Sep 232014
 

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berangkat langsung dari Australia menuju Batam, Kasad tiba di Batam pada hari Senin malam langsung mengunjungi empat orang prajurit yang menjadi korban penembakan yang di rawat di rumah sakit Umum Fatimah Batam, selanjutnya pada hari Selasa 23 September dilanjutkan mengunjungi prajurit Batalyon Infanteri 134/Luas Sakti di Markas Batalyon, untuk memberikan motivasi prajurit pasca terjadinya penembakan terhadap 4 anggota Yonif 134/LS yang dilakukan oleh oknum anggota Polri pada hari Minggu malam, 21 September yang lalu.

β€œSaya bangga terhadap mereka, bahwa mereka menunjukan prajurit yang bermental baja, bermoral dan bermoril tinggi serta profesional,” tegas Kasad.

Menurut Kasad saat berkunjung malam sebelumnya dikatakan oleh Komandan Yonif 134/LS Mayor Inf Johan Marpaung kalau berniat menghancurkan markas Brimob tidak kurang 10 menit bisa mereka lakukan, tetapi mereka sadar panglima tertinggi mereka adalah hukum, negara kita adalah negara hukum, bahwa mereka sadar mitra mereka adalah kepolisian, kepolisian saudara mereka dan teman seperjuangan mereka dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kasad sangat menyesalkan terjadinya penembakan terhadap ke empat prajurit Yonif 134, β€œApapun alasannya polisi tidak boleh menembak orang yang tidak bersenjata, ” tegasnya.

Kasad tidak mempermasalahkan bagaimana proses kejadian di TKP depan perumahan Asri, tetapi laporan yang diterima Kasad bahwa empat orang prajurit Yonif 134/LS yang mengetahui dua rekannya tertembak mereka mengikuti orang yang menembak rekannya tadi dan melihat motor trail dan 3 kendaraan masuk ke markas Brimob, maka empat prajurit yang mengetahui tadi, yaitu Praka Eka Basri, Pratu Eko Saputra, Pratu Ces Budiman dan Pratu Renaldi mendatangi Markas Brimob, mereka datang secara baik-baik ke penjagaan Brimob pada saat mereka datang anggota Brimob tersebut kokang senjata dan lari kedalam dan bilang bahwa mereka diserbu.

Menurut Kasad, mereka datang ke Markas Brimob sama sekali tidak bersenjata dan mereka berpakaian preman karena selesai apel kembali Ijin Bermalam (IB), pada saat itu di depan Markas Brimob ada perintah serang dan mereka dikejar, yang bernasib jelek adalah Praka Eka Basri tertangkap dibawa kedalam kemudian pratu Eko Syahputra yang tertembak kakinya dan pratu Cesbudiman dan Selamet Riyadi melaporkan pada Pasi Intel dan Komandan Kompi markas serta Komandan Seksi Pionir dan Munisi (Dansipimu) untuk datang kesana meminta Wakasat Brimob agar prajurit yang bernama Praka Eka Basri untuk dikembalikan, namun tidak dikembalikan lalu Pasiintel mengatakan apakah abang akan membiarkan prajurit saya mati digebukin anggotanya, akhirnya Dansat Brimob memerintahkan anggotanya untuk mengeluarkan, pada saat itu sebelum dikeluarkan selang beberapa lama terdengar tembakan, pengakuan dari Praka Eka Basri bahwa dia ditembak di dalam asrama sebelum keluar.

Dalam kejadian ini Kasad sudah berkordinasi dengan Kapolri untuk segera membuat tim Investigasi Gabungan dalam mengusut kejadian ini secara jujur, tuntas dan tegas sehingga masyarakat akan tahu kejadian sebenarnya.

Pada kesempatan itu juga kasad beserta rombongan pejabat TNI AD lainnya menuju Markas Polda Kepri untuk melaksanakan rapat bersama Wakapolri untuk membahas tindak lanjut penyelesaian kejadian tersebut. (tniad.mil.id)

Bagikan:

  112 Responses to “Kasad Motivasi Prajurit Yonif 134/TS di Batam Pasca Penembakan”

  1.  

    nyimak

  2.  

    Ikut

  3.  

    mantap artikelnya

  4.  

    Absen

  5.  

