Oct 012013
 
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetio (photo:sindotrijaya.com)

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetio (photo:sindotrijaya.com)

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Marsetio mengatakan pemerintah belum menentukan sikap atas tawaran hibah sejumlah kapal selam dari Rusia. Pernyataan ini disampaikan KASAL usai melakukan kunjungan ke Rusia bersama Kementerian Pertahanan, untuk pembicaraan awal tentang tawaran hibah tersebut.

Laksamana Marsetio mengatakan, selain membicarakan urusan hibah, perwakilan Indonesia juga melihat kondisi dan kemampuan kapal selam Rusia. “Yang ditawarkan kapal selam Kilo Class,” ujar Marsetio di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2013.

Marsetio menyebut kapal selam Kilo Class Rusia mempunyai kemampuan bagus dan kapal selam produksi 1990-2000-an itu tergolong canggih.

Kapal selam kilo yang ditawarkan Rusia mampu menembakkan rudal dari dalam laut ke permukaan. Rudal yang diluncurkan pun punya jangkauan jauh, yakni 300 kilometer. “Indonesia belum punya kapal selam seperti itu,” ujar Laksamana Marsetio.

Rudal Klub S yang ditembabakn dari Kapal Selam Rusia

Rudal Klub S yang ditembabakn dari Kapal Selam Rusia

Saat ditanya kemungkinan sikap Indonesia dan Rusia, Marsetio mengaku tak tahu. Menurut dia, kedua negara belum ada kesepakatan untuk hibah itu. Marsetio memilih bungkam saat ditanya soal kendala yang dihadapi. Begitu pula soal berapa dana yang diperlukan Indonesia untuk hibah ini. “Itu pembicaraan tingkat Menteri Pertahanan. Soal jumlah (kapal selam yang akan dihibahkan) belum ada kesepakatan juga,” ujar dia.

Rudal 3M-14E berdaya jangkau  290 km dengan hulu ledak 400 kg yang diinstal di kapal selam Kilo pesanan Vietnam

Rudal 3M-14E berdaya jangkau 290 km dengan hulu ledak 400 kg yang diinstal di kapal selam Kilo pesanan Vietnam

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan pemerintah Rusia menawarkan 10 unit kapal selam kepada Indonesia. Meski demikian, Menteri Pertahanan juga belum menyebut titik terang dalam tawaran hibah ini. Menyambut pernyataan Menteri Pertahanan tersebut, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, tawaran 10 unit kapal selam dari Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia, merupakan hal menarik dan tawaran itu perlu dikaji lebih lanjut. (tempo.co)

  89 Responses to “Kasal Bicara Tawaran Hibah Kapal Selam Rusia”

  1. Kalo emang yg di tawarkan kilo class ambil aja pak,yg penting di refurbish dulu,lagian umurnya blm tua2 amat.itu si cakra yg lebih tua aja masih oke buat patroli,cuma ane bingung nih,yg di tawarkan kilo class yg jelas2 domainnya AL,knpa ada orang AU ada yg ikut kesana ?? Sebenarnya ada apa ya ? Apa sekalian survei SU 35 BM ?????,,, ada yg bisa kasih pencerahann??

  2. bungkussss

  3. ada sumber mengatakan, ada kemungkinan rusia menawarkan project kilo kepada jakarta, ini bisa terjadi jika kerjasama dengan seoul gagal karena terhalang oleh lisensi dari berlin. mungkin ini salah satu syaratnya. membeli 10 kilo. saya rasa saling menguntungkan.

  4. Perlu juga dijajagi amur class… Menurut ane amur class punya deterrent factor yg lebih besar karena mampu membawa 10 rudal yg artinya kapal selam ini bersifat ofensif

  5. Klo beritanya gini biasanya ada 3 kemungkinan:

    1. Lontongnya dah ada dimari dan datengnya dirahasiakan, cuman cari momen dan alibi yg tepat biar tetangga nggak pada geger.
    2. Klo emang belum ada, berita model gini biasanya barangnya dah hampir pasti dateng. Lagi test the water, gejolaknya nyampe mana, terutama ama US yg ngasih hibah Palkon.
    3. Dengan dimunculkannya angka tahun pembuatan (yg relatif baru) dan kemampuan lontong tersebut, bisa dipastikan ini bukan hibah, melainkan imbal jasa suatu proyek…….di……..

