akan menjadikan china sebagai alasan,, tetapi di belakang itu semua sudah ada skenarionya supya jpn korea bisa bebas memperbesar kekuatan mlter mereka…
    coba lihat wktu pk mul ke china dan memberikan statmen berani soal natuna.. avala ta’ qilun..???

    coba lhat pulau senkaku/dokdo dari dulu saling klaim tp mereka ga juga berperang,, avala taqilun..??

    kalau suah bgt saya harap mbah bowo ga kena penyakt kurap..

    ingat lho!!! luka lm soal bom hirosim nagasaki tdk akan pernah di lupkan oleh bangsa pra samuray ntu..

    • ane ragu, dendam china n korea sama jepang nggak ktulungan,
      jepang sdar kalo US kartu truf dia trutama buat ngadepi china, yang terjadi skrang China berusaha menggerus USA dan masalah jepang, hanya faktor US saja china nggak invasi jepang

  23. menurut pndapat saya mngkin langkah yg diambil PMnya aus hanya sbgai pencitraan saja krn utk menutupi malu atas tingkah anak buahnya..momentnya aja pas bnget dteng royal couple ke negaranya…apalgi PM aus udah sesumbar klo negaranya isa nemuin MH370 tpi kbar trakhir pencarian akan dihentikan…dulu aja sesumbar gak butuh Indonesia bt ngatasi pencari suaka tpi kenyataanya pencari suaka mlah lbih bebas msuk ke ksna krn tnpa dicegat dlu oleh TNI..dpt warning juga dri PBB..betapa malunya

  24. Yup benul..@bung ryan..

  25. Update/Koreksi:

    Ray Griggs tidak dipecat, tapi memecat dan memberikan sanksi bagi perwira angkatan laut Australia atas pelanggaran wilayah laut Indonesia.

    Chief of Navy Vice-Admiral Ray Griggs has taken action against officers over the breach of Indonesian waters

    THE Chief of Navy has decided to strip a commanding officer of his command and administratively sanctioned another, after investigating how Australian crews entered Indonesian waters during asylum seeker operations.

    Vice Admiral Ray Griggs has considered the actions of the seven RAN ship commanding officers involved in the six breaches between December last year and January 2014, with each given the chance to put their case directly to the chief.

    He accepted that none of them deliberately contravened orders, but there were lapses in professional conduct.

    As a result, one will be removed from his command and another will be administratively sanctioned.

  26. Dg adanya kasus MH370 militer Indonesia hanya mengamankan Nusantara tdk terlalu full hanya sekedarnya, karena kapal selam nuklir mama eli sama om kol sanders masih berkeliaran dan ausi mencoba utk melanggar apa ada hantu di nyai lorokidul dan om sanders agak kuwalahen kasus MH370 maka dibuatkan kasus Krimea serta Transnistria utk mengalihkan perhatian internasional prahara yg penduduknya moyoritas bangsa Rusia diblokade Ukraina sehingga NATO/AS militernya disiapkan utk bila terjadi gejolak di Transnistria bagian timur sdh dikuasai milisi pro Rusia. Utk pemecatan yg dilakukan pejabat militer ausi hanya lipservis utk pendekatan pemenang pemilihan pres yg baru agar dpt tanggapan positif, karena Mahatir sdh datang dan om Sanders sdh ke Megawati. Salam………………………………….

  27. Ditambah tekananan para pejuang intelektual kita yang berbasis di Ausie.

  28. Lumayan…..
    Bisa jadi alternatif kerjasama program2 kemandirian yg mandek coz negara2 yg rada sungkan membagi ToT…
    Saya pikir Iran tdk akan sepelit negara2 eropa dlm ToT…..Intinya sekarang serap ilmu setinggi2nya dari berbagai kubu……

    Ato jangan2 udh ada undisclosure agreement sama iran kyk papa bear ama koko panda?