    Kasad aja buat pernyataan kaya gitu .. masa masih salah kronologis yg beredar di media .. memang selalu institusi yg megang senjata api pada waktu tidak bertugas gampang sekali menarik pelatuk …

  6.  

    6. sabar bung

  7.  

    10 besar.

  8.  

    Belum ada info yang jelas. Tunggu Tim investigasi Aja. Agar tidak memperkeruh suasana. Pada perinsipnya kejadian ini sangat disayangkan.

  9.  

    Sensitif..numpang lewat saja..Salam bwt semua..selamat berdiskusi..monggo dilanjuutt..

  10.  

    serem jg kalo mako Brimob bisa di hancurkan dlm 10 menit,,,,apalagi kalo cuma pemukiman penduduk wkwkwkwk

  11.  

    ilegal bbm pemicu konflik..

  12.  

    semoga cepat selesai…

    dan para oknum bisa diberi sanksi tegas

    maaf cucu lancang

  13.  

    yah ternyata ketakutan toh. beuh, beneran sipil bersenjata kalo gini. itu baru tni kalo perang dengan sekitar bisa lari masuk ke goa bawah laut segala πŸ˜†

    •  

      hahahahaha,,,,

    •  

      Yang ini ya?

      “Praka Eka Basri, Pratu Eko Saputra, Pratu Ces Budiman dan Pratu Renaldi mendatangi Markas Brimob, mereka datang secara baik-baik ke penjagaan Brimob pada saat mereka datang anggota Brimob tersebut kokang senjata dan lari kedalam dan bilang bahwa mereka diserbu.”

    •  

      di Binjai kejadianya gmana kang?

      Makasih.

      •  

        di cek dgoogle bung… alamat wb ny sy lp nih artikel di garuda militer klo gk slh…bntrok Brimob Kompi IV Batalyon A Binjai vs Bataliyon Linud 100 Kodam Bukit Barisan..skitar tahun 2002…kota binjai jd medan tempur..korban berjatuhan dr k2 pihah…terbanyak dari BRIMOB…pdhl slhstu korban mninggal dunia dr pihak brimob adlh putera pamen dmabes tni..Perwira yang dimaksud adalah Inspektur Dua Tito Yudha Darma, putra Kolonel Riswan, kepala perlengkapan Kodam Jakarta Raya..
        sebanyak enam perwira di lingkungan Batalyon Lintas Udara (Linud) 100/Prajurit Setia (PS) dicopot jabatannya dan 20 anggota berpangkat Bintara dan Tamtama diberhentikan secara tidak hormat sebagai buntut dari insiden Binjai. Selanjutnya, Komando Batalyon diambil alih oleh Panglima Kodam I Bukit Barisan dan semua aktivitas pasukan pemukul elite tersebut dibekukan selama setahun.
        Pencopotan dan pemberhentian secara tidak hormat tersebut dilakukan dalam sebuah apel luar biasa yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Ryamizard Ryacudu, di halaman Markas Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan, Medan, Rabu 2 okt 2002

    •  

      Densus punya lisence to kill

  14.  

    absen

  15.  

    semoga aja biar cpt selesai masalahnya..

  16.  

    fast silent deadly…10 menit gimana gak rata tuh markaz πŸ˜† ilustrasi video

    http://www.youtube.com/watch?v=CMovumhzgM8

  17.  

    Beda versi cerita antara TNI dan POLRI. Tp kedepannya saya yakin pasti akan muncul skenario baru cerita yg tidak terlalu menyudutkan posisi TNI ataupun polri, aparat kita sdh lihai lah masalah beginian sejak jaman orde baru…ya sudahlah

  18.  

    Affirmative 😈

  19.  

    klo hobi brantem,lbh baik di salurkan di atas ring tinju..”kompetisi kick boxing antar corps brimob vs tni ad atau polri vs tni”
    Jd mo hbs2an pun monggo mas..

  20.  

