Oct 182018
 

“Sekecil apapun accident dan incident pasti akan merugikan dan menurunkan tingkat kesiapan operasi,” tegas Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M.

Bogor, Jakartagreater.com – Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., meminta agar seluruh prajurit TNI AU, khususnya yang mengoperasikan pesawat terbang selalu memperhatikan Keselamatan Terbang dan Kerja (Lambangja). Menurut Kasau, Lambangja harus menjadi prioritas utama dan selalu dipertahankan guna mewujudkan program zero accident.

Demikian penegasan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M saat memberikan pengarahan kepada para perwira penerbang dan perwira teknik dari Skadron Udara 6, 7, 8, 45 dan Skadron Teknik 024 pada  Rabu 17-10-2018 di hanggar Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja (Ats) Bogor.

“Sekecil apapun accident dan incident pasti akan merugikan dan menurunkan tingkat kesiapan operasi,” tegas Kasau. Lebih lanjut Kasau mengatakan, sebagai upaya preventif menghadapi akhir tahun, dilihat dari segi cuaca di Indonesia pada masa yang kurang baik, sehingga potensi terjadinya accident sangat tinggi.

Untuk itu, Kasau minta agar semua misi diperhitungkan dengan matang, jangan sembrono dan selalu patuhi aturan. “Untuk itulah, program safety management system dan safety culture tahun ini disosialisasikan. Tujuannya agar tidak terjadi accident maupun incident,” kata Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M .

Selanjutnya Kasau menekankan kepada seluruh perwira penerbang dan teknik Lanud Ats untuk melaksanakan upaya pencegahan agar tidak terjadi accident diantaranya penguasaan sistem secara detail, selalu siap dengan emergency procedure, senantiasa check dan recheck serta melaksanakan risk calculation sebelum memutuskan suatu tindakan.

Pada kesempatan ini, Kasau yang didampingi para pejabat teras TNI AU ini juga mengunjungi Skadron Udara 6 dan Skatek 024 Lanud Ats. (tni-au.mil.id)

 Leave a Reply