May 092012
 

Kasus sengketa Karang Scarborough antara Filipina dengan China harus menjadi pelajaran penting bagi Indonesia. Sengketa ini mirip sengketa Karang Unarang-Ambalat, antara Indonesia dengan Malaysia.

Scarborough shoal mengandung cadangan energi yang besar, sama seperti karang Unarang Ambalat. Diperkirakan potensi gas alam di Karang Scarborough Laut China Selatan, sekitar 7.500 kilometer kubik atau 266 triliun kaki kubik.

Karang Scarborough Laut China Selatan


Filipina yang merupakan negara kepulauan memasukkan Karang Scarborough ke wilayah mereka karena berada dalam kawasan 200 mil zona ekonomi eksklusif, sesuai dengan hukum internasional.

Karang Scarborough terletak 230 km dari Pulau Luzon, Filipina. Sementara jika ditarik dari daratan China, Karang tersebut berjarak 1.200 km dari ujung pantai barat laut daratan China, tepatnya di Provinsi Hainan.

Namun, China tetap saja mengklaim Karang Scarborough dengan alasan, daerah itu bagian dari sejarah kerajaan China. Karang itu diberi nama Huangyan Island.

Posisi Karang Scarborough


Tekanan China
Sekarang mari kita lihat, bagaimana negara militer besar, menekan habis negara lemah.

Alasan China mengklaim Huangyan Island memang terkesan mengada-ada. Tapi demikianlah realitanya. Bahkan China mengklaim seluruh Laut Cina Selatan sebagai wilayah sejarah, sampai pantai Filipina dan negara Asia Tenggara lainnya.

Perseteruan memuncak saat Angkatan Laut Filipina menangkap nelayan China yang dianggap melanggar batas wilayah. Tak lama kemudian, Angkatan Laut China menghadang kapal perang Filipna, yang akan menggiring nelayan China tersebut.

Ketegangan militer antar kedua negara memuncak.

Wakil Menteri luar Negeri China Fu Ying mengeluarkaan pernyataan keras. China pesimis dengan kisruh di pulau Huangyan. Untuk itu China menyiapkan segala kemungkinan untuk merespon setiap tindakan Filipina.

Fu Ying juga menemui Wakil Duta Besar Filipina di China, Alex Chua. China meminta Filipina untuk tenang dan mengingatkan aksi Filipina akan meningkatkan ketegangan yang tidak terukur.

China menganggap Filipina tidak mengindahkan permintaan mereka dan terus membuat kesalahan fatal dengan cara memperkeruh situasi di Karang Scarborough. Filipna dianggap terus mengirim kapal perang ke pulau tersebut yang menyebabkan rakyat Filipina menjadi salah paham tentang status karang Scarborough.

Tentara Filipina Tancapkan Bendera


Fu Ying mengatakan pulau tersebut milik China dan berharap Filipina tidak salah tafsir dan jangan mencoba membuat persoalan tanpa paham resiko yang akan dihadapi.

Armada perang China akan terus siaga di sekitar Pulau Huangyan. Hal itu untuk memastikan para nelayan tradisional China aman mencari ikan dan berlayar di sekitar pulau tersebut, sesuai dengan hukum dan peraturan negara China.

China terus menekan Filipina. Filipina diminta menarik kapal perangnya di sekitar pulau Huangyan dan jangan pernah menganggu nelayan nelayan China.

“China akan menyiapkan segalanya, untuk merespon tindakan Filipna:, ujar Wakil Menteri Luar Negeri China dengan penuh percaya diri.

Armada China di Laut China Selatan


Apa kira kira reaksi negara lemah Filipina setelah diancam seperti itu ?.

Militer Filipina hanya bisa mengeluh. “Mereka melakukan penghinaan yang buruk dan mengesampingkan upaya diplomasi. Mereka benar-benar ingin menguji apa sebuah negara kecil seperti Filipina dapat melawan negara raksasa,” ujar Mayor Ego Loel.

Philippine Navy Special Operations Group


Lalu apa pula komentar dari pihak Kepresidenan Filipina ?. “Kami hanya bisa menahan diri. Kami tidak ingin meningkatkan ketegangan apapun saat ini”, ujar juru bicara Presiden Benigno Aquino, Edwin Lacierda.

“Kami tidak ingin meningkatkan ketegangan apapun saat ini,” kata juru bicara Edwin Lacierda.

“Apa yang kita lakukan untuk saat ini, hanya mengamati situasi,” tambahnya.

Sementara China bisa dipastikan akan terus menekan dan mengancam Filipina, karena merasa militer mereka jauh lebih kuat daripada Filipina.

Ambalat Masa Depan
Sekarang kita lihat Kasus Karang Unarang, Ambalat. Merujuk hukum laut Internasional UNCLOS 1982, wilayah Ambalat masuk Zona Eksklusif Ekonomi Indonesia. Namun Malaysia juga menganggap Ambalat bagian dari wilayah mereka tanpa perlu mengikuti hukum laut Internasional.

Karang Unarang, Laut Ambalat


Jika demikian bagaimana sengketa Ambalat diselesaikan di kemudian hari ?. Sengketa Filipina- China tentang Karang Scarborough bisa menjadi gambaran Ambalat ke depan.

Apalagi cadangan minyak Indonesia diperkirakan akan habis sekitar 20 tahun lagi. Kita anggap saja cadangan minyak Malaysia pun demikian. Kalau itu benar, 20 tahun lagi Ambalat akan menjadi wilayah yang sangat penting bagi kedua negara.