    Pelopor briMob zaman keemasan bung karno dulu elite banget. Benar2 pasukan khusus Polri. Selalu hadir melawan pemberontak yg ingin melepaskan diri dari nkri. Setaralah dgn kko dan rpkad.
    Sayangnya rezim pak harto membonsai dan. Mengaburkan sejarah PELOPOR
    Yang gue suka dr pelopor mereka memakai AK102 made in Russia yg lebih Superior dr SS1 untuk perang. Sempat bikin berang jendral AD. Habis lebih bagus dan lebih murah dr SS1

    •  

      AK nya made in cina

    •  

      Salah total mas….mohon baca sejarah dengan benar dan tidak melakukan asumsi…pelopor brimob rpkad kopasgat dan kostrad di timor timur adalah bagian yang tdk terpisahkan…dalam melakukakan patroli jarak jauh di timtim pasukan yang paling depan pembuka jalan selalu digilir antara pelopor brimob dan tni…ini ditulis juga dalam majalah angkasa koleksi edisi operasi seroja….orang tua saya juga adalah pelopor brimob dan veteran operasi seroja

    •  

      Memang benar kompi pelopor brimob yang berangkat pada Operasi Seroja di Timor-Timur saat itu di pimpin oleh Komandan Batalyon Teratai Kombes Pol Ibnu Hadjar Adikara kocar-kacir menghadapi Pasukan Tropaz Fretelin dan mengundurkan diri ke arah tenggara wilayah Kabupaten Bobonaro, Hal ini terjadi karena pembentukan pasukan hanya dipilih secara acak dan tidak di persiapkan dengan baik dan dukungan logistik, amunisi serta ketersedian radio komunikasi untuk komunikasi antar pasukan kurang memadai detailnya silahkan cek di google. Pasca Operasi seroja dan sekitar tahun 1984 masih ada kiprah pasukan Brimob melakukan operasi bersama TNI dari Yon 413 di wilayah Vatu Carbau dan sekitar Gunung Matebian dan setelah masa itu saya tidak melihat personel Brimob di Poskan di suatu lokasi atau di BKO kan di Polres terutama di wilayah tempat saya di seputar Ailieu, Manufahi dan Ainaro. Semua tugas operasi tempur dan teritorial di ambil alih oleh ABRI/TNI organin dan non organik yang di datangkan dan dirotasi secara bergilir.

      •  

        setelah saya googling, ternyata banyak blog militer yang menuliskan peristiwa kocar-kacirnya batalyon teratai brimob.

        ada beberapa versi, salah satunya adalah setelah diselamatkan marinir, posisi mereka akhirnya digantikan para hansip bersenjata / cikal bakal yon 744 ( batalyon yang di isi oleh orang – orang timor timur pejuang integrasi )

        sebagai hukuman, setelah ditarik ke jakarta, pelopor brimob itu disuruh pulang jalan kaki dari pelabuhan hingga ke markas mereka.

    •  

      Mungkin pelopor jaman Pak Hoegeng. Setelah itu dibubarkan. dibangkitkan kembali secara dadakan buat yon teratai. pas nasibnya apes

    •  

      —- jgn terlalu menyebarkan berita yg gak benar, sebenarnya yg byk korban dari pihak tni lah sewaktu operasi seroja, memang apa yg dilakukan brimob yg baik ataupun tdk baik di tim2 gak pernah d exspos dgn benar dan jujur, karena itu zaman suharto jadi hanya kebaikan TNI lah di exspos , di TNI yg ditelajangi oleh pretelin pun gak pernah di exsposm, dan brimob hanya tugas aja _____

  21.  

    Sebelum ada penggerebekan jelas diintai dan diselidiki dulu,,,nahh menurut saya disinilahh kelemahannya!!harusnya polri tau hal tersebut (kalo memang) dibekingi oknum TNI,,,jadi bisa ada opsi lain sebelum penggerebekan untuk mencegah bentrok,,,

  22.  

    jiwa dibalas
    dengan jiwa, mata dengan mata,
    hidung dengan hidung, telinga
    dengan telinga, gigi dengan gigi,
    dan luka luka pun ada kisasnya

  23.  

    Klo mmg ada ren ops pengerebekan dan di curigai ada backing mestinya kan mereka ajak DENPOM setempat, komandan nya ttp harus tanggung jawab itu. Untung Danyon nya bisa mengendalikan anak buah klo nggak , di salvo mortir hilang tuh mako brimob

  24.  

    Mau bukti markas brimob rata….jangan congkak lu brimob kalo pak Dirman tidak merantai Tentara dengan sapta marga dan sumpah prajurit…indonesia dah jadi negara militer…kalo dipojokan dan dihina terus rantai pengkangng tentar lepas…bisa jd berdarah darah….pasukan sas aja diajak duel apalagi cuma brimob….