    Sekian

  6. Soal jumlah (kapal selam yang akan dihibahkan) belum ada kesepakatan juga, Hmmm…

    Rusia: Mau gak 10 KS – hibah, gak pake bayar…
    Indonesia: Ogah!
    R: Ya udah, 5 deh..
    I: Ogah!
    R: 3 ?
    I: Ogah!
    R: 1 ?
    I: Ya udah, tak pikir2 dulu…
    ๐Ÿ™‚

  7. SUDAH TERBUKA PANDORANYA
    MEREK : KILO
    TOTAL : 10 KS
    STATUS: HIBAHIYAH
    TAHUN : 1990-2000
    SPEK : LAND ATTACK
    RUDAL : 300 KM (JANGKAUAN)
    KET : BELOM PUNYA NYANG KAYAK GINI!! (GOSIP PUNYA KILO = GUGUR)

    kurang baek apalagi rusia. hadeuuuhh…!!

  8. betul tuh bro @wie ariwibowo, kayanya lontongnya udah ada , cuma dibikin rilis resmi nya biar ga kaget, trus dipakai kata2 “refurbis” hibah” biar kesannya ga baru dan gratis, danbiar bapak bapak di DPR yg terhormat ga ribut soal biaya, mungkin bener tentang adanya proyek tambang/pabrik almunium di kalimantan(pernah baca dimana tapi lupa) yg di teken ruski dan jakarta , imbal baliknya cabe se KILO td pantas rasanya di jadikan alat barter, soalnya ga ada “MAKAN SIANG GRATIS” di dunia ini.

  9. โ€œIndonesia belum punya kapal selam seperti itu,โ€ ujar Laksamana Marsetio.

    group spionase terbongkar habiiiss..

  10. kalo pelajaran lontong di warjAg pasti rame..
    1..Bilangnya belom di bungkus tp nyatanya udah nyammpe,
    2..bilangnya belum ada kesepakatan,tapi hiu kencana udah pada latihan di ruskie,
    3..bilangnya rudal stud malah di ganti yakhont,,

    rata” pemakaian kilo minimal di ruksi 25th,,
    tp kalao buatanya th90 an /20an gk perlu di refurbis. Cukup pasang Ac aja…rata” kan beda musim antara Ruskie nd indonesia,,
    paling perlu di tabahin di cat gmbr bendera indonesia nd pasang ac dah gt aja..

  11. keputusannya dikeluarkan setelah pangkalan dipalu diresmikan dan hibah elang penempur berdatangan.

  12. hibah2+murah mudahnya pembelian senjata… apakah murni persaingan pengaruh antara rusia dan as (ausie) atau ada hal lain, suatu ancaman besar tapi kita tidak melihatnya?

    • masa ga tau, itu strategi rusia karena indonesia berencana pengadaan Type 212 dari turki dengan ToT,
      bayangin kl indonesia bisa bikin 212 pangsa pasar ks rusky juga akan berkurang.
      kl kita beli ks bekas dari rusky 10 tahun lagi kita pasti akan beli lagi kerna sudah usang, tp ka kita pengadaan Type 212 10 tahun kita udah bisa bikin sendiri n menggairahkan industri dalam negeri

  13. Ada info sumber lain, waktu team kemhan kesana yg dipimpin ksal laksamana Marsetio ke rusia, team malah ditolak bertemu dgn ksal rusia……………. karena suatu sebab.

    Dan akhirnya ksal marsetio setelah dari rusia menyerahkan sepenuhnya keputusan pada Menhan. Karena menhan yg ditawari dari pejabat rusia sendiri.

    Klo melihat analis lain misalnya sumber lain :

    Mungkin juga semua itu untuk menutupi gejolak di kawasan, krn 10 ks kilo + 5 ks type 209 setidaknya memanaskan suhu di kawasan ini.

    http://rostechnologiesblog.wordpress.com/2013/03/29/russia-may-offer-two-project-636-subs-to-indonesia/
    Disini rusia menawarkan 2 KS proyek 636 ke indonesia , rusia mengambil celah apabila antara Berlin dgn Seoul , krn german tdk setuju masalah produksi ks untuk indonesia (krn ks changbogo lisensi german).

    Dari sini rusia bermain politik tingkat tinggi, dgn analis sederhana :
    Apabila indonesia tertarik mengambil tawaran rusia membeli 2 ks proyek 636 rusia maka rusia menghibahkan kelebihan arsenal kapal selam untuk di hibahkan ke Indonesia.

