Katakan “Hai” kepada Jet Tempur F/A-18 Blok 3

Jet tempur F/A-18 Block III (@Boeing)

Arlington – Perusahaan Boeing mengirimkan jet tempur pertama dari 78 unit F/A-18 Super Hornet Blok III untuk Angkatan Laut AS.

Jet tempur F/A-18 Blok III ini akan memberikan jaringan (network) dan kemampuan bertahan tercanggih bagi Angkatan Laut AS (US Navy) untuk menghadapi ancaman di masa depan, berkat teknologi yang ditanamkan, ungkap perusahaan Boeing, 27/9/2021.

“Armada Kami membutuhkan kemampuan untuk mempertahankan keunggulannya,” kata Kapten Jason “Stuf” Denney, manajer program F/A-18 dan EA-18G Angkatan Laut AS. “Mendapatkan Blok III operasional pertama di tangan kami merupakan langkah maju yang baik dalam mendukung tujuan kemampuan dan kesiapan kami.”

Prosesor tambahan baru bagi pesawat Block III ini menjadikan pesawat tempur dapat melakukan lebih banyak pekerjaan dan dalam waktu yang jauh lebih singkat untuk meningkatkan kesadaran situasional pilot.

Baca juga: Tanggapan Pakar Rusia Soal Uji Rudal Hipersonik AS

Jet tempur ini siap menerima solusi berbasis aplikasi, yang memungkinkan di-upgrade sepanjang masa pakainya.

“Kami berinvestasi dalam teknologi Blok III dan mengembangkan kemampuan dalam kemitraan dengan Angkatan Laut AS untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan,” kata Jen Tebo, wakil presiden Boeing untuk program F/A-18 dan EA-18G.

“Upgrade perangkat keras sudah selesai. Hari ini kami memaksimalkan perangkat keras dan perangkat lunak terbuka dan mengembangkan aplikasi untuk menjaga Blok III dari ancaman di masa depan.

Kami memberi pilot Angkatan Laut alat untuk membuat keputusan tercepat dan terinformasi yang mungkin sekarang dan di masa depan.”

Boeing akan terus mengirimkan kemampuan pesawat tempur F/A-18 Blok III ke Angkatan Laut AS dengan segala peekembangan teknologinya hingga pertengahan 2030-an, melalui tiga jalur.

Jet tempur F/A-18 Block III (@Boeing)

Jet tempur F/A-18 Block III (@Boeing)

Satu jalur produksi, membangun pesawat baru, dan dua lainnya berupa lini Service Life Modification untuk memperpanjang masa pakai dan akhirnya meningkatkan Super Hornet Blok II ke Blok III.

Pesawat pertama yang dikirim akan menyelesaikan program uji terbang di Angkatan Laut AS sebelum dikerahkan ke skadron tempur.

Tentu Angkatan Laut AS menyambut jet tempur pertama F/A-18 Block III ini. Bisa juga sambil mengatakan “hai” untuk kedatangan jet tempur canggih ini.

Leave a Reply