  25.  

    Sy bangga klo indonesia kuat militer alutistanya. Tpi klo beritanya ngak imbang dan malah seperti mengadu domba gini .gimana kta bisa bersartu . Cape bgt

  26.  

    Ibu guru pernah bilang, “Dari segala kejadian,terdapat sebuah pelajaran yang berharga”.Semoga saja ada pelajaran yg terbaik yang dapat diambil oleh kedua institusi tersebut,demi kemajuan dan kejayaan NKRI.terimakasih.

  27.  

    cerita aslinya atau dari media cetak juga mas…..kl omongan 10 menit sih saya. sangat percaya.
    wong memang beda kelas sama beda level.
    yg jelas tdk simpang siur adalah Yg satu bersenjata, satunya lg engga.
    untuk kronologis yg sebenarnya, saya gk tau.atau mas amhar saksi mata?
    jd kronologis yg mas amhar sampaikan 100% valid.

  28.  

    hahahaha…ane setuju bung.

  29.  

    Prihatin dgn disiplin oknum anggota saat ini. Semoga spirit due corps tidak melebihi jiwa nasionalism

  30.  

    Becik ketitik, ala ketara, ( baik buruk itu kelihatan ),
    Oojo dumeh lan ojo kegeden rumangsan. ( jangan mentang-mentang dan jangan mersa paling bener)
    Sing bener durung mesti pener. ( yang benar blm tentu lurus) .pener = pas atau cocok.
    Pintera njara langit, yen titi mangsane salah yo mesti seleh. ( sepandai apapun, kalau waktunya salah ya ketahuan),
    Mula poma di poma ojo ngemungke kadigdayaan,
    ( oleh karena itu jangan merasa okol kuat, dan hanya menggunakan Otot saja\
    Ning netepno ajur-ajer lan wicaksono ing tembung lan tumindak, iku luwih prayogo.Dan tetapkan watak satria yg lemah lembut dan bijaksana dalam ucapan dan tindakan sangat diperlukan)

    Tetepno satrio yo satrio dudu tindak keladuk kurang dedugo, ojo brangasan, ning sing Bhirowo Anorogo
    ( Tetaplah menjadi Satrio(Satria is Satria),yang tidak akan melakukan tindakan membabi buta, jadi tetap Gagah Perkasa namun rendah hati).

    NB :
    ajur ajer = bisa bergaul, melebur/menyatu bersama masyarakat makanya disebut AJUR AJER. Kata lainnya β€œmancala putra mancala putri”

    Sing bener durung mesti pener artina yang benar belum tentu pas atau cocok dengan kebutuhan/keadaan.
    keladuk wani kurang deduga = terlalu berani tanpa perhitungan/duga2

    Monggo diresapi

  31.  

    Klo blh berpendapat,di artikel sblmnya “Kenapa Prajurit kami di tembak” sy sdh utarakan 5 pertanyaan “Kenapa & ada apa”. Dari 5 pertanyaan tsb ternyata di response cpt oleh pihak TNI & Polri, mrk jg mengakui ada sesuatu dlm kejadian tsb. Kedatangan Kasad ksna utk memberikan dukungan moral & apresiasi pd yonif 134/TS atas menjunjung tinggi nilai saptamarga & Taat Hukum. Yg jls akibat kejadian ini akan ada PATI YG DI MUTASI & PAMEN yg kena skorsing serta “Anggota” yg di pecat serta kena hukuman “Binaan”.

    Mari sikapi hal ini dg bijak,krn msh byk prajurit & bhayangkara negeri yg msh jujur dlm memegang sumpah prajurit & Tri Brata

  32.  

    INGAT TNI mau ber Ulang Tahun jangan dibuat catatan untuk dan kado yang jelek bagi Dirgahayunya..

  33.  

    Ketika 2 alat negara yang menurut saya gajinya sudah aduhai saling pukul, kami yang jadi petani di desa hanya bisa miris dan sedih.
    Mohon maaf keluhan orang desa.

  34.  

    Dikeluarga saya sama .,.. ada dari kedua belah pihak tetapi kadang saya yang menengahi untuk tidak beradu beda dan pendapat sampai ngotot,, dan itu yang penting harus ada satu tokoh PEMERSATU,,,

    oh yaa
    kalau anda user masuk ke Fb saya satrio suroboyo,, kita bisa bertegur sapa dan berdiskusi bebas tanpa perlu dibaca khalayak umum.