    Maaf agan2 semua, itu analis dari saya, terima kasih

  14. Bila tidak ada sumber informasi yg jelas sebaiknya tidak analisa asumsi sendiri krn hal ini hanya menutupi kekecewaan bahwa sebenar memang kita belum punya lontong sekilo sementara akuisi lontong 10 gak jelas statusnya ,infor dari pak Marsetio sumber : valid.

    Untuk apa di tutupi ? perlombaan sejata , takut tetangga rame , apakah RI gak berdaulat? lihat aja negara Vietnam .. adem adem aja punya kilo dsb .. mantap benerrrr

    Bila ada sumber lain monggo.

    • bung wie ariwibowo…. mungkin saatnya no comment or silent is gold he he he he…. untuk mendinginkan suasana gimana menurut anda??

    • Ya ya ya… Hari yg ter-kudeta oleh konspirasi lontong…

    • gag jadi nambah komen ah…mendingan liat kalender 2015 aja…kli aja ada tgl merahnya…heheheh…

    • Bahasa seseorang akan jadi aneh ketika sedang berusaha menciptakan kesan tertentu yang berbeda dari kenyataan, misal ‘I am froms the birthday in Karang Asih city, I have to my mind, I have to my said…’

      Ditinjau dari tatakrama khas Timur, gaya bahasa Wamenhan ini juga tidak ‘standar’, terlalu lugas, tanpa basa-basi, terlalu ‘barat’.

      …Indonesia memiliki strategi modernisasi alat utama sistem persenjataan alutsista. Hibah kapal selam Rusia tak termasuk dalam rencana tersebut…

      Ada yang menawarkan hadiah, ya kita tanggapi dengan apreasiasi santun dan manis. Jika setelah dipelajari spec-nya gak cocok dengan proyeksi kekuatan yang direncancakan, ya ditolak dengan dengan santun dan diplomatis lagi melalui komunikasi jalur tertutup, tidak dengan halo2 di muka umum.

      Pertanyaan: yang sebenarnya gimana ya? ๐Ÿ™‚

      • Sengtuju bro Danu. Namanya juga arsenal silem. Perlu kehati-hatian bila berkomentar. Apalagi sekelas KSAL, Mentri, apabila salah ucap bisa berabe. Kita tunggu saja realita nya nanti. Apa iya cuma Cangbogo saja yang baru? Tawaran “GRATIS” rusia ditolak mentah2 ? Sepertinya terlalu vulgar. Jadi, so, tunggu saja sampai pangkalan khusus kapal selam jadi. Ada ya syukur nggak ada ya kebangetan.

  15. urusan KS in bagaikan roller coaster ๐Ÿ™‚

  16. denger2 marinir akan menambah bmp 3f samapi 100 unit ..bener ga sich? mohon pencerahannya donk…kenapa tni AL ga membeli kapal induk amphibi kelas Mistral Perancis ya..kapal itu pasti sanggup bawa MBT leo..karena kapal itu di rancang juga untuk angkut MBT Perancis Leclerc yg ga beda jauh ama Leo… http://bit.ly/1gReeZF

  17. Bung wie ariwibowo ok sekali. Gak usah pengalihan, paling kalau datang paman andau…isu ks lngsung nggeser. Isu euro fighter plus carrier batalan royal nevi pasti nyaring…ks lemang pasti bungkuslah…masa rusky mau kehilangan bakalan sekutunya…

  18. kah kaaaak,lom aja sempet mimpi basah merangkul s-300 family yang bikin efect deterjen kawasan membusssah, kapal selam aja dah di banting duluan ma OM RUSKY inich pasti ada sesuatu di balik empek2 palembang kak kaaaak,punya pemimpin BANCI kgak jelas arahnya

  19. ada yang bilang ..lontong kilo klass udh dateng akhir 2012…jumlah 1 atau 2 ga ada yang tau…tp ane yakin tuh 1-2 lontong kilo dah berenang di sini..

    • bukan kapasitas “kita” buat kasi tau ada atau gag bahkan lagi dimana mas bro.. sesuai pembahasan kmrn” bahwa saat ini negara di sekitar sedang mengkaji ulang kekuatan TNI terutama alutsista yang kasat mata..heheheh…

  20. beberapa lontong tenaga nuklir rusia kan ada yang di pensiun..dulu pernah denger kalo bisa indonesia (harusnya) punya lontong seperti itu…mgkn g ya lontong akula class ada di sini..? mgkn juga g om rusky tawarin tuh lontong kayak ke india

  21. Tenang saja agan2 semua.. lontong kilonya pasti datang tapi emang bukan untuk konsumsi publik… tiba2 saja sudah nongol di selat palu.. “Believe or Not”…

    Operasi kontra intelegent..

