JakartaGreater.com - Forum Militer
Sep 072017
 

Kasau Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala RSAF Mayjen Mervyn Tan, Fly Past RISING-50, TNI AU & RSAF, 7/9/2017 (@_TNIAU)

Pekanbaru – Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Angkatan Udara Singapura (RSAF) Mayor Jenderal Mervyn Tan melakukan terbang formasi bersama membentuk angka “50”, serangkaian peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Singapura, Kamis,7/9/2017.

“Menurut saya ini adalah pertama kali dalam sejarah. Kedua negara melakukan ‘combined flypast’ formasi angka 50 dengan baik,” ujarKasau Hadi, di Pekanbaru, Kamis.

KASAU tiba di Pekanbaru usai 20 pesawat F16 “fighting falcon” Angkatan Udara Indonesia dan Singapura menyelesaikan misi “combined flypast”. “Combined flypast” melibatkan dua puluh pesawat tempur F-16 angkatan udara kedua negara.

Kasau Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala RSAF Mayjen Mervyn Tan, Fly Past RISING-50, TNI AU & RSAF, 7/9/2017 (@_TNIAU)

KASAU turut ikut terbang pada salah satu F16 yang dipiloti Letkol Yoga Ambara, begitu pun Mervyn Tan yang turut terbang menggunakan F16 angkatan udaranya.

Dalam peringatan itu, angkatan udara kedua negara juga menggelar formasi “arrow ahead” dan “bom burst”. Formasi terakhir dilakukan oleh enam F15 dari RSAF.

“Ini menunjukkan hubungan kedua negara yang semakin baik, dan semakin erat antara Republik Indonesia dan Singapura,” kata Marsekal Hadi.

Joint Fly-Past RISING-50 TNI AU – RSAF, 7/9/2017 (Sekretariat Kabinet)

Hal senada diungkapkan Mervyn Tan yang mengatakan kegiatan itu merupakan hal yang beserjarah bagi kedua negara.

“Sangat bersejarah bagi angkatan udara dua negara. Ini yang pertama kali terbang bersama dengan formasi yang sulit dan butuh keahlian serta kepercayaan,” ujar Mayjen Tan.

Mayjen Tan mengatakan tidak mudah untuk melakukan formasi “combined flypast” yakni TNI AU membentuk angka “5” dan Singapura angka “0”. Menurut dia, hal itu dapat dilakukan karena hubungan baik antara Indonesia dan Singapura yang telah terjalin dengan baik selama ini.

Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Lanud RSN, Pekanbaru, 7/9/2017 (@_TNIAU)

Indonesia dan Singapura sudah menjalin hubungan bilateral sejak 1967. Kedua negara bertetangga menjalin kerja sama dalam sejumlah sektor.

RISING 50, merupakan singkatan nama dari kedua negara yakni Republik Indonesia dan Singapura yang telah menjalin hubungan selama 50 tahun. (Antara).

Berbagi

  15 Responses to “Kasau Indonesia-Singapura Joint Fly-Past RISING 50”

  1.  

    Mantab…tmn sejati baik..

  2.  

    Jendral banding mayor jendral

  3.  

    SINGAPORN, GIVE BACK OUR CORRUPT SUSPECTS!!

    — Augustus Gandoss

  4.  

    Haaaatchiiiii

  5.  

    Background pesawat F16 dibelakang Kasau Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala RSAF Mayjen Mervyn Tan………TNI AU dan RSAF jauh beda ………..f16Viper atau JAS Gripen wajib hukumnya diakuisisi

  6.  

    Ingt FIR itu masih dilanggar .batas udara masih dilanggar oleh singapura.padahal kontrak udara buat latihan sudah selesai 2011.yang masih konflik kok ruang udaranya masih dipake singapura….?

    Jangan menutup mata dan hati.
    Kapan FIR itu diambil alih.
    Kata pak jokowi 3 tahun selesai?ayo terbuka …tegas..jangan pada menutup mata dan hati.

    •  

      Secara tidak langsung pm lee menyindir dan menganggap kekuatan udata RI bukan tandinhan Singapura… Jumlah pespur singapur diatas 130 unit terdiri dari F15, F16 dan F35 dan mempertotonkan F22 secara langsung dihadapan presiden Jokowi… Memperlihatkan perang urat syaraf membuat lawan berpikir 2 kali untuk mengambil pengawasan kontrol udara FIR yang masih dijajah Singaporno…. Kalau mau berdaulat udara pespur dan sistem pertahanan udara harus ditambah…. nASAMs dan jumlah pespur menjadi tolak ukur harga diri bangsa…

    •  

      Pak Daniel, seperti jurnalis cnnindonesia salah kutip, setahu sy F-22 Raptor hanya dimiliki Amerika Serikat sj karena Kongres AS melarang pesawat F-22 ini dijual ke negara lain, bahkan ke sekutu terdekat sekalipun seperti Inggris misalnya. Kemungkinan 6 pswt yg melakukan bomb burst itu F-15 nya Singapore.. Setahu sy Singapore tdk punya F-22 Raptor..yg satu-satunya punya F-22 Raptor hanya negara pembuatnya USA..CMIIW..

 Leave a Reply