    Makasih bung zeinth,,

  35.  

    Ini terjadi jga termasuk bagian dari efek buruk subsidi bbm.

    •  

      Se7…@bung Cah Sebamban. ( salah satu efek buruk subsidi bbm, disparitas harga yang sungguh terlalu).

      Menurut hemat Saya, kalau memang subsidi masih dipertahankan setelah dikurangi besarannya. Harus benar2 diterima pada warga yang tepat, mobil hanya yang berplat kuning dan sepeda motor dengan aturan cc maksimal mungkin 125 cc ke bawah.

      Tinggal niat dan kemauan kita, untuk pengaturan dan pelaksanaannya kita serahkan pada institusi yang berwenang saja, karena gaji dan tunjangan yang mereka terima, benar melalui negara tapi jangan lupakan bahwa itu juga berasal dari pajak rakyat.

      Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan.

  36.  

    alhamdulillah warungnya mulai ramai lagi nih… mohon untuk tidak bosan bosannya Bung @Satrio untuk selalu memberi pencerahan.. dan semoga bung @Satrio bersama keluarga sehat selalu dan bagi bung – bung yang lainnya juga semoga diberikan kesehatan dan kebahagiaan.. amin.

  37.  

    rakyat dihimbau damai sedangkan aparatnya sibuk dengan kepentingannya pribadi sendiri loool

  38.  

    KASAD terbang langsung dari Australia ke Batam. Ga ada kabar KASAD ke Australia, tau-tau balik aja dari sono. Ada acara apa Kasad ke Australia?

  39.  

    katanya masuk polri gratis leh…

  40.  

    saya setuju ceritanya soal kebenaran siapa salah siapa benar biar waktu yang menjawab ,salam dari batam

  41.  

    :mrgreen: yak…tidak dpungkiri bung..prktek2 nakal sprti itu kerap dlakukan oleh oknum aparat…yg sy tunggu adlh tindakn aparat yg sperti tdk punya taring dlm menghadapi tindak PEMBEGALAN thd pengguna kndraan bermotor yg kerap terjadi dwilayah Lampung timur…jabung,,,terbanggi besar dll…mrka jls2 musuh negara…musuh & sampah masyarakat yg hrus sgera dtindak oleh aparat…pkerjaan utama bagi polri adl mmberikan keamann pd masyarakat..perbanyak patroli & peran itel polri dwilayah2 tersebut..krna para pelaku bkn hnya sbagian…ttapi sdh mnjadi rhsia umum…dbebrapa kampung mlah mnjadi KAMPUNG BEGAL”…krna memg hmpir sluruh masyarakatny scra turun tmurun mnjadi pelaku tindakn krminal..mhon tindakn nya

  42.  

    tinggal tunggu perintah Jenderal……10 menit pasti rata dengan tanah.

  43.  

    Setubuh

  44.  

    lebih tepat POLRI bubarin gx perlu itu di bawah mentri. Pcat aja semua anggota polri kurang lebih 387.470 .. biar sat pol pp aja yang nangani hukum

  45.  

    masi pakai seragam karena kapal airud belum di tabrak ama kapal patroli malaysia or singapur bung kwkwkwkwkwkwk

  46.  

    saya harapkan perekrutan tni dan polri tidak ada embel2 uang demi menjaga kebersihan anggotanya. kl sudah pakai uang maka pikirannya balik modal.
    jujur sekarang demi kebaikan akan masa depan.
    ada istilahnya kl gak setor maka dipindah tugaskan ke daerah terpencil atau daerah kering. temanku mengalami ini dan gak pernah setor dan selalu pindah tugas gak menetap.
    jika pemimpinnya tegas dan bersih maka anak buah takut.
    perlukah KPK masuk ke dalam tni dan polri?
    undang-undang/hukum diatas segalanya.
    kawal persidangan.
    biarkan POM menyelidikinya.
    sesuatu yang busuk akan tercium juga.

  47.  

    klo blom ngerti mslhnya jgn trlalu bnyk commnet…. yg pada comment diatas itu kayak bagian dari tim investigasi ajaaa….. temen2 yg baca comment jgn terprovokasi… kita tggu aja hasil investigasinya..

 Leave a Reply