Malaysia sedang menggebu-gebu memperkuat persenjataannya. Malaysia mendekati proses final untuk membeli sistem rudal antitank, rudal panggul antipesawat, serta sedang memburu kapal-kapal perang berpeluru kendali.(Jkgr).

Bagikan Artikel :

  7 Responses to “Karang Unarang Ambalat Hingga Scarborough”

  1. makin rame aja nih, mau kiamat kali yah.. ni klo pemerintah nggak punya visi bentuk pertahanan indonesia spt apa = kebangetan.. miris liatnya klo kita selama ini cuma bisa responsif saja tanpa visi yang jelas. bisa mencontoh india dlm menghadapi pakistan, tak banyak bicara diam2 memperkuat pertahanannya dengan visi jauh kedepan sehingga menjadi negara dgn militer disegani di dunia..

  2. Indonesia harusnya mempersiapkan diri tuk menghadapi segala ancaman kedaulatn NKRI..
    Dalam perang modern untuk superior militer Indonesia harus menambah armada LAUT dan UDARA nya..
    Tambah skadron sukhoi,,tambah Armada Fregat dan KS kilo
    Itu jawaban yang benar..
    Bukan berputar putar dengann VISI militer kedepan yangg nggak jelas

    • Visi juga penting gan, paling tidak 40 taun kedepan udah ada rencana Indonesia ingin spt apa, termasuk juga masalah pertahanan negara. Pemerintah dalam kebijakannya harus berkesinambungan jika terjadi pergantian kekuasaan, jangan kaya dulu2, ganti penguasa ganti kebijakan, alamat nggak maju2 klo gitu. Paling ngenes waktu orba berkuasa, banyak proyek2 strategis macam lapan harus berhenti berkarya hanya karena mbah harto pingin “lo gue en” ama soviet, jadi deh jamaah amerikiyah. Jadi jamaah juga nanggung nggak sampe khatam, pinginnya bebas aktif alias non block, kena embargo baru deh nyesel nggak ketulungan. Jamaah sovietiyah malah pada mandiri contohnya cina, udah mapan posisinya didunia, soalnya belajarnya ampe khatam jadi dapet ilmu banyak. Nah maksud ane tuh kaya pidatonya bung karno yang terkenal “jas merah”, sejarah klo ganti kebijakan ekstreem pasti amburadul, sejarah pernah diembargo politik dan ekonomi pasti ngenes, biar jangan terulang dimasa depan gan. Btw visi militer yang agan maksud tu yg gimana ya? beneran ane nggak tau (sumprit ane nggak ngeles gan)..

  3. Yaa seperti sudahh anda ulass bagaimana dulu kita jadii anak tiri amerika samapai saatt inii ,,
    Dan bagaimana cinaa,india,korut dgn ayah kandungnya rusia..

    Kedepan Visi militer kitaa tuk superior yaa haruss mandiri..dan tukk belajarnya tinggal dipiilih belajar ke ayah kanding atau ayah tirii sambill membeli banyakk alutsisnya tkk mendapatkan TOTnya atau Nyontek
    Dan Biaya pendidikan yg 20 persen darií APBN itu jugaa mendukung penuh tuk Riset

  4. Tenang. 2 tahun kedepan Indonesia sudah banyak berubah. Apa lagi perubahannya ditargetkan hingga 2024 diperkirakan kekuatan Indonesia sudah meningkat 3 kali lipat dari sekarang. Dengan dapat memproduksi sendiri pesawat tempur siluman sendiri hasil kerjasama dengan Korsel F-33 sebanyak 50 unit. Dan kedatangan 42 unit pesawat tempur F-16 blok 52 dan perkiran pembelian 1 skadron 16 unit pesawat tempur entah rafale perancis, Typon inggris, atau SU-35 rusia. Di bidang angkatan laut Indonesia bakalan punya kapal freget Perusak Kawal Rudal (PKR) tercanggih di ASEAN bahkan di ASIA karena akan dilengkapi dengan CIWS terbaru millenium 35, dimana secara spesifik lebih sedikit daya muntah pelurunya cuma 1000 butir/menit dari pada versi yang lainnya 4500 peluru hingga 7500 peluru/menit. Tapi untuk CIWS millenium 35 ini tiap2 peluru ketika mendekati sasaran akan pecah mencadi 150 bagian sehingga menjadi seperti tameng. So, ketika rudal2 mendekati kapal PKr Indonesia akan langsung kehilangan kendali dan langsung jatuh. Dan rencananya Indonesia akan pesan sekaligus bikin minimal 4 unit PKR, yang pertama udah pasti jenis sigma-belanda, yang ke 2-4 belum tahu dari jenis apa. Apakah jenis orizzonte – italia, atau lafayete- perancis. Kita tunggu saja hingga tahun 2024

    • Wkwkwk msh nunggu 12 taon lg smp 2024, msh akan, msh bakalan, msh blm tau…haduh. Mau jd kyk apa… Liat Malaysia, jujur aja mrka punya plan jelas. Industri pertahanan nya slow but sure… Indo mlh jalan ditempat, gak maju2, 30 taon lalu smp sekarang masih maenan boat, blum juga bikin vessel.

  5. kayaknya kalo philipina jadi perang ama china kayaknya bakal keroyokan ama jepang dan taiwan, biar agak bisa nggebuk. kalo sendirian sudah pasti keok.

 Leave a Reply