JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 252015
 
Tatang Koswara

Tatang Koswara

Jakarta – Tatang Koswara satu-satunya sniper Indonesia yang diakui dunia. Namun Pangkat terakhir Pembantu Letnan Satu (Peltu) membuat uang pensiunnya tak besar. Kakek tujuh orang cucu ini pun membuka warung makan di lingkungan Kodiklat TNI AD di Bandung. Apa kata TNI AD soal jalan hidup Tatang yang sekarang ini?

“Kalau hidup pas-pasan, memang kemampuan TNI AD dalam hal ini tidak mungkin memberikan kesejahteraan yang lebih di luar kemampuan. Tapi kami memberikan penghargaan,” ujar Kadispen TNI AD Brigjen Wuryanto saat berbincang dengan detikcom, Selasa (24/2/2015) malam.

Nama Tatang masuk dalam buku ‘Sniper Training, Techniques and Weapons’ karya Peter Brokersmith yang terbit pada 2000, nama Tatang tercatat di urutan ke-14 sniper hebat dunia.

Tatang yang kini berusia 68 tahun. Tatang dahulu bertugas dalam misi operasi Timor Leste pada tahun 1977-1978 melawan pasukan fretilin di bawah komando Letnan Kolonel Edi Sudrajat.

Atas kelihain Tatang, pria yang mengaku biasa membidik kepala targetnya ini pun tak ayal mendapat pengakuan dunia. Di masa purna baktinya, selain mengisi pelatihan menembak TNI, Tatang yang mendapat ranking tiga saat mengikuti pendidikan sniper dari Kapten Conway anggota Green Barets Amerika Serikat pada 1973 itu, menjalani hidup dengan membuka warung nasi di kediamannya di lingkungan Kompleks TNI Angkatan Laut, Cibaduyut-Bandung.

Kendati memberikan penghargaan, Wuryanto mengatakan tak mungkin dapat memberikan kesejahteraan di bidang ekonomi yang di luar kemampuan Satuan TNI.

“Sebetulnya kita tetap memberikan penghargaan-penghargaan sesuai prestasi masing-masing prajurit. setiap prestasi pasti dapat penghargaan, pas kejuaran-kejuaraan pasti dikasih medali-medali dan hadiah, hadiah,” ujar Wuryanto.

“Mereka jiwa patriotnya luar biasa. sisi-sisi humanisnya memang perlu diangkat. Dengan kehebatannya itu hidup sederhana. Yakinlah beliau pasti menerima. Kami memang tentara hidupnya pas-pasan, jangankan Bintara, yang perwira juga banyak yang gitu. Tapi memang itu pilihan hidup kami, kami walau sederhana tapi jiwa nasionalismenya nggak diragukan,” tambahnya.

Tatang kini tinggal di Bandung, Jawa Barat. Sebagai pensiunan dia masih tetap berolahraga untuk menjaga kesehatannya. Tatang sesekali mengisi pelatihan menembak bagi TNI. (detikNews)

Bagikan :

  27 Responses to “Kata TNI AD Soal Tatang ‘Indonesian Sniper’ yang Kini Hidup Buka Warung”

  1.  

    Pertamax

  2.  

    Buka pelatihan aja kali…?

  3.  

    2

  4.  

    Pintu Rezeki yang halal..
    Jangan dikira warung makan hanya menghasilkan pendapatan yg minimalis.., banyak org tua berhasil menyekolahkan tinggi anak anaknya dari hasil membuka warung makan..

  5.  

    apakah tidak tersentuh oleh program kesejahteraan prajurit, atw memang tdk diperhatikan. miris !!!
    bagaimana nih komandan turun tangan dong ………. jangan cuma cuap2 saja !!!

  6.  

    Biar sedikit tapi Halal, berkah membawa manfaat..

  7.  

    bangga namun prihatin … memang kehidupan pensiunan tentara byk yg hidup sederhana, diperlukan perhatian lebih dari negara misal lewat Asabri & lembaga lainnya utk berikan kemudahan dpt modal usaha tanpa bunga

  8.  

    Bersyukur pak tatang masih sehat .kaahlian beliau mungkin masih bisa di tularkan. Korupsi harus di berantas untuk kesejahtraan rakyat.

  9.  

    Vasiily Zaitsev ( Enemy at the gate ) made in Indonesia.

  10.  

    lebih baik kisah perangnya di timor-timor dijadikan buku aja pasti laku deh sekaligus dapat royalty, kalo bukunya laku bisa dijadikan film, contoh tuh “american sniper”, “lone survivor”

  11.  

    sabar bung, sebagai warga yang baik kita berlapang dada saja, tapi urusan di belakang, biar dukun yang bertindak he..he….

  12.  

    Inilah sebenarnya yang harus direkrut menjadi pengajar disekolah sniper indonesia wahai pemerintahku wahai tniku bukalah seribu sekolah sniper buatanak anak iindonesia zaman semakin berkembang kita tidak bisa lg memakai bambu runcing ataupun serangan gelombang masif manusia dalam mempertahankan negeri kita tercinta ini sy terpesona membaca kisahsniper pria terhebat dari eropa dan sniper wanita terhebat dari rusia satu orang saja tapi bagaikan kekuatan 1 buah rudal yakhont maaf cuma opini tukang tambal ban

  13.  

    Renumerasi alias gaji tentara terus disesuaikan ya?

  14.  

    Semoga Pak Tatang diberkahi hidupnya, dibuat lapang hatinya dan sehat jasmaninya.
    Agar bisa menularkan keahliannya ke sesama anak negri.
    saya bingung mau comment apa karena saya tidak mengerti sistem perpangkatan di TNI.
    SNIPER kelas DUNIA pangkat terakhir PELTU. ????????

  15.  

    Semangat terus Pak Tatang ……

 Leave a Reply