    Jayalah Indonesiaku.

  22. LoNTONG GK JADI BELI,S-300 GK JADI JUGA..
    Trus maunya apa sich,,
    seng gk cocott apa maning..

    Njalok di upper cut lambene menhan yen mencla mencle..
    (tresmmosi)

  23. Klo ane sih masih penasaran soal pejabat AL rusia yng gak mau nemuan tim dari kemenhan yg dipimpin Kasal. Ada apakah gerangan..? Salah apa kita…kok sampe segitunya mereka gk mau nemuin ?

  24. original sih original, tp apa iya ga di downgrade dlu ma rusky hayo. Kembali lg spt di atas,kilo buatan taon 1990an ya bukan hibah tp…ya itu td,hahay.

  25. Rudal Klub yg dibawa Kilo ada 2 tipe, supersonic 3M54E dan subsonic 3M54E1. Gambar itu adalah 3M54E1 yg sekelas dengan Harpoon, karena itu AKA harpoonski.
    Kalau jadi beli hibah harus minta dua2nya, yg supersonic utk menghantam kapal dan yg subsonic cocok utk anjungan lepas pantai dan instalasi di pantai lainnya macam tanki timbun dll.

  26. heheheeee…seru seru seru…seruuuu analisanya., nah sdh taukan kawan2 sekarang bhw untuk beli barang pun sekarang sudah tidak lagi harus pakai duit cash atau kredit, bisa barter proyek dan blok blok blok dan blok ….., nominalnya justru never ending seperti cek kosong tinggal isi. Dan itulah yg harus dieksploitasi terus sbg bargaining, asal demi rakyat dan negara RI tercinta. Dan sejatinya banyak negara asing yg kini makin ngilerrrr terus thd kita…… (silahkan cek pengajuan proposal kerjasama di semua Departemen2 dari negara lain) ๐Ÿ™‚

    Soal KS baru dengan teknologi terkini adalah suatu keniscayaan namun tetap Rhs.

    Wira Ananta Rudira

  27. waktu presiden putin ke indonesia..salah satu paket pertahanan udara yang di tawarkan SA-17 Grizzly, jd g sich kita akusisi ini? salah satu pengamat us meyakini indonesia telah memiliki sistem pertahanan SA-17 Grizzly…mohon pencerahan nya

  28. KSAL lama diganti karena terlalu ke Ruski. KSAL baru buat KEEESAL seluruh masyarakat Indonesia. Menghancurkan doa,mimpi dan harapan.

  29. Kira kira apa yg dibicarin SBY & Mr Putin di bali ?

    Putin Rayakan Ultah ke-61 di Bali
    Fajar Pratama – detikFinance
    Senin, 07/10/2013 10:21 WIB
    Nusa Dua – Para pemimpin ekonomi APEC 2013 dari Indonesia, Jepang, dan China berkesempatan memberi selamat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, karena hari ini bertepatan dengan ulang tahun Putin ke-61. Putin saat ini sedang di Bali untuk menghadiri KTT APEC 2013.

    Dikutip dari Rianovosti.com, Senin (7/10/2013), kehadiran Putin di Bali rencananya berlangsung pada 7-8 Oktober 2013. Di Bali, Putin bakal melakukan pertemuan dengan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Presiden China Xi Jinping.

    Namun, pertemuan Putin dengan Presiden Barack Obama di Bali batal, karena Obama tidak bisa pergi akibat penutupan pemerintahan yang masih berlangsung.

    Pertemuan para pemimpin ekonomi APEC 2013 atau Leaders Meeting dilakukan dalam 2 hari ini.

    Dalam pertemuan ini hadir 21 kepala negara atau pemerintahan negara-negara anggota APEC, kecuali Presiden AS Barack Obama yang tidak bisa datang. Obama mengutus Menlu AS John Kerry untuk mengikuti pertemuan tingkap kepala negara ini.

    Sebelum pertemuan dimulai, SBY menyambut satu per satu kepala negara di pintu utama Hotel Sofitel. Selain melakukan penyambutan, SBY juga melakukan foto bersama dengan masing-masing pemimpin negara APEC.

