Kasad Pimpin Sertijab Pangdam Jaya dan 4 Pejabat Teras TNI AD

Jakarta Pusat, Jakartagreater.com   –  Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin Sertijab Pangdam Jaya, Pangdam V/Brawijaya, Aster Kasad, Danpusterad dan Danjen Kopassus di Guest House Mabes TNI AD. Demikian disampaikan Kadispenad Brigjen TNI Candra Wijaya setelah menghadiri acara tersebut pada Kamis 31-1-2019.

Diterangkan Kadispenad, dalam acara yang berlangsung secara sederhana tersebut, selain memimpin serah terima jabatan para pejabat teras TNI AD, Kasad juga menerima pelaporan kenaikan pangkat 14 Pati TNI AD. “Tadi telah dilaksanakan Sertijab Pangdam Jaya dan 4 pejabat teras lainnya. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Kasad,” ungkap Kadispenad.

Kadispenad Brigjen TNI Candra Wijaya mengatakan bahwa Sertijab ini, juga merupakan rangkaian dari proses regenerasi pimpinan TNI AD. Adapun yang melaksanakan Sertijab tersebut yaitu :

  1. Serah terima Pangdam Jaya dari Mayjen TNI Jony Supriyanto yang akan menduduki jabatan sebagai Kasum TNI, kepada Mayjen TNI Eko Margiyono.
  2. Jabatan Danjen Kopassus diserahterimakan  dari Mayjen TNI Eko Margiyono kepada Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, yang semula menjabat sebagai Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI.
  3.  Pangdam V/ Brawijaya dari Mayjen TNI Arif Rahman kepada Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, serta Aster Kasad dari Mayjen Supartodi kepada Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari.
  4.  Danpusterad dari Mayjen TNI Hartomo yang akan menduduki jabatan selaku Staf Ahli Kasad, kepada Mayjen TNI Arif Rahman.

Sebagaimana diketahui bersama, pada tanggal 25 Januari 2019, melalui Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/81/I/2019, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melaksanakan pergantian 104 jabatan Pati di lingkungan TNI.

“Kegiatan ini lumrah, bahkan bagi organisasi seperti TNI yang demikian dinamis, proses regenerasi dan rotasi harus dilaksanakan,”tegas Kadispenad. Setelah rangkaian upacara Sertijab yang diakhiri dengan pengambilan sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas oleh para pejabat tersebut, dilanjutkan dengan pelaporan kenaikan pangkat 14 Pati TNI AD.

“Dari 14 Pati tersebut, terdapat 3 Pati menjadi Mayjen TNI  dan 11 lainnya menjadi Brigjen TNI,” ungkapnya. Selain Mayjen TNI Tri Yuniarto, Pangdivif-2 Kostrad, menurut Candra, terdapat 2 pejabat Mabes TNI yang turut naik pangkat yaitu Mayjen TNI Sisriadi, Kapuspen TNI dan Mayjen TNI Darwin Haroen, Pa Sahli Tk. III Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI.

Sedangkan 11 Pati yang telah dinaikan pangkatnya oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo pada Kamis, 31-1-2018, menurut Candra Wijaya, terdapat 2 orang Pati dari Mabes TNI yaitu Brigjen TNI Usman Sulandri ,Pa Sahli Tk. II Ekku Sahli Bid. Ekkudag Panglima TNI dan Brigjen TNI Prantara Santosa, Kapusjarah TNI.

“Selanjutnya 4 orang dari luar struktur TNI, yaitu Brigjen TNI Aminullah, Kabinda Sulawesi Tenggara BIN, Brigjen TNI Sondi Siswanto, Kabinda Jawa Tengah BIN, dan Brigjen TNI Ignasius Wahyu Hadi Prasetyo, Kabinda Lampung BIN serta Brigjen TNI Yudi Abrimantyo, Bandep Ur. Sosbud pada Deputi Bid. Pengembangan Setjen Wantannas,” ucapnya.

Pejabat di lingkungan TNI AD sendiri, lanjut Candra, yang naik pangkat sejumlah 6 orang, yaitu Brigjen TNI Eddy Syahputra Siahaan Kadisjarahad, Brigjen TNI Amalsyah Tarmizi, Pati Ahli Kasad Bid. Sosial dan Budaya, Brigjen TNI Subagyo, Dirpalad dan Brigjen TNI F.F. Fransis Wewengkang, Dirajenad. (tniad.mil.id)

Tinggalkan komentar