KASAD Andika Perkasa Gantikan Panglima TNI Lepas Presiden Jokowi ke Luar Negeri

KASAD Andika Perkasa Gantikan Panglima TNI Lepas Presiden Jokowi ke Luar Negeri e1635521756702

JakartaGreater – Presiden Joko Widodo siang ini berangkat ke luar negeri untuk kunjungan kerja. Tiga negara yang akan didatangi yakni Italia, Britania Raya dan Uni Emirat Arab. Namun berbeda dari biasanya jika Presiden hendak bepergian ke luar negeri yang selalu dilepas oleh Panglima TNI di bandara, kali ini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tidak hadir di bandara internasional Soekarno-Hatta.

Posisinya digantikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Andika Perkasa. Satu pemandangan istimewa, terlebih jelang pergantian Panglima TNI dikarenakan Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada Desember 2021.

KASAD Andika Perkasa Gantikan Panglima TNI Lepas Presiden Jokowi ke Luar Negeri 2 e1635521636426

KASAD Andika Perkasa Gantikan Panglima TNI Lepas Presiden Jokowi ke Luar Negeri

Hal lainnya yang berbeda dari rutinitas jika Presiden bepergian ke luar negeri adalah pesawat yang digunakan, hari ini Presiden Joko Widodo terbang dengan pesawat komersil Garuda Indonesia. Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, pemilihan maskapai nasional Garuda Indonesia atas pertimbangan efisiensi waktu, hemat anggaran dan protokol kesehatan.

Dengan pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300ER berbadan lebar ini, perjalanan Presiden Joko Widodo ke Italia yang menjadi negara tujuan pertama tidak perlu transit. Berbeda jika menggunakan pesawat kepresidenan, waktu tempuh 13 jam dari Indonesia ke Italia membutuhkan transit karena harus isi bahan bakar.

Leave a Reply