    • Akhirnya ketahuan kenapa Obama nggak mau datang ke Bali, rupanya Obama gengsi harus mengucapkan selamat ulang tahun kepada Putin yang baru saja mempermalukan USA dengan nekat menghadang aksi USA untuk mengebom Suriah, sehingga USA mengurungkan niatnya. Obama masih dongkol banget he he..

  30. Btw saya percaya Putin juga akan bicara soal KS dengan SBY. Saya pun percaya bahwa adanya KS Indonesia yang mampu meluncurkan missile dengan jangkauan 300 km, no longer a myth, namun sebuah keniscayaan, tinggal tunggu waktu saja, and everything is revealed..

    Logika sederhana saya adalah fakta bahwa kita punya missile dengan jangkauan 300 km. selama ini hanya dipasang di fregat andalan kita. Efek deterrentnya memang ada, namun harus disadari juga bahwa sistem pertahanan udara di fregat dan korvet kita tidak terlalu mumpuni. Sedangkan jiran kita sudah berencana memasang Brahmos anti ship missile di Su-30 MKM-nya. Bisa2 belum juga diluncurkan kapal pengusungnya sudah dihancurkan brahmos. Biar efek deterrentnya tambah mengerikan, maka perlu dicarikan siluman laut untuk menggotongnya..

  31. Amin om Great…….tadi siang papa Nobita pegang gitar trus nyanyi selamat ulang tahun bwt papa bear…makin sayang kyaknya deh…

  32. Panglima TNI Lirik Kapal Selam Bekas dari Rusia
    http://www.jurnalparlemen.com/view/6495/panglima-tni-lirik-kapal-selam-bekas-dari-rusia.html

    Masih terbuka lebar ๐Ÿ™‚

  33. Teman2 mungkin tertarik mengomentari artikel ini :
    http://www.jurnalparlemen.com/view/6495/panglima-tni-lirik-kapal-selam-bekas-dari-rusia.html
    Jenderal moeldoko dalam Rapat dgn DPR RI .

  34. katanya jaman soekarno ada 14 kapal selam tapi yang jadi pertanyaan sekarang ada di mana katanya kekurangan suku cadang tapi pasti bodi ks nya pasti masih ada orang yang diambil mesin senjata dan radar?

    • BENAR, tapi sudah dibesi tuakan. salah satunya yg ada di Surabaya. bayangkan atuh cu… itukan tahun 60 an. udah jadul banget kaleee, yg kita butuhkan adalah yg modernan dikit hehehehehe…
      KILO, AMUR … kira2 begitu.

  35. menurut ane mas bro sekalian…ini proyek tingkat tinggi…karena lontong yang datang akan memiliki efek luar biasa sama orang sebelah…bro tau ga kedatangan pesawat SKYHAWK ? itu punya yahudi broo..bukan dari om amrik…datang ke sini ( kalo ga salah ) masih pretelan..dirakit ulang di sini…..tau tau di halim udah nongkrong 2 skwadron…nah..utk lontong dari om rus…bisa jadi udah sampe disini…liat di sebelah menhan malay udah teriak kalo kita udaha punya kilo 2..hayoooooooooo

  36. Kadang saya greget nih sama pemerintah kita. kapan sih mau menguatkan TNI kita dengan sebenar2nya. Kalau benar sudah ada penawaran, maka cepat dong sambut dengan cepat. n jangan banyak pertimbangan yg ujung2nya ga jadi diambil, karena adanya tekanan dari tetangga sebelah.
    cobalah punya pendirian yang kuat… !!! INI NEGARA KITA, KITA YANG MENGATURNYA !!!

  37. Mendingan kerjasama pengadaan project 3 kapal selam kelas kilo baru aja dari rusia, daripada kerjasama pengadaan 3 kapal selam chang bodo baru dari Korsel yg jelas” sudah bantu AS dan Australia sadap kita.

  38. SAYA HERAN SAMA PETINGGI INDONESIA.

    KENAPA KALAU DAPAT BARANG DARI RUSIA SELALU MIKIR…PAKE LAMA LAGEEEE.

    TAPI…BEDA JAUH KALAU DAPAT HIBAH RONGSOKAN DARI ASU .

    LANGSUNG DI SIKAT WALAU TAHU ITU BARANG GA ADA EFEK SAMPINGNYA.MAKSUDNYNYA EFEK DETERN NYA.

    PUSING…AKU PUSIANG……!!!!!!!

 Leave a Reply