  29. aku punya temen dari aussie, cewek, aku sih dikampus(univ negeri di Palembang) suka kenalan/selancar didumay bareng temen nyari temen baru dari seluruh dunia, nah iseng2 ketemu nih cewek aussie, namanya Nadia, jadi deh chatting lewat line, eh usut punya usut doi anak tentara, bapaknya anggota army nya aussie, katanyaa.. dia bilang dia lagi belajar bahasa indonesia di kampus nya, saya tanya nih kok negara kamu antusias banget belajar bahasa indo, ditambah lagi aku prnah liat di youtube pelajar aussie nyanyi lagu Indonesia raya di sekolah, trus kok tony abbot bilang pandangan politiknya lebih jakarta daripada genewa?(bangga face), dia jawab, ayahnya bilang kalo suatu saat Indonesia will reveals their true Identity. as an aggressor nation, haaah, saya kaget dong, loh kok bisa gitu.. dia bilang Australia adalah negara tanpa sejarah! kami suka mempelajari sejarah negara2 lain terutama asia, and Indonesian ancestry are descended from the great asian medieval empires(kalo gak salah dia ngomong gitu). ya kerajaan Sriwijaya dan kerajaan majapahit gitu lo.. ya gimana gak kan dua kerajaan besar Indonesia masa lalu ini adalah agressor sejati!!! maka dari itulah darah nenek moyang gak akan bohong!! mental agressor dianggap masih ada didalam benak rakyat kita!(gua sih ngakak….) trus dia bilang and your economy is projected to be twice that of Australia by mid 21th century, because your country will be the 5th largest economy in the world around 2025-2030.. trus saya jawab, of course, we have many potentials, coal? petroleum? gas? this country has it all!! haha alamak kurang bangga palagi coba saya liatnya.. haha.. dalem hati sih lebai amat lu neng… pantes aja musuh besar dari Asia bagi mereka itu jepang, China, dan Indonesia.. gua baru tauu.. penutup nya gua timpalin, I’m from Palembang city, the capital of Srivijaya empire, I think the possibility of revenge from us in the future to the netherland kingdom, not australia, because Indonesia was colonized by the Dutch State for 350 years.. so Dutch state, pray for yourself!! haha 😀

    • @bung sfc fans : mungkin bung bisa lihat artikel kemarin, http://jakartagreater.com/garuda-yang-mulai-bangkit/
      no.46 , imho mengenai :
      1. Apakah benar paradigma Indonesia ditaklukkan Belanda +/- 350 Tahun?
      2. Indonesia memiliki DNA Predator dari leluhurnya dst…inilah sesungguhnya yang dikhawatirkan angsa asing lainnya

      • @bubg raymond
        saya setuju dengan point 1, sudah lama saya punya uneg uneg masalah ini. Dosa siapa pada pemerintahan siapa yg menulis sejarah bahwa indonesia dijajah 350 tahun? sungguh memuakkan.
        Tahun 1595 [ 1945-350] expedisi belanda baru mendarat di sunda kelapa dan separo pasukannya habis selama 5 tahun pelayarannya berakhir di madura. Pulau jawa dikuasai belanda saat culture stesel itupun baru bisa benar2 selesai perlawanan kita 1830 gugurnya pangeran diponegoro. Bisa dicek googling betapa diseluruh nusantara tidak dikuasai oleh belanda. Aceh baru berenti setelah thn 1918 tanpa belanda bisa mendapatkan keuntungan apa2.
        Kepada siapa koreksi pernyataan sejarah yg memuakkan itu bisa dilakukan? Kita tidak dijajah 350 tahun oleh belanda, sebenarnya kita berperang 350 tahun dengan portugis-spayol-belanda-inggris.

        • senopati-pamungkas @ saya mendukung pernyataan raymond dan anda…. dan silakan baca juga artikel saya di http://jakartagreater.com/garuda-yang-mulai-bangkit/ Nomor 54 dan dan 57.

          Sebenarnya saya sangat mengharapkan ada komentar dari idola saya Bung Satrio dan para sesepuh Warjag atas artikel saya tersebut…. maklum… baru belajar nulis…

          Syukur 2 di Forum Warjag ini Idolaku Bung Satrio atau sesepuh warjag lainnya bisa membuat ulasan tentang angka 350 th tersebut

      • sfc fans @ saya mendukung pernyataan raymond…. dan silakan baca juga artikel saya di http://jakartagreater.com/garuda-yang-mulai-bangkit/ Nomor 54 dan dan 57.

        Sebenarnya saya sangat mengharapkan ada komentar dari idola saya Bung Satrio dan para sesepuh Warjag atas artikel saya tersebut…. maklum… baru belajar nulis…

        • @bung raymond & bung arie,
          Memang lebih baik dimajukan ke admin sebagai artikel “kewiraan” meminjam istilah bung satrio.
          Sampai sekarang saya juga masih penasaran, siapa penggagas pertama istilah penjajahan 350 tahun ini yg diajarkan begitu masif di pelajaran sekolah .
          Bagi sayajudul yg tepat adalah “Perang 350 tahun Nusantara dengan Agresor eropa”

    • Bung SFC fans, selain itu, Australia kan negara “di bawah kekuasaan” Inggris di mana kepala negaranya ya ratu/raja Inggris.

      Bahkan Malaysia dan Singapura sedikit lebih baik dari Australia walau masih di persemakmuran. Benderanya Aussie kan ada didalamnya ada bendera Inggris.

      Ekstrimnya, jika rakyat Aussie getol belajar sejarah, bahasa, budaya Indonesia, apa berarti mereka siap juga pindah dari persemakmuran Inggris ke persemakmuran Indonesia/Nusantara? Hahahahaha…..

    • Ha3x..Busyeet..Calon agressor. Waw. Saya tersanjung.:D

  30. itu orang australia mau liat putri duyung kali di pantai pelabuhan ratu

 Leave a Reply